TULISAN 51. KUPAKE SUSUK KB DEMI SUAMIKU

Assalamu’alaikum dokter cucuk yang kiuttt seperti hello kitty… saya mau tanya nih dok… saya pasang KB implant kira-kira 3 tahun yang lalu, saya pengen lepas tapi kemaren gagal waktu ngelepas di klinik, implant-nya putus… kemudian saya disuruh ke dokter kandungan. Nah karena dokter cucuk kiuttt hello kitty adalah dokter kandungan juga, maka saya mau tanya-tanya dulu gimana caranya bisa ngelepas KB implant saya ? abis tatiiiitttt dok kemaren waktu ngelepasnya… gagal pula… plissssssss dok… dijawab yaaa… arigato gozaimas… matur nuwun… kamsiah…

☝️☝️☝️☝️☝️☝️☝️
Paragraf di atas adalah contoh ketikan inbox bila ibu-ibu pengen ngelepas KB implant… jadi cuman contoh aza, bukan aslinya… he he he jadi gak gak usah kepo siapakah gerangan ibu-ibu tersebut… sumpah deh itu cuman cerita ??????

KB SUSUK/ IMPLANT (KBSI) adalah metode kontrasepsi atau metode KB yang dilakukan dengan cara memasukkan alat KB sebesar batang korek api dibawah kulit lengan atas. Alat tersebut terbuat dari plastik silikon dan berisi zat KB yang nanti akan keluar merembes ke otot sedikit demi sedikit untuk mencegah kehamilan. Zat KB hormon tersebut adalah progesteron yang akan menebalkan lendir dari leher rahim dan dapat menekan masa subur (mencegah pelepasan sel telur) sehingga sulit terjadinya kehamilan.

KBSI versi lama dikenal dengan nama dagang IMPLANON, dan saat ini diganti dengan generasi baru yang terkenal dengan sebutan NEXPLANON. Kelebihan NEXPLANON ini adalah sifatnya radioopaque artinya bila di foto rontgen akan kelihatan sehingga mudah menentukan lokasi implant bila akan dilepas. Saat ini satu-satunya KBSI yang disetujui oleh balai POM Amerika Serikat ya cuman NEXPLANON ini.

Di USA, KBSI sangat digemari karena beberapa sebab yaitu:
1. Bisa dilepas kapan saja bila ibu-ibu bosan atau habis masa pakainya, dan kembalinya kesuburan lumayan cepat.
2. Kalo sedang hubungan sex, tidak perlu berhenti sesaat untuk pasang kondom dan partner sex (suami) tidak perlu rajin pakai kondom.
3. Pada kasus endometriosis (nyeri haid dan nyeri panggul) maka KBSI dapat menyebabkan kurangnya nyeri haid/ nyeri panggul.
4. Tidak mengandung hormon estrogen.

Tetapi ingat, KBSI tidak bisa digunakan oleh sembarangan wanita. Ada beberapa kondisi dimana wanita dilarang pakai KBSI, antara lain:
1. Punya riwayat alergi terhadap bahan/ komponen pada KB implant.
2. Punya penyakit beku darah, pernah stroke, pernah serangan jantung.
3. Punya sakit liver/ tumor hati
4. Punya kanker payudara
5. Sedang mengalami perdarahan vagina yang belum diperiksa dan belum diobatin oleh dokter kandungan

Khusus penyakit beku darah, hormon dalam nexplanon itu merupakan turunan dari progesteron yang dikenal dengan nama desogestrel yang ternyata meningkatkan resiko pembekuan darah. Jadi dapat makin meningkatkan resiko pembekuan darah bila menggunakan KBSI nexplanon. Tapi gak tau juga yaaa apakah nexplanon sudah masuk Indonesia atau belum. Sampai saat ini yang ada di Indonesia ya produk lama yaitu IMPLANON.

KBSI boleh saja dipakai oleh wanita gemuk tetapi bila wanita itu sangat gemuk (obesitas) maka efektifitas obat KB jadi berkurang. KBSI tidak bisa mencegah penularan penyakit kelamin sehingga jangan sekali-kali melakukan sex bebas.

Efek samping yang mungkin akan dirasakan oleh wanita yang pakai KB implant (KBSI) antara lain linu di perut dan atau punggung, meningkatkan resiko timbulnya kista jinak, perubahan pola haid, haid makin dikit atau banyak atau bahkan tidak haid sama sekali, nafsu sex menurun, pusing, sakit kepala, tambah gemuk, mual, nyeri payudara, berat badan nambah, dan vagina terasa sakit/ kering.

Oke deh… setelah cerita di atas, dokter cucuk kiuttt hello kitty seperti biasa memberikan informasi terpenting yaitu marilah bersedekah Rp 4000,-/ hari. Niatkan untuk memperoleh kehamilan yang sehat, lancar, dan aman juga kesehatan.

TULISAN 52. KUTUNDA KEHAMILANKU DENGAN PIL KB

Kontrasepsi merupakan upaya isteri suami untuk mencegah terjadinya suatu kehamilan. Kontrasepsi ada 2 macam yaitu hormonal dan non hormonal.
Yang termasuk hormonal adalah kb pil, kb suntik, dan kb susuk/ kb implant. Yang termasuk non homonal adalah kb spiral (IUD), kondom, dan KB steril. Khusus KB kalender tidak saya golongkan dalam kontrasepsi karena angka kegagalannya sangat tinggi dan seringkali menyebabkan kehamilan.

Efektifitas KB pil bila diminum secara teratur mencapai 99,9% mencegah kehamilan. Ingat ya KB pil bukan untuk dipakai buat pelaku sex bebas (free sex) karena KB pil tidak dapat mencegah penularan HIV AIDS, GO, dan semua penyakit kelamin lainnya. KB pil mengandung 2 hormon yaitu estrogen dan progestin.

BAGAIMANA PIL KB DAPAT MENCEGAH TERJADINYA SUATU KEHAMILAN ?

Kehamilan itu normalnya dimulai dari pembuahan sel telur oleh sperma didalam saluran telur, kemudian sel telur yang telah dibuahi itu berjalan menuju dinding rahim untuk nempel dan berkembang didinding rahim. Sel telur itu berasal dari ovarium/ indung telur yang pengeluarannya diatur oleh hormon-hormon dalam tubuh wanita, nahh pengeluaran tersebut dinamakan ovulasi. Ini lo yang disebut juga masa subur wanita.

Pil KB akan merubah proses hormonal pada wanita sehingga tidak terjadi ovulasi. Selain itu pil KB akan menebalkan lendir di saluran rahim (cervix) sehingga sperma sulit masuk ke dalam rahim dan kalopun masuk akan sulit sulit untuk bertemu dengan sel telur. Kemudian pil KB akan merubah susana dalam dinding rahim sehingga tidak memungkinkan untuk ditempeli oleh sel telur.

PIL KB MENYUSUI

Ada pil KB yng dikenal dengan sebutan mini pills. Pil KB model ini biasanya diminum oleh ibu-ibu yang sedang menyusui bayinya atau ibu-ibu yang mengalami mual/ muntah ketika minum pil KB biasa. Tetapi pil ini kalah populer dengan KB suntik 3 bulanan karena mesti diminum tiap hari tanpa jeda. Cara kerjanya mini pil ini mirip dengan KB pil biasa dan bila diminum secara teratur maka dapat mencegah terjadinya kehamilan sebesar 95%.

BAGAIMANA CARA PAKAI KB PIL ?

KB pil ada 2 jenis yang dikenal di Indonesia yaitu isi 21 dan isi 28. Yang isi 21 merupakan pil aktif semua, sedangkan yang isi 28 terdiri dari 21 pil aktif dan 7 pil gula/ placebo. Pada lembaran pil terdapat tulisan hari-hari dalam sebulan. Bila saat ini ibu sedang haid maka dapat segera memulainya disesuaikan dengan hari yang tertera di lembaran pil, misalnya senin. Lebih baik meminum pil dengan jam yang sama disetiap harinya. Pada pil yang jumlahnya 21 tablet maka minumlah selama 21 hari ditambah 7 hari tanpa minum pil dan lanjut minum pil lagi, tanpa menunggu haid datang atau menunggu haid bersih. Karena haid ibu akan mengikuti teraturnya pola KB pil sehingga lama-lama haidnya akan teratur kembali.

Kebanyakan kesalahan ibu-ibu minum pil KB berikutnya menunggu haid datang. Ini karena informasi sesat dari tetangganya. KB pil ini sangat efektif untuk mencegah kehamilan, tetapi untuk lebih amannya sebaiknya pada 1 bulan pertama pemakaian KB pil dibantu dengan kontrasepsi lain yaitu kondom untuk melatih dan membiasakan minum pil KB teratur.

SAYA LUPA MINUM PIL KB ?

Kalo ibu lupa minum pil KB 1 hari maka pada hari berikutnya minum 2 pil. Atau bila lupa minum pil KB pada pagi hari dan ingetnya pas malam hari maka minum saja segera 1 pil pada hari itu walopun malam hari. Kalo lupa minum 2 hari misalnya senin dan selasa gak minum pil, maka rabu minum 2 pil dan kamis minum 2 pil kemudian lanjut seperti biasa mengikuti hari yang tertera di lembaran pil. Kalo gak minum 3 hari ? ya udah deh… ke dokter kandungan saja untuk konsultasi.

Kalo lupa minum pil tapi gak ada hubungan sex maka lebih tenang, tapi kalo ada hubungan sex ini yang bikin dak dik duk derrrr. Sehingga bila ibu mengalami lupa minum pil maka mulai saat ini sampai jadwal minum pil berikutnya suami mesti pakai kondom untuk memastikan tidak terjadi kehamilan akibat minum pil telat. Kalo pernah ngalamin telat 1 pil maka bila pas minum tablet gula gak haid maka woooowwww segera tes hamil deh selambat-lambatnya 2 minggu telat haid. Tapi kalo lupa minum 2 pil maka begitu pil habis maka harus segera tes hamil. Intinya begitu lupa minum pil maka suami segera pakai kondom.

EFEK SAMPING KB PIL

KB pil memiliki efek samping ringan dan sering yaitu:
1. Gemuk
2. Mual muntah
3. Payudara nyeri
4. Perdarahan mulai dari flek sampe beneran seperti haid
5. Haidnya sedikit
6. Perubahan emosi dan mood

Ada juga efek samping yang berat walopun jarang terjadi (disingkat ACHES) yaitu:
1. Nyeri perut (Abdominal pain)
2. Nyeri dada (Chest pain)
3. Nyeri kepala (Headache)
4. Mata kabur (Eye probelms/ blurr visions)
5. Bengkak/ nyeri sendi tungkai (Swelling)

Oke deh… saya rasa cukup ya… capek nih abis jalan-jalan bawa keluarga. Kali ini gambarnya foto kami ditempat liburan…
Seperti biasa… pesan saya:
1. Sedekah harian Rp 4000,-/ hari dengan semua niat dan doa terbaik isteri-suami
2. Jangan lupa di LIKE dan di SHARE supaya wanita Indonesia yang lain juga memperoleh manfaat dari tulisan ini.
3. Bila masih ada yang belum jelas, silakan bertanya pada DOKTER KANDUNGAN TERDEKAT yaaaaaa….
4. Nantikan postingan saya kembali 1x/ minggu…okelah kadang-kadang gak posting sama sekali, kadang-kadang 2-3x/ minggu.

TULISAN 69. KB SUNTIK 3 BULANAN

Pasien kiuttter : assalamu’alaikum dokter cucuk kiuttt hello kitty… saya habis melahirkan 2 bulan yang lalu. Nah sekarang saya mau pakai KB suntik yang 3 bulanan. Mohon pencerahan ya dokter kiuttt hello kitty. 

Dokter cucuk kiuttt hello kitty: hmmm… ogah ahhhh… lagi malezzzz nulis bin posting…
Pasien kiuttter: pliiiiiisssssssssssssss… atau kalo nolak ntar dokter kiuttt digemezzzin sama ibu-ibu kiuttters ? mau ?
Dokter cucuk kiuttt hello kitty: ya deh… bentaran ya… aku mau be’ol dulu… mulezzzz nih dengerin ancamannya… ngeriii bingits ancamannya…
KB injeksi 3 bulanan lebih dikenal dengan sebutan DEPO PROVERA, isinya hormon progestin dari jenis medroxy progesteron. KB ini diberikan tiap 3 bulan. Cara kerjanya obat KB ini sebetulnya sama saja dengan yang lain yaitu menekan proses kesuburan (proses pelepasan sel telur wanita) dan juga mencegah pertemuan sperma suami dengan sel telur isteri dengan jalan menebalkan liang leher rahim. Akibatnya sperma sulit untuk masuk, kalo untuk masuk saja sudah sulit maka untuk pertemuan antara sperma dan sel telur akan makin kecil kemungkinannya.
TIDAK ADA SATUPUN METODE KB YANG DIJAMIN BERHASIL 100% SEHINGGA BILA TERJADI KEGAGALAN KB YA TERIMA SAJA KARENA ITU BENTUK KELEMAHAN MANUSIA.
Di amerika serikat, ada 2 jenis KB injeksi medroxy progesteron yaitu DEPO PROVERA seperti yang lazim di Indonesia, dan jenis lain yang dikenal dengan DEPO SUB-Q. Bedanya cuman pada cara suntiknya saja, kalo yang DEPO PROVERA disuntikkan dalam otot, kalo DEPO SUB-Q disuntikkan dibawah kulit.
Dokter kandungan akan menyarankan menggunakan KB injeksi 3 bulanan bila:
1. Ibu-ibu kiuttters gak mau minum pil KB tiap hari, takut kelupaan kali yaaaa…
2. Ibu-ibu kiuttters gak pengen KB yang isinya 2 hormon, yaitu estrogen dan progestin. Estrogen dikenal sebagai salah satu faktor yang dapat mengganggu pembuluh darah jantung.
3. Ibu-ibu kiuttters memiliki penyakit anemia, pecahnya sel darah merah (sickle cell disease), myoma, endometriosis, dan sering kejang seperti epilepsi.
Apa sih keuntungan KB injeksi 3 bulanan ?
1. Gak perlu inget-inget tiap hari, cukup pasang alarm di Hp untuk jadwal suntik berikutnya.
2. Suami gak perlu stop dulu hanya untuk masang kondom, kadang2 ketika isteri sedang panas-panasnya ehhhh…. suami berhenti dulu untuk masang kondom…
3. Mengurangi nyeri saat menstruasi
4. Mengurangi jumlah darah menstruasi bahkan sampai gak menstruasi looo selama pakai KB injeksi 3 bulanan
5. Mengurangi resiko kanker rahim
Siapa saja sebaiknya yang tidak boleh menggunakan KB injeksi 3 bulanan ?
1. Ibu-ibu dengan penyakit kanker payudara
2. Perdarahan jalan lahir yang belum jelas penyebabnya dan belum diperiksa oleh dokter kandungan.
3. Ibu-ibu dengan penyakit liver
4. Alergi terhadap hormon, nah ini sulit untuk diketahui karena dokter dan malaikat juga gak bakalan pernah tau apakah obat yang diberikan pada pasien bakalan menimbulkan reaksi alergi atau tidak. Kalo gak mau ambil resiko ya pasien jangan minta suntik sehingga kalo terjadi reaksi alergi ya tidak nyalahkan dokter/ rumah sakit. Tidak ada hidup ini yang gratis, semua ada resiko.
5. Punya resiko rapuh tulang
6. Punya penyakit jiwa depresi, harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter spesialis jiwa bahwa ibu-ibu tersebut menderita depresi sehingga tidak boleh disuntik KB injeksi 3 bulanan.
7. Sebaiknya dipertimbangkan ulang deh keinginan untuk KB injeksi bila ibu-ibu punya penyakit jantung, stroke, atau kencing manis (diabetes).
Apa saja resiko yang bakalan ibu-ibu kiuttters hadapi bila pake KB injeksi 3 bulanan ?
1. Kesuburan akan lambat kembalinya. Setelah KB injeksi 3 bulanan di STOP maka untuk kembalinya kesuburan memakan waktu sampe 8 bulan bahkan lebih. Jadi bila ibu ingin cepat-cepat hamil dalam waktu 1 tahun pasca lepas KB depo provera maka sebaiknya jangan berharap deh, lebih baik gak usah pake KB injeksi 3 bulanan bila ingin cepat-cepat punya anak lagi.
2. Terdapat angka kegagalan sebesar 3% pada 100 wanita pemakai KB injeksi 3 bulanan dalam 1 tahun pemakaian, tetapi bila memakainya teratur sesuai dengan jadwal maka angka kegagalan tersebut akan makin kecil. Namanya juga buatan manusia, tidak ada yang sempurna.
3. KB injeksi tidak bisa mencegah penyakit menular sexual/ penyakit kelamin. Jadi sebaiknya tetap melakukan SEX SETIA dan SEX AMAN. Sex aman itu memakai kondom bila kesetiaan suami diragukan. Sex setia itu suami dan isteri saling setia satu sama lain sehidup semati.
4. Mengganggu pengerasan tulang, bikin keropos tulang. Sehingga pada wanita dengan resiko keropos tulang, sebaiknya tidak pake KB injeksi 3 bulanan. Sehingga di amerika serikat terdapat peringatan keras bahwa dilarang pake KB injeksi 3 bulanan (depo provera) melebihi 2 tahun. Di indonesia, bila ibu-ibu kontrol teratur ke dokter kandungan juga mesti diingatkan bahwa ibu-ibu tidak boleh pake KB injeksi 3 bulanan melebihi masa 2 tahun.
Apa efek samping KB depo provera ? ibu-ibu kiuttters mungkin akan merasakan pusing, berjerawat, tambah gemuk, nyeri payudara, depresi, libido/ nafsu sex berkurang, perdarahan haid tak teratur, payudara lunak/ kempes, gampang cemas, lesu, dan mudah lelah. Ini masih mungkin yaaa… bukan pasti… karena setiap wanita itu memberikan respon yang berbeda terhadap hormon.
BAGAIMANA PUN JUGA, PARA AHLI KEDOKTERAN BERPENDAPAT BAHWA KB DENGAN 1 HORMON YAITU PROGESTIN (INJEKSI 3 BULANAN) TETAP MEMILIKI RESIKO LEBIH KECIL DARIPADA KB DENGAN KANDUNGAN 2 HORMON YAITU ESTROGEN DAN PROGESTIN.
Pada ibu-ibu kiuttters yang pasca melahirkan, bila tidak menyusui maka dapat langsung suntik KB injeksi 3 bulanan setelah 1 minggu pasca melahirkan. Tetapi bila ibu-ibu menyusui maka suntikan KB 3 bulanan diberikan setelah masa nifas berakhir (42 hari).
Bagaimana kalo telat suntik ? bila telatnya cuman 1 minggu dari jadwal suntik maka gak masalah, asalkan cek dulu tes kehamilan, bila negatif, ya boleh langsung suntik. Bila telatnya 2 minggu maka segera lakukan test kehamilan, bila negatif sebaiknya nunggu 1 minggu lagi dan test ulang, bila tetap negatif maka boleh suntik KB injeksi 3 bulanan. Selama masa nunggu itu sebaiknya pakai kondom. Hal ini untuk mencegah terjadinya kehamilan, karena kadang-kadang bila kadar hormon kehamilannya masih rendah, maka bila di test hasilnya akan menunjukkan negatif.
JANGAN TELAT SUNTIK KB 3 BULANAN, PASANG ALARM DI Hp, KALO TELAT NTAR BISA HAMIL. KALO HAMIL, JANGAN MINTA DIGUGURKAN KARENA DOSA BESAR DAN DILAKNAT OLEH ALLAH SWT.

TULISAN 91. KB SUNTIK 1 BULANAN

Dokter cucuk kiuttt hello kitty… saya pengen suntik KB 1 bulanan. Ya udah suntik aja… gitu kok repot.

KB suntik 1 bulanan seringkali dipakai oleh ibu-ibu kiuttters yang ingin praktis dan ingin haid tapi malas minum pil KB. KB injeksi 1 bulanan itu terdiri dari 2 macam hormon yaitu estrogen dan progestin. Biasanya yang sering di indonesia dikenal dengan sebutan CYCLOFEM, terdiri dari estradiol dan MPA. Cara kerja KB suntik 1 bulanan sama saja dengan KB hormon yang lain yaitu mencegah terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur) dan juga menghambat sperma untuk bertemu dengan sel telur. Bahasa kerennya adalah agen pen-jomblo.

Efektifitas KB suntik 1 bulanan sangat tergantung dari ketepatan waktu suntik yaitu diberikan tiap 4 minggu, bila telat suntik tetapi belum berhubungan sex dengan suami maka boleh langsung di suntik. Misalnya terlalu cepat suntiknya, maju sampai 1 minggu dari jadwal suntik, juga gak masalah kok. Setelah lepas KB suntik 1 bulanan, kesuburan juga segera kembali.

Apa sih efek samping dari KB suntik 1 bulanan ?
1. Haid menjadi sedikit bahkan jumlah hari haid makin pendek, biasanya 5-7 hari bisa saja menjadi 3 hari.
2. Perdarahan haid menjadi tidak teratur.
3. Kadang-kadang haid tidak datang, telat datang.
4. Haidnya memanjang
5. Tidak haid sama sekali.
6. Gemuk
7. Sakit kepala
8. Sering pusing
9. Payudara terasa tegang dan nyeri

Semua ini sifatnya individual, tidak sama antara wanita. Jadi bila sudah pake KB suntik 1 bulanan ya sudah terima saja ya nasibnya…

Saya seringkali mendapatkan keluhan ibu-ibu kiuttters bahwa bila tidak haid maka badan jadi gemuk… sebetulnya haid gak haid kalo pake KB suntik model apapun, baik model xenia atau avanza, mau kredit atau cash ya sama saja tetap aja ada yang gemuk dan ada yang tidak gemuk. Kan sifatnya individual, tergantung respon tubuh wanita terhadap hormon dalam KB suntik.

Jadi bila pakai KB injeksi 1 bulanan dan ternyata tidak haid, itu tidak masalah karena ketika hamil wanita juga tidak haid kok, kondisinya mirip kok dengan kehamilan. Jadi gak mungkin kalo gak haid maka darah kotor numpuk didalam badan sehingga bikin melarrrr. Ahhh ibu-ibu melarrr nambah 1 centimeter aja udah ribut gak karuan. Udah pada langsung diet ketat, gak mau makan nasi, gak mau makan daging, maunya makan tutut aja… sama saja…

KB injeksi tidak menyebabkan menopause, tidak bikin tidak subur, dan lagi tidak bikin janin cacat. Tapi ya jangan disengaja suntik KB saat hamil, ntar cacat beneran loooo… serreeemmm kannnn… tidak bikin gatal-gatal… yang bikin gatal-gatal itu kalo 1 bulan gak ketemu suami… KB suntik 1 bulanan juga gak bikin nafsu sex berkurang…

Hampir setiap wanita boleh KB suntik 1 bulanan, termasuk diantaranya antara lain:
1. Wanita yang ingin menunda punya anak
2. Wanita yang belum menikah
3. Umur berapa saja.
4. Wanita yang barusan keguguran
5. Wanita yang merokok
6. Wanita yang punya gejala anemia
7. Wanita yang punya varises
8. Wanita dengan HIV, baik dalam pengobatan ataupun tidak dalam pengobatan antivirus. Tetapi sebaiknya bila dalam pengobatan menggunakan ritonavir, ya jangan pakai KB suntik 1 bulanan karena efektifitas obat KB bisa berkurang.

Pemberian KB injeksi 1 bulanan juga nyaris tanpa syarat:
1. Tidak perlu didahului dengan cek lab ini itu
2. Tidak perlu didahului dengan periksa USG
3. Tidak perlu didahului dengan test IVA/ pap smear
4. Tidak perlu didahului dengan periksa payudara
5. Walopun sedang tidak haid lama, asalkan yakin gak hamil, gak pernah hubungan sex, maka gak perlu didahului dengan tes hamil.

Bagaimana dengan ibu menyusui ? boleh gak pakai KB injeksi 1 bulanan ? sebetulnya tergantung sih… bila aktif dalam ASI EKSKLUSIF maka sebaiknya bila pengen KB injeksi 1 bulanan dimulai saat anaknya usia 6 bulan sehingga anak tidak terlalu tergantung dengan ASI lagi, tetapi perlu diingat bahwa bisa saja sewaktu-waktu produksi ASI stop, tergantung respon tubuh ibu. Misalnya kadang ASI campur-campur dengan susu formula maka bila pengen KB injeksi 1 bulanan maka dapat dimulai sejak masa nifas berlalu.

Kebanyakan pengalaman saya sih ASI stop semua bila pake KB Injeksi 1 bulanan.

Bila tidak menyusui, maka suntikan KB injeksi dapat diberikan kira-kira 3 minggu pasca melahirkan. Tetapi saya merekomendasikan sebaiknya setelah 6 minggu pasca melahirkan untuk mencegah dan menurunkan resiko adanya penggumpalan darah pada ibu-ibu nifas.

Pada ibu-ibu dengan penyakit liver yang berat maka dilarang pake KB injeksi 1 bulanan. Sebaiknya pake metode KB non hormonal seperti kondom atau spiral. Pada wanita dengan darah tinggi juga sebaiknya jangan pake KB injeksi 1 bulanan. Pake saja metode KB lainnya yang tidak mengandung hormon. Pada wanita dengan kencing manis/ diabetes apalagi kalo sudah disertai dengan gangguan ginjal dan pembuluh darah maka sebaiknya tidak memakai KB injeksi. Kalo punya kanker payudara juga gak boleh pake KB injeksi. Wanita yang menderita epilepsi, penyakit jantung, dan gangguan pembekuan darah juga sebaiknya tidak pake KB injeksi.

Hmmm… saya rasa cukup sekian, karena saya sudah ngantuk dan ini sudah siap-siap untuk bobok. Oke deh… setelah cerita di atas, dokter cucuk kiuttt hello kitty seperti biasa memberikan informasi terpenting yaitu:
1. marilah bersedekah Rp 4000,-/ hari. Kumpulin tiap hari dan akhir bulan diserahkan ke anak yatim di panti asuhan. Tidak perlu ikhlas, tidak perlu percaya… karena ikhlas dan keyakinan gak bisa dipakai beli nasi oleh anak yatim. Berbahagialah kita yang telah diberikan kelebihan rejeki atau pekerjaan atau pendidikan dibandingkan anak yatim di panti asuhan.
Niatkan sedekah itu untuk:
a. memperoleh kehamilan yang sehat, lancar, dan aman.
b. Cepat menjadi hamil…khusus yang satu ini makin besar nilai duitnya makin cepat dilirik malaikat.
2. Postingan ini bukan promosi, bukan nyari penggemar, ini untuk menjaring sebanyak-banyaknya wanita indonesia untuk memperoleh pengetahuan seputar kesehatan kandungan dan kehamilan dalam rangka ikut berpartisipasi mencerdaskan dan menyehatkan wanita Indonesia langsung dari dokter kandungan. Bagi wanita yang ingin memperoleh update postingan seputar kesehatan kandungan dan kehamilan maka jangan lupa di LIKE dan di SHARE dan REVIEW
a. GROUP FB: ibu hamil kiuttt hello kitty
b. Fanpage FB: dr. cucuk santoso, spog

TULISAN 99. KB Spiral (IUD)

Kemarin saya banyak mendapatkan pertanyaan seputar KB IUD dari GROUP FB KARAWANG INFO. Banyak sekali saya amati informasi sesat yang beredar seputar KB IUD. Juga terdapat beberapa pemahaman yang kurang tepat dari tenaga kesehatan yang kebetulan juga ikutan nimbrung memberikan advis pada ibu-ibu pengguna KB IUD.

Untuk itu saya terpanggil untuk naik Haji… eh maap… terpanggil untuk memberikan informasi untuk pengetahuan ibu-ibu seputar KB IUD.

Terdapat beberapa metode kontrasepsi (metode KB) yang populer di Indonesia, antara lain KB pil, KB suntik, KB IUD (yang terkenal dulu adalah spiral), KB kondom, dan KB susuk. Disini kita akan bahas mengenai KB IUD saja, KB lainnya nanti di lain waktu akan dibahas. Bagi member group FB KARAWANG INFO dapat ditularkan informasi ini pada ibu-ibu yang lain.

KB IUD merupakan cara KB yang aman dan efektif. Walaupun para ahli terus mengembangkan teknologi per-KB-an IUD tetapi beberapa masalah KB IUD masih mengganggu kenyamanan pasien (akseptor KB) antara lain:

  1. Haid tambah banyak atau kadang-kadang nge-flek coklat / merah.
  2. IUD lepas alias keluar dari mulut rahim (mungkin ikut dengan haid akibat kontraksi rahim)
  3. Resiko terjadinya kehamilan ektopik (kehamilan luar kandungan) atau resiko keguguran. Hal ini hanya terjadi bila timbul kehamilan saat pakai IUD.
  4. Perforasi / tembus ke dalam perut. Hal ini karena rahimnya lembek maka saat pemasangan bisa tembus ke dalam perut atau akibat kontraksi rahim yang terus menerus memaksa IUD untuk keluar, nah pas kebetulan di dinding rahim ada bagian yang lemah maka IUD akan didorong ke arah dinding yang lemah itu dan akhirnya keluar ke dalam perut. Itu resiko yang harus dihadapi. Kalo pasang sebaiknya pada dokter kandungan, dokter puskesmas atau bidan ya, jangan di posyandu kecuali yang masang adalah bidan posyandu.

IUD dapat mencegah terjadinya kehamilan dengan cara menimbulkan reaksi peradangan atau reaksi benda asing dalam rahim. Timbul banyak sel darah putih dan sel raksasa serta banyak sel-sel peradangan lainnya sehingga dapat memakan sperma atau sel telur yang telah dibuahi. Selain daripada itu dinding rahim dibuat tidak siap untuk ditumbuhi janin. Makin luas permukaan IUD yang nempel ke rahim maka makin tinggi efektifitas IUD untuk mencegah kehamilan.

Dulu zaman Presiden Soeharto adalah yang dikenal dengan IUD spiral, karena bentuknya seperti S. Tetapi zaman sekarang sudah tak ada lagi ditemukan IUD spiral. IUD copper T yang banyak beredar di pasaran itu mengandung logam tembaga yang dapat merubah suasana dalam rahim seperti mengganggu keseimbangan estrogen dalam rahim, menimbulkan reaksi peradangan yang luas, efek racun terhadap sperma, dll sehingga efektif untuk mencegah kehamilan.

Masalah yang paling sering mengganggu akseptor KB IUD adalah bertambahnya perdarahan haid disertai dengan rasa nyeri melilit di perut bawah atau pinggang belakang. Bentuk perdarahan yang terjadi antara lain haid memanjang / lama, jumlah darah haid menjadi lebih banyak dan nge-flek-flek diluar masa haid. Hal ini dapat menimbulkan anemia. Pada wanita muslim tentunya dapat menimbulkan keraguan dan masalah dengan waktu sholat. Perdarahan tersebut disebabkan oleh reaksi aktivitas pembekuan darah, perubahan struktur mikrovaskuler, dan reaksi radang pada dinding rahim. Dapat diobati tetapi tetap saja wanita merasa kurang nyaman.

Rasa nyeri disebabkan oleh kontraksi uterus yang menganggap ada benda asing dalam rahim yang harus dikeluarkan. Rasa nyeri paling hebat dirasakan setelah pemasangan dan saat mens. Wanita akseptor KB sebaiknya segera kunjungi dokter kandungan bila mengalami hal-hal tersebut di atas untuk mendapatkan pengobatan.

Faktor utama penyebab berhentinya wanita menjadi akseptor KB IUD adalah akibat rasa nyeri dan IUDnya lepas alias keluar lagi. Wanita dengan KB IUD harus makin meningkatkan kebersihan diri pribadinya, begitu juga dgn suaminya juga harus ikut menjaga kebersihan dirinya karena pemakaian KB IUD itu memiliki resiko untuk terjadi infeksi panggul atau infeksi organ intim wanita misalnya keputihan, nyeri perut, radang saluran telur, radang rahim, GO, dll. Kalau terjadi infeksi maka dokter kandungan akan melakukan pengobatan dan bila tidak membaik maka IUD akan dilepas.

Kapan sebaiknya pasang KB IUD? KB IUD dapat dipasang kapan saja, bisa pasca melahirkan, pasca kuret akibat keguguran, saat haid, saat setelah coitus, dll.

Dimana pasang KB IUD? ibu-ibu dapat pasang KB IUD di dokter kandungan, dokter puskesmas, bidan, rumah sakit, dan klinik bersalin.

AYO BER KB DAN JANGAN TAKUT PASANG KB IUD KARENA TAKUT SELAIN PADA ALLAH SWT ADALAH PERBUATAN MUSYRIK… ?

Saya rasa cukup sekian dulu. Jangan lupa.. bila ibu-ibu suka dengan tulisan saya dan berasa ini bermanfaat bagi ibu-ibu dan temannya ibu-ibu maka mohon di SHARE. Semoga para ibu-ibu tidak lagi memperoleh informasi sesat dari tetangga tentang KB IUD.