TULISAN 97. KURAWAT SENDIRI LUKAKU PASCA OPERASI SESAR

Kehamilan dan persalinan menyebabkan perubahan besar pada diri wanita, baik itu berupa perubahan bentuk fisik hingga perubahan kestabilan emosi. Mungkin ibu-ibu hamil yang sudah divonis untuk operasi sesar akan bertanya-tanya bagaimana sih operasi sesar itu? lama gak sembuhnya? sakit gak sih? mengganggu ASI gak? gimana posisinya kalo mau ngasih ASI pasca operasi? bagaimana cara melakukan perawatan luka operasi di rumah?

RAJIN-RAJINLAH MERAWAT LUKA OPERASI DI RUMAH

Dalam proses penyembuhan pasca operasi sesar, tentunya rasanya bercampur baur antara masih terasa nyeri, rasa tidak nyaman dan kelelahan akibat si dede suka bangun tengah malam dimana sang suami mesti molorrrrr gak mau bangun. Langkah-langkah yang mesti ibu-ibu nifas lakukan untuk mempercepat kesembuhan antara lain:

1. Jalani proses penyembuhan dengan hati senang dan santai. Banyak istirahat, tidur bila ngantuk, jangan beraktivitas berlebihan, kurangi aktivitas harian, serahkanlah nyapu ngepel setrika pada suami saja. Letakkan semua keperluan bayi didekat ibu, dalam jangkauan ibu, sehingga tidak perlu harus jalan jauh untuk mengambil misalnya bedak bayi, popok bayi, dll. Jangan mengangkat beban berat apapun selain bayi ibu. Gak usah ngangkat jemuran, gak usah ngangkat galon aqua, dll.

2. Jaga tekanan perut. Sebetulnya di Indonesia terkenal dengan yang namanya gurita. Tidak perlu pakai gurita tidak apa-apa karena kebanyakan yang saya amati ibu-ibu pakai gurita terlalu ketat sehingga dapat mempengaruhi penyembuhan luka operasi akibat tertekan dan tergesek. Kalau mau pakai gurita jangan ketat-ketat, secukupnya saja. Ada juga gurita yang dari karet, itu mungkin lebih baik karena melar. Peranan gurita disini sebetulnya hanya untuk menahan tekanan perut ketika batuk, bersin, ketawa, atau gerakan mendadak yang menyebabkan meningkatnya tekanan dalam perut. Cukup ditahan perutnya dengan tangan dan usahakan bergerak dengan tenang dan tidak terburu-buru.

3. Bila nyeri, minum obat anti nyeri yang diberikan oleh dokter kandungan ibu. Bila ibu punya bantal hangat, dapat juga ditempelkan ke perutnya. Obat anti nyeri aman bagi ibu menyusui.

4. Rajin minum air putih, apalagi kalo bisa sih pakai air zam-zam… wow… berkah bangets. Sebaiknya ditambah dengan air jus buah, kacang hijau, dan minuman bergizi tinggi lainnya. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya BAB keras.

5. Ibu akan diajari caranya ganti perban saat kontrol pertama pasca operasi. amati dan ingat-ingat cara-cara yang diberikan oleh dokter kandungan saat kontrol.

6. Makanan bergizi. Tidak berpantang makanan untuk meningkatkan daya tahan dan mempercepat kesembuhan.

7. Mandi tetapi jangan sampai basah lukanya.

AMATI TANDA-TANDA INFEKSI

Bila selama proses penyembuhan ibu-ibu nifas melihat beberapa tanda di bawah ini maka segera kunjungi dokter kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan mungkin bila perlu pengobatan.

1. Luka operasi nama merah banget, bengkak dan keluar nanah.
2. Apalagi bila disertai dengan demam tinggi segera setelah operasi.
3. Luka yang infeksi seringkali terasa sangat nyeri dan rasa nyerinya makin bertambah bertambah bertambah.

CARI DAN CARI TERUS POSISI YANG PALING NYAMAN BAGI IBU SAAT MENYUSUI

Ibu-ibu nifas boleh dan sebaiknya segera menyusui bayinya setelah operasi. Untuk mengurangi rasa nyeri akibat tertimpa bayi, maka perut ibu dapat dialas pakai bantal kepala sehingga lengan ibu dan bayi ibu tersangga dengan baik. Di sini ada beberapa posisi yang nyaman untuk menyusui, tetapi tetap saja tidak bakalan nyaman bagi semua ibu nifas sehingga ibu nifas mesti mencari sendiri posisi yang paling nyaman bagi ibu-ibu.

1. Posisi memegang bola. Pegang bayi ibu disalah satu sisi lengan bawah dimana posisi siku tertekuk, arahkan kepala dan muka bayi langsung ke hadapan payudara ibu. Jadi punggung bayi berbaring diatas lengan bawah ibu. Letakkan bantal kepala untuk menopang lengan ibu sehingga tidak gampang lelah. Kalo duduk di kursi maka untuk menopang lengan bawah, pakailah kursi yang ada sandaran tangannya.
2. Posisi berbaring miring. Ibu miring ke saah satu sisi dan arahkan wajah bayi ibu menghadap ke payudara. Dengan salah satu tangan yang posisinya di atas pegang dan pence payudara ibu dan arahkan putingnya ke mulut bayi. Lengan ibu yang bagian bawah dipakai untuk ganjalan kepala ibu.
Bila ibu kesulitan untuk menyusui maka dapat berkonsultasi dengan para petugas di kamar nifas untuk membantu memberikan petunjuk dan cara yang nyaman bagi ibu.

APA SIH YANG AKAN DIALAMI OLEH IBU-IBU SELAMA MENJALANI MASA NIFAS ?

Sebetulnya tidak ada perbedaan pengalaman masa nifas pada ibu-ibu yang melahirkan dengan normal ataupun operasi. Tetapi demi ibu-ibu sekalian yang mungkin mesti kepo banget tentang nifas ya saya ceritakan juga ya..

1. Keluar darah nifas.
Ibu pasca melahirkan pasti akan mengeluarkan darah nifas selama beberapa kinggu pasca melahirkan. Warnanya merah dan bercampur dengan lendir. Iasanya merah gelap atau merah tua, kadang-kadang merah terang. Semakin lama darah nfas akan makin sedikit dan makin encer, warnanya juga makin pudar sampe dengan kuning. Apa yang perlu diwaspadai dengan darah nifas?

a. Keluar darah yang sangat banyak disertai gumpalan.
b. Darah nifas berbau busuk
c. Adanya demam pasca melahirkan.

Kalau ibu pasca melahirkan mengalami 3 hal tersebut maka harus segera ke RS atau puskesmas atau klinik terdekat.

2. Perut terasa mules atau kontraksi. Pasca melahirkan biasanya ibu-ibu akan mengalami rasa mules diperut, hal ini akan berlangsung sampai beberapa hari ke depan. Rasanya mirip dengan kram saat mau menstruasi/ mau haid. Hal ini merupakan hal wajar karena bentuk perlindungan diri terhadap kemungkinan terjadinya perdarahan pasca melahirkan, dimana nyeri itu disebabkan oleh kontraksi rahim untuk menjepit jutaan pembuluh darah rahim sehingga tidak timbul perdarahan. Bila pada perut bagian yang kontraksi terasa ada rasa nyeri saat dipegang rahimnya maka segera datangi dokter kandungan untuk diperiksa apakah ada kemungkinan ibu mengalami infeksi rahim atau tidak.

3. Gangguan pipis (pipisnya gak keluar atau sakit saat pipis). Pembengkakan atau perlukaan atau lecet-lecet daerah sekitar kandung kencing dan saluran kencing pasca dilewati oleh kepala bayi saat melahirkan dapat menimbulkan gangguan pipis. Biasanya akan terasa nyeri dan perih saat pipis. Salah satu caranya adalah ketika pipis, diusahakan sambil diguyurin pake air keran, kalo yang WC duduk mesti ada selang airnya, kalo yang WC jongkok mesti bawa ember untk disiram-siram ke daerah lubang pipis sehingga dapat membantu mengurangi nyeri saat pipis. Apa yang harus diwaspadai dan harus segera ke dokter kandungan ? yaitu bila terjadi gangguan pipis sebagai berikut:

a. Rasa nyeri yang luarrr biassaa yang menimbulkan gangguan yang tidak bisa diatasi dengan cara
di atas.
b. Tidak bisa pipis atau kalo pipis ngedennya lama dan harus dipaksa.
c. Pipisnya sering tapi sedikit-sedikit.

Kehamilan dan melahirkan itu dapat menyebablan kerusakan dan regangan pada otot-otot dan syaraf-syaraf penopang panggul dan jalan lahir. Sehingga kali kita lihat ibu pasca melahirkan itu kalo batuk mesti keluar pipisnya, batuk keluar pipisnya, bersin keluar pipisnya, dll. Hal ini makin lama kadang-kadang makin sembuh dengan seiring berjalannya waktu tetapi lebih baik bila ibu pasca melahirkan melakukan senam kegel, bisa ibu-ibu lihat di youtube gimana caranya senam kegel. Konon senam kegel juga bisa bikin puassss suami… ha ha ha. Cara sederhana yang bisa dicoba untuk ibu lakukan sambil nonton tv adalah melakukan gerakan tahan pipis seperti saat pipis tau-tau distop dan pipisnya stop. Lakukan itu berulang-ulang secara rutin, ya sekitar 10-20x dalam sehari. Lakukan tidak dalam kondisi pipis ya, cuman seolah-olah sedang pipis saja.
4. Gangguan BAB dan wasir/ ambeyen/ hemoroid

Bila ibu-ibu nifas mengalami gangguan sulit BAB atau BAB keras maka ibu nifas sedang memgalami gangguan kontraksi usus. Bahkan kadang-kadang ibu nifas terutama yang baru pertama melahirkan sulit menahan BAB. Coba lakukan senam kegel secara rutin, bila tetap sulit menahan BAB maka harus segara periksa ke dokter untuk diperiksa apakah ada cedera pada otot mulut dubur atau tidak. Atau bila waktu duduk terasa ada yang mengganjal atau terasa ada yang bengkak/ benjol di dekat lubang dubur bisa jadi itu adalah gejala ambeyen/ wasir/ hemoroid. Datangi saja Dokter terdekat dan nanti biasanya dokter akan memberikan obat salep atau seperti peluru untuk mengobati hemoroid ibu. Untuk mengurangi rasa nyeri saat BAB yang mengganggu akibat adanya hemoroid atau BAB keras atau nyeri akibat luka pasca melahirkan maka ibu-ibu nifas harus melakukan hal-hal sebagai berikut:

a. Sering minum air putih
b. Makan buah-buahan dan sayuran yang rajin, jangan cuman sedikit.
c. Berobat ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat pelunak BAB. Tapi jangan jadi kebiasaan ya… yang alami tetap lebih baik.

5. Payudara terasa nyeri. Pasca melahirkan seringkali payudara terasa bengkak, keras, dan nyeri. Untuk meredakan rasa tak nyaman tersebut maka lakukan pompa ASI. Dapat juga dikompres pake washlap yang telah dibasahi air hangat atau mandi pake air hangat dimana siramkan air hangat itu pada payudara ibu sambi dipijat pelan dan lembut ke arah putingnya untuk membantu pengeluaran ASI. Rajin menyusui dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit pada payudara. Kalo tetap nyeri, sebaiknya ibu segera datangi dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan. Kalo misalnya ibu nifas gak mau menyusui atau tidak menyusui maka sebaiknya pake BH ketat (BH untuk olah raga) yang bertujuan uantuk mengurangi produksi ASI. Jangan dipompa atau dipijat payudaranya karena akan makin merangsang produksi ASI. Seringkali saya lihat ASI ibu-ibu nifas bocor keluar membasahi baju. Sebaiknya pakai tampon atau saya juga pernah lihat khusus softex untuk payudara, saya lupa tuh namanya… harus sering di ganti pad nya dan bersihkan dulu payudara ibu sebelum menyusui bayi.

6. Perubahan emosi. Kadang-kadang ibu nifas yang merawat bayinya mengalami perubahan emosi seperti sedih, tertekan, gampang marah, cemas, emosi yang berubah-ubah bahkan depresi. Ini dikenal dengan baby blues. Ibu nifas harus berusaha menghilangkan gangguan tersebut dengan jalan curhat atau sharing perasaan dengan suami atau ibu kandung atau ibu mertua atau teman. Intinya jangan membawa beban sendirian di hatimu. Bila suami melihat gejalanya tambah parah maka sebaiknya segera kunjungi dokter. Dokter psikiater/ ahli jiwa akan memberikan solusi terbaik bagi kesehatan jiwa ibu nifas.

7. Perubahan bentuk tubuh. Pasca melahirkan ibu-ibu nifas seringkali masih nampak gendut seperti orang hamil. Gak masalah, itu sudah biasa. Karena perubahan bentuk tubuh pasca melahirkan menuju ke bentuk ideal itu butuh waktu lama. Sering melakukan olah raga seperti aerobik, senam santai, renang, dll akan membantu memulihkan bentuk tubuh ke ideal seperti idaman ibu-ibu nifas. Nampak stretchmark di perut itu udah biasa, gak usah galau. Ntar lama-lama juga makin tipis bekasnya. Boleh kunjungi dokter spesialis kulit untuk makin menipiskan bekas stretchmark di perut.

LAKUKAN KONTROL TERATUR PASCA OPERASI SESUAI ANJURAN DOKTER

Biasanya setelah ibu diijinkan untuk pulang, maka ibu-ibu nifas akan diminta untuk kontrol lagi antara 3 hari s/d 1 minggu pasca pulang ke rumah. Dokter akan melakukan ganti perban, dan melakukan pemeriksaan luka operasi, kondisi rahim, kondisi kandung kencing, dll. Tekanan darah ibu juga akan diukur saat kontrol. Seringkali pasien bertanya kapan boleh hubungan sex dengan suami, gangguan ASI bengkak, mau KB apa, menyusui dan bercerita berbagai masalah dan kebahagiaan sejak melahirkan. Diskusikan semua hal tersebut dengan dokter kandungan terdekat.
Oke deh… selamat berbahagia dengan kelahiran buah hati ibu dan jangan lupa untuk LIKE dan SHARE artikel ini supaya semua ibu-ibu hamil dan nifas memperoleh manfaat juga.