TULISAN 111. SUAMI PENGEN GITUAN SAAT ISTERI HAMIL

SEKS DALAM KEHAMILAN

Saya seringkali dan hampir setiap praktek selalu ditanyain masalah sex oleh suami/ isteri yang sedang hamil, baik hamil muda ataupun hamil tua. Bahkan ada yang bertanya pertanyaan yang horor bangets yang tidak bisa saya sampaikan disini. Tetapi apapun itu tentu saja kehamilan bukan menjadi penghalang bagi pasangan suami-isteri untuk tetap melakukan hubungan seks saat isterinya sedang hamil. Banyak yang takut melakukan hubungan seks dapat melukai janin dalam kandungan bahkan ada juga yang takut menyakiti isterinya saat hubungan seks. Tenanggg… kekuatiran akan hal tersebut biar om dokter kiuttts om yang atasi… silakan baca postingan saya ini dan jangan lupa di LIKE dan di SHARE…. juga di REVIEW biar saya gak malez posting lagi…

Wanita hamil bebas melakukan hubungan seks hingga tiba saatnya mules-mules mau melahirkan (coba baca postingan saya tentang tanda-tanda dekat melahirkan) atau pas udah muncul ketuban yang pecah/ merembes.

PADA BEBERAPA KONDISI TERTENTU MEMANG DOKTER KANDUNGAN SERING MEMBATASI HUBUNGAN SEKS BAHKAN MELARANG SAMA SEKALI HUBUNGAN SEKS DEMI KEAMANAN KEHAMILAN. UNTUK ITU RAJIN-RAJINLAH BERTANYA PADA DOKTER KANDUNGAN APAKAH PASANGAN SUAMI-ISTERI MASIH BOLEH MELAKUKAN HUBUNGAN SEKS DALAM KEHAMILAN SAAT INI.

Seks dalam kehamilan tidak akan membahayakan janin dalam kandungan, bahkan misalkan penis suami besarnya sama dengan punyanya kuda sekalipun, tetap saja seks itu aman bagi janin dalam kandungan. Rangsangan seks atau yang dikenal dengan istilah pemanasan juga tidak akan menyebabkan mules kontraksi melahirkan (dalam bahasa kedokteran, kontraksi akan melahirkan dikenal dengan istilah INPARTU) dan juga tidak akan menyebabkan keguguran.

Ada saatnya saat hubungan seks, dengan rangsangan pada payudara dan atau klitoris ibu hamil akan menyebabkan ibu hamil mengalami kontraksi. Bahkan sperma suami mengandung bahan yang dapat merangsang timbulnya kontraksi rahim. Orgasme pada wanita hamil akan menimbulkan mules yang dikenal dengan post orgasmic contraction, jangan kuatir karena mules model begini tidak berbahaya dan hanya timbul sebentar saja.

Kadangkala ibu hamil akan merasakan hubungan seks saat hamil jauh lebih menyenangkan dan menggairahkan daripada sebelum hamil, tapi ada juga yang merasa bahwa seks saat hamil terasa hambar, kurang membara, kurang sambal, kurang merica…

Kehamilan akan meningkatkan aliran darah pada organ panggul dan tentunya organ seks sehingga akan terjadi peningkatan sensasi kepuasan seks yang lebih daripada wanita tak hamil bila dirangsang, belum lagi ibu hamil itu kadang-kadang mengalami keputihan yang normal sehingga dapat membantu pelicinan/ pelumasan area seks. Tetapi hal ini tidak dapat dinikmati oleh setiap ibu hamil karena rasanya memang diluar kebiasaan, organ seks yang sembab selama kehamilan dianggap memberikan rasa sesak dan tidak nyaman saat dipakai berhubungan seks. Belum lagi bila ibu hamil mengalami orgasme, mesti kontraksi diperut makin bikin worry alias kuatir sehingga akan mengganggu kenikmatan seks bagi sebagian sebagian ibu hamil.

Payudara ibu hamil juga akan makin sensitif saat hamil sehingga rangsangan seksual dari suami akan makin meningkatkan gairah membara, sayangnya ada wanita hamil yang merasakan payudara yang super sensitif tersebut sebagai gangguan sehingga menolak untuk disentuh atau dirangsang oleh suami… saya harap para suami untuk tabah menerima nasib sialmu yaaa… ingat suami masih punya cara yang lain… pun masih ada vaseline atau sabun…. he he he kasian banget…

Bila terdapat gangguan atau perasaan tidak nyaman melakukan hubungan seks, para ibu hamil masih bisa kok melakukan kewajibannya untuk memberikan kepuasan pada suami yaitu dengan jalan oral sex, saling memberikan rangsangan, bahkan seks tangan, seks jepit payudara, seks jepit paha, dan lain-lain. Tetapi ingat seks itu bukan sekedar aktivitas fisik saja, tetapi yang jauh lebih penting seks itu merupakan aktivitas jiwa, aktivitas saling menyayangi… bila isteri sedang sulit dengan kehamilannya, jangan dipaksakan, peluk isteri, cium isteri, itu saja sudah jauh lebih dari cukup untuk menunjukkan rasa kasih sayang dalam rumah tangga.
Wanita hamil sering mengalami kelelahan, perubahan mood, perubahan kejiwaan, gampang ngomel, dan lain sebagainya yang dapat menurunkan gairah/ nafsu seks. Bila wanita hamil berusaha untuk menikmati kehamilannya, maka gairah seks tersebut akan kembali normal bahkan meningkat.

Oral sex saat hamil boleh dikatakan aman, tetapi dengan kondisi tertentu. Menjilat klitoris/ vagina isteri juga boleh, tentunya ada batasan tertentu. Suami tidak boleh melakukan tiupan kedalam vagina isteri karena dapat membahayakan kehamilan dan mengancam kesehatan isteri. Bila suami pernah terkena herpes di mulut juga tidak boleh melakukan oral sex ke isteri, tidak boleh menjilat klitoris isteri.
Untuk menghindari tertular penyakit kelamin, pasangan suami-isteri sebaiknya menggunakan kondom. Tentunya hal ini dilakukan bila suami/ isteri tidak yakin dengan kesetiaan pasangan masing-masing.

BILA SALAH SATU PASANGAN PERNAH TERDETEKSI MENDERITA PENYAKIT KELAMIN SELAMA MASA KEHAMILAN INI MAKA SEBAIKNYA JANGAN MELAKUKAN HUBUNGAN SEX MODEL APAPUN KARENA DAPAT MENINGKATKAN RESIKO INFEKSI BAGI KEHAMILAN.

Segera ke dokter kandungan bila ibu hamil mengalami hal-hal berikut setelah hubungan seks:
1. Keluar darah
2. Keluar cairan banyak
3. Rasa kram diperut yang tak kunjung reda

Apakah hubungan seks dapat menyebabkan kelahiran prematur ? sebetulnya belum ada penelitian yang dapat membuktikan secara konsisten bahwa hubungan seks dapat memicu terjadinya kelahiran prematur. Bahkan beberapa dokter kandungan, termasuk saya, yang menyarankan hubungan seks makin sering saat hamil tua untuk mencegah terjadinya kehamilan lewat bulan juga hanya berdasarkan pengalaman bahwa sperma suami bisa bikin kontraksi rahim (telah diteliti bahwa sperma suami mengandung prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi rahim), bukan berdasarkan penelitian ilmiah yang berskala besar.

Beberapa kondisi yang dilarang melakukan hubungan seks saat hamil antara lain:
1. Kehamilan dengan posisi placenta menutupi jalan lahir
2. Kehamilan dengan ketuban pecah atau rembes
3. Kehamilan dengan keputihan yang banyak, apalagi bila disertai gatal dan dan bau.
4. Ada kelainan pada mulut rahim
5. Sedapat mungkin pada hamil kembar membatasi/ mengurangi hubungan seksnya.
6. Beberapa kali mengalami keguguran/ lahir premature

INGAT… BILA DOKTER KANDUNGAN MELARANG HUBUNGAN SEKS PADA PASANGAN SUAMI ISTERI MAKA ITU ARTINYA TIDAK BOLEH ADA PENIS SUAMI YANG MASUK VAGINA ISTERI, TIDAK BOLEH ADA RANGSANGAN SEKS MODEL APAPUN BAIK KE PAYUDARA ISTERI MAUPUN KE VAGINA ISTERI DAN KEBAGIAN-BAGIAN LAIN DARI TUBUH ISTERI YANG DAPAT MENIMBULKAN RANGSANGAN SEKSUAL PADA ISTERI, DAN TIDAK BOLEH ADA ORGASME DENGAN CARA APAPUN. Mampusss deh… nganggurlah si otong… sabun lagi… sabun lagi… jangan ke pantura ya… dosa besar… apalagi kalo ketahuan, dosa dapet, penyakit dapet, dicakar isteri pula…

KAPAN BOLEH MELAKUKAN HUBUNGAN SEKS SETELAH MELAHIRKAN ? bagi wanita yang menjalani operasi sesar sebaiknya hubungan sex setelah melahirkan dilakukan bila melewati masa nifas (setelah 6 minggu pasca melahirkan ) atau bila luka pada vagina akibat lahiran normal sudah sembuh betul sekitar 2 bulanan. Sementara sebaiknya memakai kondom untuk mengurangi resiko infeksi dan tentunya untuk menunda kehamilan berikutnya.

Posisi seks yang aman pada kehamilan:
1. Woman on top. Wanita duduk diatas selangkangan pria. Pada posisi ini tidak ada penekanan pada perut ibu hamil, dan ibu hamil dapat mengatur rangsangan yang paling nikmat bagi dirinya dan dapat mengatur kedalaman penetrasi penis ke liang vagina.
2. Suami duduk, isteri dipangku suami. Posisi ini juga aman karena tidak ada penekanan pada perut ibu hamil. Ibu hamil bisa lompat-lompat kegirangan berhadapan dengan suami dan mengatur kenikmatan seksnya serta dapat mengatur kedalaman penetrasi seksnya.
3. Spoon position. Dalam posisi ini pasangan berbaring saling berhadapan, posisi ini paling aman untuk semua usia kehamilan trimester 1 s/d trimester 3, tapi kadangkala bila perut isteri sudah terlalu besar, penetrasi seks agak sulit.
4. Doggy style. Posisi ini juga aman pada kehamilan. Penetrasi penis suami pada vagina isteri dilakukan dari arah belakang, posisi isteri seperti orang merangkak. Tapi bila hamil besar, ini agak riskan karena perut ibu hamil tergantung bebas, sulit untuk mengatur goyangan yang timbul pada perut akibat genjotan suami.
5. Isteri berbaring di tepi kasur dengan selangkangan terbuka menghadap penis suami dan pada posisi ini suami dapat dengan bebas untuk melakukan penetrasi penis pada vagina isteri.

JANGAN MEREMEHKAN IBU HAMIL DALAM HAL HUBUNGAN SEX, SEBAB BILA IBU HAMIL LAPOR DOKTER KANDUNGAN DAN PADA AKHIRNYA SETELAH PEMERIKSAAN KONDISI KEHAMILAN, DOKTER KANDUNGAN MELARANG HUBUNGAN SEX DALAM KEHAMILAN MAKA….KELARRRR IDUPPP LOEEEE… OM BEKARAT OM… ????

Oke deh… setelah cerita horor di atas, dokter cucuk kiuttt hello kitty seperti biasa memberikan informasi terpenting yaitu:
1. marilah bersedekah Rp 2000,-/ hari. Niatkan untuk memperoleh kehamilan yang sehat, lancar, dan aman. Tahun depan sedekahnya naik ya… jadi Rp 4000,-/ hari. Yang nurut dengan program hamil sedekah, saya doakan cepat hamil dan hamilnya sehat.
2. Jangan lupa di LIKE dan di SHARE dan REVIEW fanpage dr. Cucuk santoso, spog. Siapa saja boleh bergabung di GROUP IBU HAMIL dan follow fanpage dr. Cucuk santoso, spog selama tidak bikin rusuh, reseh dan dagang obat. Dagang lainnya boleh, silakan…
3. pertanyaan hanya via INBOX. Kalo gak dijawab jangan marah, karena ini bukan ruang ujian dan bukan ruang konsultasi dokter.

TULISAN 104. KENAPA PERIKSA LABORATORIUM SAAT HAMIL ?

Kehamilan adalah suatu pengalaman yang sangat berharga. Oleh sebab itu dokter kandungan akan melakukan segala upaya untuk mengamankan kehamilan dan tentunya untuk mempersiapkan persalinan. Mengapa sih periksa laboratorium itu sangat super penting selama anda hamil ? karena tes-tes laboratorium ini digunakan untuk membantu mengidentifikasi kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan bayi Anda selama kehamilan dan persalinan. Coba anda bayangkan selama hamil anda tak pernah melakukan test laboratorium kemudian terjadi situasi emergency terhadap janin dalam kandungan anda dan anda diputuskan untuk segera melahirkan janinnya tetapi ternyata kondisi anda tak memungkinkan untuk menjalani proses persalinan emergensi… apa yang akan dokter lakukan demi menolong janin anda ? oke bisa ditolong tetapi dengan resiko yang sangat tinggi baik pada ibu hamil maupun janin dalam kandungan.

Contoh selama hamil anda tidak pernah cek laboratorium darah rutin. Ternyata didapatkan kadar trombosit atau keping darah beku anda sangat rendah. Maka hal ini sangat berbahaya bagi ibu hamil bila melahirkan bahkan dapat menyebabkan stroke pada wanita hamil bila pembuluh darahnya pecah atau bocor. Dokter kandungan yang baik akan mempersiapkan dan selalu mengamati ibu hamil dan janin dalam kandungan. Ibu hamil yang sehat maka lingkungan dalam rahim diharapkan juga sehat sehingga janin dapat tinggal dengan lebih aman dalam rahim.

Banyak test laboratorium yang perlu bagi ibu hamil, tetapi tidak semua laboratorium siap dengan berbagai pemeriksaan. Sehingga dokter kandungan hanya memeriksakan laboratorium berdasarkan kebutuhan yang erat kaitannya dengan antisipasi segala macam kondisi emergensi, sesuatu yang sangat tak diharapkan. Dokter kandungan juga berusaha mengupayakan lingkungan yang aman bagi janin dalam kandungan. Tetapi perlu diingat bahwa dokter kandungan bukan Tuhan dan tidak ada yang bisa menjamin bahwa dengan berbagai upaya tersebut maka semua akan aman-aman saja. Alangkah lucunya bila kita pengen aman, hamil yang sehat, tetapi upayanya tidak maksimal.

Ibu hamil adalah pihak yang paling tahu mana yang terbaik bagi janin dalam kandungannya sehingga ibu hamil berhak banget untuk menolak saran dokter kandungan bila dirasakan tidak dibutuhkan bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Prinsip dokter kandungan adalah mengetahui sejak dini jauh lebih baik daripada mendadak dikala dibutuhkan tindakan yang cepat. Mengetahui lebih dini berarti dokter kandungan dapat lebih mempersiapkan ibu hamil menjalani kehamilan dan persalinan kelak serta memberikan lingkungan yang optimal bagi janin dalam rahim.

Test lab apa saja yang diharapkan dapat diperiksa buat ibu hamil ?

  1. Darah rutin. Test ini bertujuan untuk melihat apakah ibu hamil memiliki kondisi anemia atau tidak, ada kelainan darah atau tidak, dan lain-lain.
  2. Golongan darah. Hal ini sangat penting karena ada golongan darah tertentu yang dapat membunuh janin dalam kandungan, terutama bila terjadi perbedaan golongan darah rhesus antara ibu dan janinnya. Hal ini dapat diatasi bila diketahui sejak awal sehingga dapat diberikan obat-oabtan anti rhesus yang diharapkan dapat menyelamatkan janin dalam kandungan.
  3. Antigen Hepatitis B. Pada ibu hamil dengan hepatitis B maka janinnya harus dipersiapkan saat prosespersalinan yaitu dengan tersedianya zat hormon khusus untuk janin yang ibunya mengalami hepatitis B (penyakit liver) yaitu imunoglobulin (HbIg). Obat ini sangat sulit didapati sehingga butuh waktu. seandainya ibu hamil diketahui saat proses persalinan maka mampukah keluarga mencari obat tersebut dalam waktu 24 jam ??? lewat dari 24 jam maka hampir tak ada gunanya bagi bayi baru lahir alias bayi itu ikutan sakit liver.
  4. Serologi syphilis. Pernah lihat bayi cacat ? penyakit ini juga bisa bikin keguguran.
  5. Urine lengkap. Infeksi saluran kencing sering bikin kelahiran prematur atau kontraksi sebelum waktunya. Juga sering bikin perdarahan yang mengarah kepada keguguran. Kalo gak diobati atau berobat tapi udah terlambat maka ujungnya adalah keguguran. Bahkan bisa bikin infeksi ginjal pada wanita hamil. Kalo udah infeksi ginjal maka seringkali hamilnya gak bakalan berlanjut.
  6. Pada ibu dengan HIV maka peru penanganan multi disiplin yang melibatkan dokter kandungan dan dokter penyakit dalam dengan harapkan meminimalkan resiko janin tertular oleh ibunya.
  7. kadar gula darah. kehamilan yang disertai dengan peningkatan kadar gula berarti menimbulkan resiko pada janin yaitu sulit nafas ketika lahir. hal ini bila lambat diketahui maka dokter tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan kematangan paru-paru janin. Bila diketahui lebih awal maka dokter kandungan dapat bekerja sama dengan dokter penyakit dalam untuk berupaya menurunkan kadar gula sehingga diharapkan janin lebih punya harapan untuk bernafas normal saat lahir kelak.

Hidup itu adalah pilihan. Ibu hamil yang menentukan mau dibawa kemana kehamilannya. Dokter kandungan cuman membantu mengarahkan dan mengevaluasi hasil upaya ibu hamil terhadap janin dalam kandungannya. Gak mau cek lab ? gak masalah… yang hamil siapa ?

TULISAN 28. STRESS PASCA MELAHIRKAN

Terdapat suatu gejala pada ibu pasca melahirkan yang mengalami depresi pasca melahirkan dikenal dengan sindrom baby blues (postpartum blues) yaitu sebuah keadaan dimana sang ibu justru merasa sedih, khawatir dan tidak bahagia setelah melahirkan. Nah… Gangguan tidur atau larangan tidur pada wanita nifas jika berlangsung terus-menerus maka ibu akan kemungkinan terkena depresi postpartum (postpartum blues). Tidak hanya itu, gangguan tidur pada wanita nifas akan menyebabkan penurunan produksi ASI dan kurangnya kualitas ASI.

Menurut Asosiasi Dokter Psikiatri Amerika Serikat (persatuan dokter ahli jiwa), depresi postpartum dapat terjadi beberapa minggu setelah melahirkan atau bahkan sebelumnya (ketika hamil). Gejala dari terjadinya depresi postpartum adalah sebagai berikut:

  1. rasa sedih dan hampa yang berlebihan.
  2. menangis sepanjang hari.
  3. tidak tertarik untuk beraktivitas.
  4. kehilangan nafsu makan.
  5. nampak lelah lesu karena kurang istirahat.
  6. tidak bisa konsentrasi.
  7. merasa tidak berguna.

Apa saja penyebab postpartum blues/ depresi pasca melahirkan ? Depresi postpartum disebabkan karena faktor lingkungan, emosi, keturunan dan juga faktor hormonal. Depresi postpartum juga dapat terjadi karena mengalami depresi atau rasa cemas yang berlebihan ketika selama hamil. Rasa lelah setelah melahirkan dan kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya depresi postpartum.

Salah satu upaya untuk mengatasi depresi postpartum dapat dilakukan dengan cara tidur siang dan istirahat yang cukup setelah melahirkan. Tidur membantu mengurangi rasa lelah dan juga mengembalikan segala mood yang sudah hilang. Seperti pada umumnya sesudah menangis lalu tertidur maka akan menjadi lega. Setelah tidur siang dan istirahat yang cukup maka ibu pasca melahirkan akan lebih merasa tenang sehingga terhindar dari depresi postpartum.

Terdapat pula beberapa manfaat lain dari tidur siang bagi ibu nifas, antara lain:

  1. Memberikan kesempatan bagi tubuh untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak menjadi sel tubuh yang baru.
  2. Ketika beristirahat tidur siang, metabolisme tubuh membuat nutrisi dan oksigen yang berguna sebagai sumber energi berganti fungsi sementara waktu untuk menyembuhkan kondisi ibu pasca melahirkan.
  3. Meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga dapat lebih kebal dari serangan penyakit.
  4. Mengistirahatkan tubuh dari kelelahan fisik dan mental.
  5. Mencegah timbulnya depresi atau postpartum blues (stress dan tidak mampu merawat bayi).
  6. Pasca melahirkan ibu akan bertanggung jawab untuk merawat bayinya 24 jam dimana hal tersebut tentunya membutuhkan tenaga lebih. Mengasuh bayi akan memakan banyak tenaga sehingga istirahat sangatlah penting untuk mengembalikan tenaga dan mencegah penurunan kualitas air susu (ASI) yang diberikan oleh ibu untuk sang bayi.

Tapi… kalo tidur ya jangan sampe seperti kebo… tidurnya lama alias malas-malasan. Hal ini disebabkan karena tidur yang terus-menerus dapat menyebabkan proses pemulihan kesehatan ibu nifas menjadi lebih lambat. Belum lagi resiko tersumbatnya pembuluh darah atau dikenal dengan istilah trombo-emboli. Bila ibu beranjak bangun atau berdiri mendadak, sumbatan tersebut dapat lepas dari perlekatannya di dinding pembuluh darah. Kondisi ini dapat berakibat fatal. Bila sumbatan tersebut masuk ke dalam pembuluh darah lalu ikut aliran darah ke jantung, otak, dan organ-organ penting lain maka akan memunculkan stroke.

Sumber bacaan:

  1. http://www.postpartum.progress.com/dealing-postpartum-sleep-deprivation
  2. https://bolehkah.com/1455/bolehkah-tidur-siang-setelah-melahirkan.html
  3. Dørheim SK; Bondevik GT; Eberhard-Gran M; Bjorvatn B. Sleep and depression in postpartum women: a population-based study. SLEEP 2009;32(7):847-855.

TULISAN 4. MAKANAN WAJIB BAGI IBU HAMIL

Makan makanan yang sehat selama kehamilan adalah salah satu hal terbaik yang dapat ibu hamil lakukan untuk diri sendiri dan janin dalam kandungan. Bagaimanapun, makanan yang anda makan adalah sumber nutrisi utama janin dalam rahim. Zaman sekarang banyak kok nutrisi kehamilan yang dipromosikan oleh berbagai farmasi atau pabrik supplement atau lembaga penelitian yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Kita bersyukur hidup di era modern sehingga banyak hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan janin dalam rahim.

APA SAJA SIH MAKANAN YANG WAJIB BAGI IBU HAMIL ? MAKANAN YANG MINIMAL MESTI DIMAKAN SEHARI-HARI SELAMA KEHAMILAN.

  1. Biji-bijian. Biji-bijian, dalam hal ini termasuk beras, menyediakan karbohidrat penting, sumber energi utama tubuh manusia. Banyak produk gandum yang diperkaya dengan berbagai zat gizi sehingga mengandung serat, besi, vitamin B dan bermacam-macam mineral. Roti dan sereal yang diperkaya oleh berbagai zat gizi juga dapat membantu ibu hamil mendapatkan cukup asam folat. Lalu apa yang harus dimakan oleh ibu hamil ? Pastikan setidaknya setengah dari bahan makanan biji-bijian setiap hari yang dikonsumsi oleh ibu hamil adalah biji-bijian utuh. Ibu hamil bisa mendapatkan sebagian besar biji-bijian harian dengan memakan semangkuk sereal untuk sarapan, bagi yang suka sandwich maka dapat pula dipakai untuk makan siang… tapi sandwichnya mesti yang dibuat dengan dua potong roti gandum utuh, gak boleh separo dipotong, dan dilanjutkan dengan pasta gandum utuh untuk makan malam. Bagi kita orang Indonesia yang terbiasa makan nasi maka sepiring nasi adalah nomor 1 untuk kita konsumsi, makan beras jagung juga boleh, makan ubi-ubian juga boleh. intinya adalah jangan melupakan karbohidrat selama kehamilan. Kalo mual makan nasi selama hamil maka makannya dikit-dikit tapi sering, jangan 3x/ hari tetapi 8-10x/ hari walopun hanya 3 sendok makan sekalipun. Kalo saya pribadi sih sedang membiasakan diri untuk makan roti saja dipagi hari tapi dicampur dengan daging tipis atau telur dadar 2 biji ditambah dengan sayur selada, timun, dan lain-lain… emangnya dokter cucuk sedang hamil ??? kagak donk… kan dokter cucuk cowok tulen anti LGBT. Emang apa hubungannya ? tau deh… gelap…

Kita kembali ke laptop…Untuk mengoptimalkan gizi kehamilan, ibu hamil dapat memberikan sereal manis dan roti putih untuk sereal gandum, beras merah, pasta gandum utuh dan roti gandum. Banyak kok berbagai resep masakan sehat bagi ibu hamil yang berasal dari biji-bijian… cari saja di internet, tanya mbah google juga boleh…

  1. Buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah dan sayuran merupakan komponen yang sangat penting dari berbagai nutrisi kehamilan, karena buah dan sayuran mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta serat untuk membantu pencernaan ibu hamil. Vitamin C, ditemukan dalam banyak buah dan sayuran, membantu menyerap zat besi sehingga dapat menghindarkan ibu hamil dari anemia/ kurang darah merah. Sayuran hijau memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, zat besi dan asam folat yang sangat dibutuhkan selama kehamilan. Ibu hamil dapat memakan irisan buah segar, dapat juga membuat salad yang full dengan berbagai sayuran lezat dan nikmat, bolehlah ditambahi dengan berbagai zat rasa seperti mayonaise, madu, dan lain-lain. Makan buah-buahan seperti apel, jeruk dan kacang hijau, aprikot, mangga, nanas, ubi jalar, labu musim dingin atau bayam. Boleh makan camilan yang terbuat dari berbagai buah kering, seperti keripik apel, kripik nanas, dan lain-lain. Kalo kripik bayam gak boleh karena 1 lembar bayam itu lebih banyak tepungnya daripada bayamnya sehingga ntar ibu hamil makan kripik tepung. Jus buah juga penting, tetapi ingat bahwa terlalu banyak jus dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.
  1. Daging, unggas (ayam, bebek, dan burung), ikan, telur dan kacang-kacangan. Makanan dalam kelompok ini memiliki banyak protein, vitamin B dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan janin dalam rahim. Jadi kalo pengen janinnya sehat dan cerdas maka sebaiknya perbaiki gizi sejak sebelum hamil. Ingat ya… walopun datang tiap hari ke dokter kandungan tidak akan bikin sehat kehamilan karena tetap saja yang bikin sehat hamil adalah diri ibu hamil sendiri dan keluarganya, sangat diperlukan dukungan suami. Suami gak boleh maunya enak saja, mesti bantu istri dan semangati isteri supaya melahirkan bayi yang sehat dan cerdas. Ikhtiar diri sendiri yang diperlukan karena dokter kandungan cuman bagian mengevaluasi hasil ikhtiar ibu hamil dan keluarganya. Sehat saja tidak cukup, mesti cerdas karena Indonesia butuh rakyat yang cerdas supaya tidak dijadikan jongosnya asing. Lalu apa donk yang harus dimakan oleh ibu hamil ? Kalo suka maka boleh saja mencoba makan roti gandum dengan selai kacang untuk sarapan. Makan telur orak-arik atau telur dadar untuk makan siang. Sajikan fillet salmon bila ekonomi mampu untuk makan malam karena harga ikan salmon itu mahal bingitsss. Tambahkan buncis atau kacang hitam ke sayuran. Rajin-rajin bikin salad dicampur ayam atau ikan atau irisan daging burung dara. Camilan kacang kedelai kalo sedang nonton sinetron atau korea, tapi misalnya sulit bin males maka boleh bikin kripik tempe untuk ngemil sambil lihat film india. Bikin kripik ikan dari ikan mujaer kecil yang digoreng krispi juga sangat bagus bagi kehamilan. Ikan adalah sumber protein yang sangat baik serta asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan perkembangan otak janin. Hindari ikan yang berpotensi tinggi mengandung merkuri, bagaimanapun, termasuk ikan todak, king mackerel, tilefish dan hiu. Kalo di kampung saya di sumatera barat, ikan yang kepalanya besar banget melebihi 3 kg tidak akan dimakan karena mesti beresiko bagi kesehatan.
  1. Produk susu. Kalsium dalam susu atau susu kedelai yang telah diperkaya dengan kandungan kalsium dapat membantu membangun tulang dan gigi janin dalam rahim. Produk susu juga memiliki kandungan vitamin D dan protein. Dianjurkan banget buat ibu hamil untuk minum susu 3 gelas sehari… ya bolehlah ditambah menjadi 4x/ hari dengan masing-masing 1 gelas. Makan es krim yoghurt sangat baik untuk camilan sore ibu hamil. Kalo makan sereal sebaiknya kuahnya jangan pake sirup atau kopi atau teh, tetapi pake segelas susu coklat atau susu putih jelas akan lebih baik dan bermanfaat bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Tidak harus susu iklan kehamilan, pake susu biasa juga boleh kok. Jangan lupa minum susu sebelum tidur. Kalo suka dengan keju maka makan keju dengan roti akan sangat bermanfaat bagi janin dalam kandungan. Kalo alergi dengan susu sapi maka boleh saja pake susu kedelai yang mengandung kalsium tinggi.
  1. Air. Air membawa nutrisi dari makanan yang dimakan oleh ibu hamil ke janin dalam kandungan. Air dapat membantu mencegah sembelit, wasir, pembengkakan, dan infeksi saluran kencing. The Institute of Medicine merekomendasikan untuk meminum air sebanyak kurang lebih 10 cangkir (2,4 liter) sehari selama kehamilan. Air, jus, kopi, teh, dan minuman ringan semuanya berkontribusi untuk kebutuhan cairan harian Anda. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa beberapa minuman mengandung banyak gula dan terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hindari minuman bersoda bila gak penting-penting amat. Kalo udah kebelet banget dengan minuman bersoda ya udahlah… dikit aja… pokoknya ilang pengennya… jangan dihabisin 1 kerat. Sebaiknya kurangi minum kopi selama hamil karena dicurigai terdapat efek potensial kafein yang terkandung dalam kopi terhadap bayi yang sedang berkembang dalam rahim, curiganya sih bikin berat badan bayi menjadi kecil.
  1. Lemak, minyak, dan manisan. Pilih makanan dengan lemak sehat seperti kacang, biji-bijian atau alpukat. Gunakan minyak olive atau zaitun dan cuka sebagai campuran saus bagi ibu hamil yang suka dengan salad, boleh salad buah boleh juga salad sayuran/ buah yang dicampur dengan protein hewani seperti daging ayam, daging sapi yang diiris kecil-kecil dan tipis, daging asap, dan lain-lain. Untuk menghindari kenaikan berat badan berlebihan, kendalikan porsi makanan yang mengandung tinggi lemak dan gula. Makan dikit saja gak apa-apa, yang penting makin lengkap gizinya selama hamil karena semua pernah dimakan.
  1. Vitamin hamil. Walopun ibu hamil sudah berupaya untuk makan makanan sehat selama hamil tetapi tetap saja mungkin ada yang terlewatkan zat gizinya. Nah vitamin hamil fungsinya adalah menutupi kekurangan tersebut. Konsumsi Vitamin prenatal harian, idealnya dimulai paling tidak tiga bulan sebelum kehamilan. Jadi ibu hamil gak boleh malas minum vitamin hamil. Beli saja di apotek banyak kok… mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal. Tapi ya kalo bisa jangan beli yang murah karena jelas kualitas dan kandungannya akan berbeda jauh.

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4

 

TULISAN 13. TIPS PRAKTIS KETIKA MUDIK ATAU PERJALANAN JAUH BAGI IBU HAMIL

Sebentar lagi Idul Fitri akan datang menghampiri umat islam di seluruh dunia, tentu saja termasuk umat islam Indonesia. Namun satu hal yang membedakan perayaan hai raya idul fitri di Indonesia dengan di luar negeri adalah adanya tradisi mudik bahkan ada suku bangsa di Indonesia yang rutin mengadakan acara mudik bersama misalnya suku minangkabau sumatera barat. Nah bagaimana ibu hamil pengen ikutan mudik ? mungkin Ibu hamil akan merasa khawatir apakah mudik membahayakan bagi kehamilannya ? menurut hemat saya, hal itu tergantung dengan moda transportasi apakah yang akan digunakan untuk mudik. Apakah bepergian dengan pesawat terbang, kereta maupun mobil pribadi, semua akan saya jelaskan sebagai berikut.

Mudik Jalur Darat (mobil pribadi, bis kota, kereta api)

Sebelum memutuskan untuk mudik di saat sedang hamil, sebaiknya Ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Bertanyalah sepuasnya selama di ruang praktek karena kalo bertanya di sosmed tidak bisa dilakukan penilaian kesehatan kehamilan ibu hamil. Belum lagi kalo dokternya sedang males ngejawab sosmed. Bila sudah dinyatakan bahwa ibu hamil boleh mudik maka perlu dipersiapkan segala sesuatunya agar mudik menjadi nyaman dan aman. Tetap wajib diingat bahwa walopun kehamilannya sudah dinyatakan sehat sehingga boleh mudik tetap saja terdapat resiko untuk mengalami masalah selama dalam perjalanan misalnya kontraksi rahim, perdarahan, ketuban pecah, bahkan lahir prematur. Berikut ini adalah persiapan cerdas yang perlu Ibu hamil lakukan agar mudik tetap nyaman dan aman (saya ambil dan modifikasi agar lebih praktis dari website nutriclub.co.id):

  1. Gunakan seat-belt selama diperjalanan saat menggunakan mobil pribadi. Posisikan duduk Ibu dengan nyaman, dengan bantuan  bantal dan juga menggunakan selimut. Saat bepergian dengan mobil, pastikan untuk beristirahat dan keluar dari mobil maksimal 6 jam sekali. Di sini Ibu bisa merenggangkan kaki dengan berjalan sedikit.
  2. Bila menggunakan bis, sebaiknya Ibu hamil tetap duduk saat bis berjalan, jangan berdiri dan menggunakan kamar kecil ketika bis melakukan perhentian.
  3. Kereta api memiliki ruang lebih besar untuk Ibu bergerak, pastikan untuk berpegangan ketika menggunakan kamar kecil di kereta. Menurut saya moda transportasi terbaik bagi ibu hamil yang mudik melalui jalan darat adalah kereta api.

Mudik Jalur Udara

Mudik dengan jalur udara umumnya aman, tapi ibu hamil tetap sangat disarankan untuk periksa kehamilan terlebih dahulu ke dokter kandungan. Berikut hal-hal yang perlu Ibu perhatikan saat bepergian dengan pesawat terbang.

  1. Kebijakan dari Maskapai penerbangan biasanya mengizinkan Ibu hamil untuk bepergian pada usia maksimal kehamilan maksimal 8 bulan.
  2. Makan sedikit namun sering selama di perjalanan.
  3. Mintalah kepada petugas check in counter untuk memberikan posisi duduk di pinggir dekat jalan koridor pesawat untuk memudahkan Ibu hamil berjalan di dalam pesawat.

Hal-hal yang perlu untuk disiapkan saat mudik di masa kehamilan:

  1. Pastikan Ibu membawa susu, camilan sehat, obat-obatan serta vitamin kehamilan.
  2. Simpan nomor Hp dokter kandungan atau selalu komunikasi via sosmed dengan dokter kandungan untuk konsultasi saat terjadi gangguan dengan kehamilan Ibu saat mudik dan segera dapatkan nomor kontak dokter kandungan di daerah yang Ibu kunjungi, harus tahu lokasi rumah sakit terdekat di jalur mudik. Bawa hp yang ada GPS nya.
  3. Ibu yang hamil anak kembar, Ibu hamil yang memiliki komplikasi, tekanan darah tinggi (Pre-eclampsia), plasenta previa, pernah melahirkan bayi prematur, pernah perdarahan saat hamil ini maka sebaiknya menghindari bepergian jauh di masa kehamilan.
  4. Jangan mudik naik sepeda motor.
  5. Selalu hidrasi tubuh Ibu dengan konsumsi cukup air mineral.
  6. Hindari minuman berkafein dan beralkohol saat bepergian di masa kehamilan.
  7. Hindari makan di restoran yang kotor.

Oke deh… selamat mudik dan tidak lupa dokter cucuk kiuttt hello kitty menghaturkan TAQOBBALLAHU WAMINKUM TAQOBBAL YAA KARIIM… MOHON MAAF LAHIR BATIN… SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4

TULISAN 14. CARA PRAKTIS DAPAT BAYI COWOK / CEWEK

Assalamu’alaikum wrwb ibu-ibu di seluruh Indonesia… saya berulang kali mendapatkan pertanyaan INBOX… dokter kiuttt hello kitty…. hallooooo nama saya Dr. Cucuk Santoso, SpOG… bukan kiuttt hello kitty… he he he… saya pengen punya anak cowok, saya pengen punya anak cewek… gimana caranya dok ? sebetulnya sih saya agak malas untuk menjawab pertanyaan seperti itu karena saya tidak mau ibu-ibu hamil kecewa ketika mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan berbeda dari hasil ikhtiar yang diharapkannya… karena ini dapat berdampak buruk pada penerimaan hati seorang ibu dan ayah akan kehamilan yang saat ini sedang berlangsung… tapi daripada ibu-ibu dan para suami kepo semua… baiklah saya coba untuk posting tentang hal itu…

Dokter spesialis kandungan dengan bidang khusus kesuburan memiliki kemampuan untuk mengetahui bahkan menentukan/ memilih jenis kelamin janin sejak masa embryo (mudigah). Tetapi ada beberapa negara maju diantaranya Inggris melarang tindakan kedokteran melakukan pemilihan jenis kelamin tanpa alasan medis yang kuat. Perbuatan tersebut dianggap melanggar hukum menurut undang-undang negara Inggris. Tindakan memilih jenis kelamin hanya diperbolehkan apabila secara genetik terdapat kondisi-kondisi/ penyakit khusus yang membahayakan pada janin jenis kelamin tertentu. Akan dilakukan pemilihan jenis kelamin dengan teknologi canggih yang dikenal dengan PRE-IMPLANTATION GENETIC DIAGNOSIS (PGD) untuk melihat dan menentukan jenis kelamin janin sebelum janin ditanamkan ke dalam dinding rahim.

Jadi tidak boleh memilih jenis kelamin hanya karena keinginan punya anak cowok ataupun cewek, serta tidak boleh karena masalah adat istiadat/ marga/ suku/ agama.
Bila ibu-ibu ingin anak dengan jenis kelamin tertentu dapat saja mencoba cara tradisional misalnya bila ingin anak cowok maka ibu-ibu sebelum hamil harus rajin dan sering makan daging merah. Bukan ikan. Metode ini dikenal dengan sebutan FORKLORE METHOD.

Ada istilah yang dikenal dengan SPERM SORTING yaitu teknik memilih jenis kelamin menggunakan sperma yang diberikan larutan kimia lalu dipilih. Setelah dipilih sperma tersebut disuntikkan ke dalam rahim melalui pembuahan buatan sederhana yang disebut IUI (inseminisasi intrauterin). Ketepatannya sekitar 92% untuk memperoleh janin cewek dan 82% untuk janin cowok. Tapi tidak dijamin bisa berhasil. Yang paling tepat adalah PGD melalui teknik bayi tabung, tapi tetap tidak bisa dijamin 100% berhasil. SPERM SORTING di Inggris adalah perbuatan melanggar hukum tetapi beberapa negara eropa lainnya diperbolehkan.

Ada beberapa cara tradisional pemilihan jenis kelamin bayi yang lain yang boleh dicoba dilakukan oleh ibu-ibu dan suami sebelum merencanakan kehamilan yang akan datang, diantaranya SHETTLES METHOD dan WHELAN METHOD.
SHETTLES METHOD merupakan teknik pemilihan jenis kelamin berdasarkan pengetahuan bahwa sperma yang membawa gen cowok akan bergerak sangat cepat dan umurnya pendek dibandingkan sperma yang membawa gen cewek. Sehingga bila ingin anak cowok sebaiknya melakukan sex dekat-dekat dengan masa subur wanita. Bila ingin anak cewek maka hubungan sex dilakukan 2-4 hari sebelum masa subur wanita. Dengan teknik ini 75% dapat anak cewek dan 80% dapat anak cowok. Cobain deh…

WHELAN METHOD merupakan teknik pemilihan jenis kelamin berdasarkan suasana dalam organ kewanitaan yang ditinjau dari kondisi suhu tubuh saat masa subur (ovulasi). Bila ingin anak cowok maka sebelum suhu tubuh wanita meningkat (subur) maka kira-kira 4-6 jam sebelumnya sudah melakukan hubungan sex. Kalo ingin anak cewek maka hubungannya 2-3 hari sebelum masa subur.

Ada juga metode yang mengajarkan bahwa kalo hubungan sex doggy style maka dapatnya anak cewek karena sperma gen cowok lebih sulit mencapai mulut rahim daripada sperma gen cewek.

Sebetulnya semua metode diatas sih tidak ada yang berani menjamin berhasil, semua pasangan harus ingat bahwa aslinya kemungkinan berhasil dengan berbagai metode diatas itu adalah 50% cowok atau 50% cewek. Dari hasil penelitian ilmiah ternyata belum ada satupun cara yang terbukti secara konsisten berhasil memilih jenis kelamin cowok atau cewek.

Kalo menurut saya sebaiknya lakukan saja sedekah Rp 50.000,-/ hari dimulai sejak haid bersih sampai dengan test hamil positif garis 2 dengan disertai niat pengen anak cowok atau anak cewek, jangan lupa sertain doa yang cowok sholeh dan yang cewek sholehah. Kalo metode ini sih wajib dicoba karena saya pernah baca hadist bahwa carilah rejeki dengan sedekah.

Seperti biasanya, dokter cucuk yang katanya kiuttt hello kitty menggemassssskan mengajak untuk:
1. Sedekah Rp 4000,-/ hari berikan niat dan doa terbaik panjatkan pada Allah SWT biar cepat hamil dan kalo hamil biar sehat lancar dan selamat. Tahun 2017 nilai sedekah naik menjadi Rp 4000,-/hari seperti janji saya kemaren ?
2. Silakan LIKE dan SHARE dan REVIEW untuk kepentingan semua ibu-ibu Indonesia.
3. Nantikan selalu postingan kami selanjutnya.
4. Pertanyaan hanya dilayani via INBOX. Bila tak dijawab jangan marah karena FB bukan ruang ujian dan juga bukan ruang konsultasi dokter.

TULISAN 16. HAID SAYA NORMAL ATAU TIDAK ?

Siklus menstruasi wanita sedikit banyak dapat menceritakan kondisi kesehatan wanita. Sebaiknya wanita memahami bagaimana melacak siklus menstruasinya dan apa yang harus dilakukan oleh para wanita bila menemukan tentang ketidakteraturan dalam siklus menstruasinya.

Sebagai wanita apakah anda tahu kapan periode menstruasi terakhir anda dimulai atau berapa lama menstruasi anda berlangsung? Jika tidak, mungkin sudah saatnya untuk para wanita-wanita karawang kiuttt hello kitty mulai memperhatikan siklus menstruasinya.

 

Dengan melacak siklus menstruasi anda maka dapat membantu diri para ibu-ibu untuk memahami apa yang disebut menstruasi normal untuk anda, waktu ovulasi (masa subur) dan juga untuk mengidentifikasi perubahan penting dalam siklus menstruasi anda, seperti telat haid atau perdarahan menstruasi yang datangnya seenaknya saja, gak jelas gitu looohhh. Perlu dipahami oleh para wanita bahwa ketidakteraturan dalam siklus menstruasi biasanya bukanlah disebabkan oleh hal yang serius, tetapi walopun demikian sebaiknya para wanita tetap harus periksa ke dokter kandungan karena kadang-kadang haid yang tidak teratur merupakan tanda ada masalah kesehatan.

 

APA SIH YANG DISEBUT DENGAN SIKLUS MENSTRUASI/ SIKLUS HAID ?

 

Siklus menstruasi adalah rangkaian perubahan dalam tubuh wanita (pada rahimnya dan organ kandungan lainnya) yang berlangsung tiap bulan dalam  persiapan untuk kemungkinan terjadinya kehamilan. Kenapa begitu ? ya karena setiap bulan, salah satu indung telur wanita akan melepaskan sel telur, inilah yang disebut ovulasi (masa subur).

Pada saat yang sama, perubahan hormonal mempersiapkan rahim untuk terjadinya kehamilan. Jika ovulasi terjadi tetapi sel telur tidak dibuahi oleh sperma suami maka selanjutnya lapisan rahim bagian dalam (endometrium) akan dirontokkan sehingga mengalirlah darah melalui vagina. Inilah yang disebut dengan periode menstruasi.

 

BAGAIMANA SIH SIKLUS HAID DIKATAKAN MASIH NORMAL ?

 

Siklus menstruasi dikatakan 1 periode dimulai sejak hari pertama haid s/d hari pertama haid pada periode berikutnya, dan periode ini tidak sama untuk setiap wanita. Menstruasi mungkin terjadi setiap 21 s/d 35 hari dalam 1 periode haid dan lamanya perdarahan haid sekitar dua hingga tujuh hari. Pada tahun-tahun pertama mendapat haid biasanya akan didapatkan haid yang periodenya panjang tetapi setelah itu periodenya akan makin pendek dan makin teratur seiring bertambahnya usia wanita.

 

Siklus menstruasi anda mungkin teratur – dengan siklus haid yang sama setiap bulan – atau mungkin kadang-kadang agak tidak teratur, dan darah menstruasi anda mungkin jumlahnya sedikit atau banyak, haid terasa sakit atau mungkin cuman cenit-cenit saja, haidnya lama atau sebentar, dan ini masih dapat dianggap normal. Normal disini artinya normal bagi kebiasaan haid anda selama ini. Pada penggunaan jenis kontrasepsi tertentu, seperti pil kontrasepsi (pil KB) dan KB spiral (IUD) mungkin akan mengubah siklus menstruasi anda.

 

Ketika Anda mendekati menopause, siklus anda mungkin menjadi tidak teratur lagi. Namun, karena terdapat risiko kanker rahim yang meningkat seiring pertambahan usia wanita, maka setiap gangguan haid  di sekitar usia menopause sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan.

Setiap ada keluhan dengan siklus haid wanita maka sebaiknyanya segera periksa ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan apakah masih dalam batas normal atau merupakan tanda adanya penyakit tertentu.

 

BAGAIMANA CARANYA WANITA BISA MENGETAHUI SIKLUS MENSTRUASINYA ?

 

Untuk mengetahui apakah siklus haid yang normal bagi anda, mulailah mencatat siklus menstruasi anda di kalender. Mulailah dengan melacak tanggal mulai haid setiap bulan selama beberapa bulan ke depan berturut-turut untuk mengidentifikasi keteraturan siklus menstruasi Anda.

 

Sebaiknya wanita juga mencatat juga hal-hal berikut setiap bulan:

  1. Tanggal habisnya siklus haid. Hal ini untuk mengetahui berapa lama periode haid anda biasanya bertahan? Apakah lebih panjang atau lebih pendek dari siklus biasanya?
  2. Jumlah darah haid. Hal ini untuk mengetahui apakah darah haidnya lebih sedikit atau lebih banyak daripada biasanya? Bisa juga dihitung dengan menghitung berapa kali ganti pembalut dalam 1 hari. Apakah ada darah beku bergumpalnya ?
  3. Apakah anda mengalami pendarahan di antara beberapa periode haid ? maksudnya setelah haidnya bersih lalu datang haid lagi padahal belum waktunya haid.
  4. Apakah ada rasa sakit saat haid ? Apakah rasa sakitnya terasa lebih parah dari biasanya?

 

APA YANG MENYEBABKAN SIKLUS MENSTRUASI TIDAK TERATUR ?

 

Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat memiliki banyak penyebab yang berbeda, termasuk  diantaranya sebagai berikut:

  1. Kehamilan atau menyusui. Sebaiknya walopun menyusui, wanita menggunakan KB karena setiap periode haid yang terlewatkan bisa berarti menjadi tanda awal kehamilan. Menyusui biasanya menunda kembalinya menstruasi setelah kehamilan.
  2. Gangguan makan, berat badan ekstrem atau olahraga berlebihan. Gangguan makan – seperti anorexia nervosa – penurunan berat badan yang ekstrem dan peningkatan aktivitas fisik dapat mengganggu menstruasi.
  3. Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Wanita dengan gangguan sistem endokrin PCOS mungkin memiliki periode haid yang tidak teratur serta ovarium (indung telur) yang membesar yang berisi kumpulan sel telur kecil-kecil (folikel) yang terletak di masing-masing ovarium biasanya akan terlihat pada pemeriksaan USG di dokter kandungan.
  4. Kegagalan fungsi ovarium dini yaitu hilangnya fungsi ovarium normal sebelum usia 40 tahun dikenal dengan istilah premature ovarian failure (POF).
  5. Penyakit radang panggul (PID). Infeksi organ reproduksi ini dapat menyebabkan pendarahan menstruasi yang tidak teratur.
  6. Fibroid rahim. Lebih dikenal sebagai myoma yaitu pertumbuhan tumor rahim yang jinak. Mereka dapat menyebabkan darah haid menjadi banyak dan panjangnya masa haid.

 

APA YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH WANITA UNTUK MENCEGAH KETIDAKTERATURAN SIKLUS MENSTRUASI ?

 

Bagi sebagian wanita, penggunaan pil KB dapat membantu mengatur siklus menstruasi. Pengobatan terhadap masalah-masalah yang dapat menggangu haid seperti gangguan makan, juga bisa membantu memperbaiki siklus haid. Tetapi ada juga beberapa ketidakteraturan siklus menstruasi yang tidak dapat dicegah. Yang penting adalah segera ke dokter kandungan bila:

  1. Tidak haid selama 3 bulan, dan bukan disebabkan oleh hamil. Kalo hamil maka test pack akan bergaris 2.
  2. Haid tidak teratur, padahal sebelum-sebelumnya teratur.
  3. Perdarahan haid lebih dari 7-8 hari.
  4. Jumlah darah haid lebih banyak daripada biasanya. Lebih dari 5-6 pembalut dalam 1 hari.
  5. Haid datangnya keseringan atau kelambatan.
  6. Haid lagi sebelum waktunya padahal barusan bersih.
  7. Nyeri haid yang gak ketulungan.
  8. Haid yang tak teratur dan disertai demam dan nyeri di perut bawah.

Ingat, melacak siklus menstruasi anda dapat membantu anda mengetahui apa yang normal untuk anda dan apa yang tidak. Jika anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang siklus menstruasi anda segeralah konsultasi dengan dokter kandungan anda supaya dilakukan pemeriksaan organ kandungan.

TULISAN 17. HUBUNGAN SEX PASCA MELAHIRKAN

Seks setelah menjalani persalinan mungkin menjadi hal terakhir yang akan terlintas di dalam pikiran ibu-ibu, tetapi mungkin menjadi bahan pikiran galau di kepala para suami. Tulisan ini bertujuan agar pasangan suami istri dapat memahami apa yang diharapkan dan bagaimana memperbarui keintiman dengan pasangan anda.

Setiap pasangan suami isteri mesti udah kebelet banget untuk melakukan hubungan seks setelah isterinya mengalami persalinan. Jujur saja… gak perlu malu… manusiawi kok. Namun, pada awal-awal mencoba kembali hubungan sex setelah melahirkan maka pertama-tama isteri akan merasa pegal dan tak nyaman pada organ vaginanya. Perasaan tersebut dapat timbul walopun isteri dalam suasana hati pengen sex… pengen melayani suami… pengen memuaskan suami. Mungkin dalam hati suami bertanya-tanya… Setelah bayi lahir, kapan saya bisa berhubungan seks dengan isteri ? Ayo jujur…. beneran gak ??? gak usah malu-malu macan deh…

Baik wanita melahirkan melalui vagina atau operasi caesar, tubuh wanita  akan membutuhkan waktu untuk pulih kembali. Sebaiknya pasangan suami isteri mempertimbangkan untuk menunggu untuk berhubungan seks sebelum bertanya dulu ke dokter kandungan. Biasanya dokter kandungan akan memberikan lampu hijau setelah 6 – 8 minggu setelah wanita melahirkan. Kenapa demikian ? karena hal ini bermaksud untuk memberikan kesempatan pada rahim untuk menutup leher rahim, perdarahan nifas untuk berhenti, dan menunggu penyembuhan sempurna akibat robekan jalan lahir vagina. Yang penting adalah wanita paling tahu kapan dia akan siap untuk hubungan sex kembali dengan suami. Beberapa wanita merasa siap untuk melanjutkan seks dalam beberapa minggu setelah melahirkan, sementara yang lain membutuhkan beberapa bulan – atau bahkan lebih lama. Faktor-faktor seperti kelelahan, stres, dan rasa takut akan rasa sakit dapat mempengaruhi nafsu seksual wanita.

SAKIT GAK SIH HUBUNGAN SEX PASCA MELAHIRKAN ?

Perubahan hormonal selama kehamilan bisa membuat vagina wanita kering dan sensitif, bahkan tetap terjadi demikian jika wanita sedang menyusui. Kebanyakan wanita mungkin akan mengalami rasa sakit saat berhubungan seks terutama jika masih dalam proses menyembuhkan luka akibat episiotomi (irisan pintu vagina untuk menolong bayi agar mudah lahir) atau robekan perineum, hal ini terutama pada kasus robekan vagina yang luas.

Untuk membantu meringankan ketidaknyamanan selama berhubungan seks, sedapat mungkin pasangan suami isteri melakukan sex dengan tenang dan jangan keburu-buru. Mulailah dengan berpelukan, berciuman, atau saling pijat pada bagian sensitif dan bagian-bagian lain yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan relax pada pasangan. Secara bertahap perlahan tapi pasti akan makin meningkat intensitas rangsangan. Jika kekeringan vagina adalah masalah yang sedang dihadapi oleh wanita maka boleh-boleh saja untuk menggunakan krim atau gel pelumas… beli aja di apotek.

Cobalah posisi yang berbeda untuk mengurangi tekanan pada area yang sakit dan suami mesti mengontrol penetrasi dengan hati-hati agar isteri tidak nyeri dan tidak terjadi ketegangan pada otot-otot vagina. Bila hubungan sex dengan cara vagina terasa nyeri dan tak nyaman maka isteri dapat melakukan rangsangan pada suami melalui metode lain misalnya rangsangan oral atau jepitan-jepitan selain pada vagina, sampai penyembuhan luka vagina tuntas. Pasangan suami isteri mesti memberi tahu pasangan apa yang terasa menyenangkan dan apa yang tidak. Jangan paksa isteri jika terasa nyeri.

Setelah melahirkan, penurunan tonus otot di vagina dapat mengurangi gesekan yang menyenangkan saat berhubungan seks yang tentunya  dapat mempengaruhi gairah. Ini biasanya bersifat sementara. Ya jelas donk… tadinya masih sempit lalu jadi melebar akibat dilewati oleh kepala bayi. Wanita pasca melahirkan dapat mencoba untuk melakukan senam kegel untuk mengencangkan kembali otot-otot vagina. Caranya senam kegel adalah kencangkan otot-otot panggul anda seolah-olah anda menghentikan aliran urin (pipis) Anda. Berusahalah untuk menjaga otot-otot berkontraksi selama 10 detik setiap kali, bersantai/ relax selama 10 detik di antara dua kontraksi. Setelah Anda menguasainya, lakukan setidaknya tiga set dalam sehari, 1 set terdiri dari 10 latihan Kegel.

Bagaimana jika wanita merasa terlalu lelah untuk berhubungan seks? Perlu dipahami oleh para suami bahwa merawat bayi yang baru lahir itu sangat melelahkan. Jika isteri terlalu lelah untuk melakukan hubungan seks pada waktu tidur malam maka bukan berarti kehidupan seks suami isteri harus berakhir. Pertimbangkan untuk bercinta di pagi hari, ketika bayi anda sedang tidur siang, atau lakukan hubungan sex ketika bayi anda sedang diasuh oleh keluarga yang lain misalnya mertua, saudara, dll.

Bagaimana jika wanita tidak tertarik dengan seks? Tidak apa-apa. Ada lebih banyak hubungan intim daripada seks, terutama ketika pasangan suami isteri menyesuaikan diri dengan kehidupan hadirnya bayi baru ditengah-tengah mereka. Jika wanita merasa tidak seksi lagi, merasa tidak menarik lagi atau takut seks akan terasa sakit, sampaikan kekhawatiran anda pada suami dengan jujur dan tatapan mesra penuh cinta.

Sampai kapan tidak siap untuk hubungan sex ? Sampai wanita siap berhubungan seks, tetapi tetaplah pertahankan keintiman dengan cara lain. Habiskan waktu bersama (berduaan dengan suami/ pacaran lagi dengan suami) tanpa bayi, meskipun hanya beberapa menit di pagi hari dan setelah bayi tidur di malam hari. lakukan panggilan telepon singkat ke suami yang sedang bekerja atau kirim SMS sesering mungkin  sepanjang hari. Carilah cara lain untuk mengungkapkan kasih sayang. Hidupkan kembali percikan yang membawa anda bersama di tempat pertama kali bertemu saat pacaran dulu.

Jika wanita yang telah berkomunikasi dengan terbuka dan baik-baik dengan suami ternyata tetap tidak membantu kehidupan sex anda maka perlu diwaspadai adanya tanda dan gejala depresi pasca melahirkan (postpartum blues) seperti mudah tersinggung dan mudah marah yang menyebalkan karena kadang-kadang tanpa sebab yang jelas, kelelahan yang luar biasa, kurangnya sukacita dalam hidup, dan kesulitan mengikat hubungan batin antara ibu dengan bayinya. Jika wanita  berpikir bahwa sedang mengalami depresi pasca melahirkan, maka sebaiknya segera ke dokter kandungan atau dokter ahli jiwa/ psikiater. Pengobatan masalah depresi pasca melahirkan yang cepat diharapkan dapat mempercepat pemulihan pula.

Apa yang bisa dilakukan oleh wanita untuk meningkatkan dorongan seksual pasca melahirkan ? perlu dipahami bahwa sebagian besar masalah seksual yang terkait dengan kehamilan atau persalinan akan hilang dalam waktu satu tahun. Dalam masa-masa itu sebaiknya pasangan suami isteri berkonsentrasi untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental isterinya. Sebagai contoh:

  1. Jaga hubungan dan komunikasi dengan kedua orang tua dan mertua.
  2. Makan makanan yang sehat, termasuk minum banyak cairan.
  3. Jangan malas-malasan… sibukkan diri dalam rutinitas harian Anda.
  4. Bila ada waktu maka segera manfaatkan waktu untuk Istirahat sebanyak mungkin.
  5. Mintalah pasangan Anda, orang-orang terkasih dan teman-teman untuk bantuan.
  6. Buat komunitas ibu menyusui, ibu pasca melahirkan, buatlah grup WA, dll.

TULISAN 22. SUAMI SUKA SEX ORAL PADAHAL AKU SEDANG HAMIL

Dokter cucuk kiuttt hello kitty… saya pengen tanya nih… saya seorang wanita yang sedang hamil. Nah suami saya itu nafsunya gede. Pengennya hubungan sex terus setiap hari. Terus kalo hubungan sex mintanya spermanya saya telan. Apakah tidak bahaya buat bayi dalam kandungan saya ? Mohon maaf ya dok… pertanyaan saya vulgar banget. Oh iya… dokter di karawang prakteknya dimana sih ?

Beneran nih… ini pertanyaan yang sangat bagus. Tidak banyak wanita hamil yang seperti ini yang sedemikian tingginya rasa ingin tahunya seputar kehamilan. Saya pernah membahas tentang boleh tidaknya hubungan sex saat hamil. Dan kali ini saya ingin memberikan informasi tambahan untuk beberapa ibu hamil yang melakukan hubungan sex seperti pertanyaan di atas. Sebetulnya sperma tidak berbahaya bila ditelan oleh ibu hamil asalkan:

1. Suami setia pada 1 isteri saja, tidak doyan jajan, tidak selingkuh, dan rutin jaga kebersihan.

2. Suami dan isteri tidak menderita penyakit menular sexual.

Sperma tidak membahayakan janin dalam kandungan. Artinya hubungan sex selama hamil diperbolehkan setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Bagaimana bila suami menderita penyakit kelamin ? Bila suami menderita penyakit kelamin maka isteri yang sedang hamil tidak boleh menelan sperma suami karena membahayakan kesehatan isteri. Hal ini disebabkan oleh karena isteri dapat tertular virus atau bakteri berbahaya yg mengkontaminasi batang penis suami maupun sperma suami. Dan dapat menyebabkan bahaya bagi janin dalam kandungan. Janin dalam kandungan bisa terinfeksi kuman/tapi virus yang berasal dari penyakit kelamin. Infeksi tersebut dapat melalui placenta/ ari-ari, ketuban yang pecah, dan saat proses persalinan.

Saat ini CDC amerika serikat memberikan rekomendasi ketat bahwa semua wanita hamil dilarang melakukan hubungan sex dengan suami ===bila kebelet banget ya masih boleh pakai kondom=== bila suami terindikasi menderita/ tertular virus zika atau pernah berpergian ke daerah yang endemis zika. Penyakit zika disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Saya rasa cukup sekian tulisan ini saya buat. Selamat membaca.

TULISAN 23. ANATOMI PANGGUL WANITA (UPDATE BUAT BIDAN)

Caldwell-Moloy mengemukakan 4 bentuk dasar panggul wanita yang ditentukan berdasarkan segmen anterior dan segmen posterior PAP:
1. Panggul gynekoid
2. Panggul android
3. Panggul antropoid
4. Panggul platyploid

Pintu atas panggul adaah batas atas dari panggul kecil (pelvis minor). Batas dari PAP adalah:

  1. Promontorium
  2. Linea inominata
  3. Ramus superior os pubis
  4. Tepi atas symphisis pubis

Dari PAP dapat ditentukan 3 ukuran panggul penting yaitu:

  1. Ukuran antero-posterior
  2. Ukuran transversa
  3. Ukuran oblique

Ukuran antero-posterior terdiri dari:

  1. Conjugata vera (ukuran panggul terpenting)
  2. Dari promontorium s/d tepi atas simpisis pubis.
  3. 11 cm
  4. Pada wanita hidup, ukuran ini tidak dapat diukur dengan langsung, tetapi dapat diperkirakan dengan mengukur conjugata diagonalis.
  5. Conjugata vera = ukuran conjugata diagonalis – 1 ½ cm.
  6. Bila CV ≥ 10 cm maka dianggap panggul cukup luas.
  7. Conjugata diagonalis
  8. Dari promontorium s/d tepi bawah simpisis pubis.
  9. Diukur saat melakukan VT.
  10. Bila ukuran panggul atas (PAP) normal, maka jari tangan saat VT tidak akan bisa menggapai promontorium.
  11. Conjugata obstetrica.
  12. Merupakan ukuran terpendek dari PAP.
  13. Dari promontorium s/d simpisis pubis, beberapa mm dari tepi atas simpisis pubis.

Ukuran transversa (diameter transversa) merupakan ukuran melintang terpanjang antara line inominata yang diambil tegak lurus terhadap conjugata vera, kira-kira 12,5cm.

Ukuran oblique adalah ukuran serong dari articulatio sacro iliaca s/d tuberculum pubicum kontra lateral, kira-kira 12 cm.

Bidang HODGE:

  1. Hodge 1: = pintu atas panggul (PAP)
  2. Hodge 2: sejajar hodge 1 melalui pinggir bawah simpisis pubis
  3. Hodge 3: sejajar hodge 1 melalui titik spina ischiadica
  4. Hodge 4: sejajar hodge 1 melaui ujung os coccygius.

 

Caldwell-Moloy mengemukakan 4 bentuk dasar panggul wanita yang ditentukan berdasarkan segmen anterior dan segmen posterior PAP:

  1. Panggul gynekoid
  2. Panggul android
  3. Panggul antropoid
  4. Panggul platyploid

Segemen posterior PAP menentukan bentuk panggul, sedangkan segmen anterior PAP menentukan variasi panggul. Segmen posterior adalah bidang khayal dibelakang garis diameter transversa. Sedangkan segmen anterior adalah bidang khayal di depan garis diameter transversa panggul.

Panggul ginekoid:

  1. Khas bagi wanita.
  2. Diameter sagitalis posterior sedikit lebih pendek daripada diameter sagitalis anterior.
  3. Batas samping segmen posterior membulat, begitu pula batas samping segmen anterior juga membulat.
  4. Diameter transversa sama panjangnya dengan diameter antero-posterior.
  5. Spina ischiadica tak menonjol sehingga diameter interspinalis ≥ 10 cm.
  6. Arcus pubis luas.

Panggul android:

  1. Diameter sagitalis posterior jauh lebih pendek daripada diameter sagitalis anterior.
  2. Batas samping segmen posterior membentuk sudut runcing terhadap batas samping segmen anterior.
  3. Segmen anterior sempit, membentuk segitiga.
  4. Spina ischiadica menonjol.
  5. Dinding vagina konvergen.
  6. Arcus pubis sempit.

Panggul antropoid:

  1. Diameter antero-posterior jauh lebih panjang daripada diameter transversa sehingga bentuk panggul lonjong ke depan.
  2. Dinding samping vagina convergent.
  3. Segmen anterior sempit dan meruncing sehingga arcus pubis sempit.

Panggul platiploid:

  1. Diameter antero-posterior pendek, sedangkan diameter transversa normal.
  2. Panggul ginekoid yang picak.
  3. Segmen anterior melebar.