TULISAN 12. SUDAH LEWAT HPL TAPI KOK BELUM LAHIR JUGA

Beberapa hari terakhir kehamilan adalah saat yang menyenangkan bagi ibu hamil. Tapi ketika tanggal taksiran persalinan sudah berlalu, maka menunggu mulainya proses persalinan bisa membuat ibu hamil menjadi stres, apalagi lihat tetangga dan teman-teman sudah pada melahirkan…tambah stress deh.

Tidak hanya ibu hamil yang stress, malahan banyak orang tua, suami, saudara, dan yang lainnya juga menjadi cemas. Tapi perlu diingat bahwa jika tidak ada masalah spesifik dalam pemeriksaan kehamilan, bayi dalam kandungan walopun udah kelewat tanggal taksiran persalinannya sangat mungkin dalam kondisi baik-baik saja.

Terdapat berbagai istilah hamil tua dalam dunia kedokteran, antara lain:

  1. Kehamilan yang berakhir sekitar 40 minggu (antara 37 – 40 minggu), dikenal sebagai “kehamilan yang tuanya pas tanggal” atau “kehamilan pas tanggal.”
  1. Jika bayi lahir sebelum umur kehamilan 37 minggu, maka hal itu dianggap kelahiran prematur. Kelahiran janin yang terlalu dini dikaitkan dengan berbagai risiko bagi bayi.
  1. Kehamilan yang berlangsung sedikit lebih lama dari 40 minggu (antara 40 – 41 minggu 6 hari) disebut kehamilan akhir-akhir/ postdate/ late term pregnancy.
  1. Sedangkan kehamilan yang berlanjut 42 minggu atau lebih maka disebut kehamilan post-term/ lewat bulan.

Definisi kehamilan tua mungkin akan berbeda-beda antar negara karena disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan kemajuan teknologi kedokteran tiap negara. Sangat sedikit wanita hamil yang melahirkan tepat pada tanggal taksiran persalinannya. 90% wanita akan melahirkan janinnya secara spontan tanpa rangsangan/ tanpa induksi pada umur kehamilan antara 37-40 minggu dan 5-10% wanita akan melahirkan setelah 40 minggu (antara 40-42 minggu).

Belum diketahui secara pasti penyebab bayi lambat lahir, diduga berkaitan dengan faktor keturunan/ genetik. Dalam suatu studi kedokteran, ternyata didapati bahwa wanita yang telah melahirkan bayi lewat bulan maka mereka akan cenderung untuk melahirkan lewat bulan lagi pada masa yang akan datang. Dokter kandungan akan makin sering untuk meminta ibu hamil kontrol bila sudah lewat dari tanggal taksiran persalinan.

Kapan sih kehamilan dianggap lewat bulan ? pada minggu-minggu pertama kehamilan lewat waktu (lebih dari 40 minggu) maka kondisi bayi dan ibu hamil biasanya masih oke-oke saja asalkan selalu dalam pengamatan dan kontrol dokter kandungan, dan selama kontrol tidak ada masalah yang berkaitan langsung dengan kehamilannya. Tetapi ada hal-hal yang harus disadari oleh ibu hamil yaitu sedikit banyak akan terdapat peningkatan resiko pada kehamilan yang lewat 40 minggu, antara lain:

  1. Fungsi placenta mungkin saja tidak sebagus sebelum umur kehamilan 40 minggu.
  1. Mungkin saja mulai timbul gejala-gejala infeksi yang dapat mempengaruhi kesehatan janin dalam rahim.
  1. Dapat terjadi komplikasi-komplikasi tak terduga saat hamil atau saat melahirkan misalnya janin akan makin besar sehingga dapat membahayakan saat proses bersalin.
  1. Kalo kehamilan dibiarin saja melewati 42 minggu maka kebanyakan juga lahir dalam 3-4 minggu pasca melewati taksiran persalinan. Tetapi perlu diingat bahwa terdapat peningkatan resiko kematian janin spontan dalam kandungan. Kebanyakan dokter kandungan tidak mau membiarkan kehamilan melebihi 42 minggu sehingga langsung dilakukan induksi persalinan.

Ada banyak metode tradisional yang digunakan wanita untuk memulai persalinan, termasuk hal-hal seperti berjalan-jalan pagi atau jalan-jalan di mall. Beberapa wanita melakukan hubungan seks atau menstimulasi puting payudara mereka dengan harapan hormon yang dilepaskan akan memicu kontraksi rahim.

Pendekatan ini didasarkan pada teori bahwa hormon pada air mani pria (cairan pembawa sperma yang dilepaskan saat ejakulasi), dan hormon yang dibuat tubuh wanita saat terangsang secara seksual, menyebabkan leher rahim wanita hamil akan mengalami rileks dan terbuka lebih mudah. Bahkan banyak penelitian tentang pendekatan tradisional ini. Tapi ternyata penelitian tersebut hanya menghasilkan bukti-bukti lemah yang menunjukkan bahwa puting payudara wanita hamil yang dirangsang selama satu sampai tiga jam per hari dapat membantu mempercepat terjadinya persalinan. Artinya tidak direkomendasikan untuk dilakukan… ya gampangnya boleh dikerjakan tapi hasilnya megecewakan alias gatot (kebanyakan bakalan gagal total). Adapun hasil penelitian tersebut menemukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Tanpa stimulasi payudara: Didapati bahwa 8 dari 100 wanita yang tidak menstimulasi puting payudara mereka, persalinan dimulai dalam 72 jam pada umur kehamilan lebih dari 40 minggu.
  1. Dengan stimulasi payudara: ternyata didapati bahwa sekitar 39 dari 100 wanita yang merangsang puting mereka akan melahirkan spontan setelah umur kehamilan 40 minggu. Tetapi perlu diingat yaitu penelitian ini hanya dilakukan pada 400 wanita sehingga penelitian ini hanya bisa memberi gambaran kasar tentang efektifitas stimulasi puting payudara pada wanita hamil.

Rangsangan puting payudara wanita pasca melahirkan ternyata bermanfaat juga untuk mengurangi risiko pendarahan setelah melahirkan. Kebanyakan penelitian kedokteran menyatakan bahwa belum menemukan hubungan yang jelas apakah seks dapat menginduksi terjadinya persalinan.

Tidak hanya rangsangan pada puting payudara, wanita hamil terkadang mencoba sejumlah hal lain untuk mencoba menimbulkan persalinan. Beberapa minum teh daun raspberry untuk melembutkan leher rahim, sementara yang lain menggunakan homeopati, minyak evening primrose atau akupunktur. Tapi tidak ada bukti ilmiah bahwa pendekatan ini berhasil menimbulkan persalinan.

Minyak jarak adalah metode tradisional lain yang digunakan untuk menginduksi persalinan. Ini tersedia dalam bentuk jus, larutan yang digunakan dalam irigasi kolon, atau kapsul. Minyak ini belum terbukti memiliki efek menimbulkan persalinan. Dan perlu diingat bahwa belum banyak penelitian tentang keamanan dan efektivitas minyak jarak bagi wanita hamil.

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4

TULISAN 13. TIPS PRAKTIS KETIKA MUDIK ATAU PERJALANAN JAUH BAGI IBU HAMIL

Sebentar lagi Idul Fitri akan datang menghampiri umat islam di seluruh dunia, tentu saja termasuk umat islam Indonesia. Namun satu hal yang membedakan perayaan hai raya idul fitri di Indonesia dengan di luar negeri adalah adanya tradisi mudik bahkan ada suku bangsa di Indonesia yang rutin mengadakan acara mudik bersama misalnya suku minangkabau sumatera barat. Nah bagaimana ibu hamil pengen ikutan mudik ? mungkin Ibu hamil akan merasa khawatir apakah mudik membahayakan bagi kehamilannya ? menurut hemat saya, hal itu tergantung dengan moda transportasi apakah yang akan digunakan untuk mudik. Apakah bepergian dengan pesawat terbang, kereta maupun mobil pribadi, semua akan saya jelaskan sebagai berikut.

Mudik Jalur Darat (mobil pribadi, bis kota, kereta api)

Sebelum memutuskan untuk mudik di saat sedang hamil, sebaiknya Ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Bertanyalah sepuasnya selama di ruang praktek karena kalo bertanya di sosmed tidak bisa dilakukan penilaian kesehatan kehamilan ibu hamil. Belum lagi kalo dokternya sedang males ngejawab sosmed. Bila sudah dinyatakan bahwa ibu hamil boleh mudik maka perlu dipersiapkan segala sesuatunya agar mudik menjadi nyaman dan aman. Tetap wajib diingat bahwa walopun kehamilannya sudah dinyatakan sehat sehingga boleh mudik tetap saja terdapat resiko untuk mengalami masalah selama dalam perjalanan misalnya kontraksi rahim, perdarahan, ketuban pecah, bahkan lahir prematur. Berikut ini adalah persiapan cerdas yang perlu Ibu hamil lakukan agar mudik tetap nyaman dan aman (saya ambil dan modifikasi agar lebih praktis dari website nutriclub.co.id):

  1. Gunakan seat-belt selama diperjalanan saat menggunakan mobil pribadi. Posisikan duduk Ibu dengan nyaman, dengan bantuan  bantal dan juga menggunakan selimut. Saat bepergian dengan mobil, pastikan untuk beristirahat dan keluar dari mobil maksimal 6 jam sekali. Di sini Ibu bisa merenggangkan kaki dengan berjalan sedikit.
  2. Bila menggunakan bis, sebaiknya Ibu hamil tetap duduk saat bis berjalan, jangan berdiri dan menggunakan kamar kecil ketika bis melakukan perhentian.
  3. Kereta api memiliki ruang lebih besar untuk Ibu bergerak, pastikan untuk berpegangan ketika menggunakan kamar kecil di kereta. Menurut saya moda transportasi terbaik bagi ibu hamil yang mudik melalui jalan darat adalah kereta api.

Mudik Jalur Udara

Mudik dengan jalur udara umumnya aman, tapi ibu hamil tetap sangat disarankan untuk periksa kehamilan terlebih dahulu ke dokter kandungan. Berikut hal-hal yang perlu Ibu perhatikan saat bepergian dengan pesawat terbang.

  1. Kebijakan dari Maskapai penerbangan biasanya mengizinkan Ibu hamil untuk bepergian pada usia maksimal kehamilan maksimal 8 bulan.
  2. Makan sedikit namun sering selama di perjalanan.
  3. Mintalah kepada petugas check in counter untuk memberikan posisi duduk di pinggir dekat jalan koridor pesawat untuk memudahkan Ibu hamil berjalan di dalam pesawat.

Hal-hal yang perlu untuk disiapkan saat mudik di masa kehamilan:

  1. Pastikan Ibu membawa susu, camilan sehat, obat-obatan serta vitamin kehamilan.
  2. Simpan nomor Hp dokter kandungan atau selalu komunikasi via sosmed dengan dokter kandungan untuk konsultasi saat terjadi gangguan dengan kehamilan Ibu saat mudik dan segera dapatkan nomor kontak dokter kandungan di daerah yang Ibu kunjungi, harus tahu lokasi rumah sakit terdekat di jalur mudik. Bawa hp yang ada GPS nya.
  3. Ibu yang hamil anak kembar, Ibu hamil yang memiliki komplikasi, tekanan darah tinggi (Pre-eclampsia), plasenta previa, pernah melahirkan bayi prematur, pernah perdarahan saat hamil ini maka sebaiknya menghindari bepergian jauh di masa kehamilan.
  4. Jangan mudik naik sepeda motor.
  5. Selalu hidrasi tubuh Ibu dengan konsumsi cukup air mineral.
  6. Hindari minuman berkafein dan beralkohol saat bepergian di masa kehamilan.
  7. Hindari makan di restoran yang kotor.

Oke deh… selamat mudik dan tidak lupa dokter cucuk kiuttt hello kitty menghaturkan TAQOBBALLAHU WAMINKUM TAQOBBAL YAA KARIIM… MOHON MAAF LAHIR BATIN… SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

Oke deh… saya rasa sekian dulu… Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dokter cucuk kiuttt hello kitty, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=9

Untuk mengetahui lokasi praktek dokter cucuk, silakan klik link di bawah ini:

https://goo.gl/maps/N22hUjBSjHr

Untuk jadwal praktek di Karawang Barat, silakan klik link di bawah ini:

http://www.cucuk-spog.com/?page_id=4

TULISAN 14. CARA PRAKTIS DAPAT BAYI COWOK / CEWEK

Assalamu’alaikum wrwb ibu-ibu di seluruh Indonesia… saya berulang kali mendapatkan pertanyaan INBOX… dokter kiuttt hello kitty…. hallooooo nama saya Dr. Cucuk Santoso, SpOG… bukan kiuttt hello kitty… he he he… saya pengen punya anak cowok, saya pengen punya anak cewek… gimana caranya dok ? sebetulnya sih saya agak malas untuk menjawab pertanyaan seperti itu karena saya tidak mau ibu-ibu hamil kecewa ketika mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan berbeda dari hasil ikhtiar yang diharapkannya… karena ini dapat berdampak buruk pada penerimaan hati seorang ibu dan ayah akan kehamilan yang saat ini sedang berlangsung… tapi daripada ibu-ibu dan para suami kepo semua… baiklah saya coba untuk posting tentang hal itu…

Dokter spesialis kandungan dengan bidang khusus kesuburan memiliki kemampuan untuk mengetahui bahkan menentukan/ memilih jenis kelamin janin sejak masa embryo (mudigah). Tetapi ada beberapa negara maju diantaranya Inggris melarang tindakan kedokteran melakukan pemilihan jenis kelamin tanpa alasan medis yang kuat. Perbuatan tersebut dianggap melanggar hukum menurut undang-undang negara Inggris. Tindakan memilih jenis kelamin hanya diperbolehkan apabila secara genetik terdapat kondisi-kondisi/ penyakit khusus yang membahayakan pada janin jenis kelamin tertentu. Akan dilakukan pemilihan jenis kelamin dengan teknologi canggih yang dikenal dengan PRE-IMPLANTATION GENETIC DIAGNOSIS (PGD) untuk melihat dan menentukan jenis kelamin janin sebelum janin ditanamkan ke dalam dinding rahim.

Jadi tidak boleh memilih jenis kelamin hanya karena keinginan punya anak cowok ataupun cewek, serta tidak boleh karena masalah adat istiadat/ marga/ suku/ agama.
Bila ibu-ibu ingin anak dengan jenis kelamin tertentu dapat saja mencoba cara tradisional misalnya bila ingin anak cowok maka ibu-ibu sebelum hamil harus rajin dan sering makan daging merah. Bukan ikan. Metode ini dikenal dengan sebutan FORKLORE METHOD.

Ada istilah yang dikenal dengan SPERM SORTING yaitu teknik memilih jenis kelamin menggunakan sperma yang diberikan larutan kimia lalu dipilih. Setelah dipilih sperma tersebut disuntikkan ke dalam rahim melalui pembuahan buatan sederhana yang disebut IUI (inseminisasi intrauterin). Ketepatannya sekitar 92% untuk memperoleh janin cewek dan 82% untuk janin cowok. Tapi tidak dijamin bisa berhasil. Yang paling tepat adalah PGD melalui teknik bayi tabung, tapi tetap tidak bisa dijamin 100% berhasil. SPERM SORTING di Inggris adalah perbuatan melanggar hukum tetapi beberapa negara eropa lainnya diperbolehkan.

Ada beberapa cara tradisional pemilihan jenis kelamin bayi yang lain yang boleh dicoba dilakukan oleh ibu-ibu dan suami sebelum merencanakan kehamilan yang akan datang, diantaranya SHETTLES METHOD dan WHELAN METHOD.
SHETTLES METHOD merupakan teknik pemilihan jenis kelamin berdasarkan pengetahuan bahwa sperma yang membawa gen cowok akan bergerak sangat cepat dan umurnya pendek dibandingkan sperma yang membawa gen cewek. Sehingga bila ingin anak cowok sebaiknya melakukan sex dekat-dekat dengan masa subur wanita. Bila ingin anak cewek maka hubungan sex dilakukan 2-4 hari sebelum masa subur wanita. Dengan teknik ini 75% dapat anak cewek dan 80% dapat anak cowok. Cobain deh…

WHELAN METHOD merupakan teknik pemilihan jenis kelamin berdasarkan suasana dalam organ kewanitaan yang ditinjau dari kondisi suhu tubuh saat masa subur (ovulasi). Bila ingin anak cowok maka sebelum suhu tubuh wanita meningkat (subur) maka kira-kira 4-6 jam sebelumnya sudah melakukan hubungan sex. Kalo ingin anak cewek maka hubungannya 2-3 hari sebelum masa subur.

Ada juga metode yang mengajarkan bahwa kalo hubungan sex doggy style maka dapatnya anak cewek karena sperma gen cowok lebih sulit mencapai mulut rahim daripada sperma gen cewek.

Sebetulnya semua metode diatas sih tidak ada yang berani menjamin berhasil, semua pasangan harus ingat bahwa aslinya kemungkinan berhasil dengan berbagai metode diatas itu adalah 50% cowok atau 50% cewek. Dari hasil penelitian ilmiah ternyata belum ada satupun cara yang terbukti secara konsisten berhasil memilih jenis kelamin cowok atau cewek.

Kalo menurut saya sebaiknya lakukan saja sedekah Rp 50.000,-/ hari dimulai sejak haid bersih sampai dengan test hamil positif garis 2 dengan disertai niat pengen anak cowok atau anak cewek, jangan lupa sertain doa yang cowok sholeh dan yang cewek sholehah. Kalo metode ini sih wajib dicoba karena saya pernah baca hadist bahwa carilah rejeki dengan sedekah.

Seperti biasanya, dokter cucuk yang katanya kiuttt hello kitty menggemassssskan mengajak untuk:
1. Sedekah Rp 4000,-/ hari berikan niat dan doa terbaik panjatkan pada Allah SWT biar cepat hamil dan kalo hamil biar sehat lancar dan selamat. Tahun 2017 nilai sedekah naik menjadi Rp 4000,-/hari seperti janji saya kemaren ?
2. Silakan LIKE dan SHARE dan REVIEW untuk kepentingan semua ibu-ibu Indonesia.
3. Nantikan selalu postingan kami selanjutnya.
4. Pertanyaan hanya dilayani via INBOX. Bila tak dijawab jangan marah karena FB bukan ruang ujian dan juga bukan ruang konsultasi dokter.

TULISAN 15. SAYA SEDANG HAMIL TETAPI SUAMI MEROKOK

Saya mengamati bahwa rata-rata ibu hamil yang periksa pada saya ternyata suaminya merokok. Sebetulnya apa sih yang dicari dan diperoleh dari merokok ? Duit habis percuma dan penyakit akibat rokok pasti akan datang. merokok itu sangat berbahaya bagi kehamilan. suami merokok dapat merusak kehamilan, bisa bikin isteri keguguran. Isteri merokok apalagi… tambah parah dampaknya.

Menurut Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi, Dr. Robert Welch di Providence Hospital di Southfield, Michigan, Amerika Serikat… hmm ini dokter ahli kandungan Amerika… Merokok sangat mungkin merupakan penyebab nomor 1 terhadap buruknya hasil luaran suatu kehamilan. Berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari penanganan kehamilan di Amerika Serikat didapatkan bahwa dampak buruk dari asap rokok dapat menyebabkan hal-hal sebagai berikut:
1. bayi yang lahir prematur
2. bayi yang lahir dengan berat badan rendah
3. bayi yang meninggal dalam kandungan
Kehamilan akan lebih aman dan bayi dalam kandungan/ bayi yang dilahirkan akan menjadi lebih sehat jika tidak terpapar asap rokok dan racun dalam rokok selama ibunya mengandung. Pada kondisi dimana ibu hamil menderita darah tinggi atau kencing manis (diabetes) maka dampak dari racun dalam rokok akan makin memperberat efek buruk yang dapat terjadi selama kehamilan/ menyusui. Ketika seorang wanita hamil merokok ataupun terpapar asap roko dari suaminya maka tidak ada yang bisa melindungi bayinya dari bahaya walopun sudah rajin minum vitamin hamil sekalipun.
KOK BISA SIH ASAP ROKOK BERBAHAYA BAGI KEHAMILAN DAN BAYI ?
Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia, termasuk zat-zat kimia yang benar-benar jahat seperti sianida, timbal, dan setidaknya 60 senyawa penyebab kanker. Ketika ibu hamil merokok selama kehamilan atau terpapar asap rokok selama kehamilan maka zat beracun itu masuk mengalir ke aliran darah ibu hamil, padahal aliran darah itu merupakan satu-satunya sumber aliran oksigen dan nutrisi bayi dalam kandungan.

Tidak satu pun dari 4000 bahan kimia beracun dalam rokok yang memberikan dampak baik untuk bayi dalam kandungan, belum lagi dengan adanya zat timbal dan sianida dalam aliran darah ibu hamil akibat terpapar asap rokok… hmmm tambah menderitalah bayi dalam kandungan… oh iya terdapat 2 zat lagi yang sangat sangat sangat berbahaya dalam rokok yaitu nikotin dan karbon monoksida. Menurut Dr. James Christmas, direktur Maternal Fetal Medicine untuk Commonwealth Perinatal Associates di Henrico Doctors ‘Hospital di Richmond, Virginia, Amerika Serikat, nikotin dan karbon monoksida merupakan penyebab terjadinya hampir semua komplikasi yang berhubungan dengan merokok dalam kehamilan. Wow… ternyata sudah banyak para ahli kedokteran Amerika Serikat yang menyatakan bahwa rokok berpengaruh sangat buruk bagi kehamilan.
Komplikasi kehamilan yang paling serius – termasuk kelahiran mati, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah – dapat dihubungkan dengan fakta bahwa nikotin dan karbon monoksida bekerja sama untuk mengurangi suplai oksigen bayi dalam kandungan. Nikotin mengurangi jumlah oksigen yang mengalir ke bayi dengan cara menyempitkan pembuluh darah ke seluruh tubuh ibu hamil, termasuk yang ada di tali pusat. Berarti bayi dalam kandungan seperti dipaksa bernafas dengan saluran nafas yang sempit. Akibatnya sel-sel darah merah yang biasanya membawa oksigen mulai mengambil molekul karbon monoksida sebagai gantinya karena oksigen akan disingkirkan oleh molekul karbon monoksida (dikudeta secara ilegal). Lama-kelamaan akhirnya pembuluh darah ke bayi akan kehilangan oksigen yang makin lama makin parah padahal oksigen itu merupakan hal terpenting dalam kehidupan janin dalam kandungan.
APA SIH DAMPAK ASAP ROKOK BAGI BAYI YANG SUDAH LAHIR ?
1. dampak terhadap berat badan dan ukuran bayi. Rata-rata, kebiasaan merokok 1 pak sehari yang dilakukan oleh suami selama kehamilan isterinya akan mengurangi sekitar 250gram dari berat lahir bayi yang seharusnya. Merokok dua bungkus sehari selama kehamilan bisa membuat berat badan bayi lebih ringan lagi. Sementara beberapa wanita hamil dengan paparan asap rokok maka kemungkinan besar akan melahirkan bayi yang lebih kecil, mengerdilkan pertumbuhan bayi di rahim dan kelak dapat memiliki konsekuensi negatif yang berlangsung seumur hidup.
2. Dampak terhadap tubuh dan paru-paru bayi. Bayi yang berukuran kecil cenderung memiliki tubuh dengan perkembangan yang kurang baik. Paru-paru mereka mungkin tidak siap untuk bekerja sendiri secara otomatis (sulit bernafas normal), yang berarti bayi akan menghabiskan hari-hari atau minggu-minggu pertama kehidupannya bernafas dengan bantuan mesin nafas/ respirator. Setelah bayi mampu bernapas sendiri (atau bahkan jika bayi sudah mampu melakukan pernafasan normal sejak dari awal dilahirkan), maka tetap saja bayi-bayi ini mungkin memiliki masalah pernapasan yang berkelanjutan – karena perkembangan paru-paru yang tertunda atau efek samping nikotin lainnya. Anak-anak yang ibunya merokok selama kehamilan sangat rentan terhadap asma, dan memiliki dua atau tiga kali lipat risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).
3. Jantung. Bayi yang ibunya terpapar asap rokok pada kehamilan trimester pertama lebih mungkin untuk memiliki cacat jantung saat lahir. Dalam sebuah penelitian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat yang diterbitkan pada Februari 2011, risiko bayi-bayi ini memiliki jenis cacat jantung bawaan tertentu adalah 20% – 70% lebih tinggi daripada bayi yang ibunya tidak terpapar asap rokok. Cacat jantung ini termasuk yang menghalangi aliran darah dari sisi kanan jantung ke paru-paru (obstruksi saluran keluar ventrikel kanan) dan bukaan antara ruang atas jantung (defek septum atrium). Penelitian ini didapatkan dengan menganalisis data pada 2.525 bayi yang memiliki cacat jantung saat lahir dan 3.435 bayi sehat yang lahir di Baltimore dan Washington, D.C., Amerika serikat, antara tahun 1981 s/d tahun 1989.
4. Fungsi otak. Merokok selama kehamilan aau terpapar asap rokok selama kehmailan dapat memiliki efek seumur hidup pada otak bayi. Anak-anak yang lahir dari ibu hamil yang terpapar asap rokok atau yang merokok saat hamil maka sangat mungkin memiliki gangguan belajar, masalah perilaku, dan IQ yang relatif rendah dibandingkan dengan anak-anak yang lainnya.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal kedokteran Obstetrics and Gynecology pada bulan Agustus 2009 menemukan bahwa bila ibu hamil berhenti dari paparan asap rokok pada trimester pertama kehamilan maka sebenarnya dapat meningkatkan peluang mereka untuk melahirkan bayi cukup bulan dengan ukuran dan berat badan yang normal dan kesehatan yang hampir sama dengan bayi yang dilahirkan dari ibu hamil yang tidak pernah terpapar asap rokok. Ibu hamil yang terhindar dari paparan asap rokok pada kehamilan trimester kedua maka dapat meningkatkan peluang mereka juga, tetapi tidak sebanyak itu.

Setelah umur kehamilan menginjak minggu ke 14 sampai 16, janin sedang berada dalam fase penambahan berat badan yang luar biasa pesatnya. Jika ibu hamil masih terpapar asap rokok pada tahap itu, maka laju pertumbuhan bayi akan mulai melambat. Tetapi begitu ibu hamil berhenti dari paparan asap rokok, bayi dalam kandungan akan mulai mendapatkan oksigen yang dibutuhkannya untuk tumbuh. Pada saat pemeriksaan USG berikutnya, dokter kandungan akan dapat melihat perubahan signifikan dalam tingkat pertumbuhan bayi dalam kandungan. Bahkan jika ibu hamil menghindari paparan asap rokok pada usia kehamilan 30 minggu atau lebih, masih terdapat peluang untuk bisa memberi kesempatan bagi bayi untuk menambah berat badan secepat mungkin walopun waktunya sudah sangat mendekati kelahiran.
Jadi… kesimpulannya… suami stop merokok… isteri jangan merokok.

TULISAN 16. HAID SAYA NORMAL ATAU TIDAK ?

Siklus menstruasi wanita sedikit banyak dapat menceritakan kondisi kesehatan wanita. Sebaiknya wanita memahami bagaimana melacak siklus menstruasinya dan apa yang harus dilakukan oleh para wanita bila menemukan tentang ketidakteraturan dalam siklus menstruasinya.

Sebagai wanita apakah anda tahu kapan periode menstruasi terakhir anda dimulai atau berapa lama menstruasi anda berlangsung? Jika tidak, mungkin sudah saatnya untuk para wanita-wanita karawang kiuttt hello kitty mulai memperhatikan siklus menstruasinya.

 

Dengan melacak siklus menstruasi anda maka dapat membantu diri para ibu-ibu untuk memahami apa yang disebut menstruasi normal untuk anda, waktu ovulasi (masa subur) dan juga untuk mengidentifikasi perubahan penting dalam siklus menstruasi anda, seperti telat haid atau perdarahan menstruasi yang datangnya seenaknya saja, gak jelas gitu looohhh. Perlu dipahami oleh para wanita bahwa ketidakteraturan dalam siklus menstruasi biasanya bukanlah disebabkan oleh hal yang serius, tetapi walopun demikian sebaiknya para wanita tetap harus periksa ke dokter kandungan karena kadang-kadang haid yang tidak teratur merupakan tanda ada masalah kesehatan.

 

APA SIH YANG DISEBUT DENGAN SIKLUS MENSTRUASI/ SIKLUS HAID ?

 

Siklus menstruasi adalah rangkaian perubahan dalam tubuh wanita (pada rahimnya dan organ kandungan lainnya) yang berlangsung tiap bulan dalam  persiapan untuk kemungkinan terjadinya kehamilan. Kenapa begitu ? ya karena setiap bulan, salah satu indung telur wanita akan melepaskan sel telur, inilah yang disebut ovulasi (masa subur).

Pada saat yang sama, perubahan hormonal mempersiapkan rahim untuk terjadinya kehamilan. Jika ovulasi terjadi tetapi sel telur tidak dibuahi oleh sperma suami maka selanjutnya lapisan rahim bagian dalam (endometrium) akan dirontokkan sehingga mengalirlah darah melalui vagina. Inilah yang disebut dengan periode menstruasi.

 

BAGAIMANA SIH SIKLUS HAID DIKATAKAN MASIH NORMAL ?

 

Siklus menstruasi dikatakan 1 periode dimulai sejak hari pertama haid s/d hari pertama haid pada periode berikutnya, dan periode ini tidak sama untuk setiap wanita. Menstruasi mungkin terjadi setiap 21 s/d 35 hari dalam 1 periode haid dan lamanya perdarahan haid sekitar dua hingga tujuh hari. Pada tahun-tahun pertama mendapat haid biasanya akan didapatkan haid yang periodenya panjang tetapi setelah itu periodenya akan makin pendek dan makin teratur seiring bertambahnya usia wanita.

 

Siklus menstruasi anda mungkin teratur – dengan siklus haid yang sama setiap bulan – atau mungkin kadang-kadang agak tidak teratur, dan darah menstruasi anda mungkin jumlahnya sedikit atau banyak, haid terasa sakit atau mungkin cuman cenit-cenit saja, haidnya lama atau sebentar, dan ini masih dapat dianggap normal. Normal disini artinya normal bagi kebiasaan haid anda selama ini. Pada penggunaan jenis kontrasepsi tertentu, seperti pil kontrasepsi (pil KB) dan KB spiral (IUD) mungkin akan mengubah siklus menstruasi anda.

 

Ketika Anda mendekati menopause, siklus anda mungkin menjadi tidak teratur lagi. Namun, karena terdapat risiko kanker rahim yang meningkat seiring pertambahan usia wanita, maka setiap gangguan haid  di sekitar usia menopause sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan.

Setiap ada keluhan dengan siklus haid wanita maka sebaiknyanya segera periksa ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan apakah masih dalam batas normal atau merupakan tanda adanya penyakit tertentu.

 

BAGAIMANA CARANYA WANITA BISA MENGETAHUI SIKLUS MENSTRUASINYA ?

 

Untuk mengetahui apakah siklus haid yang normal bagi anda, mulailah mencatat siklus menstruasi anda di kalender. Mulailah dengan melacak tanggal mulai haid setiap bulan selama beberapa bulan ke depan berturut-turut untuk mengidentifikasi keteraturan siklus menstruasi Anda.

 

Sebaiknya wanita juga mencatat juga hal-hal berikut setiap bulan:

  1. Tanggal habisnya siklus haid. Hal ini untuk mengetahui berapa lama periode haid anda biasanya bertahan? Apakah lebih panjang atau lebih pendek dari siklus biasanya?
  2. Jumlah darah haid. Hal ini untuk mengetahui apakah darah haidnya lebih sedikit atau lebih banyak daripada biasanya? Bisa juga dihitung dengan menghitung berapa kali ganti pembalut dalam 1 hari. Apakah ada darah beku bergumpalnya ?
  3. Apakah anda mengalami pendarahan di antara beberapa periode haid ? maksudnya setelah haidnya bersih lalu datang haid lagi padahal belum waktunya haid.
  4. Apakah ada rasa sakit saat haid ? Apakah rasa sakitnya terasa lebih parah dari biasanya?

 

APA YANG MENYEBABKAN SIKLUS MENSTRUASI TIDAK TERATUR ?

 

Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat memiliki banyak penyebab yang berbeda, termasuk  diantaranya sebagai berikut:

  1. Kehamilan atau menyusui. Sebaiknya walopun menyusui, wanita menggunakan KB karena setiap periode haid yang terlewatkan bisa berarti menjadi tanda awal kehamilan. Menyusui biasanya menunda kembalinya menstruasi setelah kehamilan.
  2. Gangguan makan, berat badan ekstrem atau olahraga berlebihan. Gangguan makan – seperti anorexia nervosa – penurunan berat badan yang ekstrem dan peningkatan aktivitas fisik dapat mengganggu menstruasi.
  3. Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Wanita dengan gangguan sistem endokrin PCOS mungkin memiliki periode haid yang tidak teratur serta ovarium (indung telur) yang membesar yang berisi kumpulan sel telur kecil-kecil (folikel) yang terletak di masing-masing ovarium biasanya akan terlihat pada pemeriksaan USG di dokter kandungan.
  4. Kegagalan fungsi ovarium dini yaitu hilangnya fungsi ovarium normal sebelum usia 40 tahun dikenal dengan istilah premature ovarian failure (POF).
  5. Penyakit radang panggul (PID). Infeksi organ reproduksi ini dapat menyebabkan pendarahan menstruasi yang tidak teratur.
  6. Fibroid rahim. Lebih dikenal sebagai myoma yaitu pertumbuhan tumor rahim yang jinak. Mereka dapat menyebabkan darah haid menjadi banyak dan panjangnya masa haid.

 

APA YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH WANITA UNTUK MENCEGAH KETIDAKTERATURAN SIKLUS MENSTRUASI ?

 

Bagi sebagian wanita, penggunaan pil KB dapat membantu mengatur siklus menstruasi. Pengobatan terhadap masalah-masalah yang dapat menggangu haid seperti gangguan makan, juga bisa membantu memperbaiki siklus haid. Tetapi ada juga beberapa ketidakteraturan siklus menstruasi yang tidak dapat dicegah. Yang penting adalah segera ke dokter kandungan bila:

  1. Tidak haid selama 3 bulan, dan bukan disebabkan oleh hamil. Kalo hamil maka test pack akan bergaris 2.
  2. Haid tidak teratur, padahal sebelum-sebelumnya teratur.
  3. Perdarahan haid lebih dari 7-8 hari.
  4. Jumlah darah haid lebih banyak daripada biasanya. Lebih dari 5-6 pembalut dalam 1 hari.
  5. Haid datangnya keseringan atau kelambatan.
  6. Haid lagi sebelum waktunya padahal barusan bersih.
  7. Nyeri haid yang gak ketulungan.
  8. Haid yang tak teratur dan disertai demam dan nyeri di perut bawah.

Ingat, melacak siklus menstruasi anda dapat membantu anda mengetahui apa yang normal untuk anda dan apa yang tidak. Jika anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang siklus menstruasi anda segeralah konsultasi dengan dokter kandungan anda supaya dilakukan pemeriksaan organ kandungan.

TULISAN 17. HUBUNGAN SEX PASCA MELAHIRKAN

Seks setelah menjalani persalinan mungkin menjadi hal terakhir yang akan terlintas di dalam pikiran ibu-ibu, tetapi mungkin menjadi bahan pikiran galau di kepala para suami. Tulisan ini bertujuan agar pasangan suami istri dapat memahami apa yang diharapkan dan bagaimana memperbarui keintiman dengan pasangan anda.

Setiap pasangan suami isteri mesti udah kebelet banget untuk melakukan hubungan seks setelah isterinya mengalami persalinan. Jujur saja… gak perlu malu… manusiawi kok. Namun, pada awal-awal mencoba kembali hubungan sex setelah melahirkan maka pertama-tama isteri akan merasa pegal dan tak nyaman pada organ vaginanya. Perasaan tersebut dapat timbul walopun isteri dalam suasana hati pengen sex… pengen melayani suami… pengen memuaskan suami. Mungkin dalam hati suami bertanya-tanya… Setelah bayi lahir, kapan saya bisa berhubungan seks dengan isteri ? Ayo jujur…. beneran gak ??? gak usah malu-malu macan deh…

Baik wanita melahirkan melalui vagina atau operasi caesar, tubuh wanita  akan membutuhkan waktu untuk pulih kembali. Sebaiknya pasangan suami isteri mempertimbangkan untuk menunggu untuk berhubungan seks sebelum bertanya dulu ke dokter kandungan. Biasanya dokter kandungan akan memberikan lampu hijau setelah 6 – 8 minggu setelah wanita melahirkan. Kenapa demikian ? karena hal ini bermaksud untuk memberikan kesempatan pada rahim untuk menutup leher rahim, perdarahan nifas untuk berhenti, dan menunggu penyembuhan sempurna akibat robekan jalan lahir vagina. Yang penting adalah wanita paling tahu kapan dia akan siap untuk hubungan sex kembali dengan suami. Beberapa wanita merasa siap untuk melanjutkan seks dalam beberapa minggu setelah melahirkan, sementara yang lain membutuhkan beberapa bulan – atau bahkan lebih lama. Faktor-faktor seperti kelelahan, stres, dan rasa takut akan rasa sakit dapat mempengaruhi nafsu seksual wanita.

SAKIT GAK SIH HUBUNGAN SEX PASCA MELAHIRKAN ?

Perubahan hormonal selama kehamilan bisa membuat vagina wanita kering dan sensitif, bahkan tetap terjadi demikian jika wanita sedang menyusui. Kebanyakan wanita mungkin akan mengalami rasa sakit saat berhubungan seks terutama jika masih dalam proses menyembuhkan luka akibat episiotomi (irisan pintu vagina untuk menolong bayi agar mudah lahir) atau robekan perineum, hal ini terutama pada kasus robekan vagina yang luas.

Untuk membantu meringankan ketidaknyamanan selama berhubungan seks, sedapat mungkin pasangan suami isteri melakukan sex dengan tenang dan jangan keburu-buru. Mulailah dengan berpelukan, berciuman, atau saling pijat pada bagian sensitif dan bagian-bagian lain yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan relax pada pasangan. Secara bertahap perlahan tapi pasti akan makin meningkat intensitas rangsangan. Jika kekeringan vagina adalah masalah yang sedang dihadapi oleh wanita maka boleh-boleh saja untuk menggunakan krim atau gel pelumas… beli aja di apotek.

Cobalah posisi yang berbeda untuk mengurangi tekanan pada area yang sakit dan suami mesti mengontrol penetrasi dengan hati-hati agar isteri tidak nyeri dan tidak terjadi ketegangan pada otot-otot vagina. Bila hubungan sex dengan cara vagina terasa nyeri dan tak nyaman maka isteri dapat melakukan rangsangan pada suami melalui metode lain misalnya rangsangan oral atau jepitan-jepitan selain pada vagina, sampai penyembuhan luka vagina tuntas. Pasangan suami isteri mesti memberi tahu pasangan apa yang terasa menyenangkan dan apa yang tidak. Jangan paksa isteri jika terasa nyeri.

Setelah melahirkan, penurunan tonus otot di vagina dapat mengurangi gesekan yang menyenangkan saat berhubungan seks yang tentunya  dapat mempengaruhi gairah. Ini biasanya bersifat sementara. Ya jelas donk… tadinya masih sempit lalu jadi melebar akibat dilewati oleh kepala bayi. Wanita pasca melahirkan dapat mencoba untuk melakukan senam kegel untuk mengencangkan kembali otot-otot vagina. Caranya senam kegel adalah kencangkan otot-otot panggul anda seolah-olah anda menghentikan aliran urin (pipis) Anda. Berusahalah untuk menjaga otot-otot berkontraksi selama 10 detik setiap kali, bersantai/ relax selama 10 detik di antara dua kontraksi. Setelah Anda menguasainya, lakukan setidaknya tiga set dalam sehari, 1 set terdiri dari 10 latihan Kegel.

Bagaimana jika wanita merasa terlalu lelah untuk berhubungan seks? Perlu dipahami oleh para suami bahwa merawat bayi yang baru lahir itu sangat melelahkan. Jika isteri terlalu lelah untuk melakukan hubungan seks pada waktu tidur malam maka bukan berarti kehidupan seks suami isteri harus berakhir. Pertimbangkan untuk bercinta di pagi hari, ketika bayi anda sedang tidur siang, atau lakukan hubungan sex ketika bayi anda sedang diasuh oleh keluarga yang lain misalnya mertua, saudara, dll.

Bagaimana jika wanita tidak tertarik dengan seks? Tidak apa-apa. Ada lebih banyak hubungan intim daripada seks, terutama ketika pasangan suami isteri menyesuaikan diri dengan kehidupan hadirnya bayi baru ditengah-tengah mereka. Jika wanita merasa tidak seksi lagi, merasa tidak menarik lagi atau takut seks akan terasa sakit, sampaikan kekhawatiran anda pada suami dengan jujur dan tatapan mesra penuh cinta.

Sampai kapan tidak siap untuk hubungan sex ? Sampai wanita siap berhubungan seks, tetapi tetaplah pertahankan keintiman dengan cara lain. Habiskan waktu bersama (berduaan dengan suami/ pacaran lagi dengan suami) tanpa bayi, meskipun hanya beberapa menit di pagi hari dan setelah bayi tidur di malam hari. lakukan panggilan telepon singkat ke suami yang sedang bekerja atau kirim SMS sesering mungkin  sepanjang hari. Carilah cara lain untuk mengungkapkan kasih sayang. Hidupkan kembali percikan yang membawa anda bersama di tempat pertama kali bertemu saat pacaran dulu.

Jika wanita yang telah berkomunikasi dengan terbuka dan baik-baik dengan suami ternyata tetap tidak membantu kehidupan sex anda maka perlu diwaspadai adanya tanda dan gejala depresi pasca melahirkan (postpartum blues) seperti mudah tersinggung dan mudah marah yang menyebalkan karena kadang-kadang tanpa sebab yang jelas, kelelahan yang luar biasa, kurangnya sukacita dalam hidup, dan kesulitan mengikat hubungan batin antara ibu dengan bayinya. Jika wanita  berpikir bahwa sedang mengalami depresi pasca melahirkan, maka sebaiknya segera ke dokter kandungan atau dokter ahli jiwa/ psikiater. Pengobatan masalah depresi pasca melahirkan yang cepat diharapkan dapat mempercepat pemulihan pula.

Apa yang bisa dilakukan oleh wanita untuk meningkatkan dorongan seksual pasca melahirkan ? perlu dipahami bahwa sebagian besar masalah seksual yang terkait dengan kehamilan atau persalinan akan hilang dalam waktu satu tahun. Dalam masa-masa itu sebaiknya pasangan suami isteri berkonsentrasi untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental isterinya. Sebagai contoh:

  1. Jaga hubungan dan komunikasi dengan kedua orang tua dan mertua.
  2. Makan makanan yang sehat, termasuk minum banyak cairan.
  3. Jangan malas-malasan… sibukkan diri dalam rutinitas harian Anda.
  4. Bila ada waktu maka segera manfaatkan waktu untuk Istirahat sebanyak mungkin.
  5. Mintalah pasangan Anda, orang-orang terkasih dan teman-teman untuk bantuan.
  6. Buat komunitas ibu menyusui, ibu pasca melahirkan, buatlah grup WA, dll.

TULISAN 18. SAYA BELUM HAMIL KARENA PCOS

Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah gangguan hormonal yang umum terjadi di antara wanita usia reproduksi. Wanita dengan PCOS memiliki periode menstruasi yang jarang-jarang (sering telat mens) atau berkepanjangan (mensnya lama) dan atau memiliki kadar hormon laki-laki (androgen) yang berlebihan. Ovarium/ indung telur wanita yang menderita PCOS terdiri dari banyak folikel/ sel telur kecil-kecil dan cilaka-nya indung telur wanita tersebut mengalami kegagalan mengeluarkan sel telur secara teratur (ovulasi). Penyebab pasti PCOS tidak diketahui samai saat ini. Diagnosis dan pengobatan dini terhadap wanita yang menderita PCOS dengan diiringi penurunan berat badan dapat mengurangi risiko komplikasi jangka panjang seperti diabetes mellitus tipe 2 (kencing manis) dan penyakit jantung.

Tanda dan gejala PCOS sering berkembang di sekitar masa-masa wanita mendapatkan menstruasi pertama selama masa pubertas. Kadang-kadang gejala PCOS berkembang dikemudian hari, misalnya sebagai respon terhadap penambahan berat badan yang cukup besar. Penambahan berat badan ini disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang salah. Kadar gula yang tinggi terus menerus dalam darah dapat memicu terjadinya resistensi insulin. Jadi kalo jadi wanita jangan gemuk-gemuk. Wanita yang menderita PCOS ada kemungkinan mengalami gangguan yang namanya resistensi insulin dimana insulin dalam tubuhnya ada tetapi gak bisa dipake oleh tubuhnya untuk menurunkan kadar gulanya. Insulin itu adalah hormon yang dipake untuk menormalkan kadar gula dalam darah. Itulah sebabnya kenapa kita sebagai manusia disuruh untuk olah raga yaitu untuk mencegah timbulnya kadar gula darah yang berlebihan dalam tubuh sehingga resistensi insulin tidak terjadi. Pada wanita yang gemuk bukan tak bisa hamil tetapi kemungkinan hamilnya lebih kurang daripada wanita yang tidak gemuk.

Tanda dan gejala PCOS bervariasi. Diagnosis PCOS dibuat oleh dokter kandungan ketika wanita mengalami setidaknya dua dari tanda-tanda ini:

  1. Periode haid yang tidak teratur. Siklus menstruasi yang jarang datang, tidak teratur atau berkepanjangan adalah tanda PCOS yang paling umum. Misalnya: wanita mungkin memiliki kurang dari sembilan periode setahun, lebih dari 35 hari antara periode dan jumlah haid yang sangat banyak.
  1. Kadar hormon androgen berlebihan. Peningkatan kadar hormon pria (androgen) dapat menghasilkan tanda-tanda fisik yang menyerupai pria pula, seperti kelebihan rambut di wajah dan tubuh (hirsutisme), dan kadang-kadang terkena jerawat yang parah dan mengalami rambut rontok/ kebotakan akibat kelebihan hormon androgen.
  1. Saat pemeriksaan di dokter kandungan ditemukan indung telur/ Ovarium yang polikistik. Ovarium wanita mungkin membesar dan mengandung banyak folikel kecil yang berada mengelilingi bagian dalam indung telur sehingga indung telur gagal berfungsi secara teratur karena tidak terjadi pelepasan sel telur. Sel telur yang bisa dilepas oleh indung telur adalah sel telur yang matang. Pada wanita PCOS, sel telur gak bisa matang. Inilah yang menyebabkan wanita PCOS sulit hamil. Gimana mau hamil, spermanya suami jomblo di dalam saluran telur karena sel telur gak ada yang masuk ke dalam saluran telur.

Perlu diingat… tanda dan gejala PCOS biasanya lebih parah jika wanita mengalami obesitas/ kegemukan. Makanya jangan gemuk-gemuk, kurangi berat badan. Olah raga teratur, aerobik juga boleh. saran saya pada wanita yang belum hamil atau mengalami gangguan haid, sebaiknya segera temui dokter kandungan jika wanita memiliki masalah dengan periode menstruasi/ haid tak teratur/ haid berlebihan/ haid jarang datang, termasuk ketika wanita gak hamil-hamil/ ketidaksuburan atau jika memiliki tanda-tanda kelebihan hormon androgen seperti pertumbuhan rambut berlebihan, jerawat yang parah, dan rambut rontok yang parah/ kebotakan kepala seperti pola kebotakan laki-laki alias seperti professor (botak atas).

Penyebab pasti PCOS tidak diketahui. Faktor-faktor yang mungkin berperan untuk menderita PCOS antara lain:

  1. Kelebihan hormon insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi di pankreas yang memungkinkan sel untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Gula digunakan oleh tubuh untuk pasokan energi utama tubuh wanita. Jika sel-sel wanita menjadi resisten/ ogah-ogahan terhadap hormon insulin, maka kadar gula darah dapat naik dan tubuh mungkin akan bereaksi dengan menghasilkan lebih banyak lagi hormon insulin. Kelebihan hormon insulin dapat meningkatkan produksi hormon androgen (hormon laki-laki), menyebabkan kesulitan dengan ovulasi/ pelepasan sel telur.
  1. Peradangan tingkat rendah/ low grade inflamation. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita dengan PCOS memiliki jenis peradangan tingkat rendah yang merangsang ovarium polikistik untuk menghasilkan hormon androgen, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada jantung dan pembuluh darah.
  1. Penelitian menunjukkan bahwa gen tertentu mungkin berkaitan dengan PCOS.
  1. Androgen berlebih. Bila Ovarium/ indung telur wanita menghasilkan kadar hormon androgen yang tinggi maka dapat menyebabkan timbulnya hirsutisme (kelebihan rambut di wajah/ perut) dan jerawat.

Komplikasi yang dapat terjadi pada wanita dengan PCOS antara lain:

1. Sulit hamil/ infertilitas
2. Gestational diabetes/ Penyakit kencing manis pada wanita hamil.
3. Keguguran atau kelahiran prematur
4. tekanan darah tinggi pada kehamilan
5. Steatohepatitis non-alkohol – peradangan hati berat yang disebabkan oleh akumulasi/ penumpukan lemak di hati
6. Sindrom metabolik – sekelompok kondisi termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kadar kolesterol atau trigliserida abnormal yang secara signifikan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular/ jantung/ stroke.
7. Diabetes tipe 2 atau prediabetes
8. Depresi, kecemasan dan gangguan makan
9. Perdarahan uterus abnormal/ gangguan haid.
10. Kanker pada lapisan uterus (kanker endometrium)… istilah karawangnya adalah kanker rahim.
11. Sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang berpotensi serius di mana pernapasan berulang kali berhenti dan mulai lagi. Wanita mungkin mengalami sleep apnea jika saat tidur mengalami mendengkur keras dan wanita yang merasa lelah bangetssss.

Tidak ada tes untuk mendiagnosis PCOS secara definitif. Dokter kandungan kemungkinan akan memulai dengan diskusi tentang riwayat kesehatan wanita, termasuk periode menstruasi dan perubahan berat badan wanita. Dokter kandungan juga akan melakukan pemeriksaan fisik termasuk memeriksa tanda-tanda pertumbuhan rambut berlebih, resistensi insulin dan jerawat.

Di dokter kandungan, wanita kemungkinan akan menjalani pemeriksaan antara lain:

  1. Pemeriksaan panggul. Dokter secara visual dan manual memeriksa organ reproduksi wanita untuk mencari ada tidaknya tumor, pertumbuhan jaringan tak normal atau kelainan lainnya.
  1. Tes darah. Darah wanita akan diambil untuk dianalisis dilaboratorium guna mengetahui kadar hormon wanita. Dokter kandungan juga akan melakukan tes darah tambahan untuk mengukur kadar toleransi glukosa dan kadar kolesterol dan trigliserida puasa.
  1. Dokter kandungan akan memeriksa dengan menggunakan USG untuk melihat penampilan indung telur wanita dan ketebalan dinding rahim wanita.

Pengobatan wanita dengan PCOS akan bersifat sangat individual bangetsss, ditekankan pada hal-hal yang menjadi masalah wanita tersebut misalnya infertilitas/ sulit hamil, hirsutisme/ kelebihan rambut wajah/ tubuh, jerawat atau kegembrotan/ obesitas. Pengobatan PCOS juga mungkin melibatkan perubahan gaya hidup (diet, olah raga) bahkan juga dengan pemberian obat-obatan.

Dokter kandungan akan meminta wanita PCOS untuk menurunkan berat badan melalui diet rendah kalori yang dikombinasikan dengan aktivitas olahraga yang teratur, gak usah berat-berat tetapi rutin. Pengurangan ringan dalam berat badan akan memperbaiki kondisi wanita. Menurunkan berat badan juga dapat meningkatkan efektivitas obat yang direkomendasikan dokter untuk PCOS, dan dapat membantu mengatasi ketidaksuburan.

Untuk membantu dokter kandungan dalam mengobati PCOS maka wanita diharapkan melakukan hal-hal berikut:

  1. Pertahankan berat badan yang sehat. Penurunan berat badan dapat mengurangi kadar insulin dan androgen dan dapat mengembalikan ovulasi/ kesuburan.
  1. Batasi karbohidrat. Diet tinggi karbohidrat dapat meningkatkan kadar insulin. Gampangnya kurangi makan nasi, banyakin makan ikan. Pilih karbohidrat kompleks, yang meningkatkan kadar gula darah Anda lebih lambat. Karbohidrat secara umum dibagi menjadi dua, karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks sering disebut sebagi jenis karbohidrat sehat karena mengandung tinggi serat dan rendah indeks glikemik. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya, bijian dan kacang-kacangan termasuk beras merah, jagung dan gandum. Sedangkan karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat yang memiliki kualitas rendah. Karbohidrat jenis ini ditandai dengan kandungan gulanya yang tinggi tetapi sangat rendah nutrisi. beberapa contoh makanan sumber karbohidrat sederhana diantaranya: donat, humberger, mie instan dan kue kering.
  1. Olahraga membantu menurunkan kadar gula darah. Jika Anda memiliki PCOS, meningkatkan aktivitas harian dan berpartisipasi dalam program latihan teratur dapat mengobati atau bahkan mencegah resistensi insulin dan membantu menjaga berat badan wanita sehingga dapat terkendali dan juga menghindari diabetes.

TULISAN 19. PENYAKIT ASTHMA KAMBUH SAAT HAMIL

Penyakit asma selama kehamilan adalah kondisi gangguan pernafasan paling umum yang dapat mempengaruhi fungsi paru-paru selama masa kehamilan. Dari hasil studi epidemiologi penyakit telah diketahui bahwa sebanyak 8 persen wanita hamil di seluruh dunia menderita asma. Banyak wanita hamil yang khawatir tentang apakah kehamilan akan memperparah penyakit asma mereka dan apakah penyakit asma dapat membahayakan janin dalam kandungan. Dengan terapi asma yang tepat dan teratur, kebanyakan wanita hamil dapat bernapas dengan mudah, menjalani kehamilan yang normal, dan melahirkan bayi yang sehat. Secara keseluruhan, resiko penyakit asma yang tidak terkontrol jauh lebih besar daripada resiko mengonsumsi obat-obatan untuk mengendalikan penyakit asma dalam kehamilan.

 

Terapi asma selama kehamilan yang paling memberikan hasil terbaik adalah ketika seorang wanita hamil menerima perawatan medis rutin untuk mengobati asmanya di dokter penyakit dalam dan kontrol kehamilan secara teratur ke dokter kandungan. Ada baiknya sebelum hamil, wanita yang menderita asma mendiskusikan kondisi penyakit asma mereka pada dokter penyakit dalam/ dokter kandungan. Perlu diingat bahwa semua wanita hamil harus melanjutkan pengobatan penyakit asma mereka. Penghentian obat asma pada wanita yang sering kambuh asmanya maka dapat menimbulkan bahaya bagi wanita hamil dan janin dalam kandungannya.

 

Tingkat keparahan asma selama kehamilan bervariasi dari satu wanita ke wanita lain. Selama kehamilan, penyakit asma dapat memburuk/ memberat pada 30% wanita hamil, membaik pada 30% wanita hamil, dan tetap stabil alias sama saja pada 30% wanita hamil. Bahasa gampangnya ya belum jelas apakah asma dapat makin parah atau makin sembuh saat wanita sedang hamil. Terdapat beberapa kondisi yang terjadi pada wanita hamil dengan asthma yaitu:

  1. Di antara wanita yang penyakit asmanya memburuk/ memberat selama kehamilan, ternyata terdapat perbaikan gejala asma antara minggu ke-29 dan ke-36 kehamilan.
  2. Asma umumnya membaik pada bulan terakhir kehamilan, jadi semakin dekat melahirkan maka asmanya biasanya makin jarang kambuh.
  3. Proses persalinan pada wanita hamil yang telah kontrol penyakit asma secara teratur ke dokter penyakit dalam maka penyakit asmanya jarang kambuh selama proses bersalin dan mengejan.
  4. Tingkat keparahan gejala asma selama kehamilan akan terjadi berulang pada kehamilan berikutnya. Artinya bila saat hamil yang sekarang penyakit asmanya sering kambuh maka pada kehamilan berikutnya dapat serupa dengan keparahan pada kehamilan yang sekarang.

 

Faktor-faktor yang meningkatkan atau mengurangi risiko serangan asma selama kehamilan tidak sepenuhnya jelas. Kemungkinan serangan ini tidak konstan/ tidak terjadi terus menerus sepanjang kehamilan; serangan asma tampaknya paling sering antara minggu 17 hingga 24 kehamilan. Penyebab untuk pola ini tidak diketahui, diduga karena beberapa wanita hamil berhenti menggunakan obat pengontrol asma disebabkan oleh rasa takut mereka menggunakan obat-obatan selama hamil. Padahal penghentian obat asma pada wanita yang sering kambuh asmanya dapat menimbulkan bahaya bagi wanita hamil dan janin dalam kandungannya.

 

Wanita yang menderita asma memiliki sedikit peningkatan resiko untuk terjadinya komplikasi kehamilan meskipun sebab-sebabnya belum  diketahui sampai saat ini. Wanita hamil dengan penyakit asma sedikit lebih mungkin untuk memiliki satu atau lebih komplikasi kehamilan sebagai berikut:

  1. Darah tinggi pada kehamilan/ pre-eclampsia.
  2. Kelahiran prematur/ kurang bulan.
  3. Lebih sering terpaksa dilakukan operasi sesar untuk menyelamatkan ibu/ janin dalam kandungannya.
  4. Berat badan bayi yang baru lahir lebih kecil daripada bayi wanita yang tidak asma.

 

Namun, sebagian besar wanita dengan asma dan bayi mereka TIDAK memiliki komplikasi selama kehamilan. Kontrol teratur untuk pengobatan penyakit asma yang baik selama kehamilan dapat mengurangi risiko untuk terjadinya komplikasi selama kehamilan dan persalinan.

 

Beberapa langkah sederhana dapat membantu mengendalikan faktor lingkungan yang dapat memperburuk penyakit asma dan memicu serangan asma, antara lain:

  1. Hindari paparan alergen tertentu yang diketahui menyebabkan gejala asma wanita hamil, terutama bulu hewan peliharaan (seperti bulu atau bulu), debu rumah, dan iritasi nonspesifik, seperti asap rokok, parfum yang wanginya kuat bingits, dan berbagai zat polutan.
  2. Tutup kasur dan bantal dengan penutup plastik atau pakai seprei anti tungau untuk mengurangi paparan tungau dan debu.
  3. Wanita hamil tidak boleh merokok dan jangan mengizinkan siapapun termasuk suami untuk merokok di lingkungan sekitar rumah. Suami kalo mau merokok maka perginya ke terminal atau lapangan bola saja.
  4. Wanita yang akan hamil selama musim hujan/ musim pancaroba sebaiknya mendapatkan suntikan flu di dokter penyakit dalam; vaksinasi flu tidak berbahaya bagi kehamilan. Vaksinasi flu diberikan 1 tahun sekali.

TULISAN 20. BAYIKU LAHIR DENGAN INDUKSI PERSALINAN

Induksi persalinan adalah penggunaan obat-obatan atau berbagai metode lain untuk menimbulkan/ memulai suatu persalinan. Persalinan dilakukan induksi/ rangsangan dengan tujuan untuk merangsang kontraksi rahim dalam usaha melahirkan melalui jalan normal yaitu vagina. Induksi persalinan mungkin dianjurkan jika kesehatan ibu atau janin dinilai berisiko.

Dalam situasi yang sangat khusus, persalinan dapat diinduksi untuk alasan non medis, seperti tinggal jauh dari rumah sakit dan hasil pemeriksaan menunjukkan terdapat resiko fatal bagi janin dalam kandungan bila kehamilan berlanjut. Hal ini tentunya dengan berbagai pertimbangan yang menilai untung ruginya untuk melakukan induksi persalinan. Ini disebut induksi elektif. Induksi elektif dilakukan bila umur kehamilan memasuki kategori hamil tua yaitu antara 37 – 41 minggu 6 hari. Tetapi mesti diingat bahwa tidak melulu harus hamil tua karena kondisi medis lebih diutamakan daripada umur kehamilan. Itulah sebabnya dokter kandungan itu cara berpikirnya lebih rumit daripada dokter lain karena semua faktor dipikirkan, tidak hanya medis tetapi juga faktor lingkungan, transportasi, biaya, dan lain-lain. Contoh: saya sering diketawain pasien kalo bertanya sudah berapa kali menikah, sudah punya pacar atau belum, sudah pernah hubungan sex atau belum, suka minum obat pelangsing atau belum, dulu cerai apa sebabnya, dan lain-lain. Hal itu sangat berpengaruh pada keputusan pengobatan dan terapi yang akan diberikan oleh seorang dokter kandungan.

Bingung gak ? gini deh… agak menyimpang dikit dari topik juga gak apa-apa… datang seorang nona, belum menikah, mengalami keputihan. Dokter kandungan kadang-kadang bertanya apakah sudah punya pacar… bila sudah maka akan dilanjutkan apakah sudah pernah hubungan sex… bila sudah maka akan ditanya lagi kapan terakhir hubungan sex… dan masih banyak lagi… ini semua untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya kenapa kok nona tersebut sampai mengalami keputihan. Paham gak ? gak paham juga ??? O M G… makanya minum susu biar paham…

Tubuh wanita hamil dalam upayanya untuk mempersiapkan persalinan dan persalinan, maka leher rahim (serviks) mulai melunak (matang), menipis, dan terbuka. Perubahan ini biasanya terjadi dimulai sedikit-sedikit sejak beberapa minggu sebelum persalinan dimulai. Dokter spesialis kandungan sering menggunakan skor Bishop untuk menilai kesiapan leher rahim (serviks) untuk persalinan. Dengan sistem penilaian menggunakan skor Bishop maka total nilai mulai 0 – 13 diberikan untuk menilai kondisi leher rahim (serviks). Nilai total skor Bishop kurang dari 6 berarti leher rahim (serviks) wanita hamil mungkin tidak siap untuk melahirkan. Artinya bila dilakukan induksi persalinan maka kemungkinan akan terjadi kegagalan pembukaan mulut rahim.

Cara induksi yang paling sering dilakukan oleh dokter spesialis kandungan adalah dengan cara pemberian hormon yang dikenal dengan oksitosin. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi rahim. Ini bisa digunakan untuk memulai persalinan atau untuk mempercepat persalinan yang sedang berlangsung. Kontraksi rahim biasanya dimulai sekitar 30 menit setelah oksitosin diberikan melalui cairan infus yang diberikan secara tetesan pelan.

Dengan berbagai metode induksi persalinan maka bisa saja rahim mengalami kontraksi yang terlalu sering istilahnya overstimulasi/ rangsangan berlebihan. Terlalu banyak kontraksi dapat menyebabkan perubahan pada denyut jantung janin, masalah tali pusat, dan gangguan aliran oksigen, dan masalah lainnya… ingat lo… bukan obatnya yang menimbulkan masalah tersebut tetapi kontraksi rahimlah yang menimbulkan masalah tersebut. Resiko lain induksi persalinan meliputi hal-hal berikut:
1. Infeksi baik pada wanita hamil dan atau janin dalam kandungan.
2. Robekan rahim.
3. Bila induksi mengalami kegagalan membuka pintu rahim maka persalinan mesti dilakukan dengan cara operasi sesar.
4. Kematian janin dalam rahim.
Masalah medis yang telah ada sebelum kehamilan atau terjadi selama kehamilan dapat berkontribusi pada komplikasi di atas. Kok bisa sih induksi persalinan mengalami kegagalan ? ya seperti telah dijelaskan di atas bahwa bila skor Bishopnya jelek maka kemungkinan upaya pembukaan mulut rahim akan gagal sehingga tidak mungkin lahir secara normal.

Upaya induksi yang gagal mungkin berarti wanita hamil perlu mencoba induksi lain bila kondisi memungkinkan atau menjalani persalinan dengan jalan operasi sesar. Kemungkinan persalinan sesar sangat meningkat untuk ibu pertama yang pertama kali menjalani induksi persalinan, terutama jika leher rahim (serviks) belum siap melahirkan (skor Bishopnya kurang dari 6).

TULISAN 21. TETANGGAKU UDAH MELAHIRKAN DULUAN, AKU JADI GALAU

Beberapa hari terakhir kehamilan adalah saat yang menyenangkan bagi ibu hamil. Tapi ketika tanggal taksiran persalinan sudah berlalu, maka menunggu mulainya proses persalinan bisa membuat ibu hamil menjadi stres, apalagi lihat tetangga dan teman-teman sudah pada melahirkan…tambah stress deh.

Tidak hanya ibu hamil yang stress, malahan banyak orang tua, suami, saudara, dan yang lainnya juga menjadi cemas. Tapi perlu diingat bahwa jika tidak ada masalah spesifik dalam pemeriksaan kehamilan, bayi dalam kandungan walopun udah kelewat tanggal taksiran persalinannya sangat mungkin dalam kondisi baik-baik saja.

Terdapat berbagai istilah hamil tua dalam dunia kedokteran, antara lain:

  1. Kehamilan yang berakhir sekitar 40 minggu (antara 37 – 40 minggu), dikenal sebagai “kehamilan yang tuanya pas tanggal” atau “kehamilan pas tanggal.”
  1. Jika bayi lahir sebelum umur kehamilan 37 minggu, maka hal itu dianggap kelahiran prematur. Kelahiran janin yang terlalu dini dikaitkan dengan berbagai risiko bagi bayi.
  1. Kehamilan yang berlangsung sedikit lebih lama dari 40 minggu (antara 40 – 41 minggu 6 hari) disebut kehamilan akhir-akhir/ late term pregnancy.
  1. Sedangkan kehamilan yang berlanjut 42 minggu atau lebih maka disebut kehamilan post-term/ lewat bulan.

Definisi kehamilan tua mungkin akan berbeda-beda antar negara karena disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan kemajuan teknologi kedokteran tiap negara. Sangat sedikit wanita hamil yang melahirkan tepat pada tanggal taksiran persalinannya. 90% wanita akan melahirkan janinnya secara spontan tanpa rangsangan/ tanpa induksi pada umur kehamilan antara 37-40 minggu dan 5-10% wanita akan melahirkan setelah 40 minggu (antara 40-42 minggu).

Belum diketahui secara pasti penyebab bayi lambat lahir, diduga berkaitan dengan faktor keturunan/ genetik. Dalam suatu studi kedokteran, ternyata didapati bahwa wanita yang telah melahirkan bayi lewat bulan maka mereka akan cenderung untuk melahirkan lewat bulan lagi pada masa yang akan datang. Dokter kandungan akan makin sering untuk meminta ibu hamil kontrol bila sudah lewat dari tanggal taksiran persalinan.

Kapan sih kehamilan dianggap lewat bulan ? pada minggu-minggu pertama kehamilan lewat waktu (lebih dari 40 minggu) maka kondisi bayi dan ibu hamil biasanya masih oke-oke saja asalkan selalu dalam pengamatan dan kontrol dokter kandungan, dan selama kontrol tidak ada masalah yang berkaitan langsung dengan kehamilannya. Tetapi ada hal-hal yang harus disadari oleh ibu hamil yaitu sedikit banyak akan terdapat peningkatan resiko pada kehamilan yang lewat 40 minggu, antara lain:

  1. Fungsi placenta mungkin saja tidak sebagus sebelum umur kehamilan 40 minggu.
  1. Mungkin saja mulai timbul gejala-gejala infeksi yang dapat mempengaruhi kesehatan janin dalam rahim.
  1. Dapat terjadi komplikasi-komplikasi tak terduga saat hamil atau saat melahirkan misalnya janin akan makin besar sehingga dapat membahayakan saat proses bersalin.
  1. Kalo kehamilan dibiarin saja melewati 42 minggu maka kebanyakan juga lahir dalam 3-4 minggu pasca melewati taksiran persalinan. Tetapi perlu diingat bahwa terdapat peningkatan resiko kematian janin spontan dalam kandungan. Kebanyakan dokter kandungan tidak mau membiarkan kehamilan melebihi 42 minggu sehingga langsung dilakukan induksi persalinan atau operasi sesar, tergantung kondisi kehamilan saat pemeriksaan.

Ada banyak metode tradisional yang digunakan wanita untuk memulai persalinan, termasuk hal-hal seperti berjalan-jalan pagi atau jalan-jalan di mall. Beberapa wanita melakukan hubungan seks atau menstimulasi puting payudara mereka dengan harapan hormon yang dilepaskan akan memicu kontraksi rahim.

Pendekatan ini didasarkan pada teori bahwa hormon pada air mani pria (cairan pembawa sperma yang dilepaskan saat ejakulasi), dan hormon yang dibuat tubuh wanita saat terangsang secara seksual, menyebabkan leher rahim wanita hamil akan mengalami rileks dan terbuka lebih mudah. Bahkan banyak penelitian tentang pendekatan tradisional ini. Tapi ternyata penelitian tersebut hanya menghasilkan bukti-bukti lemah yang menunjukkan bahwa puting payudara wanita hamil yang dirangsang selama satu sampai tiga jam per hari dapat membantu mempercepat terjadinya persalinan. Artinya tidak direkomendasikan untuk dilakukan… ya gampangnya boleh dikerjakan tapi hasilnya megecewakan alias gatot (kebanyakan bakalan gagal total). Adapun hasil penelitian tersebut menemukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Tanpa stimulasi payudara: Didapati bahwa 8 dari 100 wanita yang tidak menstimulasi puting payudara mereka, persalinan dimulai dalam 72 jam pada umur kehamilan lebih dari 40 minggu.
  1. Dengan stimulasi payudara: ternyata didapati bahwa sekitar 39 dari 100 wanita yang merangsang puting mereka akan melahirkan spontan setelah umur kehamilan 40 minggu. Tetapi perlu diingat yaitu penelitian ini hanya dilakukan pada 400 wanita sehingga penelitian ini hanya bisa memberi gambaran kasar tentang efektifitas stimulasi puting payudara pada wanita hamil.

Rangsangan puting payudara wanita pasca melahirkan ternyata bermanfaat juga untuk mengurangi risiko pendarahan setelah melahirkan. Kebanyakan penelitian kedokteran menyatakan bahwa belum menemukan hubungan yang jelas apakah seks dapat menginduksi terjadinya persalinan.

Tidak hanya rangsangan pada puting payudara, wanita hamil terkadang mencoba sejumlah hal lain untuk mencoba menimbulkan persalinan. Beberapa minum teh daun raspberry untuk melembutkan leher rahim, sementara yang lain menggunakan homeopati, minyak evening primrose atau akupunktur. Tapi tidak ada bukti ilmiah bahwa pendekatan ini berhasil menimbulkan persalinan.

Minyak jarak adalah metode tradisional lain yang digunakan untuk menginduksi persalinan. Ini tersedia dalam bentuk jus, larutan yang digunakan dalam irigasi kolon, atau kapsul. Minyak ini belum terbukti memiliki efek menimbulkan persalinan. Dan perlu diingat bahwa belum banyak penelitian tentang keamanan dan efektivitas minyak jarak bagi wanita hamil.

kesimpulannya adalah setiap wanita hamil yang sudah lewat dari tanggal taksiran persalinan wajib kontrol ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi kehamilannya dan untuk mengetahui langkah-langkah yang mungkin diambil menghadapi kehamilan yang sudah lewat dari taksiran persalinannya.