TULISAN 59. SAYA HAMIL TAPI KENA CACAR AIR

Ibu hamil kiuttter (IHK) : Assalamu’alaikum dokter cucuk kiuttt hello kitty… kali ini saya gak mau ikutan bilang power rangers karena dokter cucuk gak mirip power ranger… power ranger itu perutnya 6 packs alias seperti roti kasur, kalo dokter cucuk perutnya 1 packs alias kayak buntelan pupuk tanaman… saya konsul nih dok… saya terkena cacar air, saat ini saya hamil 26minggu… gitu kata bu bidan…

Dokter cucuk kiuttt hello kitty (DCKHK) : whaaaatttt ?!?!?! t e r l a l u… padahal aselinya dalemannya 6 packs, kostumnya memang sengaja dibuat mirip buntelan… maklum sedang dalam penyamaran… mirip-mirip james bond gitu lohhh… dan karena ibu gak percaya kalo saya aselinya 6 packs maka saya gak mau ngejawab… mau bobok saja, ntar saya jawab 1 minggu lagi saja… bye bye…

IHK : ya gini ini yang bikin ngegemesin… gak dikasih bakakak lo ntar kalo saya lahiran… nggak dikasih sate kambing kalo saya akikahan…

DCKHK : haaaaaa ?! ngancemnya kejam bingitsss sihhhh… mauuuuuuuu…. sini bakakaknya…. saya terima dengan senang hati sate kambingnya… jangan lupa… awas kalo lupa…

Seperti sudah diketahui bersama bahwa belakangan ini memang sering saya temui anak-anak kecil yang terkena cacar air. Nah ibu hamil tentu beresiko terkena cacar air juga, apalagi bila tinggal dalam 1 rumah. Apakah cacar air (chicken pox) beresiko pada kehamilan ? jawabannya tergantung. Maksudnya ? bila ibu hamil sebelumnya sudah pernah terkena cacar air maka saat ini tentu tubuhnya memiliki kekebalan terhadap virus cacar air. Dan pada ibu-ibu hamil yang sudah pernah mendapatkan vaksinasi cacar tentunya memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut. Sekali suntik Vaksin cacar air itu efektivitasnya mencapai 80-85% untuk mencegah terkena cacar air, dan bila tetap kena pun gak sampai parah-parah amat. Makanya sekarang di amerika serikat digalakkan suntikan vaksin cacar hingga 2x suntikan dengan jangaka waktu berbeda. Ntar saya tanyain deh ke dokter anak berapa tahun jarak waktunya antara 2 suntikan.

Sebetulnya banyak banget orang dewasa yang kebal terhadap cacar air, tapi tetap bisa kena juga, sehingga ibu hamil yang terkena cacar air juga sedikit banget… yaaaa sekitar 1-5 orang saja diantara 10000 kehamilan. Kalo ibu hamil sampe kena gimana donk ? tenang saja… cacar air hanya sedikit saja kemungkinannya untuk menimbulkan masalah bagi janin dalam kandungan.

Bila ibu hamil sedang hamil muda kurang dari 20 minggu maka terdapat kemungkinan 2% janin ibu mengalami congenital varicella syndrome. Resiko tertingginya pada umur kehamilan 13-20 minggu. Congenital varicella syndrome itu suatu kumpulan gejala antara lain ukuran kepala janin kecil, gangguan syaraf, gangguan penglihatan, cacat tubuh, kelainan kulit dan lain-lain. Janin yang tertular cacar air dalam kandungan dapat terjadi kejang dalam rahim, gagal pertumbuhan, mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan mental (idiot), dan lain-lain. Tapi gak usah kuatir karena kemungkinannya sangat kecil cuman 2% doank… berdoa dan rajin sedekah sama Allah SWT insya Allah akan aman-aman saja. Kalo kehamilannya masih sangat muda bisa keguguran atau bila kehamilannya berlanjut maka janinnya bisa mendadak mati dalam kandungan. Bila ibu hamil terkena cacar air maka dokter kandungan akan melakukan USG untuk mengamati pertumbuhan, perkembangan janin dengan lebih ketat, kontrol makin ketat, dilihat ada cacatnya atau tidak… segalanya makin ketat.

Kalo ibu hamil terkena cacar air saat dekat-dekat melahirkan, gimana donk ? tenang saja… Allah SWT itu Maha Kuasa atas segala yang di langit dan di bumi. Insya Allah janin ibu baik-baik saja. Kok bisa ? ya karena bila ibu hamil terkena cacar air maka 5 hari kemudian sejak terinfeksi cacar air tubuh ibu hamil akan memproduksi antidody yang akan melawan virus cacar air dan seperti yang sudah ibu ketahui bahwa ntar tuh antibody akan memasuki tubuh janin melalui tali pusat sehingga janin ibu juga akan ikut-ikutan kebal terhadap cacar air saat dilahirkan kelak. Kan bayi ibu belum bisa produksi sendiri zat kebalnya sehingga mendapatkan zat kebal dari ibunya donkkkk.

Nahhh yang repot tuh bila terkenanya kurang dari 5 hari sebelum lahiran atau saat melahirkan atau kurang dari 5 hari setelah melahirkan. Sebab pada masa itu tubuh ibu hamil belum memproduksi zat kebal sehingga janin belum sempat memperoleh zat antibody dari ibunya. Kalo ini yang terjadi maka 50% bayi yang dilahirkan dapat terinfeksi cacar air dengan berbagai komplikasinya. Dan ini sangat berbahaya bagi janin atau bayi yang baru lahir. Bila ibu melahirkan terkena cacar air dalam waktu 5 hari setelah melahirkan maka dokter anak akan segera melakukan pertolongan bagi bayi dengan memberikan suntikan varicella zoster imunoglobulin (VZIG) atau dikenal diluar negeri dengan sebutan VARIZIG. Di Indonesia saya gak tau apakah ada obat ini atau gak. Dan bila bayinya tertular maka akan diberikan suntikan antivirus misalnya asiklovir injeksi intravena bila bayinya menunjukkan gejala ada bintiknya atau demam.

Pada wanita hamil bila terkena cacar air maka dapat menyebabkan penyakit infeksi paru yang dikenal dengan varicella pneumonia atau bisa juga terkena lahir premature bayinya.

Apa yang harus ibu hamil lakukan bila selama hamil terpapar oleh orang dengan sakit cacar air ? ibu hamil harus segera ke dokter penyakit dalam atau dokter kandungan untuk diperiksa. Kalo diluar negeri ibu hamil yang terpapar akan dilakukan pemeriksaan darah untuk melihat status kekebalannya terhadap cacar air. Bila kebal maka ya dibiarin saja, tapi bila gak kebal maka akan disuntik dengan VZIG untuk mengurangi resiko kemungkinan tertular atau bila tetap saja tertular ya gak parah-parah banget seperti yang telah saya jelaskan di atas. Harganya ? muahhhalll… gak tau apakah di BPJS ditanggung apa kagak ? tapi apakah di Indonesia obatnya sudah masuk ? saya tidak tahu. Tetapi perlu diingat, suntikan tersebut tidak dapat mencegah janin dalam kandungan ibu hamil tertular infeksi cacar air.

Apakah mesti tertular cacar air ? 90% ya bila yang kena cacar air adalah orang yang tinggal dalam 1 rumah. Terutama bila ibu hamil tidak memiliki kekebalan terhadap cacar air atau belum pernah vaksinasi cacar air.

Apa sih tandanya ibu hamil tertular cacar air ? gampang saja… lihat saja dalam jangka waktu 10-21 hari sejak terpapar dengan orang yang sakit cacar air maka ibu hamil akan mengalami demam-demam ringan, flu ringan, keluar bintik-bintik merah yang ujungnya agak berair dikit.

Bila ibu hamil terkena cacar air maka sebaiknya segera ke dokter dan tapi perlu diingat bahwa ibu hamil yang mengalami cacar air dapat menularkan ke ibu hamil yang lain yang tidak memiliki kekebalan terhadap cacar air. Jadi sebaiknya periksanya pas terakhir-terakhir saja setelah semua ibu hamil yang lain pada pulang. Biasanya ibu hamil akan dirawat bersama antara dokter penyakit dalam dan dokter kandungan.