KONDISI DARURAT SAAT HAMIL

Berikut hal hal yang harus diwaspadai oleh para ibu hamil kiutt hello kitty, apabila mengalami :

  • Pendarahan

Pendarahan yang terjadi pada awal kehamilan (trimester I) dapat berakibat gugurnya janin uang dikandung, pendarahan ini bisa disebabkan oleh:

  • Terlalu Lelah dalam bekerja
  • Model pakaian kerja yang terlalu ketat
  • Mengangkat beban yang terlalu berat
  • Berhubungan seks saat hamil

Trimester I merupakan masa masa kritis. Sehingga ibu harus menjaga aktivitasnya.

  • Keluarnya cairan bening dari kemaluan

Cairan bening, tidak berbau yang keluar dari kemaluan adalah air ketuban. Ketuban atau bungkus bayi dalam kandungan tidak boleh pecah sebelum tiba waktunya persalinan. Jika sampai pecah, berarti cairan ketuban akan tumpah keluar liang rahum, dan bayi yang seharusnya terlindungi steril didalamnya terancam bahaya tercemar oleh bibit penyakit dunia luar.

  • Berat badan naik secara berlebihan

Kenaikan berat badan yang normal pada Wanita hamil adalah 1kg/bulan sampai usia kehamilan 20 minggu, kenaikan 2kg/bulan setelah usia kehamilan 20 minggu. Jadi batas toleransi sampai usia 9 bulan adalah kurang lebih 12-14 kg pada posisi ibu saat start hamil Bb nya 45-65 kg. kenaikan berat badan berlebih pada saat hamil perlu diwaspadai apabila disertai dengan kaki bengkak, tekanan darah tinggi, mata berkunag kunang, karena masuk tanda tanda preeklampsia.

  • Berat badan tidak naik

Kenaikan berat badan itu terlihat nyata sejak kehamilan berumur 4 bulan sampai menjelang persalinan. Bila berat badan ibu tidak naik pada akhir bulan keempat atau kurang dari45 kg pada akhir bulan keenam, maka pertumbuhan janin terganggu, dan kehidupan janin pun terancam.

  • Tekanan darah naik secara drastis

Preeklampsia biasanya terjadi pada kehamilan lebih dari 20 minggu dan harus segera ditangani agar tidak meningkat menjadi eclampsia yang tidak saja berbahaya bagi ibu hamil tetapi bagi janin juga, ibu bisa mengalami kejang kejang hingga bisa tidak terselamatkan, jika ibu tidak terselamatkan, janin pun mengalami nasib yang sama.

  • Kaki bengkak

Biasanya pembengkakan terjadi pada tungkai bawah, yang disebabkan penekanan Rahim yang membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Hal ini tampak saat usia kehamilan semakin tua. Bengkak ini akan mengempis jika ibu tidur dalam posisi kaki diganjal bantal. Namun jika pembengkakan juga terjadi pada tangan dan wajah, atau sakit kepala kadang disertai kejang. Ini bisa membahayakan keselamatan ibu dan bayi dalam kandungan.

  • Gerakan janin melemah/hilang

Gerakan janin dapat dirasakan ibu pertama kali pada umur kehamilan 4-5 bulan. Sejak saat itu, Gerakan janin sering dirasakan ibu. Jika Gerakan janin seakan hilang dalam 12 jam, kehidupan bayi mungkin terancam, ibu kiutt hello kitty harus segera mencari pertolongan ke rumah sakit.