TULISAN 127. PEMBULUH DARAH TALI PUSAT JANIN

Saya beberapa kali mendapatkan pasien ibu hamil dengan kondisi dimana pembuluh darah tali pusat cuman ada 2 yaitu 1 vena dan 1 arteri. Normalnya pembuluh darah tali pusat itu ada 3 yaitu 1 vena dan 2 arteri. Istilah kelainan pada kehamilan ini dikenal dengan sebutan single umbilical artery.

Tentunya hal ini hanya bisa diketahui dengan melakukan pengamatan USG dokter spesialis kandungan dan dokter kandungan akan memberikan informasi yang ibu hamil butuhkan. Kalo ibu hamil pernah dan rajin baca formulir hasil pemeriksaan USG yang saya berikan maka disitu akan tampak tulisan JUMLAH ARTERI UMBILICALIS DAN JUMLAH VENA UMBILICALIS.

Pemeriksaan jumlah pembuluh darah tali pusat ini merupakan bagian pemeriksaan rutin kehamilan di dokter kandungan. Itulah sebabnya setiap wanita hamil wajib control kehamilan ke dokter spesialis kandungan paling sedikit 4x selama hamil, syukur-syukur bila bisa lebih dari itu alias rutin sehingga dapat dilakukan pengamatan secara berkesinambungan sebab keakuratan pemeriksaan USG oleh dokter spesialis kandungan itu rata-rata keseluruhan mencapai sekitar 40% dan ini membutuhkan pemeriksaan berulang-ulang untuk memperoleh hasil yang optimal.

Kenapa kok dokter kandungan seringkali memeriksa tali pusat janin dalam Rahim ? karena kelainan tali pusat seringkali berkaitan dengan ketidaknormalan kondisi janin dalam Rahim. Pembuluh darah arteri tali pusat akan mengelilingi pembuluh darah vena tali pusat lalu setelah mencapai placenta akan memisahkan diri. Kok bisa ya tali pusat dengan 1 arteri saja ? ya bisa saja… namanya juga kuasa Tuhan. Secara ilmiah diduga penyebabnya adalah pertumbuhan salah satu arteri yang tadinya tumbuh normal lalu dalam perkembangan kehamilan ternyata arteri tersebut tidak mencapai sempurna alias atrofi atau atresia. Bisa juga bila dari awal sudah tak tumbuh sama sekali yang dikenal dengan sebutan agenesis artery. Secara USG jumlah pembuluh darah tali pusat ini lebih mudah dilihat pada kehamilan 20 minggu atau lebih, bila kelihatan dengan USG. Kalo USG jadul (alias 2D) ya mungkin masih bisa walopun dokter kandungannya matanya mesti berair karena perih ketika melihat gambarnya.

Apa sih fungsi pembuluh darah tali pusat bagi janin ? pembuluh darah vena berfungsi mengangkut darah yang mengandung oksigen dari ibu hamil ke dalam janin, sedangkan pembuluh darah arteri fungsinya untuk mengangkut darah yang miskin oksigen dari janin menuju ibunya.  75% ibu hamil yang menderita single umbilical artery janinnya akan normal-normal saja. Nah sisanya 25% janinnya menderita kelainan yang sifatnya biasa-biasa saja (ringan/ tak mengancam nyawa) atau sifatnya bisa bikin mati janin dalam kandungan. Dari hasil penelitian para ahli, bila ternyata yang tidak ada itu pembuluh darah artery sebelah kiri maka kemungkinan besar janinnya akan mengalami gangguan atau kelainan.

Pada janin-janin yang terdeteksi bahwa tali pusatnya cuman ada 2 pembuluh darah  maka terdapat resiko-resiko kelainan sebagai berikut:

  1. Abnormalitas jantung (gangguan fungsi jantung atau gangguan fisik jantung).
  2. Gangguan system gerak janin misalnya bentuk tulang atau panjang tulang tak normal.
  3. Gangguan usus.
  4. Gangguan ginjal.
  5. Edwards syndrome (trisomy 18) yaitu terjadi pen-triple-an kromosom nomor 18 sehingga bayi lahir dengan berat badan kecil sejak dalam kandungan dan seringkali akan memiliki gangguan jantung.
  6. Kematian janin, bisa mendadak dalam Rahim bisa juga tidak.
  7. Janin baik-baik saja (75% kasus ini janinnya tak apa-apa).

Lalu apakah yang mesti dilakukan bila janin memiliki kelainan tali pusat seperti ini ? dokter kandungan akan merujuk ibu hamil ke RS Pendidikan dimana ibu hamil akan dilakukan pemeriksaan secara team dokter kandungan dengan menggunakan USG super canggih untuk mendeteksi adanya kemungkinan kelainan bawaan pada janin yang timbul bersamaan dgn kelainan tali pusat tersebut. Janin akan dilakukan pemeriksaan echocardiogram dimana jantung janin akan diperiksa secara mendetil oleh dokter kandungan yang mendalami ilmu USG perjantungan janin dalam Rahim. Nahhh… terbukti ilmu itu sangat luas sehingga gak mungkin manusia sepintar dokter kandungan sekalipun bisa menguasainya semua. kesimpulannya: dokter kandungan itu bodoh dan Hanya ALLAH SWT YANG MAHA PINTAR DAN MAHA BERKEHENDAK atas segala sesuatu di bumi dan di langit. Kadang-kadang aka nada pemeriksaan lanjutan bila dibutuhkan seperti mengambil contoh placenta janin (chorionic villus sampling) atau mengambil contoh cairan ketuban janin (amniocentesis).

Zaman dulu bahkan sampai hari ini sangat jarang deteksi tali pusat dilakukan karena mengingat sangat sulitnya melihat pembuluh darah tali pusat terutama bila janin masih sangat kecil atau teknologi USG sudah jadul. Kebanyakan diketahui setelah janin lahir. Seringkali kelainan tali pusat diketahui dari hasil deteksi pada janin-janin yang mengalami gangguan pertumbuhan dalam Rahim atau sering juga bila dokter kandungan hobbynya “oprek-oprek” Rahim dan janin saat USG. Ngerti oprek-oprek gak ? oprek-oprek itu tindakan dokter kandungan yang selalu berusaha melakukan pengamatan rutin akan hal tersebut selama proses USG kehamilan.

Oke deh… itu saja… saya cape banget nih… mau bobo-bob syantikkk duyuuu…

TULISAN 126. DIARE KETIKA HAMIL

Diare selama kehamilan adalah salah satu ketidaknyamanan perut yang dialami oleh beberapa wanita hamil yang lumayan sering terjadi. Diare didefinisikan sebagai buang air besar cair lebih dari 3x dalam periode 24 jam. Nah pada wanita hamil yang diare mesti mendapatkan perhatian khusus yaitu dapat menimbulkan komplikasi dehidrasi akibat kekurangan cairan dan elektrolit. Dehidrasi bisa berakibat serius pada kehamilan, bahkan dapat mematikan. Wanita hamil perlu banyak minum bila mengalami diare, tentunya mengkonsumsi minuman atau makanan berair yang mengandung elektrolit lebih diutamakan. Ingat ya… walopun diare jarang mengancam jiwa bila ditangani dengan baik, tetapi tidak boleh dianggap remeh, terutama saat hamil.

Apa sih yang dapat menyebabkan diare pada wanita hamil ?

  1. Perubahan system hormonal selama hamil.
  2. Perubahan kerja system pencernaan makanan saat kehamilan. Gerakan usus dan lambung akan melambat sehingga kadang-kadang pada sebagian wanita hamil dapat menimbulkan BAB lembek atau bahkan diare.
  3. Saat hamil mengalami perubahan pola makanan yang dimakan sehari-hari daripada makanan biasanya (sebelum hamil). Misalnya selama hamil senang makan golok, ya udah deh akibatnya terjadi diare kecuali wanita hamil tersebut seorang pendekar debus.
  4. Wanita hamil sensitive atau alergi terhadap makanan tertentu.
  5. Penyakit akibat virus.
  6. Penyakit akibat bakteri.

Diare pada trimester ketiga kehamilan merupakan hal yang tidak biasa dan harus lebih mendapatkan perhatian khusus karena terdapat beberapa kemungkinan yaitu:

  1. Lebih mungkin terjadi ketika wanita hamil mendekati tanggal HPL (hari perkiraan lahir). Diare ini bisa menjadi tanda bahwa persalinan sudah dekat, dan itu bisa terjadi tepat sebelum persalinan atau beberapa minggu sebelum persalinan. Yang sangat tidak diharapkan adalah jika terjadi diare jauh beberapa minggu sebelum tanggal HPL yaitu masih pada periode kelahiran prematur sehingga dokter biasanya akan melakukan penanganan segera dan mengevaluasi penyebab diare tersebut sebagai ikhtiar untuk mencegah kontraksi dini sehingga diharapkan tidak berujung pada persalinan premature.
  2. Dapat juga disebabkan oleh kuman bakteri/ virus sehingga perlu segera berobat ke dokter kandungan.

Bagaimana cara mengatasi diare saat hamil ?

  1. Banyak minum.
  2. Rajin makan buah berair.
  3. Makan tambah rajin.
  4. Segera berobat ke dokter kandungan/ dokter penyakit dalam.

Bagaimana cara mencegah terjadinya diare ? sebetulnya tidak semua diare bisa dicegah, tetapi terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh wanita hamil untuk mencegah timbulnya diare akibat penyakit yaitu:

  1. Makan makanan matang.
  2. Minum air yang telah dimasak mendidih. Jangan diminum saat mendidih ya… itu mah sundel bolong yang minum air panas…
  3. Kurangi jajan diluar, lebih baik masak sendiri.
  4. Bagi yang suka buah, jangan makan buah yang tak dikupas sendiri. Cuci buah sebelum mengupas. Hindari buah-buahan yang terkontaminasi tanah misalnya salak, nanas, manga jatuh, dll.
  5. Hindari bepergian jauh ke luar kota terutama ke daerah yang kurang baik sanitasi lingkungannya.
  6. Selalu cuci tangan sebelum makan minum.
  7. Jangan suka memegang atau menyentuh benda-benda di mall seperti karet tangga berjalan, pegangan pagar pembatas lantai mall, sering salaman sama orang lain, dll. Intinya jagalah tangan anda sehingga TAK BERKUMAN.

TULISAN 124. NGE-VAPE, MEROKOK, DAN KEHAMILAN

Merokok/ asap rokok dalam kehamilan tentu saja telah diketahui berdampak sangat berbahaya dalam kehamilan. Meskipun demikian, banyak wanita atau suaminya yang  terus saja merokok walopun dirinya/ isterinya sedang dalam kondisi hamil… istilahnya cuek beibeh. Baru-baru ini ada model baru dalam hal merokok yaitu dikenal dengan istilah populer nge-vape. Vape atau vaping adalah rokok elektronik dimana pabrik yang mengedarkannya memberikan jaminan bahwa nge-vape itu aman bagi kehamilan. Akibatnya di amerika serikat makin banyak wanita/ suaminya yang tadinya sudah berhenti merokok, lalu dapat mainan baru yaitu e-cigs atau rokok elektronik atau vaping. Hal ini menarik perhatian serius para dokter-dokter kandungan amerika serikat yang tergabung dalam organisasi ACOG. Sebuah penelitian yang dipaparkan pada Konferensi Kongres Obstetri dan Ginekolog Amerika (ACOG) di Maryland pada tahun 2015 menunjukkan bahwa akibat omongan pabrik vape menyebabkan sekitar 40 persen wanita hamil percaya bahwa rokok elektronik lebih aman daripada rokok biasa.

Benarkah demikian ?

E-cigs atau vape masih merupakan sistem pengiriman nikotin yang prinsip kerjanya berbeda dari sistem pengiriman nikotin pada rokok biasa. Jadi vape itu mengandung nikotin dan zat nikotin ini dapat menyebabkan adiksi atau ketagihan. Karena vape atau rokok elektrik ini masih mengandung nikotin, maka bahaya bagi kehamilan dan bayi masih mungkin terjadi, bahkan melebihi kecanduan. Konsekuensinya terhadap kehamilan akibat vape antara lain:

  1. kelahiran prematur.
  2. berat badan bayi lahir rendah.
  3. kematian bayi.

Pihak FDA amerika serikat bahkan tidak mengatur tentang boleh tidaknya menghisap vape bagi wanita hamil. Vaping, penghirupan gas dari rokok elektronik ini, tidak ada dalam daftar obat/ zat yang disetujui oleh pihak FDA. Seperti halnya rokok tradisional, semakin cepat Anda berhenti, semakin baik bagi bayi Anda dalam hal risiko yang terkait dengan merokok dalam kehamilan.

Terdapat penelitian yang sangat terkenal mengenai dampak vape bagi kehamilan, yang berjudul The Use of Electronic Cigarettes in Pregnancy: A Review of the Literature yang dimuat dalam jurnal kedokteran Obstet Gynecol Surv. 2018 Sep;73(9):544-549. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa:

  1. nikotin pda vape memiliki kadar yang sama dengan nikotin yang dihasilkan oleh rokok tradisional/ rokok biasa.
  2. Penelitian ini dilakukan pada hewan (karena tidak boleh diteliti pada manusia hamil sebab sangat berbahaya). dan ternyata memiliki efek samping yang luar biasa pada kehamilan yaitu sebagian besar studi model hewan menunjukkan potensi bahaya bagi janin yang sedang berkembang terutama karena konsumsi nikotin dan bahwa konsumsi nikotin memiliki banyak efek pada sistem kekebalan tubuh, perkembangan saraf, fungsi paru-paru, dan fungsi jantung.
  3. Ada persepsi ngawur yang telah terlanjur berkembang luas dikalangan wanita hamil dan suaminya bahwa e-rokok atau vape atau rokok elektronik aman digunakan selama kehamilan.

Nahhh… hidup itu pilihan… egoisme pribadi juga pilihan… ini hidup anda… anda yang menjalani resikonya… bukan dokter kandungan… keputusan ada ditangan anda.

TULISAN 125. PENYAKIT SYPHILLIS DALAM KEHAMILAN

Sifilis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri spiroset Treponema pallidum sub-spesies pallidum. Rute utama penularannya melalui kontak seksual; infeksi ini juga dapat ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan atau saat kelahiran, yang menyebabkan terjadinya sifilis kongenital. Penyakit lain yang diderita manusia yang disebabkan oleh Treponema pallidum termasuk frambusia atau patek (subspesies pertenue), pinta (sub-spesies carateum), dan bejel (sub-spesies endemicum).

Ingat… ! Sifilis adalah infeksi yang terutama ditularkan secara seksual. Infeksi sifilis yang tidak diobati pada wanita hamil dapat ditularkan ke janin (sifilis kongenital) setiap saat selama kehamilan atau saat kelahiran. Sifilis kongenital dikaitkan dengan lahir mati, kematian neonatal, dan morbiditas yang signifikan pada bayi. Semua wanita hamil sebaiknya dianjurkan untuk menjalani skrining secara serologis untuk mendeteksi penyakit sifilis sejak awal kehamilan.

Penampilan awal sifilis sulit didiagnosisis secara klinis. Penegakkan diagnosisnya melalui tes darah atau pemeriksaan visual secara langsung menggunakan mikroskop. Pemeriksaan darah adalah cara yang umum digunakan, karena lebih mudah dilakukan. Di Amerika Serikat, sebagian besar negara bagian di sana bahkan mewajibkan skrining sifilis pada saat kunjungan antenatal pertama kali… jadi begitu test hamil positif dan pasien melakukan kontrol ke dokter kandungan, maka secara otomatis pasien hamil harus mau untuk menjalani deteksi dini sifilis dalam kehamilan.

Untuk komunitas dan populasi masyarakat di suatu negara bagian Amerika Serikat yang memiliki prevalensi sifilis tinggi dan untuk wanita berisiko tinggi untuk terjangkit infeksi sifilis maka dianjurkan untuk menjalani tes serologis sifilis dua kali selama trimester ketiga yaitu pada umur kehamilan 28-32 minggu dan diulangi pada saat mendekati persalinan. Sebaiknya wanita yang memiliki kematian janin dalam rahim setelah usia kehamilan 20 minggu dites untuk sifilis.

Skrining untuk infeksi sifilis pada kehamilan terdiri dari dua langkah yaitu:

  1. tes pertama adalah tes antibodi “nontreponemal” – VENEREAL DISEASE RESEARCH LABORATORY (VDRL) atau tes RAPID PALSMA REAGIN (RPR)
  2. tes pendeteksian antibodi “treponemal” – TREPONEMAL PALLIDUM PARTICLE AGGLUTINATION TEST (TPPA/ TPHA).

Wanita hamil dengan hasil seropositif harus dianggap terinfeksi sifilis kecuali terdapat riwayat pengobatan yang adequat dan didokumentasikan dengan jelas dalam catatan medis dan dari hasil pemriksaan ulangan untuk titer antibodi sifilis secara serologis telah menurun secara signifikan. Secara umum, risiko untuk infeksi janin antepartum (dalam rahim) atau sifilis kongenital saat persalinan terkait dengan level/ stadium penyakit  sifilis selama kehamilan, dengan risiko tertinggi terjadi pada stadium primer dan sekunder. Titer serologis nontreponemal wanita hamil secara kuantitatif, terutama jika kadarnya > 1:8, maka mungkin sedang terjadi infeksi sifilis baru dan sedang dalam fase bakteriemia (kuman berjalan dalam darah). Namun demikian, tetap saja risiko infeksi janin masih signifikan pada wanita hamil dengan sifilis stadium laten lanjut walopun titer serologisnya  rendah, dalam hal ini bila wanita hamil belum memperoleh pengobatan yang adequat.

Bila wanita hamil telah diobati secara adequat dan dari hasil follow up titer serologis sifilis stabil dan rendah maka hal demikian tak perlu diberikan pengobatan sifilis lagi. Tetapi bila kadar titer serologisnya meningkat kembali atau setelah pengobatan yang adequat didapatkan kadar titer serologis sifilis tetap tinggi maka menandakan:

  1. infeksi berulang
  2. pengobatan gagal

pengobatan sifilis merupakan pengobatan yang lumayan ada resiko karena kuman sifilis itu kalo dibunuh pakai antibiotika maka kuman yang mati itu menimbulkan racun sehingga dapat menyebabkan reaksi JARISH HERXHEIMER dimana pada wanita hamil lumayan bikin cemas karena dapat menyebabkan kontraksi prematur, lahir prematur, gawat janin dan yang sangat jarang adalah janin game over dalam rahim. Tapi kalo gak diobatin maka janin dan ibunya akan menderita penyakit infeksi sifilis.

Reaksi Jarisch- Herxheimer seringkali dimulai setelah satu jam pengobatan dan bertahan selama 24 jam, dengan gejala demam, nyeri otot, sakit kepala, dan takikardia. Takikardia disebabkan oleh sitokin yang dikeluarkan oleh sistem kekebalan tubuh sebagai respons terhadap lipoprotein yang dikeluarkan dari bakteri sifilis yang pecah.

Salah satu pencegahan infeksi sifilis adalah pola kehidupan sex yang sehat dan halal. Suami harus waspada terhadap PELAKOR, isteri juga waspada terhadap PEBINOR.

Apa sih bahaya yang dapat ditimbulkan oleh penyakit sifilis terhadap janin dalam rahim yang dikenal dengan sebutan kongenital syphillis ?

  1. hidrocephalus (kepala besar dan berisi air yang banyak).
  2. Liver janin membesar.
  3. Perut janin membesar dan berisi air.
  4. Kulit bayi terisi air yang dikenal dengan istilah hydrops.
  5. Janin mengalami anemia dalam rahim.

Kalo janin sudah mengalami hal diatas maka tidak ada pengobatan yang bisa dilakukan selama dalam rahim. Pengobatan tertentu bisa dilakukan setelah bayi lahir misalnya hidrocephalus yang tentu saja mungkin hasilnya tetap tak bisa seperti yang diharapkan.

Wanita hamil yang diketahui menderita syphillis maka disarankan untuk melakukan test HIV. Sifilis terutama ditularkan melalui kontak seksual atau selama kehamilan dari ibu ke janinnya; spiroseta mampu menembus membran mokusa utuh atau ganguan kulit. Oleh karena itu dapat ditularkan melalui mencium area di dekat lesi, serta seks oral, vagina, dan anal. Sekitar 30 sampai 60% dari mereka yang terkena sifilis primer atau sekunder akan terkena penyakit tersebut. Sebagian besar (60%) dari kasus baru di United States of America (USA) terjadi pada laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki. Penyakit tersebut dapat ditularkan lewat produk darah. Namun, produk darah telah diuji di banyak negara dan risiko penularan tersebut menjadi rendah. Risiko dari penularan karena berbagi jarum suntik tidaklah banyak. Sifilis tidak dapat ditularkan melalui dudukan toilet, aktivitas sehari-hari, bak panas, atau berbagi alat makan serta pakaian.

Bagaimana cara mencegah tertular syphillis ?

  1. Cara yang paling pasti untuk mencegah penyebaran penyakit menular seksual adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual.
  2. Pencegahan yang 100% efektif adalah menikah dengan perawan yang sehat. Jika belum dapat, lampiaskan birahi dengan melakukan masturbasi.
  3. Penggunaan kondom dapat mengurangi risiko penularan penyakit.
  4. Pastikan toilet yang digunakan higienis, hindari penggunaan toilet duduk di tempat umum.
  5. Segera obati bila ada keluhan seperti di atas.

SUMBER:

  1. Eccleston, K (March 2008). “Primary syphilis”. International journal of STD & AIDS. 19 (3): 145–51. doi:10.1258/ijsa.2007.007258. PMID 18397550
  2. Kent ME, Romanelli F (2008). “Reexamining syphilis: an update on epidemiology, clinical manifestations, and management”. Ann Pharmacother. 42 (2): 226–36. doi:10.1345/aph.1K086. PMID 18212261
  3. “Syphilis – CDC Fact Sheet”. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). 16 September 2010.
  4. https://www.cdc.gov/std/tg2015/syphilis-pregnancy.htm
  5. https://en.wikipedia.org/wiki/Jarisch%E2%80%93Herxheimer_reaction
  6. https://id.wikipedia.org/wiki/Sifilis
  7. S. Preventive Services Task, Force (May 2009 19). “Screening for syphilis infection in pregnancy: U.S. Preventive Services Task Force reaffirmation recommendation statement”. Annals of internal medicine. 150 (10): 705–9. PMID 19451577

 

TULISAN 108. KEGUGURAN AKIBAT DARAH SAYA KENTAL… keguguran seri ke 1

KEGUGURAN SERI 1

Kegagalan kehamilan (keguguran) adalah kejadian yang membuat para ibu hamil bagaikan mendengar petir di siang bolong dan kejadian ini terjadi sangat umum dikalangan ibu hamil. Sekitar 15% dari semua kehamilan dapat mengalami kegagalan kehamilan (keguguran). Kegagalan kehamilan berulang (RPL/ keguguran berulang) didefinisikan secara tidak konsisten sebagai 2-3 keguguran berturut-turut sebelum 20 minggu yang dihitung dari periode menstruasi terakhir (HPHT). Keguguran berulang terjadi pada sekitar 1-2% wanita hamil di seluruh dunia. Tempo hari saya pernah berjanji untuk membahas tentang penyakit kekentalan darah yang bikin wanita keguguran maka kali ini penyebab keguguran berulang akan saya batasi pada penyakit kekentalan darah dulu. Ini cerita bersambung ya… jadi ikuti terus postingan dokter cucuk kiuttt hello kitty yang demikian menggemaskan dunia per-facebook-an… sandiaga uno aja lewat…

Sebetulnya apa saja sih penyebab keguguran itu ? kepo nih… okelah akan saya sebutkan beberapa diantaranya:

  1. Faktor genetik
  2. Faktor anatomi
  3. Faktor endokrin (sistem hormon)
  4. Faktor infeksi
  5. Faktor immunologi… nah untuk yang kekentalan darah masuk dalam faktor imunologi dikenal dengan penyakit antiphospholipid syndrome.
  6. Faktor kekentalan darah yang bukan termasuk dalam antiphospholipid syndrome. Bahasa kerennya adalah non-APS thrombophilia.

Janin itu tidak identik dengan ibunya secara genetik karena janin itu dibentuk oleh ayah dan ibu yang secara genetik pasti berbeda (orang lain menikah dengan orang lain). Sehingga sangat masuk akal bila terdapat proses imunologis yang menyebabkan janin dapat diterima oleh sistem imunologi ibunya artinya janin bisa dikandung oleh ibunya, tidak ditolak oleh badan ibu. Oleh sebab itu para ahli meyakini bahwa pada ibu hamil yang mengalami keguguran sangat mungkin terdapat gangguan dalam sistem imunologi ibu dan janin. Nah penyakit anti-phospolipid syndrome ini termasuk dalam kategori gangguan sistem imun yang dapat menyebabkan keguguran berulang kali. Kapan para dokter kandungan mencurigai wanita menderita penyakit APS ? terdapat minimal 1 kriteria klinik dan 1 kriteria laboratorium untuk menunjukkan bahwa wanita menderita APS. Yaitu antara lain:

  1. Kriteria klinis
  2. Bila wanita tersebut mengalami keguguran berulang kali, biasanya lebih dari 3x dan kejadiannya pada umur kehamilan < 10 minggu.
  3. Bila wanita hamil pernah mengalami kejadian janin mati pada umur kehamilan > 10 minggu.
  4. Atau bila wanita hamil itu pernah mengalami penyakit pre-eclampsia berat yang menyebabkan kelahiran premature pada umur kehamilan kurang dari 34 minggu. Termasuk juga pada wanita hamil yang sering mengalami gangguan aliran darah placenta (placental insuffisiency).
  5. Pernah mengalami penyakit vascular thrombosis, ini biasanya ditandai dengan nyeri yang hebat pada tungkai atau pada bagian tubuh lainnya dan sudah dibuktikan oleh dokter bedah vascular atau dokter penyakit dalam bahwa ini merupakan penyakit akibat sumbatan pembuluh darah (thrombosis).
  6. Kriteria laboratorium
  7. Pada pemeriksaan lab ternyata kadar hormon ACA (Ig G dan Ig M anti cardiolipin antibody) meningkat.
  8. Terdapat pula peningkatan kadar hormon LAC (Ig G dan IgM Lupus anticoagulant)

Sebetulnya bagaimana mekanisme penyakit APS ini dapat menyebabkan keguguran masih belum dapat dimengerti sepenuhnya oleh para dokter kandungan sedunia. Begitu wanita yang sering mengalami keguguran dinyatakan menderita APS maka pengobatan dimulai sejak sebelum hamil. Ada juga obat-obatan yang dimulai sejak awal hamil. Kalo obat-obatan yang dimulai sebelum hamil yaitu aspirin. Sedangkan obat-obatan yang dimulai saat hamil disebut heparin molekul rendah. Ada yang perlu diketahui oleh para wanita muslim yaitu obat-obatan heparin yang diberikan berupa suntikan dalam prosesnya bersentuhan dengan bahan babi. Saat ini sudah ada obat yang sejenis yang tidak berbahan babi tetapi sangat mungkin efek atau manfaat yang dihasilkan berbeda dari obat aslinya (yang bersentuhan dengan bahan babi) karena bahan dasar obatnya berbeda jenisnya walopun tujuannya mirip. Obat-obatan tersebut di atas dinyatakan aman bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Oke deh cukup sekian… terima kasih… kamsiah.

TULISAN 109. SAYA MELUDAH TERUS KETIKA HAMIL SEKARANG

AIR LIUR IBU HAMIL BERLEBIHAN

Dokter cucuk yg memang kiuttt seperti hello kitty,  saya air liurnya berlebihan dok, sehingga bawaannya meludah melulu… gimana cara mengatasinya ????… gampang saja… gak usah hamil… ??????

Peningkatan salivasi merupakan suatu kondisi yang tidak biasa yang disebabkan oleh peningkatan keasaman pada mulut dan atau peningkatan enzyme ptyalin, serta peningkatan stimulasi kelenjar air ludah, sehingga meningkatkan sekresi air ludah yang berlebih. Penyebab hipersalivasi belum diketahui secara pasti, diduga terjadi karena adanya perubahan hormonal.

Wanita hamil yang mengalami hipersalivasi, biasanya juga mengalami gejala mual-muntah. Kondisi ini merupakan suatu hal yang saling berhubungan, tidak hanya peningkatan salivasi yang intensif menyebabkan mual-muntah, tetapi juga keinginan ibu dalam menghindari mual-muntah dapat menyebabkan ibu hamil menelan sedikit air ludah, sehingga meningkatkan volume/produksi saliva dalam mulut.

Pada ibu hamil yang mengalami mual-muntah, setiap kali menelan air liur maka akan membilas kerongkongannya dan membantu menetralisir asam lambung. Oleh karena itu hal ini dapat dianggap suatu hal yang fiiologis.

Untuk mengurangi gejala hipersalivasi diantaranya adalah:
1. bersihkan mulut menggunakan sikat gigi yang lembut dengan pasta gigi yang sesuai
2. gunakan penyegar mulut beberapa kali sehari
3. konsumsi makanan dengan gizi seimbang
4. hindari makanan yang banyak mengandung tepung
5. perbanyak minum (sering minum walaupun sedikit- sedikit)
6. serta mengulum sebutir permen atau mengunyah permen karet tanpa gula. Mengulum/mengunyah permen tidak langsung membuat produksi saliva menjadi berkurang, tetapi hal ini akan membuat ibu menelan saliva.

Hindari permen asam atau permen karet manis, karena akan semakin menstimulasi produksi saliva. Akan lebih baik apabila ibu hamil menelan saliva yang berlebihan. Tetapi kalau hal ini justru membuat ibu menjadi mual, sebaiknya sarankan ibu cari alternatif tempat seperti tissue, handuk waslap, atau gelas/cangkir untuk meludah. Tekankan pada ibu agar minum air putih yang banyak sehingga tidak dehidrasi.

Bagi kebanyakan ibu hamil, masalah hipersalivasi ini dapat berkurang dan hilang dengan sendirinya seiring dengan meredanya rasa mual sekitar akhir trimester pertama. Tetapi bagi sebagian kecil ibu hamil, masalah ini sama halnya dengan mual-muntah (emesis) yang dapat berlangsung sampai akhir masa kehamilan.

Oke deh saya rasa cukup sekian dulu. Seperti biasa:
1. Sedekah rutin harian Rp 4000,-/ hari dan diniatkan untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Juga boleh ditambahin jadi Rp 5000,-/ hari dengan niatan bisa naik pangkat, nambah kekayaan, naik jabatan, dll. Gak perlu ikhlas, nungguin datangnya ikhlas gak ada manfaatnya buat orang miskin/ anak yatim/ masjid. Kalo duitnya keluar tapi gak ikhlas, gpp, yang penting sudah bisa dinikmati oleh perut orang miskin/ perut anak yatim/ dakwah masjid.
2. Saya tidak melayani pertanyaan di wall/ sms/ WA. Kalo mau bertanya silakan INBOX/ FB messenger/ message fanpage. Kalo comment silakan saja di wall.
3. Jangan marah-marah dan jangan tersinggung kalo pertanyaannya tidak saya jawab karena FB bukan ruangan ujian, bukan dalam kantor, bukan pula hubungan boss dan anak buah, FB adalah sarana saya buat memberikan pengetahuan bagi ibu-ibu Indonesia.
4. bila follower/ friend FB merasa postingan ini berguna bagi ibu-ibu hamil maka mohon di LIKE dan di SHARE untuk ibu-ibu yang lain supaya menjadi amal jariyah kelak di akhirat.

TULISAN 110. AKU KEPUTIHAN, PENGARUH GAK KE JANINKU ?

KEPUTIHAN DALAM KEHAMILAN

Memasuki tahun baru 2019 ini juga tahun-tahun sebelumnya dan sebelumnya dan sebelumnya lagi dan sebelumnya sebelumnya lagi… ????? Saya seringkali mendapatkan keluhan dari ibu-ibu hamil yang mengalami keputihan. Ada yang mengeluhkan netes-netes, seperti air, pekat, bau amis, dan lain-lain. Kata suami kok jadi becek….

Halo… halo… halo… om telolet om… dokter cucuk yang katanya kiutttss hello kitty…. apa yang harus saya lakukan ?

Sebetulnya keputihan pada wanita hamil itu seringkali terjadi dan hampir semua wanita hamil mengalami keputihan saat hamil. Hal tersebut normal bila keputihannya TIDAK BERBAU, berwarna PUTIH semu-semu kekuningan, biasanya diketahui ada nempel di celana dalam ibu hamil.

Keputihan pada wanita hamil disebabkan oleh tingginya kadar hormon estrogen pada wanita hamil dan juga disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke daerah vagina selama kehamilan. Hal ini akan menyebabkan vagina dan mulut rahim memproduksi cairan lendir lebih banyak saat hamil, bahkan bakteri baik hati dalam vagina juga ikutan memproduksi cairan lendir.

Semua bertujuan untuk melindungi kehamilan dari proses infeksi yang datangnya dari luar. Sering juga lo ibu hamil baru mengalami keputihan menjelang persalinan (memasuki hamil tua), tapi biasanya jumlahnya agak lebih banyak daripada saat hamil muda.

Pada awal-awal kehamilan, produksi lendir oleh sel-sel mulut rahim akan menutup/ menyumbat pintu leher rahim yang dikenal dengan istilah MUCOUS PLUG (SUMBATAN LEHER RAHIM = SLR). Ini tujuannya untuk melindungi kehamilan dari infeksi kuman-kuman jahat yang ada di kemaluan ibu hamil.

Saat kehamilan memasuki hamil tua apalagi saat menjelang persalinan, leher rahim sedikit demi sedikit akan memendek dan menipis serta membuka… nahhhh ini akan menyebabkan SLR lepas dan akibatnya timbulah keputihan yang warnanya sepertinya putih telur atau lendir bening. Kadang-kadang menjelang masa-masa persalinan keputihan itu menjadi lengket seperti getah dan disertai dengan sedikit semu-semu darah.

HAL-HAL APA SAJA YANG HARUS DIWASPADAI BILA KEPUTIHAN SAAT HAMIL ?

Kalo ibu-ibu hamil mengalami keputihan yang banyak, walopun jernih, maka ibu hamil harus sesegera mungkin ke dokter kandungan terdekat untuk diperiksa apakah itu keputihan normal ataukah ketuban pecah.

1. Bila umur kehamilan ibu hamil belum mencapai 36-37 minggu dan ibu hamil mengalami keputihan yang berbeda daripada biasanya seperti jumlahnya banyak, lebih encer daripada biasanya, disertai dengan lendir darah, bergetah kental, kecoklatan, maka itu tanda akan melahirkan. Dan ingat itu belum masuk hamil tua, sehingga ibu hamil harus segera ke dokter kandungan supaya diperiksa apakah tanda-tanda itu masuk kategori sedang dalam proses terancam lahir premature atau tidak.

2. Bila ibu hamil mengalami keputihan yang bikin ibu/ suami risih saat berhubungan, seperti nyeri saat hubungan, nyeri saat pipis, gatal, rasa seperti terbakar, baunya betul-betul beda daripada biasanya, vagina ibu tampak agak bengkak kemerahan seperti meradang, maka segera ke dokter kandungan terdekat karena mungkin saja disitu ada infeksi bakteri jahat atau jamur jahat. Bisa juga setelah berhubungan suami-isteri lelehan sperma suami yang keluar dari vagina itu menimbulkan bau yang sangat tidak enak berbeda daripada biasanya, sangat mungkin itu akibat infeksi vagina.

3. Awas-awas kalo keputihan ibu hamil berwarna kehijauan, kuning, abu-abu… bukan warna balonku ada 5 looo yaaaa…. biasanya juga berbau menyengat, maka ibu hamil harus segera ke dokter kandungan terdekat untuk diperiksa karena sangat mungkin itu infeksi bakteri jahat yang sudah terkenal kejahatannya dikalangan para bakteri dengan julukan bakteri trikomonas, seringkali ini dapat ditularkan secara hubungan sex. Mulut rahim/ vagina/ dinding vagina bisa berwarna kemerahan, iritasi, gatal, dan sangat tidak nyaman/ nyeri saat ibu hamil pipis atau hubungan sex dengan suami.

4. Jangan coba-coba menggunakan obat-obatan sebelum ibu hamil periksa ke dokter kandungan karena antara keputihan normal dan penyakit keputihan saat hamil tidak bisa dibedakan oleh masyarakat awam sehingga dapat merugikan ibu hamil bila menggunakan obat sembarangan. Apa sih kerugiannya ? terbunuhnya bakteri baik hati dalam vagina yang berfungsi untuk melindungi kehamilan dari kuman-kuman jahat yang lain. Jangan percaya dibohongi pake iklan obat… macem-macem itu… jadi jangan malas untuk segera berobat ke dokter kandungan terdekat.

BAGAIMANA CARA UNTUK MENGHENTIKAN KEPUTIHAN SAAT HAMIL ?

Tidak ada cara yang bisa menghentikan keputihan normal dalam kehamilan. Ingat ya… keputihan normal… karena itu bawaan kehamilan. Yang bisa ibu-ibu hamil lakukan adalah memakai panty liner non perfumed (tidak boleh wangi) untuk menyerap cairan keputihan tersebut sehingga tidak risih dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Jangan memasukkan bahan apapun kedalam vagina.

Ibu-ibu hamil sebaiknya makin meningkatkan minum jus buah dan susu. makan sup-sup daging/ sup-sup ayam dan sayuran. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan dan mencegah infeksi pada kehamilan. Celana dalam harus kering, ganti panty liner sesering mungkin, jangan biarkan becek/ lembab.

Untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan selama hamil maka ibu hamil sebaiknya memakai celana dalam berbahan katun yang lembut. Hindari bahan sintetis dan hindari yang berwarna gelap. Bila pipis lakukan cebok dari arah depan menuju ke arah belakang, dari arah vagina menuju ke arah lubang dubur sehingga vagina tidak bisa terinfeksi oleh kuman-kuman jahat yang suka ngumpul rundingan disekitar dubur untuk melakukan MAKAR pada bakteri baik hati dalam vagina. Kuman-kuman jahat tersebut suka sekali mengganggu/ melakukan MAKAR pada kehamilan.

Jangan berendam di dalam air sabun, nahhh… ibu-ibu hamil yang dirumahnya ada bathtub tidak boleh berendam ya karena dapat membunuh bakteri baik hati. Jangan juga pake berbagai macam cairan pembersih vagina. Jangan mau dibohongi pake iklan cairan pewangi/ pelindung/ perapat vagina… macem-macem itu… jadi jangan sungkan untuk berkata TIDAK pada iklan.

Kalo ke mall, saat selesai pipis, jangan pake tissue toilet, banyak kuman disitu, pake saja aqua kecil untuk cebok. Jangan pake vaginal douching selama hamil, bisa bikin bakteri baik hati kelenger dan beberapa dokter kandungan melarang tiupan udara dari alat douching tersebut karena dipercaya dapat menyebabkan terbukanya hubungan antara dunia luar dan tubuh ibu hamil bagian dalam dan dikuatirkan menimbulkan masalah yang serius bagi kesehatan ibu hamil.

Jangan sering makan makanan berminyak, berkolesterol tinggi, minuman bersoda, kurangi makanan merangsang seperti pedas, asam, kecut, kurangi minum teh, kurangi kopi, dan jangan minum alkohol/ merokok baik aktif maupun pasif.

TULISAN 111. SUAMI PENGEN GITUAN SAAT ISTERI HAMIL

SEKS DALAM KEHAMILAN

Saya seringkali dan hampir setiap praktek selalu ditanyain masalah sex oleh suami/ isteri yang sedang hamil, baik hamil muda ataupun hamil tua. Bahkan ada yang bertanya pertanyaan yang horor bangets yang tidak bisa saya sampaikan disini. Tetapi apapun itu tentu saja kehamilan bukan menjadi penghalang bagi pasangan suami-isteri untuk tetap melakukan hubungan seks saat isterinya sedang hamil. Banyak yang takut melakukan hubungan seks dapat melukai janin dalam kandungan bahkan ada juga yang takut menyakiti isterinya saat hubungan seks. Tenanggg… kekuatiran akan hal tersebut biar om dokter kiuttts om yang atasi… silakan baca postingan saya ini dan jangan lupa di LIKE dan di SHARE…. juga di REVIEW biar saya gak malez posting lagi…

Wanita hamil bebas melakukan hubungan seks hingga tiba saatnya mules-mules mau melahirkan (coba baca postingan saya tentang tanda-tanda dekat melahirkan) atau pas udah muncul ketuban yang pecah/ merembes.

PADA BEBERAPA KONDISI TERTENTU MEMANG DOKTER KANDUNGAN SERING MEMBATASI HUBUNGAN SEKS BAHKAN MELARANG SAMA SEKALI HUBUNGAN SEKS DEMI KEAMANAN KEHAMILAN. UNTUK ITU RAJIN-RAJINLAH BERTANYA PADA DOKTER KANDUNGAN APAKAH PASANGAN SUAMI-ISTERI MASIH BOLEH MELAKUKAN HUBUNGAN SEKS DALAM KEHAMILAN SAAT INI.

Seks dalam kehamilan tidak akan membahayakan janin dalam kandungan, bahkan misalkan penis suami besarnya sama dengan punyanya kuda sekalipun, tetap saja seks itu aman bagi janin dalam kandungan. Rangsangan seks atau yang dikenal dengan istilah pemanasan juga tidak akan menyebabkan mules kontraksi melahirkan (dalam bahasa kedokteran, kontraksi akan melahirkan dikenal dengan istilah INPARTU) dan juga tidak akan menyebabkan keguguran.

Ada saatnya saat hubungan seks, dengan rangsangan pada payudara dan atau klitoris ibu hamil akan menyebabkan ibu hamil mengalami kontraksi. Bahkan sperma suami mengandung bahan yang dapat merangsang timbulnya kontraksi rahim. Orgasme pada wanita hamil akan menimbulkan mules yang dikenal dengan post orgasmic contraction, jangan kuatir karena mules model begini tidak berbahaya dan hanya timbul sebentar saja.

Kadangkala ibu hamil akan merasakan hubungan seks saat hamil jauh lebih menyenangkan dan menggairahkan daripada sebelum hamil, tapi ada juga yang merasa bahwa seks saat hamil terasa hambar, kurang membara, kurang sambal, kurang merica…

Kehamilan akan meningkatkan aliran darah pada organ panggul dan tentunya organ seks sehingga akan terjadi peningkatan sensasi kepuasan seks yang lebih daripada wanita tak hamil bila dirangsang, belum lagi ibu hamil itu kadang-kadang mengalami keputihan yang normal sehingga dapat membantu pelicinan/ pelumasan area seks. Tetapi hal ini tidak dapat dinikmati oleh setiap ibu hamil karena rasanya memang diluar kebiasaan, organ seks yang sembab selama kehamilan dianggap memberikan rasa sesak dan tidak nyaman saat dipakai berhubungan seks. Belum lagi bila ibu hamil mengalami orgasme, mesti kontraksi diperut makin bikin worry alias kuatir sehingga akan mengganggu kenikmatan seks bagi sebagian sebagian ibu hamil.

Payudara ibu hamil juga akan makin sensitif saat hamil sehingga rangsangan seksual dari suami akan makin meningkatkan gairah membara, sayangnya ada wanita hamil yang merasakan payudara yang super sensitif tersebut sebagai gangguan sehingga menolak untuk disentuh atau dirangsang oleh suami… saya harap para suami untuk tabah menerima nasib sialmu yaaa… ingat suami masih punya cara yang lain… pun masih ada vaseline atau sabun…. he he he kasian banget…

Bila terdapat gangguan atau perasaan tidak nyaman melakukan hubungan seks, para ibu hamil masih bisa kok melakukan kewajibannya untuk memberikan kepuasan pada suami yaitu dengan jalan oral sex, saling memberikan rangsangan, bahkan seks tangan, seks jepit payudara, seks jepit paha, dan lain-lain. Tetapi ingat seks itu bukan sekedar aktivitas fisik saja, tetapi yang jauh lebih penting seks itu merupakan aktivitas jiwa, aktivitas saling menyayangi… bila isteri sedang sulit dengan kehamilannya, jangan dipaksakan, peluk isteri, cium isteri, itu saja sudah jauh lebih dari cukup untuk menunjukkan rasa kasih sayang dalam rumah tangga.
Wanita hamil sering mengalami kelelahan, perubahan mood, perubahan kejiwaan, gampang ngomel, dan lain sebagainya yang dapat menurunkan gairah/ nafsu seks. Bila wanita hamil berusaha untuk menikmati kehamilannya, maka gairah seks tersebut akan kembali normal bahkan meningkat.

Oral sex saat hamil boleh dikatakan aman, tetapi dengan kondisi tertentu. Menjilat klitoris/ vagina isteri juga boleh, tentunya ada batasan tertentu. Suami tidak boleh melakukan tiupan kedalam vagina isteri karena dapat membahayakan kehamilan dan mengancam kesehatan isteri. Bila suami pernah terkena herpes di mulut juga tidak boleh melakukan oral sex ke isteri, tidak boleh menjilat klitoris isteri.
Untuk menghindari tertular penyakit kelamin, pasangan suami-isteri sebaiknya menggunakan kondom. Tentunya hal ini dilakukan bila suami/ isteri tidak yakin dengan kesetiaan pasangan masing-masing.

BILA SALAH SATU PASANGAN PERNAH TERDETEKSI MENDERITA PENYAKIT KELAMIN SELAMA MASA KEHAMILAN INI MAKA SEBAIKNYA JANGAN MELAKUKAN HUBUNGAN SEX MODEL APAPUN KARENA DAPAT MENINGKATKAN RESIKO INFEKSI BAGI KEHAMILAN.

Segera ke dokter kandungan bila ibu hamil mengalami hal-hal berikut setelah hubungan seks:
1. Keluar darah
2. Keluar cairan banyak
3. Rasa kram diperut yang tak kunjung reda

Apakah hubungan seks dapat menyebabkan kelahiran prematur ? sebetulnya belum ada penelitian yang dapat membuktikan secara konsisten bahwa hubungan seks dapat memicu terjadinya kelahiran prematur. Bahkan beberapa dokter kandungan, termasuk saya, yang menyarankan hubungan seks makin sering saat hamil tua untuk mencegah terjadinya kehamilan lewat bulan juga hanya berdasarkan pengalaman bahwa sperma suami bisa bikin kontraksi rahim (telah diteliti bahwa sperma suami mengandung prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi rahim), bukan berdasarkan penelitian ilmiah yang berskala besar.

Beberapa kondisi yang dilarang melakukan hubungan seks saat hamil antara lain:
1. Kehamilan dengan posisi placenta menutupi jalan lahir
2. Kehamilan dengan ketuban pecah atau rembes
3. Kehamilan dengan keputihan yang banyak, apalagi bila disertai gatal dan dan bau.
4. Ada kelainan pada mulut rahim
5. Sedapat mungkin pada hamil kembar membatasi/ mengurangi hubungan seksnya.
6. Beberapa kali mengalami keguguran/ lahir premature

INGAT… BILA DOKTER KANDUNGAN MELARANG HUBUNGAN SEKS PADA PASANGAN SUAMI ISTERI MAKA ITU ARTINYA TIDAK BOLEH ADA PENIS SUAMI YANG MASUK VAGINA ISTERI, TIDAK BOLEH ADA RANGSANGAN SEKS MODEL APAPUN BAIK KE PAYUDARA ISTERI MAUPUN KE VAGINA ISTERI DAN KEBAGIAN-BAGIAN LAIN DARI TUBUH ISTERI YANG DAPAT MENIMBULKAN RANGSANGAN SEKSUAL PADA ISTERI, DAN TIDAK BOLEH ADA ORGASME DENGAN CARA APAPUN. Mampusss deh… nganggurlah si otong… sabun lagi… sabun lagi… jangan ke pantura ya… dosa besar… apalagi kalo ketahuan, dosa dapet, penyakit dapet, dicakar isteri pula…

KAPAN BOLEH MELAKUKAN HUBUNGAN SEKS SETELAH MELAHIRKAN ? bagi wanita yang menjalani operasi sesar sebaiknya hubungan sex setelah melahirkan dilakukan bila melewati masa nifas (setelah 6 minggu pasca melahirkan ) atau bila luka pada vagina akibat lahiran normal sudah sembuh betul sekitar 2 bulanan. Sementara sebaiknya memakai kondom untuk mengurangi resiko infeksi dan tentunya untuk menunda kehamilan berikutnya.

Posisi seks yang aman pada kehamilan:
1. Woman on top. Wanita duduk diatas selangkangan pria. Pada posisi ini tidak ada penekanan pada perut ibu hamil, dan ibu hamil dapat mengatur rangsangan yang paling nikmat bagi dirinya dan dapat mengatur kedalaman penetrasi penis ke liang vagina.
2. Suami duduk, isteri dipangku suami. Posisi ini juga aman karena tidak ada penekanan pada perut ibu hamil. Ibu hamil bisa lompat-lompat kegirangan berhadapan dengan suami dan mengatur kenikmatan seksnya serta dapat mengatur kedalaman penetrasi seksnya.
3. Spoon position. Dalam posisi ini pasangan berbaring saling berhadapan, posisi ini paling aman untuk semua usia kehamilan trimester 1 s/d trimester 3, tapi kadangkala bila perut isteri sudah terlalu besar, penetrasi seks agak sulit.
4. Doggy style. Posisi ini juga aman pada kehamilan. Penetrasi penis suami pada vagina isteri dilakukan dari arah belakang, posisi isteri seperti orang merangkak. Tapi bila hamil besar, ini agak riskan karena perut ibu hamil tergantung bebas, sulit untuk mengatur goyangan yang timbul pada perut akibat genjotan suami.
5. Isteri berbaring di tepi kasur dengan selangkangan terbuka menghadap penis suami dan pada posisi ini suami dapat dengan bebas untuk melakukan penetrasi penis pada vagina isteri.

JANGAN MEREMEHKAN IBU HAMIL DALAM HAL HUBUNGAN SEX, SEBAB BILA IBU HAMIL LAPOR DOKTER KANDUNGAN DAN PADA AKHIRNYA SETELAH PEMERIKSAAN KONDISI KEHAMILAN, DOKTER KANDUNGAN MELARANG HUBUNGAN SEX DALAM KEHAMILAN MAKA….KELARRRR IDUPPP LOEEEE… OM BEKARAT OM… ????

Oke deh… setelah cerita horor di atas, dokter cucuk kiuttt hello kitty seperti biasa memberikan informasi terpenting yaitu:
1. marilah bersedekah Rp 2000,-/ hari. Niatkan untuk memperoleh kehamilan yang sehat, lancar, dan aman. Tahun depan sedekahnya naik ya… jadi Rp 4000,-/ hari. Yang nurut dengan program hamil sedekah, saya doakan cepat hamil dan hamilnya sehat.
2. Jangan lupa di LIKE dan di SHARE dan REVIEW fanpage dr. Cucuk santoso, spog. Siapa saja boleh bergabung di GROUP IBU HAMIL dan follow fanpage dr. Cucuk santoso, spog selama tidak bikin rusuh, reseh dan dagang obat. Dagang lainnya boleh, silakan…
3. pertanyaan hanya via INBOX. Kalo gak dijawab jangan marah, karena ini bukan ruang ujian dan bukan ruang konsultasi dokter.

TULISAN 103. TEST LABORATORIUM UNTUK DETEKSI INFEKSI SELAMA KEHAMILAN

Selama hamil, Anda harus ditest laboratorium untuk hepatitis B, sifilis, streptokokus grup B, Chlamydia trachomatis, gonore dan human immunodeficiency virus (HIV). Semua infeksi ini dapat membahayakan janin dalam kandungan jika sampai tertular infeksi yang berasal dari ibu hamil. Jika ibu hamil ditest laboratorium dan ternyata menderita salah satu dari infeksi ini, pengobatan biasanya dapat mencegah penularan terhadap janin dalam kandungan sehingga diharapkan janin dalam kandungan tidak sampai menderita sakit akibat infeksi tersebut.

Anda juga harus ditest laboratorium untuk penyakit rubella (campak Jerman) jika Anda tidak tahu apakah Anda kebal terhadap penyakit rubella. Bila ternyata dari hasil lab diketahui bahwa ibu hamil tidak kebal terhadap penyakit rubella maka ibu hamil wajib menghindari semua orang yang diduga menderita rubella. Jika Anda tidak kebal, maka Anda bisa mendapatkan vaksin rubella setelah bayi Anda lahir (tidak boleh suntik vaksin rubella saat sedang hamil) sehingga Anda tidak akan mendapatkan rubella di masa yang akan datang. Di beberapa negara, ibu hamil juga ditest untuk mengetahui kekebalannya terhadap penyakit cacar. Dan bila diketahui ternyata ibu hamil tersebut tak kebal terhadap penyakit cacar maka tidak boleh dekat-dekat dengan orang siapapun yang menderita cacar, walopun suami sendiri sekalipun. Tergantung pada riwayat kesehatan Anda, tes juga dapat dilakukan untuk infeksi lain seperti cytomegalovirus (CMV) atau parvovirus.

Apakah ibu hamil harus mengikuti tes-test laboratorium ini selama kehamilan ?

Anda bisa saja mendapatkan infeksi-infeksi ini bertahun-tahun yang lalu dan anda tidak tahu kalau terkena infeksi tersebut. Kebanyakan orang yang mengalami infeksi ini tidak tahu bahwa mereka memilikinya karena seringkali penyakit-penyakit diatas tidak memiliki gejala. Tes-tes ini ditawarkan kepada ibu hamil untuk kesehatan ibu hamil sendiri dan kesehatan janin dalam kandungan. Ibu hamil dapat memilih untuk tidak melakukan tes-tes laboratorium untuk infeksi tersebut, namun keputusan ini bisa merugikan janin dalam kandungan.

TULISAN 104. KENAPA PERIKSA LABORATORIUM SAAT HAMIL ?

Kehamilan adalah suatu pengalaman yang sangat berharga. Oleh sebab itu dokter kandungan akan melakukan segala upaya untuk mengamankan kehamilan dan tentunya untuk mempersiapkan persalinan. Mengapa sih periksa laboratorium itu sangat super penting selama anda hamil ? karena tes-tes laboratorium ini digunakan untuk membantu mengidentifikasi kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan bayi Anda selama kehamilan dan persalinan. Coba anda bayangkan selama hamil anda tak pernah melakukan test laboratorium kemudian terjadi situasi emergency terhadap janin dalam kandungan anda dan anda diputuskan untuk segera melahirkan janinnya tetapi ternyata kondisi anda tak memungkinkan untuk menjalani proses persalinan emergensi… apa yang akan dokter lakukan demi menolong janin anda ? oke bisa ditolong tetapi dengan resiko yang sangat tinggi baik pada ibu hamil maupun janin dalam kandungan.

Contoh selama hamil anda tidak pernah cek laboratorium darah rutin. Ternyata didapatkan kadar trombosit atau keping darah beku anda sangat rendah. Maka hal ini sangat berbahaya bagi ibu hamil bila melahirkan bahkan dapat menyebabkan stroke pada wanita hamil bila pembuluh darahnya pecah atau bocor. Dokter kandungan yang baik akan mempersiapkan dan selalu mengamati ibu hamil dan janin dalam kandungan. Ibu hamil yang sehat maka lingkungan dalam rahim diharapkan juga sehat sehingga janin dapat tinggal dengan lebih aman dalam rahim.

Banyak test laboratorium yang perlu bagi ibu hamil, tetapi tidak semua laboratorium siap dengan berbagai pemeriksaan. Sehingga dokter kandungan hanya memeriksakan laboratorium berdasarkan kebutuhan yang erat kaitannya dengan antisipasi segala macam kondisi emergensi, sesuatu yang sangat tak diharapkan. Dokter kandungan juga berusaha mengupayakan lingkungan yang aman bagi janin dalam kandungan. Tetapi perlu diingat bahwa dokter kandungan bukan Tuhan dan tidak ada yang bisa menjamin bahwa dengan berbagai upaya tersebut maka semua akan aman-aman saja. Alangkah lucunya bila kita pengen aman, hamil yang sehat, tetapi upayanya tidak maksimal.

Ibu hamil adalah pihak yang paling tahu mana yang terbaik bagi janin dalam kandungannya sehingga ibu hamil berhak banget untuk menolak saran dokter kandungan bila dirasakan tidak dibutuhkan bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Prinsip dokter kandungan adalah mengetahui sejak dini jauh lebih baik daripada mendadak dikala dibutuhkan tindakan yang cepat. Mengetahui lebih dini berarti dokter kandungan dapat lebih mempersiapkan ibu hamil menjalani kehamilan dan persalinan kelak serta memberikan lingkungan yang optimal bagi janin dalam rahim.

Test lab apa saja yang diharapkan dapat diperiksa buat ibu hamil ?

  1. Darah rutin. Test ini bertujuan untuk melihat apakah ibu hamil memiliki kondisi anemia atau tidak, ada kelainan darah atau tidak, dan lain-lain.
  2. Golongan darah. Hal ini sangat penting karena ada golongan darah tertentu yang dapat membunuh janin dalam kandungan, terutama bila terjadi perbedaan golongan darah rhesus antara ibu dan janinnya. Hal ini dapat diatasi bila diketahui sejak awal sehingga dapat diberikan obat-oabtan anti rhesus yang diharapkan dapat menyelamatkan janin dalam kandungan.
  3. Antigen Hepatitis B. Pada ibu hamil dengan hepatitis B maka janinnya harus dipersiapkan saat prosespersalinan yaitu dengan tersedianya zat hormon khusus untuk janin yang ibunya mengalami hepatitis B (penyakit liver) yaitu imunoglobulin (HbIg). Obat ini sangat sulit didapati sehingga butuh waktu. seandainya ibu hamil diketahui saat proses persalinan maka mampukah keluarga mencari obat tersebut dalam waktu 24 jam ??? lewat dari 24 jam maka hampir tak ada gunanya bagi bayi baru lahir alias bayi itu ikutan sakit liver.
  4. Serologi syphilis. Pernah lihat bayi cacat ? penyakit ini juga bisa bikin keguguran.
  5. Urine lengkap. Infeksi saluran kencing sering bikin kelahiran prematur atau kontraksi sebelum waktunya. Juga sering bikin perdarahan yang mengarah kepada keguguran. Kalo gak diobati atau berobat tapi udah terlambat maka ujungnya adalah keguguran. Bahkan bisa bikin infeksi ginjal pada wanita hamil. Kalo udah infeksi ginjal maka seringkali hamilnya gak bakalan berlanjut.
  6. Pada ibu dengan HIV maka peru penanganan multi disiplin yang melibatkan dokter kandungan dan dokter penyakit dalam dengan harapkan meminimalkan resiko janin tertular oleh ibunya.
  7. kadar gula darah. kehamilan yang disertai dengan peningkatan kadar gula berarti menimbulkan resiko pada janin yaitu sulit nafas ketika lahir. hal ini bila lambat diketahui maka dokter tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan kematangan paru-paru janin. Bila diketahui lebih awal maka dokter kandungan dapat bekerja sama dengan dokter penyakit dalam untuk berupaya menurunkan kadar gula sehingga diharapkan janin lebih punya harapan untuk bernafas normal saat lahir kelak.

Hidup itu adalah pilihan. Ibu hamil yang menentukan mau dibawa kemana kehamilannya. Dokter kandungan cuman membantu mengarahkan dan mengevaluasi hasil upaya ibu hamil terhadap janin dalam kandungannya. Gak mau cek lab ? gak masalah… yang hamil siapa ?