TULISAN 151. UPAYA IBU HAMIL MENGHADAPI PANDEMIK COVID 19

Saat ini banyak orang-orang panic menghadapi serangan virus corona. Kita juga lihat di berbagai media social dimana banyak orang memborong hand sanitizer, masker, tissue antiseptic, dll. Tetapi Nampak pula fenomena yang sangat jarang terjadi akibat serbuan virus corona yaitu sayuran hijau seperti brokoli yang kita ketahui tak banyak orang suka malahan sekarang pada habis semua di supermarket maupun pasar tradisional. Wah wah wah… kenapa kok sayuran hijau pada habis semua ya ? Para ahli menyebutkan bahwa sayuran hijau dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagaimana juga tentunya seperti olah raga ataupun jus buah-buahan. Walopun demikian, seorang ilmuwan terkenal bernama Marc Pellegrini, seorang dokter ahli penyakit menular dari Walter & Eliza Hall Institute, mengungkapkan bahwa satu-satunya hal yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah vaksin. Vaksin akan meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah timbulnya infeksi ketika tubuh terpapar dengan zat pathogen seperti virus karena vaksin menimbulkan memori di sel-sel pertahanan tubuh.

 

Sayuran hijau, bersama dengan suplemen, olahraga dan jus, sering disebut-sebut sebagai penguat sistem kekebalan tubuh; tetapi sejauh menyangkut ilmuwan seperti Marc Pellegrini, vaksin adalah satu-satunya hal yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk mencegah infeksi. Jangan galau ! Meskipun saat ini tidak ada vaksin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia untuk mencegah COVID-19, anda dapat membangkitkan atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda untuk melawan infeksi dengan cara diet seimbang, olahraga teratur, dan tidur.

 

MENGAPA ADA ORANG YANG MEMILIKI SISTEM KEKEBALAN YANG LEBIH BAIK DARIPADA YANG LAIN ?

 

Apa sih yang bakalan terjadi ketika sistem kekebalan anda bertemu virus? Sistem kekebalan tubuh manusia terdiri dari berbagai jenis sel dan molekul, seperti antibodi.

  1. Garis pertahanan pertama adalah apa yang dikenal sebagai sistem kekebalan tubuh bawaan sejak lahir atau antibody alamiah. Setiap sel dalam tubuh manusia telah dipersiapkan untuk membuat interferon – suatu molekul antivirus – yang dapat mendeteksi adanya penyusup dalam tubuh manusia. Sel-sel interferon ini akan mulai beraktivitas sebagai molekul antivirus dengan sistem bawaannya untuk menghentikan replikasi virus yang masuk ke dalam tubuh manusia. Replikasi itu adalah proses menggandakan virus/ memperbanyak virus. Nah… masih ingat omongan Professor Nidhom dari Universitas Airlangga tentang badai sitokin ? Respons bawaan oleh interferon ini, yang langsung muncul begitu ada virus yang masuk dalam tubuh, akan menghasilkan zat yang disebut sitokin, yang menyebabkan demam dan peradangan jaringan ketika sel-sel tubuh mulai mati akibat serangan virus. Hal tersebut merupakan mekanisme alami bagi sel-sel tubuh untuk melakukan mekanisme bunuh diri sehingga sel tersebut akan mati jika sel-sel tersebut tahu bahwa sudah terinfeksi oleh virus. Ada juga sel darah putih, yang dikenal sebagai sel pembunuh alami, yang akan mendeteksi sel-sel mana saja yang terinfeksi dan sel darah putih akan langsung membunuh sel-sel yang terinfeksi tersebut.
  2. Garis pertahanan ke dua terjadi dalam spektrum sel darah putih lainnya seperti monosit, makrofag dan neutrofil yang akan mensurvei lingkungan dan mencoba mengenali adanya suatu infeksi, dan melepaskan hormon kekebalan untuk mencoba menghadapi dan menyiapkan sel-sel lain untuk kemungkinan skenario bahwa sel-sel tubuh yang dicurigai mungkin benar telah terinfeksi.
  3. Garis pertahanan ketiga adalah sistem adaptif, yang membutuhkan beberapa hari untuk menendang para virus jahat itu. Pada sistem pertahanan ketiga ini, sel darah putih seperti sel-T yang mencoba membunuh sel yang terinfeksi, dan sel-B yang menghasilkan antibodi yang dapat menetralisir virus jahat atau melapisi virus jahat dengan zat-zat tertentu sehingga mereka dapat dikenali oleh sel-T yang pada gilirannya akan dimampusin oleh sistem pertahanan tubuh manusia.

 

Masalah dengan virus SARS-Cov-2 yang baru adalah bahwa tubuh manusia tidak memiliki antibodi atau sistem kekebalan adaptif terhadap virus corona model baru ini. Jika sistem kekebalan tubuh manusia tidak dapat menghentikan replikasi virus maka akan menjadi overdrive dan bahkan meningkatkan peradangan, terutama di paru-paru. Inilah yang menyebabkan pneumonia virus. Di sinilah penting bagi sistem pertahanan tubuh manusia untuk gesit dan cermat serta efisien. Dan sifat gesit cermat dan efisien merupakan bagian terintegrasi dari sistem kekebalan bawaan tubuh manusia.

 

APAKAH ADA MANUSIA YANG MEMILIKI SISTEM KEKEBALAN TUBUH YANG LEBIH LEMAH DARIPADA MANUSIA YANG LAIN ?

 

Ada ! Secara teori, sistem kekebalan tubuh pada manusia yang sangat tua (usia >70 thn) dan manusia yang sangat muda (batita + bayi) lebih lemah daripada kebanyakan orang lain. Seiring bertambahnya usia, beberapa sel juga menua dan menjadi sedikit kurang gesit dalam kapasitas mereka untuk merespons infeksi. Biasanya bayi dan anak-anak yang sangat muda juga memiliki risiko lebih besar karena sistem kekebalan bawaan mereka belum matang, tetapi itu tampaknya tidak terjadi pada COVID-19. Orang yang immunocompromised juga kurang gesit. Ini termasuk orang-orang yang memiliki penyakit atau menggunakan obat yang menekan sistem kekebalan tubuh mereka seperti orang-orang dengan kondisi autoimun seperti rheumatoid arthritis, kanker yang sedang menjalani kemoterapi dan orang-orang yang memiliki transplantasi organ.

 

APA YANG BISA MEMBUAT SISTEM KEKEBALAN TUBUH MANUSIA MENGALAMI STRES ATAU MENURUN ?

 

Jika tubuh manusia sudah berjuang melawan infeksi, kondisi-kondisi seperti penyakit jantung, penyakit paru-paru dan diabetes juga dapat memberi beban tambahan berlebihan yang akan menurunkan kemampuan tubuh untuk menjalani fungsi pertahanan melawan infeksi virus. Menurut Professor Pellegrini tidak bisa juga dihantam kromo bahwa semua penderita COVID-19 adalah mereka yang immune incompetence. Buktinya banyak juga pasien-pasien COVID-19 yg immunocompetence tetapi karena memiliki penyakit pemberat seperti penyakit jantung, diabetes, dll yang sistem pertahanan tubuhnya tidak mempunyai kemampuan lebih dalam menghadapi virus corona. Artinya walopun sehat tetapi sebetulnya daya tahan tubuh tidak bisa dibilang kuat dan tahan lama menghadapi gempuran virus corona. Misalnya, jika jantung tidak memiliki kapasitas untuk mengirimkan oksigen ke tubuh, jantung harus berdetak lebih keras, yang pada gilirannya dapat menyebabkan serangan jantung. Atau jika bagian dari paru-paru rusak maka cuma punya sedikit kemampuan untuk mendapatkan oksigen ke dalam darah. Dan itu pengaruh banget ke sistem pertahanan tubuhnya. Virus corona buka virus kelas teri, sedangkan sistem pertahanan tubuh mereka yang memiliki penyakit berat hanya mampu melawan serangan virus ecek-ecek saja akibatnya begitu diserang oleh virus corona…. Ambyarrrr.  Atau misalnya manusia sedang mengalami infeksi bersamaan, seperti flu, maka juga dapat mempersulit sistem kekebalan tubuh untuk mengatasinya serbuan virus corona. Itulah sebabnya ada dokter yang menyarankan pasiennya untuk mendapat suntikan flu supaya bila ada serbuan virus corona sedikit banyak tubuhnya gak kerepotan mempertahankan diri di musim hujan seperti di Indonesia saat ini. Musim hujan banyak orang sakit flu, demam berdarah, dll. Bahkan pikiran stress juga bisa bikin sistem pertahanan tubuh menurun karena produksi hormone kortisol dan adrenalin menjadi makin tinggi. Kita semua berharap Presiden Jokowi mau memerintahkan OJK dan lembaga keuangan untuk menunda pembayaran cicilan… semoga saja issue tersebut benarrr… karena mesti banyak yang stress karena ekonomi makin morat marit kena serbuan virus corona sehingga pada sulit bayar cicilan.

 

ADAKAH MAKANAN TERBAIK UNTUK MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH KITA ?

 

“Apa pun yang membuat jantung sehat, paru-paru sehat, dan ginjal sehat, akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda sehat,” begitu kata Profesor Pellegrini. Tidak ada diet khusus. Jika supermarket/ pasar tradisional sudah kehabisan brokoli maka tak perlu takut  karena tidak ada satu makanan pun yang secara ajaib dapat membanjiri sistem kekebalan Anda,” kata Profesor Clare Collins, seorang ahli gizi dari Amerika Serikat. Nutrisi dari berbagai makanan sehat diperlukan dalam jalur biokimia yang dipicu ketika tubuh kita melawan infeksi sehingga dianjurkan makan berbagai makanan yang mengandung vitamin A, B, C, D dan E dan mineral besi, seng dan selenium.

Sumber-sumber vitamin tersebut bisa didapatkan secara alami dari bahan makanan berikut dibawah ini:

  1. Vitamin A. Ikan, kuning telur, keju, tahu, dan kacang-kacangan
  1. Vitamin B6 (riboflavin). Sereal, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, buah, ikan, ayam, dan daging
  1. Vitamin B9 (folat). Sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan tepung gandum
  1. B12. Semua produk hewani, termasuk telur, daging dan susu, dan bahkan juga susu kedelai.
  1. Vitamin C. Jeruk, lemon, jeruk limau/ purut, berry, buah kiwi, brokoli, dan tomat
  1. Vitamin D. Terutama sinar matahari, tetapi juga ditemukan dalam beberapa makanan seperti telur, ikan, susu dan margarin yang diperkaya dengan kalsium.
  1. Vitamin E. Kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan minyak sayur.
  1. Zat besi. Daging, ayam, dan ikan. Sumber-sumber vegetarian termasuk kacang-kacangan dan sereal yang diperkaya zat besi.
  1. Zinc dan selenium. Tiram dan makanan laut lainnya, daging, ayam, kacang kering dan kacang-kacangan (terutama kacang Brazil) dan jamur

 

Zat gizi mikro di atas memainkan peran penting dalam sistem imun bawaan dan adaptif dalam produksi berbagai jenis sel. Selain itu, vitamin A dan Zinc membantu menjaga integritas kulit dan lapisan organ vital dan sistem pernapasan (yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh bawaan). Vitamin B12 dan zat besi juga penting untuk produksi hemoglobin yang membawa oksigen dalam darah. Vitamin C, E, dan selenium membantu mengendalikan peradangan dengan menghilangkan dampak stres oksidatif yang dihasilkan oleh radikal bebas yang menembus dinding sel yang menyebabkan isinya bocor. Bingung ? rumit ? ya udah gak usah dihapalin. Pokoknya makan aja makanan 4 sehat 5 sempurna.

 

BAGAIMANA DENGAN MENGONSUMSI VITAMIN TAMBAHAN ?

Mengambil vitamin tambahan tidak diperlukan kecuali anda telah didiagnosis oleh dokter mengalami kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin D, atau anda memiliki kebutuhan diet khusus seperti misalnya wanita hamil atau telah didiagnosis dengan kondisi yang dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi seperti fibrosis kistik atau gangguan usus. Tidak ada bukti konklusif bahwa suplemen vitamin C dapat menunda timbulnya infeksi atau mengobati infeksi pernapasan.

 

APAKAH BEROLAHRAGA DAPAT MEMPENGARUHI SISTEM KEKEBALAN TUBUH ?

Banyak penelitian menunjukkan bahwa olahraga dalam jangka panjang bermanfaat tidak hanya untuk sistem kekebalan tubuh tetapi juga menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Bagi yang malas atau jarang olah raga sebaiknya tetap tenang karena tidak mungkin olah raga dadakan dapat langsung membuat tubuh menjadi bugar dan ulet, bahkan anda akan lebih rentan terhadap infeksi karena dengan anda memaksa untuk berolah raga maka anda mengalihkan sejumlah besar energi ke dalam otot padahal energi tersebut berguna untuk sistem kekebalan tubuh.”

 

TULISAN 150. WANITA HAMIL VS COVID 19

Beberapa bulan terakhir, dunia digemparkan oleh penyakit baru yang berasal dari china komunis yaitu corona virus. Lalu apakah yang mesti diketahui oleh wanita hamil terkait dengan serangan corona virus ini ?

GEJALA KLINIS INFEKSI CORONA VIRUS

Gejala-gejala yang mungkin timbul pada penyakit infeksi corona virus:
1. Batuk
2. Demam tinggi
3. Nafas pendek dan cepat
Perlu diingat bahwa gejala di atas tidak selalu merupakan gejala pasti infeksi corona virus karena gejala di atas merupakan gejala pada penyakit flu.

APA DAMPAK CORONAVIRUS PADA WANITA HAMIL ?

Wanita hamil tampaknya tidak lebih rentan terhadap coronavirus daripada populasi manusia pada umum. Karena ini adalah virus baru, bagaimana pengaruhnya terhadap wanita hamil masih belum jelas. Diharapkan sebagian besar wanita hamil hanya akan mengalami gejala pilek / flu ringan atau sedang saja ditengah merebaknya corona virus di Indonesia dan dunia international. Gejala yang lebih parah akibat penularan corona virus seperti pneumonia (batuk dan sesak nafas yang parah) tampaknya lebih sering ditemukan pada:
1. orang tua (lansia)
2. mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah misalnya HIV
3. mereka yang memiliki penyakit kronis yang berat misalnya TBC paru.
Sampai hari ini belum ada kematian pada wanita hamil yang dilaporkan akibat penularan corona virus. Tapi perlu diingat bahwa wanita hamil lebih rentan terkena infeksi daripada wanita yang tidak hamil. Jika wanita hamil memiliki penyakit jantung atau paru yang mendasarinya, seperti asma, maka bila wanita hamil itu sampai tertular corona virus kemungkinan akan lebih berat dampaknya.

APA DAMPAK CORONAVIRUS PADA BAYI DALAM KANDUNGAN JIKA WANITA HAMIL TERINFEKSI CORONA VIRUS ?

Karena ini adalah virus yang sangat baru, maka belum banyak yang bisa dipelajari dari virus corona tersebut. Tetapi sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan peningkatan risiko keguguran pada wanita hamil yang tertular corona virus. Juga tidak ada bukti bahwa virus dapat menular ke bayi dalam kandungan (transmisi vertikal). Karena itu saat ini dianggap tidak mungkin corona virus akan menyebabkan kelainan pada bayi dalam kandungan.

Beberapa bayi yang dilahirkan oleh wanita dengan gejala corona virus di Cina telah lahir prematur. Tetapi tidak jelas apakah corona virus menyebabkan kelahiran premature atau dokter kandungan china komunis sengaja membuat keputusan untuk membuat bayi dilahirkan lebih awal (mungkin dengan induksi persalinan) karena wanita hamil tersebut dalam keadaan tidak sehat akibat tertular corona virus. Bagi ibu hamil kiuters yang pengen tahu tentang induksi persalinan maka dapat klik link berikut ini http://www.cucuk-spog.com/?p=562 .

APA YANG BISA IBU HAMIL LAKUKAN UNTUK MENGURANGI RISIKO TERKENA CORONA VIRUS ?

1. sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air – lakukan ini setidaknya selama 20 detik.
2. selalu cuci tangan saat pulang atau bekerja.
3. gunakan gel pembersih tangan jika sabun dan air tidak tersedia.
4. tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu atau lengan baju Anda (bukan telapak tangan Anda) ketika Anda batuk atau bersin.
5. letakkan tisu bekas di tong sampah dan cuci tangan sesudahnya.
6. cobalah untuk menghindari kontak dekat dengan orang yang tidak sehat.
7. jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda jika tangan Anda tidak bersih

APA SARAN PERJALANAN JIKA SAYA HAMIL INGIN BEPERGIAN KE LUAR NEGERI ?

Semua individu, termasuk wanita hamil, harus memastikan mereka memiliki pengaturan asuransi yang memadai sebelum bepergian terutama bagi wanita hamil yang bepergian ke luar negeri. Anda juga harus memeriksa bahwa asuransi perjalanan Anda akan memberikan perlindungan untuk kelahiran dan perawatan bayi Anda yang baru lahir jika Anda melahirkan di luar negeri. Dan yang terpenting adalah ikuti semua saran dari petugas-petugas kedutaan ataupun petugas ataupun petugas kesehatan ataupun petugas kepolisian di negara tujuan.

BAGAIMANA CARA WANITA HAMIL AKAN DIUJI UNTUK MENGETAHUI TERINFEKSI CORONA VIRUS ATAU TIDAK ?

Proses untuk mendiagnosis infeksi coronavirus berubah dengan cepat. Pada saat ini, jika wanita hamil memerlukan tes untuk coronavirus maka akan disarankan untuk melakukan isolasi diri sendiri dan akan diajari cara mengambil sediaan swab diagnostic dari mukosa (selaput lendir) hidung dan rongga mulut untuk mengetahui apakah tertular corona virus atau tidak. Bahkan bisa juga dari ludah dan dahak (bila batuk) atau ingus (bila pilek). Mungkin saja setelah di test wanita hamil akan diminta untuk segera ke rumah sakit yang tentunya telah mempersiapkan diri dalam menyambut kedatangan wanita hamil yang tertular corona virus.

APA YANG AKAN DIALAMI OLEH IBU HAMIL BILA TERNYATA POSITIF TERKENA CORONA VIRUS ?

Jawabannya adalah segera berobat ke rumah sakit. Wnaita hamil akan diisolasi dan akan diberikan pengobatan sesuai gejala klinis yang muncul. Tunda pemeriksaan kehamilan ke klinik/ dokter kandungan supaya tidak menulari pasien hamil lainnya. Bila ada emergensi kehamilan maka rumah sakit rujukan untuk pasien hamil yang terinfeksi corona virus insya Allah akan siap mengantisipasinya… tapi… kalo di Indonesia saya sih kagak tau ya… yang saya baca sih luar negeri sangat serius menghadapi corona virus dengan melarang turis asing masuk ke dalam negaranya sedangkan di Indonesia ? tanyakan deh pada rumput yang bergoyang…
Bila wanita hamil telah dinyatakan sembuh dari corona virus maka kira-kira 14 hari setelah masa isolasi berakhir dan ibu hamil sudah keluar dari rumah sakit maka dokter kandungan langganan sudah boleh untuk memeriksa kehamilan wanita tersebut. Selama dalam masa isolasi maka pengawasan kehamilan dilakukan oleh team dokter tentunya dokter kandungan di rumah sakit khusus tersebut.

BAGAIMANA BILA WANITA HAMIL POSITIF CORONA VIRUS TIBA-TIBA MAU MELAHIRKAN ?

Tenang saja. Team dokter dari rumah sakit yang menangani corona virus akan dengan sigap melakukan pertolongan bagi wanita hamil tersebut. Nahhh setelah bayinya lahir maka bayi mungil tersebut akan menjalani serangkaian pemeriksaan pula untuk mengantisipasi penularan corona virus ke bayi. Sampai saat ini belum ada laporan bahwa bayi baru lahir terkena corona virus. Bagaimana dengan menyusui bayi ? bila wanita ingin menyusui bayinya maka wanita tersebut harus menggunakan masker dan mencuci tangannya. Tentu saja tetap harus dipahami bahwa tetap terdapat kemungkinan bayinya tertular corona virus.

SARAN DOKTER CUCUK KIUTTT HELLO KITTY KHSUSUS BAGI WANITA HAMIL KIUTERS DALAM RANGKA MENCEGAH TERTULAR CORONA VIRUS

1. tinggal di rumah saja tetapi dengan sangat terpaksa tetap harus pergi bekerja bagi wanita hamil yang bekerja. Mestinya ada kebijakan khusus dari pemerintah untuk mencegah penularan corona virus.
2. boleh ke sekolah atau tempat umum keramaian sampai ada pengumuman larangan dari pemerintah atau sekolah
3. Kalo bisa dan kondisinya memungkinkan maka sedapat mungkin kurangi menggunakan transportasi umum massal, ya mungkin akhirnya dengan sangat terpaksa mungkin naik taksi atau grab atau gojek atau ojek. Nah ini yg sangat sulit untuk dilakukan karena itu sebaiknya di rumah saja.
4. Gak usah ngobrol ke tetangga bila gak perlu-perlu amat.
5. Gak usah nonton bioskop kalo gak ngebet-ngebet banget.
6. Gak usah nongkrong di mall/ café/ restoran.
7. Menghindari kumpulan orang banyak seperti seminar, acara live concert music, dll.
8. Cuci tangan sering-sering dengan sabun.
9. Jangan salaman dengan siapapun.

10. kalo batuk mesti pake masker/ niqab/ sapi tangan.

11. Vitamin hamil wajib diminum.
12. ibadah ditingkatkan, ngaji dan sholat. Rajin wudhu walopun belum masuk waktu sholat.

PENGOBATAN UNTUK CORONAVIRUS

Saat ini tidak ada pengobatan khusus untuk coronavirus.
Antibiotik tidak membantu, karena mereka tidak bekerja melawan virus. Perawatan di rumah sakit bertujuan untuk meringankan gejala saat tubuh Anda melawan penyakit corona virus. Anda harus tetap terisolasi dari orang lain sampai Anda pulih.

TULISAN 149. CARA MENGETAHUI MASA SUBUR WANITA

MASA SUBUR WANITA

IBU-IBU KIUTTTERS: assalamu’alaikum Dokter cucuk kiuttt hello kitty yang telolet… (ini nih efek gemezzznya ibu-ibu kiuttters akibat kebanyakan nongkrongin bis dipinggir jalan… ada saja gelar baru yang disematkan ke saya… dapat ide darimana ya… apa bawakan orok kali ya…). Mau tanya nih dok… kapan ya kira-kira MASA SUBUR saya ?

DOKTER CUCUK: Lahhhh kok nanya ke saya, yang haid siapa ?

IBU-IBU KIUTTTERS: idihhhh dokter kiuttt pura-pura nih… kan dokter kiuttt biasa ngurusin haidnya ibu-ibu…

DOKTER CUCUK: softexxxx kaleeeee…

IBU-IBU KIUTTERS: ya udah… tambahin nih gelarnya… dokter cucuk kiuttt hello kitty telolet softexxxx…

DOKTER CUCUK: anarkis !!! laporin jokowi ntar looo…

Masa subur itu istilah medisnya dikenal dengan dengan sebutan ovulasi. Pada saat ovulasi terjadi pelepasan sel telur wanita dari indung telur keluar ke dalam perut masuk ke saluran tuba/ saluran telur lalu bila ada sperma di saluran telur maka akan dibuahi lalu berjalan ke arah dinding rahim sehingga hasil pembuahan akan nempelpada dinding rahim. Nah bila sudah nempel maka ibu-ibu kiuttters disebut hamil.

Ibu-ibu kiuttters memiliki rentang masa subur itu kira-kira 3-5 hari sebelum ovulasi terjadi sampai 1 hari setelah ovulasi terjadi. Sehingga bila berhubungan sex pada masa rentang itu maka ibu-ibu kiuttters berpotensi untuk hamil.

Tidak ada metode yang sangat mudah untuk diterapkan oleh ibu-ibu kiuttters untuk menentukan masa suburnya. Tetapi… jangan kuatir… ditengah terjangan anarkisme ibu-ibu kiuttters dalam memberikan gelar tambahan, dokter cucuk kiuttt hello kitty masih mau memberikan perkiraan-perkiraan masa subur bagi ibu-ibu kiuttters sehingga ibu-ibu kiuttters bisa meningkatkan kemungkinan besar kehamilannya.

Metode perkiraan itu antara lain, ibu-ibu kiutters harus bisa menentukan sebetulnya siklus haidnya berapa hari. Siklus haid itu dimulai dari hari pertama haid sampe 1 hari sebelum haid berikutnya datang. Oke deh katakanlah jumlah harinya mesti sama, gak perlu bingung dengan tanggalnya maju atau tanggalnya mundur, yang penting jumlah harinya sama, mundurnya juga sama, majunya juga sama, maka dapat dikatakan haidnya teratur. Bila memakai metode ini maka masa subur itu dihitung mundur dari hari pertama haid bulan berikutnya. Misalnya ibu haid tanggal 1 januari 2017 dan berakhir tanggal 31 januari 2017, tanggal 32 januari 2017 ibu haid lagi maka masa subur ibu adalah 31 dikurangi 14 adalah sekitar tanggal 14 sampe 17 januari 2017 (tanggal cantik hari ini… ada yang mau lahiran hari ini ?). Gampang ya… nah hubungan sexnya ya sekitar tanggal itu. Metode ini tidak terlalu akurat karena saat ovulasi itu tidak selalu persis 14 hari sebelum haid berikutnya datang. Pada penelitian kedokteran dalam skala besar, ternyata pada wanita dengan siklus 28 hari masa suburnya merentang sejak 7 hari sampe 19 hari sebelum haid berikutnya datang, hanya 10% wanita yang betul-betul ovulasi pada hari ke-14.

Saat ini di pasaran banyak yang jual OVULATION KIT TESTER… ibu-ibu kiuttters bisa beli alat itu dan ada 2 macam metode, ada yang pake air ludah dan ada yang pake kencing. Alat itu akan memberikan tanda positif pada hari-hari sekitar ovulasi. Sehingga ibu-ibu kiuttters bisa segera telpon suami untuk pulang sambil bilang “PA KEBELET PA” atau “YANG PELOROTIN YANG”.

Ada juga metode yang sedikit merepotkan tapi tidak juga sih… semua kan tergantung tekad bulat untuk memiliki keturunan. Ibu-ibu kiuttters bisa mencatat suhu badan tiap abis bangun tidur, segera sebelum ngapa-ngapain, masih berbaring sante sambil buka mata, langsung deh ukur suhu badannya. Pencatatan suhu ini sebaiknya dikombinasi dengan memeriksa cairan lendir dari vagina ibu-ibu kiuttters… lakukan pemeriksaan ini sejak hari pertama haid, catat dalam bentuk tabel, ntar tabelnya saya kasihin deh buat ibu-ibu kiuttters… lalu tabel itu diamati kenaikan dan penurunan suhu badan ibu… sambil dikombinasi dengan periksa lendir vagina, lendir vagina saat masa subur itu biasanya berwarna putih bening seperti putih telur. Nah setelah mengikuti catatan ibu dalam tabel dan diulangi pada bulan berikutnya maka ibu-ibu akan terbiasa melihat adanya perubahan pada naik turun suhu badan ibu-ibu kiuttters sehingga dapat menentukan kapan masa suburnya. Masa subur itu tandanya suhu sedikit turun kemudian naik. Nah lakukanlah hubungan sex pada masa-masa suhu sedang naik.

Bingung ? ya udah minum susu dulu biar cerdas… memang kecerdasan pria itu melebihi wanita, suami ibu-ibu kiuttters pasti lebih cerdas daripada ibu-ibu kiuttters karena gizi para suami tetap terjaga karena rajin minum susu sejak bayi sampe sekarang. Ibu-ibu kiuttters terputus gizinya karena minum susu hanya saat bayi.

Ada juga metode yang menandai adanya nyeri saat ovulasi, nyerinya diperut kadangkala di pinggang belakang, dan sifatnya rutin tiap bulan. Ini dikenal dengan istilag mittelschmerz. Ibu-ibu kiuttters sebaiknya menggabungkan semua metode diatas untuk memperkirakan masa suburnya.

Oke deh… itu aja…