TULISAN 2. VAKSINASI MMR DAN RUBELLA PADA KEHAMILAN

Rubella yang sedang heboh belakangan ini di negara Indonesia tercinta ini dikenal sebagai campak Jerman atau campak tiga hari yaitu merupakan infeksi virus yang sangat menular dan paling dikenal dengan ciri khas adanya ruam-ruam merah yang khas disekujur tubuh. Rubella tidak sama dengan campak (rubeola), meskipun kedua penyakit ini memiliki beberapa karakteristik, termasuk ruam merah karena rubella disebabkan oleh virus yang berbeda dari campak walopun keduanya sama-sama menular dan keduanya dapat sama-sama menunjukkan gejala yang parah.

Vaksin measles-mumps-rubella (MMR), biasanya diberikan kepada anak-anak di Amerika Serikat dua kali sebelum anak-anak mencapai masa usia sekolah dan dari hasil penelitian di amerika serikat telah dibuktikan bahwa vaksin MMR tersebut sangat efektif dalam mencegah rubella. Karena penggunaan vaksin secara luas di amerika serikat maka Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah menyatakan bahwa penyakit rubella telah hilang dari Amerika Serikat, tetapi pihak CDC tetap memperingatkan para orang tua di amerika serikat untuk memastikan anak-anak mereka divaksinasi MMR untuk mencegah kemunculan penyakit rubella kembali.

APA SIH GEJALA DAN TANDA TERKENA PENYAKIT RUBELLA ?

Tanda dan gejala rubella sering begitu ringan sehingga sulit untuk diperhatikan, terutama pada anak-anak. Jika tanda dan gejala memang terjadi, mereka umumnya muncul antara dua dan tiga minggu setelah terpapar virus. Gejala yang timbul dapat berlangsung sekitar satu hingga lima hari ke depan dan gejala-gejala tersebut antara lain:
1. Demam ringan 102 F (38,9 C) atau lebih rendah
2. Sakit kepala
3. Hidung tersumbat atau berair
4. Mata meradang/ mata merah
5. Terdapat pembesaran Kelenjar getah bening di belakang leher dan belakang telinga
6. Ruam halus, merah muda yang dimulai di wajah dan dengan cepat menyebar ke badan dan kemudian lengan dan kaki, sebelum menghilang dalam urutan yang sama (wajah – badan – lengan – kaki).
7. Sakit sendi, terutama pada wanita muda

Sebaiknya ibu-ibu segera mengunjungi dokter bila anak-anaknya dicurigai mungkin telah terpapar rubella atau jika ibu-ibu memiliki tanda atau gejala yang tercantum di atas. Jika wanita ingin hamil, maka pastikan bahwa sebelum program hamil sangat disarankan (tidak wajib) untuk vaksinasi rubella terlebih dahulu bila belum pernah vaksinasi rubella (MMR) sebelumnya. Jika wanita hamil mengalami/ tertular penyakit rubella, terutama selama trimester pertama, virus rubella dapat menyebabkan kematian atau cacat lahir yang serius pada janin yang sedang berkembang. Rubella selama kehamilan adalah penyebab paling umum dari tuli kongenital. Sebaiknya para wanita dilindungi dari rubella sebelum kehamilan dengan jalan melakukan vaksinasi MMR di dokter penyakit dalam. Bila wanita hamil mau dan berkenan, maka mintalah untuk test TORCH di dokter kandungan untuk mengetahui tingkat kekebalan terhadap rubella. Tapi pemeriksaan ini lumayan mahal… mungkin sekitar Rp 1-2 juta rupiah untuk sekali periksa di laboratorium.

Penyebab rubella adalah virus yang ditularkan dari orang ke orang. Ini dapat menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, atau dapat menyebar melalui kontak langsung dengan sekresi pernapasan orang yang terinfeksi, seperti lendir. Ini juga dapat ditularkan dari wanita hamil ke janin dalam kandungan melalui aliran darah tali pusat. Seseorang yang menderita rubella dapat menular selama satu sampai dua minggu sebelum timbulnya ruam sampai sekitar satu atau dua minggu setelah ruam menghilang. Orang yang terinfeksi dapat menyebarkan penyakit sebelum orang tersebut menyadari bahwa dia sedang menderita rubella. Rubella langka di Amerika Serikat karena sebagian besar anak-anak menerima vaksinasi terhadap infeksi pada usia dini. Penyakit ini masih umum di banyak negara di dunia. Prevalensi rubella di negara lain adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan sebelum pergi ke luar negeri, terutama jika wanita sedang hamil.

Rubella merupakan infeksi yang ringan. Begitu Anda mengidap penyakit rubella, Anda biasanya akan kebal secara permanen terhadap rubella. Beberapa wanita dengan rubella mengalami radang sendi di jari, pergelangan tangan dan lutut, yang biasanya berlangsung selama sekitar satu bulan. Dalam kasus yang jarang terjadi, rubella dapat menyebabkan infeksi telinga (otitis media) atau peradangan otak (encephalitis). Namun, jika wanita hamil terkena penyakit rubella maka konsekuensi untuk janin Anda mungkin parah, dan dalam beberapa kasus, sangat fatal bagi janin. Hampir 80 persen bayi-bayi yang lahir dari ibu yang menderita rubella selama 12 minggu pertama kehamilan akan mengalami sindrom rubela kongenital.

Sindrom kongenital rubella ini dapat menyebabkan satu atau lebih masalah, termasuk:
1. Retardasi pertumbuhan (cebol)
2. Katarak
3. Tuli
4. Kelainan jantung kongenital
5. Cacat pada organ lain
6. Cacat intelektual (idiot)

Risiko tertinggi untuk janin dalam kandungan adalah selama trimester pertama, tetapi paparan rubella di trimeseter 2-3 juga tetap berbahaya bagi janin dalam kandungan. Vaksin rubella biasanya diberikan sebagai inokulasi campak-gondong-rubella gabungan, yang mengandung bentuk paling aman dan paling efektif dari setiap vaksin. Dokter di amerika serikat menyarankan agar anak-anak menerima vaksin MMR antara usia 12 s/d 15 bulan, dan lagi antara usia 4 s/d 6 tahun (sebelum memasuki masa usia sekolah). Sangat penting bahwa perempuan menerima vaksin MMR untuk mencegah rubella selama kehamilan di masa depan. Biasanya bayi masih akan terlindungi dari rubella selama enam s/d delapan bulan setelah lahir karena masih kekebalan tubuh yang diturunkan dari ibunya. Jika seorang bayi membutuhkan perlindungan dari rubella (vaksin MMR) sebelum usia 12 bulan – misalnya, untuk perjalanan luar negeri tertentu yang tinggi bahaya rubellanya, maka vaksin MMR dapat diberikan sedini mungkin yaitu saat bayi sudah berusia 6 bulan. Nanti bayi ini harus mengulangi vaksinasi rubella lagi pada saat masa anak-anak sebelum masuk usia sekolah.

Wanita sebaiknya melakukan vaksinasi MMR bila:
1. Sedang tidak hamil dan masih dalam usia subur
2. Masih sekolah atau kuliah
3. Bekerja di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.
4. Bekerja ditempat penitipan anak
5. Rencana pergi ke luar negeri yang daerahnya dicurigai tinggi penularan rubellanya.

Vaksin MMR jangan diberikan pada:
1. Wanita hamil atau wanita yang berencana untuk hamil dalam empat minggu ke depan
2. Orang-orang yang pernah mengalami reaksi alergi yang mengancam jiwa terhadap zat gelatin, antibiotik neomycin, atau vaksin MMR sebelumnya.
3. Jika Anda menderita kanker, kelainan darah atau penyakit lain atau Anda sedang minum obat yang memengaruhi sistem kekebalan Anda, maka ada baiknya bicaralah dengan dokter yang merawat anda sebelum anda memutuskan untuk mendapatkan vaksin MMR.

APAKAH ADA EFEK SAMPING PEMBERIAN VAKSIN MMR ?

Kebanyakan orang tidak mengalami efek samping dari pemberian vaksin. Sekitar 15 persen orang mengalami demam antara tujuh dan 12 hari setelah vaksinasi, dan sekitar 5 persen orang mengalami ruam ringan. Beberapa remaja dan wanita dewasa mengalami nyeri atau kekakuan sendi sementara saja setelah menerima vaksin. Dari hasil studi didapatkan bahwa kurang dari 1 per 1 juta orang yang mengalami reaksi alergi yang serius setelah pemberian vaksin MMR.

Dalam beberapa tahun terakhir, karena jumlah anak-anak yang didiagnosis menderita autisme telah meningkat – tanpa penjelasan/ sebab-sebab yang jelas – kekhawatiran yang meluas telah dikemukakan tentang kemungkinan hubungan antara vaksin MMR dan autisme. Namun, laporan ekstensif dari American Academy of Pediatrics (persatuan dokter anak amerika), National Academy of Medicine dan CDC menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang terbukti secara ilmiah antara vaksin MMR dan autisme. Organisasi-organisasi ini mencatat bahwa autisme sering diidentifikasi pada anak-anak berusia antara 18 dan 30 bulan, yang terjadi pada saat anak-anak diberikan vaksin MMR pertama mereka. Tetapi kebetulan yang terjadi dalam hal ini tidak boleh disalahartikan sebagai hubungan sebab-akibat yaitu tidak boleh pake ilmu cocokologi bahwa akibat vaksin MMR maka jadi autisme sebab telah dikemukakan di atas tidak terdapat bukti ilmiah antara vaksin MMR dan autisme.
Tidak ada pengobatan yang dapat mempercepat kesembuhan perjalanan infeksi rubella, dan gejala yang timbul seringkali ringan sehingga pengobatan biasanya tidak diperlukan. Namun, dokter sering merekomendasikan isolasi dari orang lain yang terkena rubella – terutama untuk wanita hamil – selama periode infeksi.

Jika ada wanita hamil yang terinfeksi rubella maka harus segera ke dokter kandungan untuk mendapatkan suntikan imunoglobulin untuk meningkatkan antibodi melawan virus, bila wanita hamil tersebut ingin melanjutkan kehamilannya. Pada prinsipnya bila wanita hamil terkena infeksi rubella maka sebaiknya segera diskusi dengan dokter kandungan untuk mencari informasi mengenai kondisi janin dalam kandungan. Jika Anda mengontaminasi rubella saat Anda hamil, diskusikan risiko pada bayi Anda dengan dokter Anda. Oh iya… hiperimunglobulin yang diberikan pada wanita hanil yang terinfeksi rubella memang dapat mengurangi gejala Anda, tetapi tidak menghilangkan kemungkinan janin dalam kandungan tetap mengalami sindrom rubella bawaan (congenital rubella syndrome).

APA YANG HARUS DILAKUKAN DI RUMAH BILA IBU HAMIL ATAU ANAK-ANAKNYA ATAU ANGGOTA KELUARGA LAINNYA TERKENA PENYAKIT RUBELLA ?

1. Istirahat yang cukup
2. Bila demam, minum obat penurun demam.
3. Informasikan ke teman-teman atau saudara yang lain bahwa anda sedang kena rubella.
4. Jangan dekat-dekat dengan orang-orang yang sedang sakit parah karena dapat bikin mereka tambah parah karena tertular rubella dari anda.
5. Oh iya… kasih tau guru di sekolah bahwa anak-aak anda terkena rubella.
6. Jangan masuk kerja dulu ya… biar gak nularin orang lain.

TULISAN 3. SAYA PENGEN USG MORFOLOGI (DETAILED SCAN)

Pada trimester kedua kehamilan, dokter kandungan mungkin menawarkan pemeriksaan USG yang disebut USG morfologi atau detailed scan USG. Pemeriksaan USG detailed scan hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis kandungan, apalagi bila sudah pernah mengikuti kursus USG detailed scan… Dokter spesialis kandungan itu adalah dokter yang memiliki gelar SpOG dibelakang namanya, misalnya Dr. ABC, SpOG. Tulisan ini bermaksud untuk menjelaskan apa yang dapat ibu hamil harapkan dan apa yang mungkin ditunjukan dari hasil pemeriksaan USG detailed scan.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN USG MORFOLOGI (DETAILED SCAN USG) DAN APA YANG DICARI?

USG morfologi/ USG detailed scan adalah pemeriksaan USG yang  terperinci yang melihat tubuh janin dalam kandungan dan mengamati posisi plasenta, tali pusat, cairan amniotik/ cairan ketuban di sekitar janin, dan rahim dan leher rahim ibu hamil. Deatiled scan USG juga dikenal sebagai Anomaly scan atau pemeriksaan USG khusus yang iasa dilakukan antara umur kehamilan 18 – 22 minggu.

Tujuan utama USG kehamilan detailed scan adalah untuk memeriksa apakah janin Anda berkembang secara normal, bukan cuma melihat jenis kelami janin laki-laki atau perempuan seperti kebanyakan ibu-ibu hamil. Namun, bagi ibu hamil yang ingin mengetahui jenis kelamin janin Anda boleh-boleh saja meminta foto hasil USG ke dokter kandungan yang melakukan USG kehamilan detailed scan.

Kadang-kadang, dokter kandungan tidak bisa mendapatkan pandangan yang cukup baik untuk melihat jenis kelamin, mungkin karena posisi janin anda, atau jika anda memiliki banyak lemak perut (gemuk banget). Dokter kandungan sering dapat mengetahui apakah ibu hamil memiliki anak laki-laki atau perempuan, dengan keakuratan sekitar 95%. Jika ibu hamil lebih suka menunggu hingga kelahiran untuk mengetahui jenis kelamin janinnya, maka sebaiknya disampaikan kepada dokter kandungan untuk tidak menyebutkan jenis kelamin janin dalam kandungan.

Dokter kandungan akan mengukur janin dan menggunakan pengukuran ini untuk mengkonfirmasi tanggal perkiraan kelahiran yang diharapkan, dikenal juga dengan istilah tanggal usia 40 minggu kehamilan. Dokter kandungan juga akan memeriksa apakah janin dalam kandungan memiliki kelainan dalam pertumbuhan atau perkembangannya, termasuk di jantung, perut, ginjal dan anggota badan. Walopun pemeriksaan USG detailed scan tidak dapat mengetahui 100% kelainan-kelainan pada tubuh janin tetapi USG detailed scan ini sangat penting untuk dilakukan karena  beberapa kelainan pada tubuh janin masih dapat dideteksi dari pemeriksaan USG detailed scan.

 

Jika plasenta/ ari-ari berada dalam posisi rendah di rahim ibu hamil, dokter kandungan akan memberi tahu bahwa ibu hamil memiliki plasenta letak rendah, juga dikenal sebagai plasenta previa. Biasanya dokter kandungan akan melanjutkan pemeriksaan USG untuk mengikuti perkembangan letak placenta pada pemeriksaan USG saat umur kehamilan memasuki trimester ketiga.

Plasenta letak rendah pada 18-20 minggu tidak berarti bahwa itu akan menjadi tetap rendah pada saat kelahiran, jadi tidak ada alasan bagi ibu hamil untuk khawatir. Jika plasenta terdapat dekat dengan leher rahim pada saat umur kehamilan menginjak trimester ketiga, mungkin terdapat peningkatan risiko pendarahan pada ibu hamil selama persalinan. Jika ini kasusnya, dokter kandungan akan mendiskusikan dengan ibu hamil beserta keluarganya mengenai apa saja pilihan yang boleh ditempuh ibu hamil dalam menghadapi proses untuk kelahiran kelak dikemudian hari.

KAPAN PEMINDAIAN MORFOLOGI/ USG DETAILED SCAN DILAKUKAN?

Pemindaian morfologi/ USG detailed scan dilakukan pada trimester kedua, biasanya sekitar umur kehamilan 18-22 minggu.

BAGAIMANA USG DETAILED SCAN DILAKUKAN?

Cara melakukan USG DETAILED SCAN sama seperti pemeriksaan USG rutin kehamilan biasa yaitu berwarna hitam putih walopun menggunakan USG 2D atau 3D atau 4D atau 4D HD LIVE yang dikenal juga sebagai USG 5D. Kemudian dokter kandungan akan menaruh gel di perut ibu hamil (pada USG 5D gel terasa hangat alias tidak dingin karena ada penghangatnya) dan memindahkan transduser ke dalamnya untuk mendapatkan gambar janin dalam kandungan di layar TV yang besar. Pemeriksaan USG detailed scan biasanya memakan waktu sekitar 30 menit s/d 1 jam, sedangkan USG kehamilan rutin paling-paling cuman 5 menit saja sudah selesai. Bila posisi janin sedang cantik-cantiknya dalam rahim sehingga memudahkan untuk mengambil foto maka dokter kandungan akan menawarkan kepada ibu hamil bila berkenan untuk membawa pulang foto janin tersebut sebagai bonus (tidak selalu bisa mengambil foto wajah janin karena sangat tergantung dengan jumlah ketuban di area kepala janin dan posisi kepala janin, tapi ini bukan tujuan utama dari USG detailed scan, ini hanya hiburan belaka).

Dokter kandungan akan menunjukkan detak jantung janin Anda dan bagian-bagian tubuhnya, seperti wajah dan tangannya, sebelum melihatnya secara detail. Mungkin sulit bagi Anda untuk mengerti organ-organ janin Anda, karena dokter kandungan dalam melakukan USG detailed scan melhat struktur janin anda dalam bentuk potongan-potongan penampang. Tulang janin Anda akan tampak putih pada pemindaian, dan jaringan lunaknya akan terlihat abu-abu dan berbintik-bintik. Cairan amniotik/ ketuban yang mengelilingi janin Anda akan terlihat hitam.

Banyak ibu hamil yang merasa hatidan perasaannya lebih terikat pada janin mereka setelah menjalani USG detailed scan karena merasa telah berbuat maksimal untuk melakukan USG totalitas terhadap janin dalam kandungannya terlebih lagi bila foto janin dapat diambil dengan baik, tentunya ini juga tergantung posisi dan kerjasama dari sang janin dalam kandungan, ada juga lo janin yang gak mau diambil fotonya karena mungkin malu atau apalah… tau deh… janin sih emang suka-suka dia aja kelakuannya. Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan detailed scan USG lumayan lama maka sebaiknya ibu hamil membuat perjanjian dengan dokter kandungan tentang waktu dan hari pemeriksaan USG detailed scan.

APA YANG BISA DITUNJUKKAN PEMINDAIAN MORFOLOGI/ USG DETAILED SCAN?

Anda mungkin bisa melihat detak jantung janin Anda, gambaran jelas dari tulang belakang janin Anda, dan lengan dan kaki janin Anda melambai dan menendang. Beberapa janin bahkan mungkin mengisap jempol mereka. Saya selama menjadi dokter kandungan pernah 2x melihat janin cowok pipis dalam kandungan… lucu ya… tingkah laku janin betul-betul menggemaskan seperti dokter cucuk kiuttt hello kitty.

APA LAGI YANG AKAN DILIHAT DOKTER KANDUNGAN PADA SAAT USG DETAILED SCAN ?

Dokter kandungan akan memeriksa semua organ janin Anda dan melakukan pengukuran. Dokter kandungan akan melihat:

  1. Bentuk dan struktur kepala dan otak janin Anda. Pada tahap ini, bila ada masalah pada otak janin yang parah, yang sangat jarang terjadi, akan terlihat.
  2. Wajah janin Anda, untuk memeriksa ada tidaknya bibir sumbing.
  3. Tulang belakang janin Anda, baik sepanjang perjalanan panjangnya dari leher hingga ke tulang ekor, dan dalam penampang melintang, untuk memastikan bahwa semua tulang sejajar, dan bahwa kulit menutupi tulang belakang di belakang, untuk mengetahui aoakah ada punggung/ pinggang janin yang bolong seperti sundel bolong.
  4. Dinding perut janin Anda, untuk memastikannya menutupi semua organ internal di bagian depan.
  5. Jantung janin Anda. Pada jantung janin, dua kamar teratas (atria) dan dua ruang bawah (ventrikel) harus memiliki ukuran yang sama. Katup harus membuka dan menutup dengan setiap detak jantung. Dokter kandungan juga akan memeriksa pembuluh darah dan arteri utama yang membawa darah ke dan dari jantung janin Anda. Pada pemeriksaan jantung ini dapat dilanjutkan ke USG detailed scan level 3 di divisi fetomaternal untuk pemeriksaan yang lebih tajam dan akurat karena dikerjakan oleh dokter kandungan khusus yang memang berkecimpung sangat dalam pada USG kehamilan yang super detail. Ya istilahnya dokter kandungan kopassus gitu lah.
  6. Perut janin Anda. Janin Anda menelan sebagian cairan amniotik yang ada di dalamnya, yang terlihat di perutnya sebagai gelembung hitam.
  7. Ginjal janin Anda. Dokter kandungan akan memeriksa bahwa janin Anda memiliki dua ginjal, dan air kencing mengalir dengan bebas ke kandung kemihnya. Jika kandung kemih janin Anda kosong, ia harus mengisi selama pemindaian dan mudah dilihat. Janin Anda telah melakukan pipis setiap setengah jam atau lebih untuk beberapa bulan sekarang!
  8. Lengan, tangan, dan tungkai janin Anda.
  9. Plasenta, tali pusat dan cairan ketuban. Plasenta mungkin berada di dinding depan (anterior) atau dinding belakang rahim Anda (posterior), biasanya di dekat bagian atas (atau fundus). Jika plasenta berada di dekat bagian atas, itu mungkin digambarkan sebagai fundus pada catatan scan Anda. Plasenta akan digambarkan rendah jika mencapai ke bawah atau menutupi leher rahim Anda (serviks). Jika plasenta berbaring rendah di rahim Anda, Anda akan melanjutkan untuk USG lain pada trimester ketiga untuk memeriksa posisinya. Pada saat itu, kemungkinan plasenta akan bergerak menjauhi dari leher rahim Anda.
  10. Kadang-kadang bila secara teknik tidak menyulitkan maka dokter kandungan mungkin juga akan menghitung tiga pembuluh darah (dua arteri dan satu pembuluh darah) di tali pusat, tetapi dokter kandungan jarang melakukan ini karena bukan prosedur rutin pada USG detaile d scan. Dokter kandungan akan memeriksa apakah ada cukup cairan amnion/ ketuban bagi janin Anda untuk bergerak bebas dalam rahim.
  11. Selama pemindaian, dokter kandungan juga akan mengukur bagian tubuh janin Anda, untuk melihat seberapa baik ia tumbuh. Dokter kandungan akan mengukur bagian-bagian lingkar kepala (HC), lingkar perut (AC), dan panjang tulang paha (femur) (FL). Di tambah lagi diameter otak, diameter kelopak tulang mata, jarak antar sudut mata, jarak antar otak dengan tengkorak janin, pengukuran ketebalan cairan tengkuk janin, dan lain-lain. Pada ibu hamil yang baru pertama kali USG dan langsung melakukan USG detailed scan maka pengukuran bagian-bagian janin tersebut dapat juga dimaksudkan juga untuk menentukan tanggal taksiran persalinan/ HPL.

BEBERAPA KELAINAN YANG MUNGKIN DAPAT DITEMUKAN PADA SAAT MELAKUKAN USG KEHAMILAN DETAILED SCAN ? TIDAK SELALU BERHASIL DIAMATI SAAT USG DETAILED SCAN.

  1. absence of the top of the head (anencephaly) = tidak punya tempurung kepala: 98%
  2. cleft lip = bibir sumbing: 75%
  3. defect of the abdominal wall, where the bowel and liver protrude (exomphalos) = perut bolong keluar semua isi perut: 80%
  4. defect of the abdominal wall, where the intestines protrude (gastroschisis) = perut bolong keluar ususnya doank: 98%
  5. missing or very short limbs (lethal dysplasia) = kaki tangan pendek banget: 60%
  6. defect of the spinal cord (spina bifida) = syaraf tulang belakang gak sempurna: 90%
  7. major kidney problems (missing or abnormal kidneys) = ginjal cuman ada satu biji: 84%
  8. hole in the muscle separating chest and abdomen (diaphragmatic hernia) = lambung naik ke dada: 60%
  9. Edwards’ syndrome or Patau’s syndrome (chromosomal abnormalities) = cacat total dan banyak: 95%
  10. major heart problems (defects of chambers, valves or vessels) = cacat jantung: 50%

secara keseluruhan rata-rata, walopun pemeriksaan etailed scan atau morfologi scan tidak dapat menemukan semua masalah pada janin tetapi detailed scan jauh lebih baik daripada sekedar USG biometri rutin sehari-hari. Tidak semua kelainan dapat di deteksi oleh detailed scan. Setiap dokter kandungan pasti melakukan pengamatan terhadap masalah/ cacat yang mungkin muncul pada janin walopun tidak dapat menemukan 100% karena pemeriksaan USG sifatnya potongan-potongan yang kemudian dirangkai-rangkai, tidak seperti ketika kita melihat 1 bayi utuh di hadapan kita yang bisa kita bolak balik untuk melihat ada cacat atau tidak.

Menurut Professor G. Pilu dari Italia dalam acara USG internasional (ISUOG) sebagai berikut “Walaupun USG tidak dapat menemukan semua kelainan bawaan/ cacat pada janin tetapi dengan melakukan USG screening (detailed scan) kemungkinan akan dapat menemukan atau mencurigai kelainan bawaan/ cacat pada janin dengan ketepatan mencapai hingga 40% yang nantinya dapat dilihat saat bayi sudah lahir

dapat dilihat pada video THE SECOND TRIMESTER SCAN: NORMAL ANATOMY AND COMMON MALFORMATIONS, Professor G. Pilu, Italia, ISUOG.

Link: https://www.youtube.com/watch?v=LpewqvVFKeI

Tidak semua kelainan dapat dilihat atau dapat ditemukan oleh dokter kandungan saat melakukan USG detailed scan tetapi lebih banyak kelainan yang kemungkinan bisa ditemukan daripada sekedar USG biometri rutin sehari-hari.

APAKAH IBU HAMIL HARUS MELAKUKAN PEMINDAIAN MORFOLOGI/ USG DETAILED SCAN?

Tidak, Anda tidak harus melakukan USG detailed scan. Itu pilihan ibu hamil, dikerjakan bagussss, tidak dikerjakan ya gak apa-apa. Ibu hamil bisa mendiskusikan dengan dokter kandungan jika masih ragu-ragu apakah mau USG detailed scan atau tidak. Minimal sebaiknya 1x selama kehamilan untuk melakukan USG detailed scan. Walopun sudah pernah  melakukan USG detailed scan sebaiknya ibu hamil tetap melanjutkan kontrol rutin dokter kandungan untuk mengamati pertumbuhan janin ke depannya.

APAKAH LANGKAH SELANJUTNYA BILA SUDAH MELAKUKAN USG DETAILED SCAN ?

Dokter kandungan akan membuat laporan USG detailed scan dengan jauh lebih terperinci daripada USG kehamilan rutin biasa dan bila selama pemeriksaan terdapat hal-hal yang mencurigakan atau meragukan maka ibu hamil akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG lanjutan yang lebih canggih lagi untuk mengetahui dengan lebih akurat lagi di departemen kedokteran kandungan bagian fetomaternal menggunakan USG yang jauh lebih canggih lagi sehingga ibu hamil dapat memperoleh manfaat lebih dari hasil USG detailed scan tersebut.

Perlu diingat bahwa saat ibu hamil datang memeriksakan diri ke dokter kandungan, yang diharapkan bukanlah sekedar ucapan “kehamilan ibu baik-baik saja” tetapi ibu hamil berharap lebih banyak lagi yaitu mengetahui hasil-hasil ikhtiar yang telah dilakukan ibu hamil dengan konsumsi gizi yang baik, minum susu hamil teratur, minum vitamin teratur… lalu pengen tahu hasilo dari ikhtiarnya bagaimana ? apa yang perlu ditingkatkan ? apa yang perlu dihindari ? bagaimana pertumbuhan janinnya ? apakah saat ini ditemukan masalah pada janin atau tidak ? Kehamilan itu sifatnya berkembang sehingga bila ssat ini dilihat aman-aman saja maka belum tentu minggu depan tetap aman-aman saja. Siapa manusia yang bisa tahu isi rahim tiap detik tiap menit tiap jam ?

Jika kelainan dicurigai atau terdeteksi, Anda mungkin perlu melakukan tes lebih lanjut. Dokter kandungan akan menjelaskan pilihannya kepada ibu hamil dan keluarganya.

APAKAH BEDANYA USG 4D DAN USG DETAILED SCAN ?

Ini pertanyaan yang menggelitik dan paling banyak ditanyakan oleh ibu-ibu hamil. USG detailed scan adalah jenis pemeriksaan kehamilan tingkat lanjut, bukan USG kehamilan rutin sehari-hari. USG 4D adalah nama alat USGnya. USG detailed scan dapat dilakukan menggunakan alat sebagai berikut:

  1. USG 2D (kurang optimal)
  2. USG 3D
  3. USG 4D
  4. USG 4D HD LIVE (5D)

Yang melakukan USG detailed scan adalah hanya dokter kandungan. Karena dokter kandungan adalah rujukan tertinggi untuk kesehatan kehamilan.

APAKAH USG AMAN BAGI JANIN DALAM KANDUNGAN ?

USG tidak akan membahayakan janin Anda. USG mengirimkan gelombang suara melalui dinding rahim ibu hamil, yang memantul dari tubuh janin Anda. Gema yang dihasilkan akan diubah menjadi gambar di layar monior USG, sehingga dokter kandungan Anda dapat melihat posisi dan gerakan janin Anda. Dari berbagai Studi penelitian ternyata tidak menemukan hubungan antara USG dan berat lahir bayi, kanker pada anak-anak, disleksia, atau masalah dengan penglihatan atau pendengaran. Hampir semua wanita hamil menginginkan USG selama kehamilan.

Jenis USG kehamilan yang paling rutin digunakan adalah USG dengan mode hitam putih untuk mengamati secara pertumbuhan janin dalam kandungan. Semakin tinggi teknologi mesin USG maka pengamatan yang dihasilkan akan makin detail. USG 3D/ 4D/ 4D HD LIVE (5D) biasanya hanya tersedia di praktek dokter kandungan karena memang lebih bermanfaat. USG jangan dijadikan sarana untuk gengsi-gengsian sehingga sungguh tak bertangung jawab mereka yang menggunakan USG terhadap pasien hamil padahal tidak pernah mengikuti pendidikan USG sehingga pasien hamil hanya keluar duit tetapi tak memperoleh manfaat apa-apa bagi kehamilannya. Oleh sebab itu ibu hamil sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG pada dokter kandungan saja. USG 3D/ 4D/ 4D HD LIVE (5D) menyediakan gambar bergerak sebagai video dan memiliki output daya yang lebih baik daripada USG 2D.

 

TULISAN 4. MAKANAN WAJIB BAGI IBU HAMIL

Makan makanan yang sehat selama kehamilan adalah salah satu hal terbaik yang dapat ibu hamil lakukan untuk diri sendiri dan janin dalam kandungan. Bagaimanapun, makanan yang anda makan adalah sumber nutrisi utama janin dalam rahim. Zaman sekarang banyak kok nutrisi kehamilan yang dipromosikan oleh berbagai farmasi atau pabrik supplement atau lembaga penelitian yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Kita bersyukur hidup di era modern sehingga banyak hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan janin dalam rahim.

APA SAJA SIH MAKANAN YANG WAJIB BAGI IBU HAMIL ? MAKANAN YANG MINIMAL MESTI DIMAKAN SEHARI-HARI SELAMA KEHAMILAN.

  1. Biji-bijian. Biji-bijian, dalam hal ini termasuk beras, menyediakan karbohidrat penting, sumber energi utama tubuh manusia. Banyak produk gandum yang diperkaya dengan berbagai zat gizi sehingga mengandung serat, besi, vitamin B dan bermacam-macam mineral. Roti dan sereal yang diperkaya oleh berbagai zat gizi juga dapat membantu ibu hamil mendapatkan cukup asam folat. Lalu apa yang harus dimakan oleh ibu hamil ? Pastikan setidaknya setengah dari bahan makanan biji-bijian setiap hari yang dikonsumsi oleh ibu hamil adalah biji-bijian utuh. Ibu hamil bisa mendapatkan sebagian besar biji-bijian harian dengan memakan semangkuk sereal untuk sarapan, bagi yang suka sandwich maka dapat pula dipakai untuk makan siang… tapi sandwichnya mesti yang dibuat dengan dua potong roti gandum utuh, gak boleh separo dipotong, dan dilanjutkan dengan pasta gandum utuh untuk makan malam. Bagi kita orang Indonesia yang terbiasa makan nasi maka sepiring nasi adalah nomor 1 untuk kita konsumsi, makan beras jagung juga boleh, makan ubi-ubian juga boleh. intinya adalah jangan melupakan karbohidrat selama kehamilan. Kalo mual makan nasi selama hamil maka makannya dikit-dikit tapi sering, jangan 3x/ hari tetapi 8-10x/ hari walopun hanya 3 sendok makan sekalipun. Kalo saya pribadi sih sedang membiasakan diri untuk makan roti saja dipagi hari tapi dicampur dengan daging tipis atau telur dadar 2 biji ditambah dengan sayur selada, timun, dan lain-lain… emangnya dokter cucuk sedang hamil ??? kagak donk… kan dokter cucuk cowok tulen anti LGBT. Emang apa hubungannya ? tau deh… gelap…

Kita kembali ke laptop…Untuk mengoptimalkan gizi kehamilan, ibu hamil dapat memberikan sereal manis dan roti putih untuk sereal gandum, beras merah, pasta gandum utuh dan roti gandum. Banyak kok berbagai resep masakan sehat bagi ibu hamil yang berasal dari biji-bijian… cari saja di internet, tanya mbah google juga boleh…

  1. Buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah dan sayuran merupakan komponen yang sangat penting dari berbagai nutrisi kehamilan, karena buah dan sayuran mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta serat untuk membantu pencernaan ibu hamil. Vitamin C, ditemukan dalam banyak buah dan sayuran, membantu menyerap zat besi sehingga dapat menghindarkan ibu hamil dari anemia/ kurang darah merah. Sayuran hijau memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, zat besi dan asam folat yang sangat dibutuhkan selama kehamilan. Ibu hamil dapat memakan irisan buah segar, dapat juga membuat salad yang full dengan berbagai sayuran lezat dan nikmat, bolehlah ditambahi dengan berbagai zat rasa seperti mayonaise, madu, dan lain-lain. Makan buah-buahan seperti apel, jeruk dan kacang hijau, aprikot, mangga, nanas, ubi jalar, labu musim dingin atau bayam. Boleh makan camilan yang terbuat dari berbagai buah kering, seperti keripik apel, kripik nanas, dan lain-lain. Kalo kripik bayam gak boleh karena 1 lembar bayam itu lebih banyak tepungnya daripada bayamnya sehingga ntar ibu hamil makan kripik tepung. Jus buah juga penting, tetapi ingat bahwa terlalu banyak jus dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.
  1. Daging, unggas (ayam, bebek, dan burung), ikan, telur dan kacang-kacangan. Makanan dalam kelompok ini memiliki banyak protein, vitamin B dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan janin dalam rahim. Jadi kalo pengen janinnya sehat dan cerdas maka sebaiknya perbaiki gizi sejak sebelum hamil. Ingat ya… walopun datang tiap hari ke dokter kandungan tidak akan bikin sehat kehamilan karena tetap saja yang bikin sehat hamil adalah diri ibu hamil sendiri dan keluarganya, sangat diperlukan dukungan suami. Suami gak boleh maunya enak saja, mesti bantu istri dan semangati isteri supaya melahirkan bayi yang sehat dan cerdas. Ikhtiar diri sendiri yang diperlukan karena dokter kandungan cuman bagian mengevaluasi hasil ikhtiar ibu hamil dan keluarganya. Sehat saja tidak cukup, mesti cerdas karena Indonesia butuh rakyat yang cerdas supaya tidak dijadikan jongosnya asing. Lalu apa donk yang harus dimakan oleh ibu hamil ? Kalo suka maka boleh saja mencoba makan roti gandum dengan selai kacang untuk sarapan. Makan telur orak-arik atau telur dadar untuk makan siang. Sajikan fillet salmon bila ekonomi mampu untuk makan malam karena harga ikan salmon itu mahal bingitsss. Tambahkan buncis atau kacang hitam ke sayuran. Rajin-rajin bikin salad dicampur ayam atau ikan atau irisan daging burung dara. Camilan kacang kedelai kalo sedang nonton sinetron atau korea, tapi misalnya sulit bin males maka boleh bikin kripik tempe untuk ngemil sambil lihat film india. Bikin kripik ikan dari ikan mujaer kecil yang digoreng krispi juga sangat bagus bagi kehamilan. Ikan adalah sumber protein yang sangat baik serta asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan perkembangan otak janin. Hindari ikan yang berpotensi tinggi mengandung merkuri, bagaimanapun, termasuk ikan todak, king mackerel, tilefish dan hiu. Kalo di kampung saya di sumatera barat, ikan yang kepalanya besar banget melebihi 3 kg tidak akan dimakan karena mesti beresiko bagi kesehatan.
  1. Produk susu. Kalsium dalam susu atau susu kedelai yang telah diperkaya dengan kandungan kalsium dapat membantu membangun tulang dan gigi janin dalam rahim. Produk susu juga memiliki kandungan vitamin D dan protein. Dianjurkan banget buat ibu hamil untuk minum susu 3 gelas sehari… ya bolehlah ditambah menjadi 4x/ hari dengan masing-masing 1 gelas. Makan es krim yoghurt sangat baik untuk camilan sore ibu hamil. Kalo makan sereal sebaiknya kuahnya jangan pake sirup atau kopi atau teh, tetapi pake segelas susu coklat atau susu putih jelas akan lebih baik dan bermanfaat bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Tidak harus susu iklan kehamilan, pake susu biasa juga boleh kok. Jangan lupa minum susu sebelum tidur. Kalo suka dengan keju maka makan keju dengan roti akan sangat bermanfaat bagi janin dalam kandungan. Kalo alergi dengan susu sapi maka boleh saja pake susu kedelai yang mengandung kalsium tinggi.
  1. Air. Air membawa nutrisi dari makanan yang dimakan oleh ibu hamil ke janin dalam kandungan. Air dapat membantu mencegah sembelit, wasir, pembengkakan, dan infeksi saluran kencing. The Institute of Medicine merekomendasikan untuk meminum air sebanyak kurang lebih 10 cangkir (2,4 liter) sehari selama kehamilan. Air, jus, kopi, teh, dan minuman ringan semuanya berkontribusi untuk kebutuhan cairan harian Anda. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa beberapa minuman mengandung banyak gula dan terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hindari minuman bersoda bila gak penting-penting amat. Kalo udah kebelet banget dengan minuman bersoda ya udahlah… dikit aja… pokoknya ilang pengennya… jangan dihabisin 1 kerat. Sebaiknya kurangi minum kopi selama hamil karena dicurigai terdapat efek potensial kafein yang terkandung dalam kopi terhadap bayi yang sedang berkembang dalam rahim, curiganya sih bikin berat badan bayi menjadi kecil.
  1. Lemak, minyak, dan manisan. Pilih makanan dengan lemak sehat seperti kacang, biji-bijian atau alpukat. Gunakan minyak olive atau zaitun dan cuka sebagai campuran saus bagi ibu hamil yang suka dengan salad, boleh salad buah boleh juga salad sayuran/ buah yang dicampur dengan protein hewani seperti daging ayam, daging sapi yang diiris kecil-kecil dan tipis, daging asap, dan lain-lain. Untuk menghindari kenaikan berat badan berlebihan, kendalikan porsi makanan yang mengandung tinggi lemak dan gula. Makan dikit saja gak apa-apa, yang penting makin lengkap gizinya selama hamil karena semua pernah dimakan.
  1. Vitamin hamil. Walopun ibu hamil sudah berupaya untuk makan makanan sehat selama hamil tetapi tetap saja mungkin ada yang terlewatkan zat gizinya. Nah vitamin hamil fungsinya adalah menutupi kekurangan tersebut. Konsumsi Vitamin prenatal harian, idealnya dimulai paling tidak tiga bulan sebelum kehamilan. Jadi ibu hamil gak boleh malas minum vitamin hamil. Beli saja di apotek banyak kok… mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal. Tapi ya kalo bisa jangan beli yang murah karena jelas kualitas dan kandungannya akan berbeda jauh.

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4

 

TULISAN 5. GERAKAN JANINKU BERKURANG

Ketika wanita hamil Pertama kali merasakan gerakan janin dalam kandungannya maka hal tersebut adalah momen paling bahagia dalam hidupnya dan menimbulkan reaksi psiko-emosi dalam diri wanita hamil… ya… bahwa ada kehidupan dalam rahimnya… cikal bakal penerus keturunan dari suami yang dicintainya. Sungguh menakjubkan memikirkan janin yang bergeliat-geliat dalam rahim, dan setiap wanita hamil pasti ingin tahu apa yang dikerjakan oleh janin dalam kandungannya, apa yang sedang direncanakan oleh janin di dalam rahim, apa yang sedang dipikirkan janin di dalam rahim ? sungguh fantastis bombastis cetar membahana !!!

KAPAN WANITA HAMIL AKAN MERASAKAN GERAKAN PERTAMA JANIN DALAM KANDUNGAN ?

Wanita hamil mungkin akan mulai menyadari ada sesuatu gerakan dalam perutnya pada sekitar umur kehamilan 16 – 20 minggu. Pada wanita yang hamil pertama kali mungkin tidak sadar bahwa janinnya sedang bergerak sehingga kadang-kadang bertanya kok janin saya belum bergerak padahal sudah hamil 5 bulan. helllooo…. wanita yang hamil pertama kalinya perlu sedikit lebih lama untuk menyadari bahwa ada perasaan berdebar-debar lembut di dalam perutnya dan itu adalah gerakan janin dalam rahim. Tapi bagi wanita yang sudah bolak balik hamil mungkin sudah lebih peka bahkan masih umur 4 bulan saja sudah langsung tahu bahwa janinnya sudah mulai bergerak. Perlu diingat bahwa bila wanita hamil belum merasakan gerakan apapun dari janin dalam kandungannya padahal umur kehamilan sudah menginjak 24 minggu (6 bulan) maka wanita hamil tersebut wajib segera kontrol ke dokter kandungan untuk melihat kondisi janin dalam kandungannya. Dokter kandungan akan mendengarkan detak jantung janin dan juga akan melakukan pemeriksaan USG untuk melihat janin dalam kandungan wanita hamil.

NGAPAIN AJA SIH KERJAAN JANIN DALAM RAHIM ? KEPOOO YAAA…

Pemeriksaan USG memberi kita wawasan yang sungguh luar biasa tentang jenis gerakan apa yang dapat dilakukan oleh janin dalam kandungan ibunya dan dapat memperkirakan kapan janin akan dilahirkan. Janin itu sudah bergerak jauh hari sebelum wanita hamil dapat benar-benar merasakan gerakannya, dan gerakannya akan berubah saat ia tumbuh dan berkembang. Jika wanita hamil beruntung maka mungkin saja dapat melihat janinnya meronta-ronta bin ngamuk-ngamuk bin gegap gempita saat ibunya sedang diperiksa USG. Lucu ya…. siapa yang pernah lihat ? kemaren saya tunjukkin ke pasien saya… hasilnya… suami dan pasien hamil saya cekakak cekikik lihat janinnya bergerak-gerak… mungkin janinnya sedang action di depan papa – mamanya… dan kegirangan saat tahu sedang dilihat oleh papa – mamanya saat di USG 4D HD Live (5D) oleh dokter cucuk kiuttt hello kitty yang juga imut-imut kayak janinnya.

Pada umur kehamilan 7-8 minggu, janin akan mulai bergerak, misalnya dengan membungkuk ke samping dan membuat gerakan mendadak seperti kejang-kejang… lucu banget deh… mirip dokter cucuk kiuttt hello kitty yang lucu imut menggemaskan…

Kemudian pada umur sekitar 9 minggu janin dalam kandungan bisa cegukan dan menggerakkan lengan dan kaki kecilnya yang baru bahkan juga mulai menghisap dan menelan.

Pada umur kehamilan 10 minggu, janin sudah bisa menggerakkan kepalanya, mengangkat tangannya untuk menyentuh wajahnya, membuka rahangnya dan meregangkan tubuhnya. Mirip-mirip senam gangnam style gitu lah…

Lalu pada umur kehamilan sekitar 12 minggu, janin bisa menambahkan gerakan menguap saat melakukan peregangan tubuhnya… ya mulet-mulet ngantuk pegel gitu lah… sungguh menakjubkan…

Pada usia kehamilan sekitar 14 minggu janin sudah bisa menggerakkan matanya. Dan pada umur kehamilan sekitar 15 minggu janin sudah bisa menyedot jempol tangan. Saya sudah berkali-kali lihat model janin yang seperti ini… itulah sebabnya saya sangat menyukai mengamati polah tingkah janin dalam rahim ketika melakukan USG 5D pada ibu hamil… begitu mengesankan… kadang-kadang kalo diamati terus menerus dan yang diemut itu selalu tangan kiri maka mungkin saja menurut saya janin itu bakalan kidal… mungkin lo yaaaaa…. mungkin….

Saya selamajadi dokter kandungan baru 2x melihat janin pipis dalam kandungan… tapi pipisnya gak dimainin model zigzag kayak dokternya… he he he

Janin dalam kandungan tidak akan selalu bergerak. Akan ada saat-saat ketika janin hanya ingin beristirahat dan tidur. Jangan khawatir jika wanita hamil tidak melihat banyak aktivitas janin selama pemeriksaan USG karena janin mungkin sedang tidur. Menjelang akhir kehamilan, janin akan beristirahat untuk waktu yang lebih lama. Ini biasanya akan berlangsung selama sekitar 20 menit setiap kali, meskipun bisa selama 50 hingga 75 menit.

BERAPA BANYAK JUMLAH TENDANGAN JANIN YANG HARUS DIRASAKAN OLEH WANITA HAMIL SETIAP HARI ?

Tidak ada jumlah pasti berapa jumlah tendangan yang harus dirasakan oleh wanita hamil dalam sehari, dan tidak perlu menyimpan catatan atau grafik tertulis dari gerakan janin dalam rahim. Pelajari saja ritme gerakan janin dan perhatikan pada jam berapa saja dia aktif bergerak, kapan dia kurang bergerak. Kesan-kesan yang diperoleh wanita hamil dalam mengamati gerakan janinnya sedikit banyak dapat dipakai sebagai tanda-tanda waspada untuk menyatakan apakah janinnya gerakannya berkurang atau tidak dan bisa menjadi petunjuk awal bahwa mungkin ada masalah dengan janin dalam rahim. Setiap janin memiliki pola bangun dan tidur yang berbeda, dan sangat membantu untuk mengetahui apa yang normal dan apa yang gak normal lain dari kebiasaan untuk janin dalam kandungan sehingga wanita hamil mesti mengamati dengan rajin kehamilannya. Jika wanita hamil merasakan ada perubahan pola pergerakan janin dalam kandungannya maka segera ke dokter kandungan untuk diperiksa.

HARI INI JANIN SAYA KOK GAK GERAK YA ?

Bila wanita hamil merasakan keanehan yaitu janinnya tidak bergerak pada hari ini maka segera amati dengan benar apakah memang tak bergerak atau bergerak tapi ibundanya gak menyadarinya. Biasanya ketika ibundanya sedang jalan-jalan maka kebanyakan janin itu bobok nyenyak dan bakalan bangun lagi bila ibundanya berhenti jalan-jalan alias tiduran di kasur atau sofa. Bisa juga wanita hamil mencoba beberapa cara cepat untuk mendorong bayi Anda bergerak:

  1. Duduk santai dan angkat kaki selonjoran lalu makan camilan bergizi tinggi, jangan makan krupuk. Janin mungkin merasa diayun-ayun untuk tidur ketika ibunya sedang bergerak, sehingga ketika ibunya berhenti bergerak biasanya janin akan bangun dan akan terganggu tidurnya ketika ibundanya makan camilan karena terdapat peningkatan aktivitas usus dan lambung yang mungkin akan senggol-sengol rahim markas besar sang janin.
  2. Minum air yang benar-benar dingin sehingga janin mungkin bisa merasakan adanya perubahan suhu dalam perut menjadi lebih dingin dan biasanya janin akan mencoba untuk menghindarinya dengan bergerak-gerak. Boleh pakai air sirup atau es krim pun gak apa-apa.
  3. Buat beberapa kebisingan. Dengarkan musik dengan headphone yang ditempelkan ke perut dan diputar dengan volume keras kemudian perhatikan respon sang janin.

Jika janin sudah mulai bergerak, semuanya mungkin baik-baik saja. Tapi awasi pergerakannya mulai sekarang dan segera ke dokter kandungan bila terasa gerakannya mulai berkurang lagi.

KAPAN WANITA HAMIL HARUS SEGERA MENGUNJUNGI DOKTER KANDUNGAN ?

Hubungi dokter kandungan sesegera mungkin, jangan nunggu waktu kontrol, jika wanita hamil merasakan tanda-tanda berikut:

  1. Anda tidak merasakan 10 gerakan atau lebih saat berbaring miring kiri atau kanan dengan santai selama dua jam.
  2. Janin tidak mulai bergerak sebagai respons terhadap kebisingan ataupun rangsangan-rangsangan lain yang dibuat oleh ibundanya dalam upaya menggerakan janin dalam kandungannya.
  3. Ada penurunan drastis gerakan janin dalam beberapa hari terakhir.
  4. Gerakan janin terasa makin hari makin kurang saja.

Jika janin dalam kandungan kurang bergerak, itu bisa menjadi pertanda bahwa janin tidak mendapatkan cukup nutrisi atau oksigen melalui plasenta. Mungkin juga petunjuk awal bahwa janin sedang berisiko tinggi, seperti pertumbuhannya terganggu atau gerakannya dalam rahim terganggu.

Pokoknya begitu gerakan janin terasa berkurang maka wanita hamil harus melakukan pemantauan dan pengamatan ketat bagi janinnya dan misalnya dari hasil pemeriksaan dokter kandungan dinyatakan baik-baik saja maka tetap saja wanita hamil harus memantau dengan ketat, dan bila rasanya tetap makin kurang gerakan janinnya diharapkan wanita hamil segera balik lagi ke dokter kandungan.

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4

TULISAN 6. APAKAH USG AMAN BAGI KEHAMILAN SAYA ?

APAKAH PEMERIKSAAN USG SELAMA HAMIL AMAN BAGI JANIN DALAM KANDUNGAN SAYA ?

Tidak ada bukti-bukti ilmiah yang menyatakan bahwa pemeriksaan USG berbahaya bagi janin dalam kandungan jika digunakan sesuai dengan tujuan dan indikasi yang tepat yang dilakukan oleh dokter kandungan untuk mengetahui dengan tepat apa-apa saja yang mesti diperiksa pada saat melakukan USG kehamilan sehingga pemeriksaan tersebut membawa manfaat bagi ibu hamil dan janin dalam kandunganya. Pemeriksaan USG telah digunakan selama kehamilan selama puluhan tahun oleh para dokter kandungan di dunia dan belum pernah dilaporkan bahwa terdapat masalah akibat USG.

APAKAH CARA KERJA ULTRASOUND MEMPENGARUHI BAYI SAYA?

Tidak, cara kerja mesin USG  tidak akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap janin dalam kandungan. Mesin USG mengirimkan gelombang suara melalui rahim yang memantul dari tubuh janin ibu hamil. Mirip seperti cara kerjanya kelelawar atau dalam bahasa politik saat ini yaitu kampret. Jadi tidak ada efek radiasi seperti halnya foto rontgen atau CT scan. Foto rontgen tahu gak ? itu lo… yang untuk periksa orang sakit TBC paru-paru… wah itu pake radiasi sehingga bila ibu hamil mesti di rontgen maka perutnya sebaiknya ditutup pake shield baja campur timbal untuk meminimalkan efek radiasi pada janin. Tapi mesti diingat bahwa penyebab janin cacat itu tidak semata-mata karena rontgen, penyebab janin cacat itu banyakkkk sekali dan gak mesti 1 sebab, berbagai sebab. Saya belum pernah baca penelitian bahwa ada janin cacat gara-gara di rontgen.

Lanjut ya… kemudian gema suara dari alat USG akan diubah menjadi gambar di layar monitor USG, sehingga dokter kandungan dapat melihat posisi dan gerakan bayi Anda. Oh iya berbagai penelitian kedokteran telah menunjukkan bukti bahwa tidak ada hubungan antara USG dan berat lahir janin, kanker pada anak-anak, disleksia, atau masalah dengan penglihatan atau pendengaran janin saat lahir. Artinya USG tidak bikin janin kecil, tidak bikin janin idiot, tidak bikin janin cacat. Kalo ibu hamil malas makan atau kurang gizi maka janin mesti kecil, kalo ibu hamil makannya gak ada protein yang cukup maka ntar janinnya idiot alias plonga plongo bin gak pinterrr, kalo ibu hamil ada usaha untuk menggugurkan kandungan dengan minum obat-obat terlarang maka janinnya bisa cacat, kalo suami/ ibu hamil merokok maka janinnya bisa goblok/ beratnya kecil/ cacat/ keguguran/ idiot/ dan lain-lain. Gak percaya ? ya terserah deh… kalo kena apesnya aja baru deh nyesellll…

Hampir semua wanita menginginkan pemeriksaan USG selama kehamilan, sehingga sulit untuk menemukan wanita yang belum pernah periksa USG. Jenis pemeriksaan USG yang paling rutin digunakan untuk mendapatkan gambar janin adalah menggunakan mode 2D. Ini menggunakan intensitas rendah ultrasound yang tersebar di area periksa USG. Selama pemeriksaan, peralatan USG akan menghasilkan gelombang suara yang menimbulkan sejumlah kecil panas yang diserap oleh bagian tubuh yang sedang diperiksa sehingga menaikkan suhu di area periksa tidak sampai 1 derajat. Tentu saja kenaikan suhu tersebut tidak akan pernah terasa oleh ibu hamil maupun janinnya karena sangat rendah kenaikan suhunya. Suhu badan kita saja 37 derajat (jauh lebih panas suhu badan kita daripada efek suhu yang ditimbulkan oleh mesin USG. Coba tempelin setrikaan di perut… panasnya berapa ratus derajat. Coba minum teh panas, panas banget kan. Coba makan soto ayam, panas gak ? Nah cairan di sekitar janin dalam rahim dan gerakan apa pun yang  dibuat oleh janin dalam kandungan dapat membantu menyebarkan panas dari gelombang suara sehingga dapat dihasilkan gambar yang dapat diamati di monitor USG.

USG jaman dulu saja sangat aman bagi janin dalam kandungan apalagi USG jaman millenium seperti sekarang. Apalagi jaman sekarang mesin USG sudah jauh lebih canggih sehingga jauh lebih aman dan gambar yang dihasilkan sangat tajam dan baik. Di luar negeri, Pemeriksaan USG 3D/ 4D/ 4D HD Live (5D) biasanya hanya tersedia di klinik swasta/ dokter praktek swasta. Mesin USG 3D dapat mengubah bagian gambar 2D menjadi gambar 3D. USG 4D lebih canggih daripada 3D. Demikian pula USG 4D HdLive (5D) akan lebih canggih daripada USG 4D biasa.

Nah… masih males periksa USG selama hamil ? masih ragu-ragu mau periksa USG selama hamil ? masih takut mau periksa USG selama hamil ? pilihan ada di tangan ibu-ibu hamil. Kesehatan janin dalam kandungan bukanlah tanggung jawab dokter kandungan, tetapi tanggung jawab ibu hamil sendiri dan keluarganya karena yang kasih makan janin ya ibu hamil, yang minum vitamin ya ibu hamil, yang imunisasi TT/ Tdap ya ibu hamil… artinya ibu hamil mesti ikhtiar untuk menjaga kesehatan kehamilannya. Dan jangan lupa untuk sedekah harian selama hamil Rp 5000,-/ hari dengan memohon pada Allah SWT semoga kehamilan ibu diberkahi, disehatkan, diselamatkan, dimudahkan, dan dilancarkan oleh Allah SWT baik bagi ibu hamilnya sendiri maupun bagi janin dalam kandungannya.

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4

TULISAN 7. HAMIL DEKAT 9 BULAN TAPI KOK PERUTNYA KECIL

APAKAH YANG DISEBUT DENGAN PERTUMBUHAN JANIN TERHAMBAT (IUGR) ?

Janin dinyatakan mengalami pertumbuhan terhambat dalam rahim  jika mereka tampak lebih kecil dari yang diharapkan – khususnya, jika USG dokter kandungan menunjukkan bahwa berat badan mereka di bawah persentil ke-10 untuk usia kehamilan mereka. Mungkin beberapa ibu hamil pernah melihat hasil USG saat di dokter kandungan yang menampilkan grafik posisi berat janin, bila posisi berat janin berada dalam garis batas maka berat janin dinyatakan masih dalam batas normal, tetapi bila janin berada pada posisi di bawah garis batas maka kemungkinan besar janin mengalami gangguan pertumbuhan dalam rahim ibunya.

Ada banyak sebab mengapa janin dalam kandungan tampak kecil. Bahkan dalam banyak kasus, janin yang didiagnosis menderita IUGR (gagal tumbuh) ternyata memang ukurannya kecil (mungkin kecil juga seperti salah satu ukuran tubuh orang tuanya). Dalam kasus lain, banyak juga janin yang kelihatannya kecil di rahim ternyata berukuran normal saat lahir. Namun dalam beberapa kasus, dalam pengamatan USG di duga ada sesuatu yang membuat janin tidak tumbuh dengan baik, dan dokter kandungan akan mencoba mencari tahu masalahnya.

BAGAIMANA CARA DOKTER KANDUNGAN BISA MENGETAHUI BAHWA JANIN SAYA MENGALAMI KEGAGALAN PERTUMBUHAN DALAM RAHIM ?

Dokter kandungan akan menilai ukuran rahim ibu hamil selama pemeriksaan panggul pada trimester pertama. Pada kehamilan yang lanjut, dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan pertumbuhan janin dalam rahim dengan mengukur perut ibu hamil pada setiap kunjungan/ kontrol kehamilan. Jika ukurannya terkesan lebih kecil dari tanggal taksiran persalinan, dokter kandungan akan menindaklanjuti dengan USG untuk menentukan ukuran dan berat badan janin dalam rahim. Pada ibu-ibu hamil yang tidak pernah kontrol ke dokter kandungan dan hanya mengandalkan tanggal haid terakhir dalam menentukan umur kehamilan maka ketika dilakukan pengukuran tinggi rahim akan terukur kecil, apalagi bila ternyata dari hasil USG kehamilan oleh dokter kandungan ternyata umur kehamilan lebih kecil dari persangkaan ibu hamil… kok bisa ? karena tanggal haid terakhir ibu hamil 70% keliru alias salah. Ini dapat terjadi jika ibu hamil ingat hari pertama dari haid terakhir yang tidak tepat atau ber-ovulasi lebih lambat dari biasanya dalam siklus haid terakhir ibu hamil.

Jika USG dokter kandungan telah menegaskan tanggal taksiran persalinan pada saat kontrol kehamilan muda, maka dokter kandungan melanjutkan memeriksa pertumbuhan janin dalam rahim pada kontrol selanjutnya dengan pemeriksaan USG lagi secara serial. Jika hasil pemeriksaan USG lanjutan menunjukkan bahwa pertumbuhan janin itu terlambat, maka janin dalam rahim kemungkinan akan didiagnosis dengan IUGR (pertumbuhan janin terhambat dalam rahim).

APA YANG BISA MENYEBABKAN MASALAH DENGAN PERTUMBUHAN JANIN DALAM KANDUNGAN ?

Janin mungkin tidak tumbuh dengan baik jika janin tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya untuk berkembang. Kadang-kadang cacat genetik dapat mengganggu pertumbuhannya. Kemungkinan-kemungkinan yang dapat menyebabkan pertumbuhan janin dalam rahim terhambat adalah sebagai berikut:

  1. Kelainan pada plasenta, organ yang memberikan oksigen dan nutrisi untuk bayi Anda di dalam rahim. Plasenta mungkin tidak berfungsi dengan baik jika terlalu kecil, tidak terbentuk dengan benar, atau mulai terlepas dari uterus (plasental abruption). Plasenta yang terlalu rendah di uterus (plasenta previa) dapat sedikit meningkatkan risiko terjadinya IUGR.
  2. Kondisi medis/ komplikasi kehamilan/ penyakit yang dimiliki oleh ibu hamil, seperti hipertensi kronis, pre-eklamsia, penyakit ginjal atau jantung, anemia, kencing manis bawaan, gangguan pembekuan darah, sindrom antibodi antiphospholipid, atau penyakit paru-paru seperti asthma, TBC, dll.
  3. Kelainan kromosom, seperti sindrom Down, atau cacat lahir struktural, seperti anencephaly (di mana bagian tengkorak kepala tidak ada) atau cacat pada ginjal atau dinding perut.
  4. Bayi kembar.
  5. Suami merokok, ibu hamil merokok, minum keras, atau menyalahgunakan obat-obatan terlarang (narkoba).
  6. Infeksi tertentu yang bisa diperoleh janin yang berasal dari ibu hamil, seperti toksoplasmosis, CMV, sifilis, atau rubella.
  7. Malnutrisi berat alias kurang gizi, malas makan, malas minum, makan sayuran doank, gak mau makan daging, gak mau makan ikan, gak mau makan ayam, dll.
  8. wanita yang kekurangan berat badan sebelum kehamilan (kurus sejak sebelum hamil) dan tidak mendapatkan cukup berat badan selama kehamilan (selama hamil berat badan cuman naik sedikit), dan wanita yang tinggal di tempat yang sangat tinggi (gunung), lebih mungkin memiliki bayi yang lebih kecil.

APAKAH BAHAYANYA GANGGUAN PERTUMBUHAN BAGI JANIN SAYA ?

Bayi yang didiagnosis dengan IUGR sangat mungkin memiliki komplikasi tertentu selama kehamilan, selama persalinan, dan sesudah lahirnya. Resiko yang mungkin dialami oleh janin yang pertumbuhannya terhambat antara lain:

  1. lahir prematur.
  2. lahir tapi gak kuat nafas terus mati.
  3. Gak kuat lahiran lewat jalan normal sehingga mesti di operasi sesar.
  4. Saat lahir kemungkinan kadar gula darahnya rendah.
  5. Mudah terkena infeksi saat lahir.
  6. Seringkali kedinginan saat lahir karena tubuhnya sulit mempertahankan suhu tubuh terhadap lingkungannya.
  7. Banyak sel darah yang tidak normal.
  8. Gampang kuning saat lahir.
  9. Ketubannya jelek banget alias hijau bahkan hijau kental.
  10. Gangguan perkembangan pada masa anak-anak kelak.
  11. Goblok bin idiot.
  12. Gampang gembrot saat remaja. Bahkan gembrot dimulai sejak masa kanak-kanak.
  13. Gampang kena darah tinggi, penyakit jantung, kencing manis, dll

APAKAH ADA YANG BISA SAYA LAKUKAN UNTUK MEMBANTU JANIN SAYA DILAHIRKAN DENGAN SEHAT WALOPUN MENGALAMI GANGGUAN PERTUMBUHAN DALAM RAHIM ?

  1. Kemungkinan besar janin yang ukurannya kecil akibat gangguan pertumbuhan akan membutuhkan unit perawatan intensif neonatal (NICU) yang dapat menangani masalah yang mungkin muncul dengan lebih baik.
  2. Dan jika suami anda atau ibu hamil sendiri merokok, minum alkohol, atau menggunakan narkoba, maka harus menghentikan kegiatan-kegiatan itu mubazir tersebut.
  3. Makan dengan gizi yang baik dan mendapatkan lebih banyak kalori.
  4. Tidak boleh olahraga aerobik selama hamil.
  5. Banyak istirahat walopun dari berbagai penelitian belum terbukti memberikan efek positif pada janin yang gagal berkembang dalam rahim.

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4

 

TULISAN 8. DOKTER CUCUK, SAYA HAMIL BERAPA BULAN ?

Pada umumnya pasangan suami istri akan pergi ke dokter kandungan untuk memeriksa kesehatan serta untuk mengetahui usia kehamian. Namun tidak sedikit pula yang jarang atau bahkan tidak melakukan hal tersebut. Pada umumnya mereka tidak pergi ke dokter kandungan untuk memeriksakan kandungan karena tidak memiliki biaya atau belum ada waktu untuk melakukan hal ini. Padahal di era BPJS, masyarakat dapat memeriksakan kehamilannya secara gratis di rumah sakit. Tentunya dengan membuat surat rujukan terlebih dahulu. Nah ini masalahnya… apakah PPK 1 mau kasih rujukan atau tidak. Ya dicoba saja dulu… baik-baikin petugas kesehatan di PPK 1 dan sentuhlah dia… tempat di hatinya maka diakan menjadi milikmu selamanya. sentuhlah dengan sepenuh jiwa… maka dia kan melayang… Periksa USG ke dokter kandungan itu tidak mahal, yang mahal adalah biaya yang dikeluarkan untuk kesehatan janin dalam kandungan yaitu vitamin, obat, food supplement, makanan bergizi, dll.

Terdapat beberapa cara menghitung usia kehamilan yaitu sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan USG

Ultrasonography atau masyarakat kita lebih mengenalnya dengan istilah USG adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk pemeriksaan (membuat gambar pencitraan) organ-organ tubuh dalam secara aman (tanpa ada efek radiasi). Prinsip kerja USG menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia. Karena bisa membuat gambar pencitraan organ dalam tubuh manusia, maka USG dinilai sebagai cara menghitung usia kehamilan yang paling efektif dan jitu. Pemeriksaan USG bisa dilakukan oleh ibu hamil atau pasangan suami istri dengan datang langsung ke tempat praktek dokter kandungan kandungan. Tindakan medis ini dipilih oleh kebanyakan wanita hamil karena bisa memberikan hasil dengan tingkat keakurasian mencapai 95%. Yang lebih menariknya lagi, USG model terbaru bahkan bisa memberikan tampilan pencitraan janin dalam bentuk 2 dimensi, 3 dimensi, dan 4 dimensi, bahkan saat ini sudah berkembang menjadi USG 4D HD Live (5D). Penghitungan usia kandungan mengunakan USG biasanya dilakukan menggunakan 2 metode, yaitu USG transvaginal dan USG transabdominal. Kedua metode tersebut dilakukan sesuai dengan kondisi kandungan ibu hamil. Pemeriksaan perhitungan usia kehamilan menggunakan USG transvaginal dilakukan melalui jalan lahir pada organ intim pada waktu awal-awal kehamilan. Sedangkan USG transabdominal , biasanya dilakukan melalui dinding perut ketika bayi dalam kandungan sudah mulai tumbuh membesar. Dari kedua metode tersebut, masyarakat lebih familiar dengan USG transabdominal, dimana kita bisa melihat bentuk dan pergerakan janin secara jelas di dalam kandungan.

  1. Metode Perhitungan Kalender (Rumus Naegele)

Cara menghitung usia kehamilan menggunakan metode ini,  mengharuskan anda tahu terlebih dahulu mengenai siklus haid anda. Cara ini sering dipakai oleh para bidan dalam menentukan umur kehamilan. Bahkan dokter kandungan juga menggunakan cara ini bila data-data yang diperoleh dari pasien tidak mencukupi yang disebabkan dari pemeriksaan kehamilan sebelumnya tidak baik misalnya tidak USG ke dokter kandungan, tidak pernah USG hamil muda, dan lain-lain. Metode ini akan memberikan hasil yang lebih tepat apabila digunakan oleh wanita yang memiliki siklus haid teratur, seperti setiap 28 hari atau 30 hari. Tetapi hasilnya tidak bisa lebih baik daripada pengukuran kehamilan secara USG oleh dokter kandungan. Perhitungan usia kandungan menggunakan metode kalender mengacu pada dua hal:

  1. HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir)
  2. HPL (Hari Perkiraan Lahir)

Berdasarkan data diatas, dapat diasumsikan  bahwa hari pertama haid terakhir (HPHT) merupakan hari pertama kehamilan. Sehingga dengan mengetahui HPHT, dokter kandungan atau wanita hamil pun bisa menghitung usia janin dalam rahim.  Jika anda mempunyai siklus menstruasi yang teratur (setiap 28 hari sekali), maka anda bisa menggunakan rumus Neagele untuk menghitung Hari perikiraan lahir (HPL).

Langkah perhitungan kalender (rumus Neagele):

  1. Tanggal hari pertama haid terakhir ditambah 7 (HPHT +7)
  2. Bulan hari pertama haid terakhir dikurangi 3 (HPHT -3)
  3. Tahun hari pertama haid terakhir ditambah 1 (HPHT +1)
  4. Contoh: HPHT (hari pertama haid terakhir) 16 Agustus 2017. Tanggal HPHT (hari pertama haid terakhir) 16+7 = 23. Bulan HPHT (hari pertama haid terakhir) 8-3=5. Tahun HPHT (hari pertama haid terakhir) 2017+1=2018. Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa perkiraan kelahiran adalah 23 Mei 2018

Langkah penerapan rumus Neagele sedikit berbeda ketika HPHT (hari pertama haid terakhir) tidak bisa dikurangi. Contoh HPHT (hari pertama haid terakhir) yang tidak bisa dikurangi adalah bulan januari, sebab 1-3 = -2. Maka perhitungan rumus Neagele cukup dengan bulan hari pertama haid terakhir ditambah 9 tanpa tahun ditambah (bulan HPTP +9 dan tahun tetap). Rumus perhitungannya menjadi seperti berikut.

  1. Tanggal hari pertama haid terakhir ditambah 7 (HPHT +7)
  2. Bulan hari pertama haid terakhir ditambah 9 (HPHT +9)
  3. Tahun hari pertama haid terakhir (HPHT) tetap
  4. Contoh: Hari pertama haid terakhir (HPHT) 20 Januari 2017. Tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT) 20+7=27. Bulan hari pertama haid terakhir (HPHT) 1+9=10. Tahun hari pertama haid terakhir (HPHT) 2017. Dari perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa perkiraan kelahiran adalah 27 Oktober 2017. Kemudian untuk menentukan usia kandungan, cukup dengan menambahkan hari pertama haid terakhir (HPTP) anda. Seperti ketika hari pertama haid terakhir (HPTP) anda adalah tanggal 16 agustus 2017 maka bulan pertama kelahirnnya adalah 16 september 2017.

Metode perhitungan kalender ini sebenarnya mudah dalam penerapannya, sayangnya tidak semua ibu hamil ingat akan jadwal menstruasinya. Selain itu, setiap wanita juga kebanyakan tidak memiliki siklus mentruasi yang teratur, disamping waktu masa subur yang berbeda-beda setiap wanita. 70% wanita hamil menyampaikan tanggal haid yang salah sehingga cara ini tidak akurat.

  1. Deteksi Gerakan Janin

Metode deteksi gerakan janin adalah metode yang dianggap paling mudah untuk digunakan oleh masyarakat umum. Sayangnya hasil keakuratannya rendah untuk menentukan umur kehamilan, namun masih cukup akurat untuk mendeteksi terjadinya kehamilan pada wanita. Perhitungan usia kehamilan dalam metode ini dilakukan dengan cara merasakan gerakan janin yang ada dalam rahim anda. Umur kehamilan dipastikan sudah masuk minggu 18 hingga minggu 20 ketika anda dapat merasakan janin anda di dalam rahim telah dapat bergerak. Namun perlu digarisbawahi bahwa perkiraan rentang usia kandungan antara 18 -20 minggu tersebut hanya dikhususkan bagi mereka yang baru pertama kali hamil. Sedangkan bagi mereka yang sebelumnya pernah hamil, maka tanda-tanda hamil tersebut diartikan bahwa usia kandungan telah memasuki minggu ke 16 atau ke 18. Gerakan janin ini sifatnya sangat subyektif sekali artinya wanita hamil sering tidak bisa membedakan antara gerakan janin dengan gerakan usus yang bebas dalam perut. Cara ini memberikan gambaran kasar tentang usia kehamilan.

  1. Kalkulator Kehamilan

Cara lain yang bisa digunakan untuk menentukan umur kehamilan dan cukup mudah untuk digunakan adalah dengan menggunakan bantuan kalkulator kehamilan. Kalkulator kehamilan sangat mudah digunakan. Bahkan sekarang juga terdapat banyak jenis kalkulator kehamilan yang dapat dipakai secara gratis, sehingga semakin memudahkan anda karena banyak pilihannya dan tidak perlu bayar. Dalam penggunaannya, kalkulator kehamilan membutuhkan input atau masukkan 2 data berikut untuk mendapatkan hasil perkiraan usia kehamilan anda.

  1. Data periode menstruasi
  2. Data HPHT atau hari pertama haid terakhir

Setelah kedua data tersebut diatas sudah anda peroleh, maka tinggal input atau masukkan data ke dalam aplikasi. Masukkan tanggal, bulan, dan tahun hari pertama haid terakhir Anda (HPHT) dan juga siklus haid Anda. Setelah data-data diisi dengan benar, maka kalkulator akan memberikan hasil prediksi usia kehamilan anda sekaligus prediksi hari kelahiran buah hati anda.

  1. Mengukur Tinggi Puncak Rahim (Sistem Fundus Uteri)

Cara menghitung usia kehamilan dengan mengukur tinggi puncak rahim dilakukan dengan cara menghitung jarak dari tulang kemaluan wanita hamil hingga bagian puncak rahim (fundus uteri) yang menonjol pada bagian perut. Biasanya para bidan menggunakan bantuan pita ukur dalam mengukur tinggi fundus uteri. Metode mengukur tinggi puncak rahim ini bisa memberikan hasil perkiraan kasar umur kehamilan dan ketepatannya sangat ditentukan oleh keahlian tenaga medis yang melakukan seperti oleh perawat, bidan, dokter umum atau dokter kandungan kandungan. Usia kandungan semakin tua maka angka hasil pengukuran yang diperoleh akan semakin besar. Tetapi bila terdapat gangguan pertumbuhan maka pengukuran ini bisa menjadi salah total. Bila ibu hamil kontrol rutin sesuai dengan jadwal kontrol maka pengukuran tinggi fundus uteri dapat membantu bidan untuk mengamati apakah kemungkinan terjadi gangguan pertumbuhan janin dalam kandungan.

  1. Metode Kalender Hamil Putar

Metode kalender putar adalah alat yang bisa dibilang paling cocok digunakan oleh ibu hamil yang tidak mau direpotkan serta dipusingkan dalam hal menentikan dan menghitung usia kandungan secara mandiri.  Alat ini juga sangat popular di tengah masyarakat umum sebagai alat bantu menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan kelahiran.

Dari semua metode di atas, hanya pemeriksaan USG oleh dokter kandungan yang dapat menentukan secara lebih tepat usia kehamilan, semakin kecil umur kehamilan yaitu antara 8-12 minggu maka ketepatan USG akan makin tinggi untuk menentukan umur kehamilan. Semua metode perhitungan umur kehamilan yang tergantung dari tanggal haid maka ketepatannya jauh lebih rendah daripada USG.

MANFAAT MENGETAHUI USIA KEHAMILAN

Menantikan kelahiran buah hati merupakan suatu momen bahagia yang tidak terkita bagi pasangan yang sudah menikah. Banyak hal yang perlu dipersiapkan ketika diketahui bahwa istri hamil, baik untuk ibu maupun calon bayi. Maka penting bagi seorang wanita hamil atau pasangan suami istri untuk benar-benar paham dan mengetahui tentang umur kehamilan mereka.

  1. Mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Peristiwa yang paling ditunggu-tunggu setelah mengetahui bahwa istri hamil tentu saja adalah momen hari kelahiran jabang bayi. Sehingga dengan mengetahui cara menghitung usia kehamilan, anda bakal bisa memprediksi perkiraan kelahiran buah hati ketika anda mengetahui umur kehamilan kandungan.

  1. Mengetahui aktifitas ibu hamil sesuai anjuran yang diperbolehkan

Aktivitas wanita hamil sangatlah dibatasi, mereka tidak bisa beraktifitas secara sembarangan. Melakukan aktifitas di luar perhitungan bisa membayakan kesehatan dan keselamatan janin dan ibu. Sama halnya dengan makanan, aktivitas ibu hamil haruslah disesuaikan dengan umur kehamilan. Maka penting bagi pasangan suami istri mengetahui cara menghitung usia kehamilan, sehingga bisa menghindari kegiatan yang berpotensi berisiko. Ibu hamil harus menghindari aktivitas berlebihan yang bisa kemungkinan bisa menimbulkan bahaya keguguran atau persalinan prematur.

  1. Memberikan waktu dalam mempersiapkan kebutuhan bayi

Manfaat lain dari mengetahui cara menghitung usia kehamilan adalah memberikan waktu bagi ibu hamil untuk dapat mempersiapkan kebutuhan ibu dan bayi secara tepat. Tepat dalam arti tidak terlalu cepat atau mendadak. Sehingga tenaga tidak terfosir untuk melakukan hal yang remeh temeh.

KETERANGAN:

Tulisan di atas diambil oleh Dr. Cucuk Santoso, SpOG dari beberapa sumber dengan banyak perbaikan di sana sini, dibuang sana sini, dan telah dievaluasi oleh Dr. Cucuk Santoso, SpOG sehingga akhirnya dapat dipertanggung-jawabkan kebenaran isi tulisan tersebut di atas dari segi ilmu kebidanan dan penyakit kandungan sehingga diharapkan dapat memberikan informasi yang baik dan akurat dan bermanfaat pada ibu-ibu hamil kiuttters. Biasakan membaca tulisan kesehatan yang ditulis oleh dokter kandungan supaya memperoleh pengetahuan yang benar dan akurat.

Sumber:

https://pusatpandang.com

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4

Homepage

Beranda

https://apkpure.com

http://infokehamilansehat.blogspot.co.id

http://www.adrianadian.com

https://duniabidan.com

http://irnawatimalik.blogspot.co.id –> beliau ini bu bidan yang aktif… good job bu bidan.

http://tintahijau.com

Homepage

https://id.theasianparent.com

http://www.dailymoslem.com

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

 

 

 

 

TULISAN 9. CARA PRAKTIS MENGHITUNG USIA KEHAMILAN

Tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti kapan persisnya seorang wanita mengalami ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur) kemudian dilanjutkan dengan pembuahan dan akibatnya terjadi kehamilan (mengandung). Apakah ada manusia yang bisa mengamati detik demi detik pertemuan sperma dan sel telur secara langsung ? Tidak ada satupun manusia yang bisa menentukan dengan tepat. Akibatnya, kebanyakan orang, termasuk kadang-kadang dokter kandungan (bila tidak ada fasilitas USG), akan mengetahui kehamilan Anda berdasarkan LMP Anda (periode menstruasi terakhir) sebagai gantinya. Dalam bahasa yang lebih sering dipakai adalah HPHT yaitu hari pertama haid terakhir. Jadi selanjutnya gak usah bingung ya, HPHT = LMP.

Untuk mengetahui berapa minggu umur kehamilan wanita dengan metode HPHT/ LMP ini, wanita mesti mencoba mengingat kapan tanggal hari pertama haidnya. Hari pertama LMP Anda dihitung sebagai hari pertama kehamilan Anda. Wanita hamil dapat juga mengetahui perkiraan tanggal jatuh tempo/ HPL (hari perkiraan lahir) menggunakan kalkulator tanggal jatuh tempo (due date calculator) yang banyak tersedia di dalam application store bagi wanita pemakai iphone atau play store bagi wanita pemakai hp android.

Beberapa wanita lebih memilih untuk menghitung umur kehamilan mereka dari hari dimana mereka memperkirakan tanggal kemungkinan akan ber-ovulasi selama bulan di mana mereka menjadi hamil. Ini akan memberi Anda perkiraan tanggal konsepsi (pertemuan sperma dan sel telur yaitu pembuahan), yang biasanya akan menjadi sekitar dua minggu setelah hari pertama LMP/ HPHT Anda. Terdapat selisih sekitar 2 minggu bila dibandingkan menggunakan tanggal HPHT.

BAGAIMANA JIKA WANITA TIDAK TAHU TANGGAL HARI PERTAMA HAID TERAKHIRNYA ATAU JIKA MEMILIKI HAID TIDAK TERATUR SEBELUMNYA ?

Perhitungan tanggal jatuh tempo/ HPL akan memberikan keakuratan perkiraan tanggal taksiran persalinan paling tepat jika siklus menstruasi Anda teratur dan menstruasi Anda setiap 28 hari.

Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, Anda mungkin tidak tahu tanggal LMP/ HPHT Anda. Dan jika siklus Anda bervariasi panjangnya, kadang 21 hari kadang 25 hari kadang 30 hari kadang 35 hari maka dalam hal penentuan tanggal perkiraan persalinan dengan menghitung dari hari pertama LMP Anda mungkin tidak memberikan tanggal yang dapat diandalkan ketepatannya.

Pemeriksaan USG pertama pada wanita hamil muda, yang disebut dating scan atau USG untuk penentuan umur kehamilam dan tanggal perkiraan persalinan, akan memberikan tanggal jatuh tempo/ HPL yang lebih akurat untuk menentukan usia kehamilan dan tanggal perkiraan persalinan. Dokter kandungan (dokter SpOG) akan melakukan pemeriksaan USG dan  akan mengukur bayi Anda dari kepalanya ke pantatnya. Ini disebut dengan CRL (crown rump length), dan akan memberi gambaran yang lebih akurat tentang umur kehamilan wanita.

Sayangnya jaman sekarang banyak USG-USG yang tidak dilakukan oleh dokter kandungan sehingga sangat menyulitkan bagi dokter kandungan untuk menentukan umur kehamilan dengan tepat dan sulit memperkirakan kapan tanggal persalinan dengan akurat bila kehamilan sudah lanjut. Maklumlah harga USG murah meriah dengan harga 38 juta saja sudah bisa beli USG sehingga bertebaranlah USG-USG dimana-mana dan dapat merugikan/ membahayakan ibu hamil sendiri. Contoh: datang ibu hamil usia 9 bulan, tetapi hasil periksa USG di dokter kandungan menunjukkan hasil masih 8 bulan. Ibu hamil ini tidak pernah periksa hamil di dokter kandungan saat kehamilan muda. Tentu sangat sulit membedakan apakah ibu hamil ini hamilnya memang asli 9 bulan atau hamil 9 bulan tapi kondisi janin kecil atau memang ternyata masih 8 bulan. Dampaknya apa ? Kesehatan janin dapat sangat terganggu bahkan menimbulkan bahaya bagi janin dalam kandungan. Jangan takut dan jangan malas untuk periksa kehamilan ke dokter kandungan. apalagi jaman sekarang sudah banyak dokter kandungan yang praktek memakai USG 2D atau 3D atau 4D atau bahkan 5D. Teknologi USG yang makin canggih akan makin membantu dokter kandungan untuk memeriksa dengan lebih baik kondisi kehamilan dan janin dalam kandungan ibu hamil.

Sebagai dokter kandungan tentunya saya memberikan saran terbaik bagi ibu-ibu hamil kiuttters untuk melakukan pemeriksaan USG kehamilan ke dokter kandungan saja karena rujukan tertinggi pemeriksaan ibu hamil ada ditangan dokter kandungan dan USG merupakan bagian pendidikan sekolah dokter spesialis kandungan. Bila wanita hamil ingin mengetahui dengan tepat usia kehamilannya dan tanggal perkiraan persalinannya maka dokter kandungan (dokter SpOG) akan meminta wanita hamil untuk memeriksakan diri segera ke dokter kandungan sehingga dapat dilakukan DATING SCAN bila:

  1. Telat haid/ telat datang bulan dan ternyata test hamil positif.
  2. Umur kehamilan menurut perkiraan perhitungan wanita hamil memasuki 2-3 bulan.

APAKAH BAYI SAYA UKURANNYA/ BERAT BADANNYA BENAR-BENAR SESUAI DENGAN UMUR KEHAMILAN SAYA WAKTU USG ?

Dengan semakin canggihnya teknologi USG maka dapat menampilkan grafik yang menggambarkan informasi perkembangan pertumbuhan janin dalam kandungan yang berisi tentang ukuran dan berat bayi Anda yang belum lahir. Ini adalah angka rata-rata dari setiap pemeriksaan kehamilan. Itulah gunanya memeriksakan kehamilan secara teratur ke dokter kandungan.

Semua bayi berukuran hampir sama pada awal kehamilan, tetapi mereka mulai tumbuh pada tingkat yang berbeda selama trimester kedua. Itu sebabnya ada bayi yang lahirnya waktu umur kehamilan 9 bulan tetapi berat lahirnya kurang dari 2.5kg dan ada juga yang berat lahirnya lebih dari 3.5kg. pemeriksaan kehamilan yang teratur akan memberikan gambaran berat badan janin secara berurutan sehingga bila terjadi kegagalan pertumbuhan maka dapat segera diketahui oleh dokter kandungan.

SEBERAPA AKURAT TANGGAL TAKSIRAN PERSALINAN/ HPL ?

Tanggal HPL pada wanita hamil hanyalah perkiraan kapan akan melahirkan. Hanya sekitar 5% bayi yang lahir pada tanggal HPL. Sebagian besar bayi lahir antara 37 minggu dan 42 minggu kehamilan. Karena itu wanita hamil tidak mungkin pasti melahirkan pada tanggal HPL, hanya Allah SWT Yang Tahu pasti kapan wanita hamil akan melahirkan.

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4

TULISAN 10. PERUT SAYA SERING MULES, PADAHAL BELUM 9 BULAN

APAKAH YANG DISEBUT DENGAN KONTRAKSI BRAXTON HICKS?

Kontraksi Braxton Hicks adalah kontraksi uterus intermiten yang dimulai pada awal kehamilan, meskipun kadang-kadang ibu hamil mungkin tidak akan mengalaminya sampai beberapa saat setelah pertengahan usia kehamilan. Bahkan beberapa wanita hamil tidak pernah memperhatikan ada tidaknya kontraksi Braxton Hicks. Kontraksi ini dinamai oleh John Braxton Hicks, dokter Inggris yang pertama kali menggambarkan adanya kontraksi tersebut pada tahun 1872. Kontraksi Braxton Hicks dikenal juga dengan istilah kontraksi palsu. Ketika kehamilan anda berlanjut makin tua seiring berjalannya hari-minggu-bulan, maka kontraksi Braxton Hicks cenderung terjadi lebih sering, tetapi sifatnya akan tetap jarang-jarang, tidak teratur, dan tidak terlalu nyeri.

Bagi beberapa wanita hamil, terkadang kontraksi Braxton Hicks sulit dibedakan dari tanda-tanda kontraksi pada awal terjadinya persalinan prematur, jadi sangat disarankan wanita hamil untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan bila mengalami kontraksi, jangan mencoba untuk membuat diagnosis sendiri karena anda bukan dokter kandungan. Jika wanita hamil belum mencapai umur kehamilan 37 minggu dan sudah mengalami kontraksi reguler, atau jika wanita hamil memiliki tanda-tanda persalinan prematur yang tertulis di bawah ini, segera hubungi dokter kandungan langganan agar wanita hamil segera mendapatkan pertolongan.

Pada saat umur kehamilan makin dekat dengan tanggak taksiran persalinan (HPL) maka kemungkinan serviks/ leher rahim wanita hamil sudah mulai “matang,” atau perlahan-lahan melunak sebagai persiapan persalinan. Kontraksi yang terjadi sekitar waktu ini mungkin menjadi lebih intens dan lebih sering, dan kontraksi rahim tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan/ nyeri yang cukup lumayan.

Berbeda dengan kontraksi Braxton Hicks yang tidak menyakitkan dan timbulnya sporadis sebelumnya, yang tidak menyebabkan perubahan serviks/leher rahim yang jelas, kontraksi-kontraksi reguler/ teratur pada akhir-akhir kehamilan dapat membantu leher rahim ibu hamil makin menipis, bahkan akan sedikit membuka. Periode ini kadang-kadang disebut sebagai kontraksi prelabor (kontraksi menjelang masuk persalinan).

SEPERTI APA RASA-RASA DAN CIRI KONTRAKSI BRAXTON HICKS?

 Ketika Anda mengalami kontraksi apa pun selama kehamilan, baik Braxton Hicks atau persalinan yang sebenarnya, Anda akan merasakan rahim, daerah perut bagian bawah, atau selangkangan mengencang atau meremas, dan kemudian rileks. Sifat kontraksi Braxton Hicks tidak teratur dan biasanya tidak sakit, meskipun mungkin tetap saja menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan kadang-kadang kontraksinya bisa saja menguat dan menyakitkan.

BAGAIMANA WANITA HAMIL BISA TAHU PERBEDAAN ANTARA KONTRAKSI BRAXTON HICKS DAN KONTRAKSI PERSALINAN YANG SEBENARNYA?

Pada hari-hari atau minggu-minggu sebelum persalinan, kontraksi Braxton Hicks dapat menjadi ritmik, relatif berdekatan, dan bahkan menyakitkan, sehingga wanita hamil akan berpikir bahwa sedang dalam proses melahirkan. Tetapi tidak seperti kontraksi persalinan yang sebenarnya, kontraksi braxton hicks atau kontraksi palsu biasanya tidak akan timbul secara konsisten lebih lama, lebih kuat, dan lebih dekat jaraknya antara 2 kontraksi. Kontraksi Braxton Hicks dapat terjadi kapan saja, terutama cenderung timbul malam hari, ketika wanita hamil mengalami dehidrasi atau memiliki kandung kemih penuh, atau selama aktivitas fisik atau seks.

APA YANG DAPAT IBU HAMIL LAKUKAN JIKA KONTRAKSI BRAXTON HICKS MENIMBULKAN RASA TIDAK NYAMAN ATAU MENYAKITKAN?

Kontraksi Braxton Hicks biasanya tidak sakit, tetapi tetap bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengurangi ketidaknyamanan dari kontraksi Braxton Hicks, coba langkah-langkah ini:

  1. Ubah aktivitas atau posisi Anda. Terkadang berjalan memberi kelegaan dan menghilangkan rasa sakit. Kadang-kadang kontraksi barxton hicks dapat timbul saat ibu hamil sedang beristirahat. Inilah bedanya dengan kontraksi persalinan yang sebenarnya dimana kontraksi persalinan dapat timbul kapan saja dan tidak bisa menghilang walopun ibu hamil sudah berganti posisi atau beraktivitas.
  2. Minumlah air karena kontraksi braxton hicks ini kadang-kadang bisa disebabkan oleh dehidrasi.
  3. Lakukan latihan relaksasi atau ambil napas panjang yang lambat. Ini tidak akan menghentikan kontraksi Braxton Hicks, tetapi dapat membantu Anda mengatasi ketidaknyamanan ini.

KAPAN IBU HAMIL HARUS MENGHUBUNGI DOKTER SPESIALIS KANDUNGAN ATAU UGD RUMAH SAKIT ?

Jika umur kehamilan anda belum mencapai 37 minggu, hubungi dokter kandungan segera atau pergi ke UGD rumah sakit jika kontraksi Anda menjadi lebih berirama, makin menyakitkan, atau makin sering, atau jika Anda memiliki tanda-tanda persalinan prematur:

  1. Nyeri perut atau kram seperti menstruasi
  2. Kontraksi reguler (setidaknya 6 kontraksi per jam, atau setiap 10 menit, tidak peduli apakah kontraksi rahimnya bikin nyeri ataupun tidak nyeri)
  3. Pendarahan atau bercak vagina apa pun bentuknya.
  4. Peningkatan timbulnya keputihan
  5. Perubahan pada jenis cairan – misalnya, jika menjadi berair, terlihat seperti lendir, atau berdarah (meskipun hanya berwarna merah muda atau bernoda darah)
  6. Lebih banyak tekanan di daerah panggul atau perut bagian bawah (seperti bayi Anda menekan ke bawah)
  7. Nyeri punggung bawah

Jika umur kehamilan Anda melewati 37 minggu, hubungi dokter kandungan Anda dan sampaikan bahwa Anda mengalami kontraksi. Dalam persalinan yang sebenarnya, kontraksi Anda akan datang secara berkala, 30 hingga 90 detik lamanya, menjadi semakin kuat, dan terjadi lebih sering. Hubungi dokter kandungan Anda atau pergi ke UGD rumah sakit jika:

  1. Keluar cairan atau pecah ketuban (bahkan jika Anda tidak mengalami kontraksi).
  2. Anda mengalami perdarahan vagina (lebih dari sekadar bercak).
  3. Kontraksi Anda akan datang tiap lima menit (atau kurang).
  4. Anda memiliki rasa sakit yang konstan dan berat di perut bawah.

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4

TULISAN 11. DETEKSI KELAINAN JANIN DENGAN USG

Pada trimester kedua kehamilan, dokter kandungan mungkin menawarkan pemeriksaan USG yang disebut USG morfologi atau detailed scan USG. Pemeriksaan USG kehamilan detailed scan hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis kandungan. Dokter spesialis kandungan itu adalah dokter yang memiliki gelar SpOG dibelakang namanya, misalnya Dr. ABC, SpOG. Tulisan ini bermaksud untuk menjelaskan apa yang dapat ibu hamil harapkan dan apa yang mungkin ditunjukan dari hasil pemeriksaan USG detailed scan.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN USG MORFOLOGI (DETAILED SCAN USG) DAN APA YANG DICARI?

USG morfologi/ USG detailed scan adalah pemeriksaan USG yang  terperinci yang melihat tubuh janin dalam kandungan dan mengamati posisi plasenta, tali pusat, cairan amniotik/ cairan ketuban di sekitar janin, dan rahim dan leher rahim ibu hamil. Deatiled scan USG juga dikenal sebagai Anomaly scan atau pemeriksaan USG khusus yang iasa dilakukan antara umur kehamilan 18 – 22 minggu.

Tujuan utama USG kehamilan detailed scan adalah untuk memeriksa apakah janin Anda berkembang secara normal, bukan cuma melihat jenis kelami janin laki-laki atau perempuan seperti kebanyakan ibu-ibu hamil. Namun, bagi ibu hamil yang ingin mengetahui jenis kelamin janin Anda boleh-boleh saja meminta foto hasil USG ke dokter kandungan yang melakukan USG kehamilan detailed scan.

Kadang-kadang, dokter kandungan tidak bisa mendapatkan pandangan yang cukup baik untuk melihat jenis kelamin, mungkin karena posisi janin anda, atau jika anda memiliki banyak lemak perut (gemuk banget). Dokter kandungan sering dapat mengetahui apakah ibu hamil memiliki anak laki-laki atau perempuan, dengan keakuratan sekitar 95%. Jika ibu hamil lebih suka menunggu hingga kelahiran untuk mengetahui jenis kelamin janinnya, maka sebaiknya disampaikan kepada dokter kandungan untuk tidak menyebutkan jenis kelamin janin dalam kandungan.

Dokter kandungan akan mengukur janin dan menggunakan pengukuran ini untuk mengkonfirmasi tanggal perkiraan kelahiran yang diharapkan, dikenal juga dengan istilah tanggal usia 40 minggu kehamilan. Dokter kandungan juga akan memeriksa apakah janin dalam kandungan memiliki kelainan dalam pertumbuhan atau perkembangannya, termasuk di jantung, perut, ginjal dan anggota badan. Walopun pemeriksaan USG detailed scan tidak dapat mengetahui 100% kelainan-kelainan pada tubuh janin tetapi USG detailed scan ini sangat penting untuk dilakukan karena  beberapa kelainan pada tubuh janin masih dapat dideteksi dari pemeriksaan USG detailed scan.

Jika plasenta/ ari-ari berada dalam posisi rendah di rahim ibu hamil, dokter kandungan akan memberi tahu bahwa ibu hamil memiliki plasenta letak rendah, juga dikenal sebagai plasenta previa. Biasanya dokter kandungan akan melanjutkan pemeriksaan USG untuk mengikuti perkembangan letak placenta pada pemeriksaan USG saat umur kehamilan memasuki trimester ketiga.

Plasenta letak rendah pada 18-20 minggu tidak berarti bahwa itu akan menjadi tetap rendah pada saat kelahiran, jadi tidak ada alasan bagi ibu hamil untuk khawatir. Jika plasenta terdapat dekat dengan leher rahim pada saat umur kehamilan menginjak trimester ketiga, mungkin terdapat peningkatan risiko pendarahan pada ibu hamil selama persalinan. Jika ini kasusnya, dokter kandungan akan mendiskusikan dengan ibu hamil beserta keluarganya mengenai apa saja pilihan yang boleh ditempuh ibu hamil dalam menghadapi proses untuk kelahiran kelak dikemudian hari.

KAPAN PEMINDAIAN MORFOLOGI/ USG DETAILED SCAN DILAKUKAN?

Pemindaian morfologi/ USG detailed scan dilakukan pada trimester kedua, biasanya sekitar umur kehamilan 18-22 minggu.

BAGAIMANA USG DETAILED SCAN DILAKUKAN?

Cara melakukan USG DETAILED SCAN sama seperti pemeriksaan USG rutin kehamilan biasa yaitu berwarna hitam putih walopun menggunakan USG 2D atau 3D atau 4D atau 4D HD LIVE yang dikenal juga sebagai USG 5D. Kemudian dokter kandungan akan menaruh gel di perut ibu hamil (pada USG 5D gel terasa hangat alias tidak dingin karena ada penghangatnya) dan memindahkan transduser ke dalamnya untuk mendapatkan gambar janin dalam kandungan di layar TV yang besar. Pemeriksaan USG detailed scan biasanya memakan waktu sekitar 30 menit s/d 1 jam, sedangkan USG kehamilan rutin paling-paling cuman 5 menit saja sudah selesai. Bila posisi janin sedang cantik-cantiknya dalam rahim sehingga memudahkan untuk mengambil foto maka dokter kandungan akan menawarkan kepada ibu hamil bila berkenan untuk membawa pulang foto janin tersebut sebagai bonus.

Dokter kandungan akan menunjukkan detak jantung janin Anda dan bagian-bagian tubuhnya, seperti wajah dan tangannya, sebelum melihatnya secara detail. Mungkin sulit bagi Anda untuk mengerti organ-organ janin Anda, karena dokter kandungan dalam melakukan USG detailed scan melhat struktur janin anda dalam bentuk potongan-potongan penampang. Tulang janin Anda akan tampak putih pada pemindaian, dan jaringan lunaknya akan terlihat abu-abu dan berbintik-bintik. Cairan amniotik/ ketuban yang mengelilingi janin Anda akan terlihat hitam.

Banyak ibu hamil yang merasa hatidan perasaannya lebih terikat pada janin mereka setelah menjalani USG detailed scan karena merasa telah berbuat maksimal untuk melakukan USG totalitas terhadap janin dalam kandungannya terlebih lagi bila foto janin dapat diambil dengan baik, tentunya ini juga tergantung posisi dan kerjasama dari sang janin dalam kandungan, ada juga lo janin yang gak mau diambil fotonya karena mungkin malu atau apalah… tau deh… janin sih emang suka-suka dia aja kelakuannya. Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan detailed scan USG lumayan lama maka sebaiknya ibu hamil membuat perjanjian dengan dokter kandungan tentang waktu dan hari pemeriksaan USG detailed scan.

APA YANG BISA DITUNJUKKAN PEMINDAIAN MORFOLOGI/ USG DETAILED SCAN?

Anda mungkin bisa melihat detak jantung janin Anda, gambaran jelas dari tulang belakang janin Anda, dan lengan dan kaki janin Anda melambai dan menendang. Beberapa janin bahkan mungkin mengisap jempol mereka. Saya selama menjadi dokter kandungan pernah 2x melihat janin cowok pipis dalam kandungan… lucu ya… tingkah laku janin betul-betul menggemaskan seperti dokter cucuk kiuttt hello kitty.

APA LAGI YANG AKAN DILIHAT DOKTER KANDUNGAN PADA SAAT USG DETAILED SCAN ?

Dokter kandungan akan memeriksa semua organ janin Anda dan melakukan pengukuran. Dokter kandungan akan melihat:

  1. Bentuk dan struktur kepala dan otak janin Anda. Pada tahap ini, bila ada masalah pada otak janin yang parah, yang sangat jarang terjadi, akan terlihat.
  2. Wajah janin Anda, untuk memeriksa ada tidaknya bibir sumbing.
  3. Tulang belakang janin Anda, baik sepanjang perjalanan panjangnya dari leher hingga ke tulang ekor, dan dalam penampang melintang, untuk memastikan bahwa semua tulang sejajar, dan bahwa kulit menutupi tulang belakang di belakang, untuk mengetahui aoakah ada punggung/ pinggang janin yang bolong seperti sundel bolong.
  4. Dinding perut janin Anda, untuk memastikannya menutupi semua organ internal di bagian depan.
  5. Jantung janin Anda. Pada jantung janin, dua kamar teratas (atria) dan dua ruang bawah (ventrikel) harus memiliki ukuran yang sama. Katup harus membuka dan menutup dengan setiap detak jantung. Dokter kandungan juga akan memeriksa pembuluh darah dan arteri utama yang membawa darah ke dan dari jantung janin Anda. Pada pemeriksaan jantung ini dapat dilanjutkan ke USG detailed scan level 3 di divisi fetomaternal untuk pemeriksaan yang lebih tajam dan akurat karena dikerjakan oleh dokter kandungan khusus yang memang berkecimpung sangat dalam pada USG kehamilan yang super detail. Ya istilahnya dokter kandungan kopassus gitu lah.
  6. Perut janin Anda. Janin Anda menelan sebagian cairan amniotik yang ada di dalamnya, yang terlihat di perutnya sebagai gelembung hitam.
  7. Ginjal janin Anda. Dokter kandungan akan memeriksa bahwa janin Anda memiliki dua ginjal, dan air kencing mengalir dengan bebas ke kandung kemihnya. Jika kandung kemih janin Anda kosong, ia harus mengisi selama pemindaian dan mudah dilihat. Janin Anda telah melakukan pipis setiap setengah jam atau lebih untuk beberapa bulan sekarang!
  8. Lengan, kaki, tangan, dan kaki janin Anda. Dokter kandungan akan melihat jari tangan dan kaki janin Anda.
  9. Plasenta, tali pusat dan cairan ketuban. Plasenta mungkin berada di dinding depan (anterior) atau dinding belakang rahim Anda (posterior), biasanya di dekat bagian atas (atau fundus). Jika plasenta berada di dekat bagian atas, itu mungkin digambarkan sebagai fundus pada catatan scan Anda. Plasenta akan digambarkan rendah jika mencapai ke bawah atau menutupi leher rahim Anda (serviks). Jika plasenta berbaring rendah di rahim Anda, Anda akan melanjutkan untuk USG lain pada trimester ketiga untuk memeriksa posisinya. Pada saat itu, kemungkinan plasenta akan bergerak menjauhi dari leher rahim Anda.
  10. Kadang-kadang bila secara teknik tidak menyulitkan maka dokter kandungan mungkin juga akan menghitung tiga pembuluh darah (dua arteri dan satu pembuluh darah) di tali pusat, tetapi dokter kandungan jarang melakukan ini karena bukan prosedur rutin pada USG detaile d scan. Dokter kandungan akan memeriksa apakah ada cukup cairan amnion/ ketuban bagi janin Anda untuk bergerak bebas dalam rahim.
  11. Selama pemindaian, dokter kandungan juga akan mengukur bagian tubuh janin Anda, untuk melihat seberapa baik ia tumbuh. Dokter kandungan akan mengukur bagian-bagian lingkar kepala (HC), lingkar perut (AC), dan panjang tulang paha (femur) (FL). Pada ibu hamil yang baru pertama kali USG dan langsung melakukan USG detailed scan maka pengukuran bagian-bagian janin tersebut dapat juga dimaksudkan juga untuk menentukan tanggal taksiran persalinan/ HPL.

BEBERAPA KELAINAN YANG MUNGKIN DAPAT DITEMUKAN PADA SAAT MELAKUKAN USG KEHAMILAN DETAILED SCAN ? TIDAK SELALU BERHASIL DIAMATI SAAT USG DETAILED SCAN.

  1. absence of the top of the head (anencephaly) = tidak punya tempurung kepala: 98%
  2. cleft lip = bibir sumbing: 75 per cent
  3. defect of the abdominal wall, where the bowel and liver protrude (exomphalos) = perut bolong keluar semua isi perut: 80 per cent
  4. defect of the abdominal wall, where the intestines protrude (gastroschisis) = perut bolong keluar ususnya doank: 98 per cent
  5. missing or very short limbs (lethal dysplasia) = kaki tangan pendek banget: 60 per cent
  6. defect of the spinal cord (spina bifida) = syaraf tulang belakang gak sempurna: 90 per cent
  7. major kidney problems (missing or abnormal kidneys) = ginjal cuman ada satu biji: 84 per cent
  8. hole in the muscle separating chest and abdomen (diaphragmatic hernia) = lambung naik ke dada: 60 per cent
  9. Edwards’ syndrome or Patau’s syndrome (chromosomal abnormalities) = cacat total dan banyak: 95 per cent
  10. major heart problems (defects of chambers, valves or vessels) = cacat fisik jantung yang parah: 50 per cent

APAKAH IBU HAMIL HARUS MELAKUKAN PEMINDAIAN MORFOLOGI/ USG DETAILED SCAN?

Tidak, Anda tidak harus melakukan USG detailed scan. Itu pilihan ibu hamil, dikerjakan bagussss, tidak dikerjakan ya gak apa-apa. Ibu hamil bisa mendiskusikan dengan dokter kandungan jika masih ragu-ragu apakah mau USG detailed scan atau tidak. Minimal sebaiknya 1x selama kehamilan untuk melakukan USG detailed scan. Walopun sudah pernah melakukan USG detailed scan sebaiknya ibu hamil tetap melanjutkan kontrol rutin dokter kandungan untuk mengamati pertumbuhan janin ke depannya.

APAKAH LANGKAH SELANJUTNYA BILA SUDAH MELAKUKAN USG DETAILED SCAN ?

Dokter kandungan akan membuat laporan USG detailed scan dengan jauh lebih terperinci daripada USG kehamilan rutin biasa dan bila selama pemeriksaan terdapat hal-hal yang mencurigakan atau meragukan maka ibu hamil akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG lanjutan yang lebih canggih lagi untuk mengetahui dengan lebih akurat lagi di departemen kedokteran kandungan bagian fetomaternal menggunakan USG yang jauh lebih canggih lagi sehingga ibu hamil dapat memperoleh manfaat lebih dari hasil USG detailed scan tersebut.

Perlu diingat bahwa saat ibu hamil datang memeriksakan diri ke dokter kandungan, yang diharapkan bukanlah sekedar ucapan “kehamilan ibu baik-baik saja” tetapi ibu hamil berharap lebih banyak lagi yaitu mengetahui hasil-hasil ikhtiar yang telah dilakukan ibu hamil dengan konsumsi gizi yang baik, minum susu hamil teratur, minum vitamin teratur… lalu pengen tahu hasilo dari ikhtiarnya bagaimana ? apa yang perlu ditingkatkan ? apa yang perlu dihindari ? bagaimana pertumbuhan janinnya ? apakah saat ini ditemukan masalah pada janin atau tidak ? Kehamilan itu sifatnya berkembang sehingga bila ssat ini dilihat aman-aman saja maka belum tentu minggu depan tetap aman-aman saja. Siapa manusia yang bisa tahu isi rahim tiap detik tiap menit tiap jam ? Jika saat USG detailed scan ada kelainan dicurigai atau terdeteksi, Anda mungkin perlu melakukan tes lebih lanjut. Dokter kandungan akan menjelaskan pilihannya kepada ibu hamil dan keluarganya.

APAKAH BEDANYA USG 4D DAN USG DETAILED SCAN ?

Ini pertanyaan yang menggelitik dan paling banyak ditanyakan oleh ibu-ibu hamil. USG detailed scan adalah jenis pemeriksaan kehamilan tingkat lanjut, bukan USG kehamilan rutin sehari-hari. USG 4D adalah nama alat USGnya. USG detailed scan dapat dilakukan menggunakan alat sebagai berikut:

  1. USG 2D (kurang optimal)
  2. USG 3D
  3. USG 4D
  4. USG 4D HD LIVE (5D)

Yang melakukan USG detailed scan adalah hanya dokter kandungan. Karena dokter kandungan adalah rujukan tertinggi untuk kesehatan kehamilan.

APAKAH BEDANYA USG 2D, 3D, 4D, dan 4D HD LIVE (5D) ?

USG 2D adalah metode tradisional yang telah digunakan selama bertahun-tahun. USG 2D memberikan gambar-gambar datar, hitam putih, dan dua dimensi. USG 3D adalah metode  pemeriksaan USG yang cukup canggih yang menangkap gambar tiga dimensi janin Anda yang sebenar-benarnya, seringkali memungkinkan kemampuan untuk melihat fitur wajah tertentu dari bagian-bagian tubuh janin dan formasi gambar yang dihasilkan telah terdefinisi dengan jelas dan baik alias resolusinya tajam dan ciamik. Sedangkan USG 4D adalah gambar tiga dimensi yang sebenar-benarnya dan dapat bergerak sesuai gerakan janin Anda dalam rahim. Tindakan janin seperti menguap, berputar, dan bahkan gerakan halus dapat dilihat dengan menggunakan USG 4D. Bahkan ada kasus di mana ibu hamil dapat menyaksikan janin mereka mengisap ibu jarinya dan jyga gerakan nafas janin saat tidur dengan damai dalam rahim. Tentu saja USG 4D jauh lebih canggih daripada USG 3D. Bagaimana dengan USG 4D HD LIVE (5D) ? USG 4D HD LIVE adalah penyempurnaan dari USG 4D sehingga dari segi kemudahan pemakaian, ketajaman gambar yang dihasilkan serta kecanggihan berbagai fitur-fiturnya lebih tinggi dari USG 4D biasa.

APAKAH USG AMAN BAGI JANIN DALAM KANDUNGAN ?

USG tidak akan membahayakan janin Anda. USG mengirimkan gelombang suara melalui dinding rahim ibu hamil, yang memantul dari tubuh janin Anda. Gema yang dihasilkan akan diubah menjadi gambar di layar monior USG, sehingga dokter kandungan Anda dapat melihat posisi dan gerakan janin Anda. Dari berbagai Studi penelitian ternyata tidak menemukan hubungan antara USG dan berat lahir bayi, kanker pada anak-anak, disleksia, atau masalah dengan penglihatan atau pendengaran. Hampir semua wanita hamil menginginkan USG selama kehamilan.

Jenis USG kehamilan yang paling rutin digunakan adalah USG dengan mode hitam putih untuk mengamati secara pertumbuhan janin dalam kandungan. Semakin tinggi teknologi mesin USG maka pengamatan yang dihasilkan akan makin detail. USG 3D/ 4D/ 4D HD LIVE (5D) biasanya hanya tersedia di praktek dokter kandungan karena memang lebih bermanfaat. USG 3D/ 4D/ 4D HD LIVE (5D) menyediakan gambar bergerak sebagai video dan memiliki output daya yang lebih baik daripada USG 2D.

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4