TULISAN 150. WANITA HAMIL VS COVID 19

Beberapa bulan terakhir, dunia digemparkan oleh penyakit baru yang berasal dari china komunis yaitu corona virus. Lalu apakah yang mesti diketahui oleh wanita hamil terkait dengan serangan corona virus ini ?

GEJALA KLINIS INFEKSI CORONA VIRUS

Gejala-gejala yang mungkin timbul pada penyakit infeksi corona virus:
1. Batuk
2. Demam tinggi
3. Nafas pendek dan cepat
Perlu diingat bahwa gejala di atas tidak selalu merupakan gejala pasti infeksi corona virus karena gejala di atas merupakan gejala pada penyakit flu.

APA DAMPAK CORONAVIRUS PADA WANITA HAMIL ?

Wanita hamil tampaknya tidak lebih rentan terhadap coronavirus daripada populasi manusia pada umum. Karena ini adalah virus baru, bagaimana pengaruhnya terhadap wanita hamil masih belum jelas. Diharapkan sebagian besar wanita hamil hanya akan mengalami gejala pilek / flu ringan atau sedang saja ditengah merebaknya corona virus di Indonesia dan dunia international. Gejala yang lebih parah akibat penularan corona virus seperti pneumonia (batuk dan sesak nafas yang parah) tampaknya lebih sering ditemukan pada:
1. orang tua (lansia)
2. mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah misalnya HIV
3. mereka yang memiliki penyakit kronis yang berat misalnya TBC paru.
Sampai hari ini belum ada kematian pada wanita hamil yang dilaporkan akibat penularan corona virus. Tapi perlu diingat bahwa wanita hamil lebih rentan terkena infeksi daripada wanita yang tidak hamil. Jika wanita hamil memiliki penyakit jantung atau paru yang mendasarinya, seperti asma, maka bila wanita hamil itu sampai tertular corona virus kemungkinan akan lebih berat dampaknya.

APA DAMPAK CORONAVIRUS PADA BAYI DALAM KANDUNGAN JIKA WANITA HAMIL TERINFEKSI CORONA VIRUS ?

Karena ini adalah virus yang sangat baru, maka belum banyak yang bisa dipelajari dari virus corona tersebut. Tetapi sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan peningkatan risiko keguguran pada wanita hamil yang tertular corona virus. Juga tidak ada bukti bahwa virus dapat menular ke bayi dalam kandungan (transmisi vertikal). Karena itu saat ini dianggap tidak mungkin corona virus akan menyebabkan kelainan pada bayi dalam kandungan.

Beberapa bayi yang dilahirkan oleh wanita dengan gejala corona virus di Cina telah lahir prematur. Tetapi tidak jelas apakah corona virus menyebabkan kelahiran premature atau dokter kandungan china komunis sengaja membuat keputusan untuk membuat bayi dilahirkan lebih awal (mungkin dengan induksi persalinan) karena wanita hamil tersebut dalam keadaan tidak sehat akibat tertular corona virus. Bagi ibu hamil kiuters yang pengen tahu tentang induksi persalinan maka dapat klik link berikut ini http://www.cucuk-spog.com/?p=562 .

APA YANG BISA IBU HAMIL LAKUKAN UNTUK MENGURANGI RISIKO TERKENA CORONA VIRUS ?

1. sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air – lakukan ini setidaknya selama 20 detik.
2. selalu cuci tangan saat pulang atau bekerja.
3. gunakan gel pembersih tangan jika sabun dan air tidak tersedia.
4. tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu atau lengan baju Anda (bukan telapak tangan Anda) ketika Anda batuk atau bersin.
5. letakkan tisu bekas di tong sampah dan cuci tangan sesudahnya.
6. cobalah untuk menghindari kontak dekat dengan orang yang tidak sehat.
7. jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda jika tangan Anda tidak bersih

APA SARAN PERJALANAN JIKA SAYA HAMIL INGIN BEPERGIAN KE LUAR NEGERI ?

Semua individu, termasuk wanita hamil, harus memastikan mereka memiliki pengaturan asuransi yang memadai sebelum bepergian terutama bagi wanita hamil yang bepergian ke luar negeri. Anda juga harus memeriksa bahwa asuransi perjalanan Anda akan memberikan perlindungan untuk kelahiran dan perawatan bayi Anda yang baru lahir jika Anda melahirkan di luar negeri. Dan yang terpenting adalah ikuti semua saran dari petugas-petugas kedutaan ataupun petugas ataupun petugas kesehatan ataupun petugas kepolisian di negara tujuan.

BAGAIMANA CARA WANITA HAMIL AKAN DIUJI UNTUK MENGETAHUI TERINFEKSI CORONA VIRUS ATAU TIDAK ?

Proses untuk mendiagnosis infeksi coronavirus berubah dengan cepat. Pada saat ini, jika wanita hamil memerlukan tes untuk coronavirus maka akan disarankan untuk melakukan isolasi diri sendiri dan akan diajari cara mengambil sediaan swab diagnostic dari mukosa (selaput lendir) hidung dan rongga mulut untuk mengetahui apakah tertular corona virus atau tidak. Bahkan bisa juga dari ludah dan dahak (bila batuk) atau ingus (bila pilek). Mungkin saja setelah di test wanita hamil akan diminta untuk segera ke rumah sakit yang tentunya telah mempersiapkan diri dalam menyambut kedatangan wanita hamil yang tertular corona virus.

APA YANG AKAN DIALAMI OLEH IBU HAMIL BILA TERNYATA POSITIF TERKENA CORONA VIRUS ?

Jawabannya adalah segera berobat ke rumah sakit. Wnaita hamil akan diisolasi dan akan diberikan pengobatan sesuai gejala klinis yang muncul. Tunda pemeriksaan kehamilan ke klinik/ dokter kandungan supaya tidak menulari pasien hamil lainnya. Bila ada emergensi kehamilan maka rumah sakit rujukan untuk pasien hamil yang terinfeksi corona virus insya Allah akan siap mengantisipasinya… tapi… kalo di Indonesia saya sih kagak tau ya… yang saya baca sih luar negeri sangat serius menghadapi corona virus dengan melarang turis asing masuk ke dalam negaranya sedangkan di Indonesia ? tanyakan deh pada rumput yang bergoyang…
Bila wanita hamil telah dinyatakan sembuh dari corona virus maka kira-kira 14 hari setelah masa isolasi berakhir dan ibu hamil sudah keluar dari rumah sakit maka dokter kandungan langganan sudah boleh untuk memeriksa kehamilan wanita tersebut. Selama dalam masa isolasi maka pengawasan kehamilan dilakukan oleh team dokter tentunya dokter kandungan di rumah sakit khusus tersebut.

BAGAIMANA BILA WANITA HAMIL POSITIF CORONA VIRUS TIBA-TIBA MAU MELAHIRKAN ?

Tenang saja. Team dokter dari rumah sakit yang menangani corona virus akan dengan sigap melakukan pertolongan bagi wanita hamil tersebut. Nahhh setelah bayinya lahir maka bayi mungil tersebut akan menjalani serangkaian pemeriksaan pula untuk mengantisipasi penularan corona virus ke bayi. Sampai saat ini belum ada laporan bahwa bayi baru lahir terkena corona virus. Bagaimana dengan menyusui bayi ? bila wanita ingin menyusui bayinya maka wanita tersebut harus menggunakan masker dan mencuci tangannya. Tentu saja tetap harus dipahami bahwa tetap terdapat kemungkinan bayinya tertular corona virus.

SARAN DOKTER CUCUK KIUTTT HELLO KITTY KHSUSUS BAGI WANITA HAMIL KIUTERS DALAM RANGKA MENCEGAH TERTULAR CORONA VIRUS

1. tinggal di rumah saja tetapi dengan sangat terpaksa tetap harus pergi bekerja bagi wanita hamil yang bekerja. Mestinya ada kebijakan khusus dari pemerintah untuk mencegah penularan corona virus.
2. boleh ke sekolah atau tempat umum keramaian sampai ada pengumuman larangan dari pemerintah atau sekolah
3. Kalo bisa dan kondisinya memungkinkan maka sedapat mungkin kurangi menggunakan transportasi umum massal, ya mungkin akhirnya dengan sangat terpaksa mungkin naik taksi atau grab atau gojek atau ojek. Nah ini yg sangat sulit untuk dilakukan karena itu sebaiknya di rumah saja.
4. Gak usah ngobrol ke tetangga bila gak perlu-perlu amat.
5. Gak usah nonton bioskop kalo gak ngebet-ngebet banget.
6. Gak usah nongkrong di mall/ café/ restoran.
7. Menghindari kumpulan orang banyak seperti seminar, acara live concert music, dll.
8. Cuci tangan sering-sering dengan sabun.
9. Jangan salaman dengan siapapun.

10. kalo batuk mesti pake masker/ niqab/ sapi tangan.

11. Vitamin hamil wajib diminum.
12. ibadah ditingkatkan, ngaji dan sholat. Rajin wudhu walopun belum masuk waktu sholat.

PENGOBATAN UNTUK CORONAVIRUS

Saat ini tidak ada pengobatan khusus untuk coronavirus.
Antibiotik tidak membantu, karena mereka tidak bekerja melawan virus. Perawatan di rumah sakit bertujuan untuk meringankan gejala saat tubuh Anda melawan penyakit corona virus. Anda harus tetap terisolasi dari orang lain sampai Anda pulih.