TULISAN 91. KB SUNTIK 1 BULANAN

Dokter cucuk kiuttt hello kitty… saya pengen suntik KB 1 bulanan. Ya udah suntik aja… gitu kok repot.

KB suntik 1 bulanan seringkali dipakai oleh ibu-ibu kiuttters yang ingin praktis dan ingin haid tapi malas minum pil KB. KB injeksi 1 bulanan itu terdiri dari 2 macam hormon yaitu estrogen dan progestin. Biasanya yang sering di indonesia dikenal dengan sebutan CYCLOFEM, terdiri dari estradiol dan MPA. Cara kerja KB suntik 1 bulanan sama saja dengan KB hormon yang lain yaitu mencegah terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur) dan juga menghambat sperma untuk bertemu dengan sel telur. Bahasa kerennya adalah agen pen-jomblo.

Efektifitas KB suntik 1 bulanan sangat tergantung dari ketepatan waktu suntik yaitu diberikan tiap 4 minggu, bila telat suntik tetapi belum berhubungan sex dengan suami maka boleh langsung di suntik. Misalnya terlalu cepat suntiknya, maju sampai 1 minggu dari jadwal suntik, juga gak masalah kok. Setelah lepas KB suntik 1 bulanan, kesuburan juga segera kembali.

Apa sih efek samping dari KB suntik 1 bulanan ?
1. Haid menjadi sedikit bahkan jumlah hari haid makin pendek, biasanya 5-7 hari bisa saja menjadi 3 hari.
2. Perdarahan haid menjadi tidak teratur.
3. Kadang-kadang haid tidak datang, telat datang.
4. Haidnya memanjang
5. Tidak haid sama sekali.
6. Gemuk
7. Sakit kepala
8. Sering pusing
9. Payudara terasa tegang dan nyeri

Semua ini sifatnya individual, tidak sama antara wanita. Jadi bila sudah pake KB suntik 1 bulanan ya sudah terima saja ya nasibnya…

Saya seringkali mendapatkan keluhan ibu-ibu kiuttters bahwa bila tidak haid maka badan jadi gemuk… sebetulnya haid gak haid kalo pake KB suntik model apapun, baik model xenia atau avanza, mau kredit atau cash ya sama saja tetap aja ada yang gemuk dan ada yang tidak gemuk. Kan sifatnya individual, tergantung respon tubuh wanita terhadap hormon dalam KB suntik.

Jadi bila pakai KB injeksi 1 bulanan dan ternyata tidak haid, itu tidak masalah karena ketika hamil wanita juga tidak haid kok, kondisinya mirip kok dengan kehamilan. Jadi gak mungkin kalo gak haid maka darah kotor numpuk didalam badan sehingga bikin melarrrr. Ahhh ibu-ibu melarrr nambah 1 centimeter aja udah ribut gak karuan. Udah pada langsung diet ketat, gak mau makan nasi, gak mau makan daging, maunya makan tutut aja… sama saja…

KB injeksi tidak menyebabkan menopause, tidak bikin tidak subur, dan lagi tidak bikin janin cacat. Tapi ya jangan disengaja suntik KB saat hamil, ntar cacat beneran loooo… serreeemmm kannnn… tidak bikin gatal-gatal… yang bikin gatal-gatal itu kalo 1 bulan gak ketemu suami… KB suntik 1 bulanan juga gak bikin nafsu sex berkurang…

Hampir setiap wanita boleh KB suntik 1 bulanan, termasuk diantaranya antara lain:
1. Wanita yang ingin menunda punya anak
2. Wanita yang belum menikah
3. Umur berapa saja.
4. Wanita yang barusan keguguran
5. Wanita yang merokok
6. Wanita yang punya gejala anemia
7. Wanita yang punya varises
8. Wanita dengan HIV, baik dalam pengobatan ataupun tidak dalam pengobatan antivirus. Tetapi sebaiknya bila dalam pengobatan menggunakan ritonavir, ya jangan pakai KB suntik 1 bulanan karena efektifitas obat KB bisa berkurang.

Pemberian KB injeksi 1 bulanan juga nyaris tanpa syarat:
1. Tidak perlu didahului dengan cek lab ini itu
2. Tidak perlu didahului dengan periksa USG
3. Tidak perlu didahului dengan test IVA/ pap smear
4. Tidak perlu didahului dengan periksa payudara
5. Walopun sedang tidak haid lama, asalkan yakin gak hamil, gak pernah hubungan sex, maka gak perlu didahului dengan tes hamil.

Bagaimana dengan ibu menyusui ? boleh gak pakai KB injeksi 1 bulanan ? sebetulnya tergantung sih… bila aktif dalam ASI EKSKLUSIF maka sebaiknya bila pengen KB injeksi 1 bulanan dimulai saat anaknya usia 6 bulan sehingga anak tidak terlalu tergantung dengan ASI lagi, tetapi perlu diingat bahwa bisa saja sewaktu-waktu produksi ASI stop, tergantung respon tubuh ibu. Misalnya kadang ASI campur-campur dengan susu formula maka bila pengen KB injeksi 1 bulanan maka dapat dimulai sejak masa nifas berlalu.

Kebanyakan pengalaman saya sih ASI stop semua bila pake KB Injeksi 1 bulanan.

Bila tidak menyusui, maka suntikan KB injeksi dapat diberikan kira-kira 3 minggu pasca melahirkan. Tetapi saya merekomendasikan sebaiknya setelah 6 minggu pasca melahirkan untuk mencegah dan menurunkan resiko adanya penggumpalan darah pada ibu-ibu nifas.

Pada ibu-ibu dengan penyakit liver yang berat maka dilarang pake KB injeksi 1 bulanan. Sebaiknya pake metode KB non hormonal seperti kondom atau spiral. Pada wanita dengan darah tinggi juga sebaiknya jangan pake KB injeksi 1 bulanan. Pake saja metode KB lainnya yang tidak mengandung hormon. Pada wanita dengan kencing manis/ diabetes apalagi kalo sudah disertai dengan gangguan ginjal dan pembuluh darah maka sebaiknya tidak memakai KB injeksi. Kalo punya kanker payudara juga gak boleh pake KB injeksi. Wanita yang menderita epilepsi, penyakit jantung, dan gangguan pembekuan darah juga sebaiknya tidak pake KB injeksi.

Hmmm… saya rasa cukup sekian, karena saya sudah ngantuk dan ini sudah siap-siap untuk bobok. Oke deh… setelah cerita di atas, dokter cucuk kiuttt hello kitty seperti biasa memberikan informasi terpenting yaitu:
1. marilah bersedekah Rp 4000,-/ hari. Kumpulin tiap hari dan akhir bulan diserahkan ke anak yatim di panti asuhan. Tidak perlu ikhlas, tidak perlu percaya… karena ikhlas dan keyakinan gak bisa dipakai beli nasi oleh anak yatim. Berbahagialah kita yang telah diberikan kelebihan rejeki atau pekerjaan atau pendidikan dibandingkan anak yatim di panti asuhan.
Niatkan sedekah itu untuk:
a. memperoleh kehamilan yang sehat, lancar, dan aman.
b. Cepat menjadi hamil…khusus yang satu ini makin besar nilai duitnya makin cepat dilirik malaikat.
2. Postingan ini bukan promosi, bukan nyari penggemar, ini untuk menjaring sebanyak-banyaknya wanita indonesia untuk memperoleh pengetahuan seputar kesehatan kandungan dan kehamilan dalam rangka ikut berpartisipasi mencerdaskan dan menyehatkan wanita Indonesia langsung dari dokter kandungan. Bagi wanita yang ingin memperoleh update postingan seputar kesehatan kandungan dan kehamilan maka jangan lupa di LIKE dan di SHARE dan REVIEW
a. GROUP FB: ibu hamil kiuttt hello kitty
b. Fanpage FB: dr. cucuk santoso, spog

2 thoughts on “TULISAN 91. KB SUNTIK 1 BULANAN”

  1. Selamat malam dok, dari tema yang dokter telah sampaikan saya ingin bertanya mengenai KB suntik 1 bulan yg saya gunakan, anak saya berumur 3bulan, br seminggi yg lalu sy pk KB 1 suntik 1 bulan tp produksi ASI sdh terasa berkurang, pdhl sblmnya produksi ASI sy bnyk dan anak sy tipikal yg suka nyusu. Skrg antisipasinya saya mengkonsumsi ASI Booster merk BM dan HOG. Yg ingin sy tnyakan apakah jika bulan2 berikutnya sy tidak suntik Kb lg prosuksi ASI sy kembali seperti awal ? Mohon penjelasannya fok. Trims

Comments are closed.