TULISAN 92. NYERI PINGGANG SELAMA HAMIL

Nyeri pinggang selama kehamilan adalah suatu hal yang sudah jamak dialami oleh ibu-ibu hamil, tetapi dokter kandungan tetap saja akan mengawasi dan mengamati perkembangan nyeri pada ibu hamil… dont worry… be happy… ikuti saja postingan ini sampe habis sehingga ibu-ibu hamil dapat mengurangi rasa nyerinya. Tapi sebelum kita membahas hal tersebut, dokter cucuk kiuttt hello kitty mengajak untuk bla bla bla dibawah ini:

Marilah rajin bersedekah Rp 4000,- per orang perhari yang dikumpulkan tiap hari dalam kaleng kecil khusus.

  1. sedekah suami dan isteri (jangan digabung ya…), suami sedekah Rp 4000,- dan isteri juga Rp 4000,-. Setiap hari jum’at sedekah tersebut disalurkan suami ke panti asuhan atau masjid.
  2. Niat sedekahnya:
  3. Segera punya keturunan/ segera hamil
  4. Yang sudah hamil, minta hamilnya sehat, lancar, selamat, mudah, dan aman
  5. Naik gaji, naik jabatan, suami betah di rumah, makin dimanja suami, dan lain-lain
  6. Sedekahnya tidak perlu ikhlas, tidak perlu yakin, tidak perlu nunggu kaya, tidak perlu berbagai alasan yang lain… karena ikhlas dan keyakinan tidak bisa dipakai beli nasi oleh anak yatim piatu, ikhlas dan keyakinan tidak bisa dipakai bayar listrik panti asuhan, ikhlas dan keyakinan tidak bisa dipakai bayar duit sekolah oleh anak yatim piatu. Tetapi ingat bahwa setiap senyuman anak yatim akan menggetarrrrkan langit sehingga doa yang dipanjatkan anak yatim akan didengar merdu oleh Allah dan senyuman anak yatim yang menerima sedekah (walopun tak ikhlas) akan membuat Allah melimpahkan rahmatNYA dan mengabulkan hajat serta memberikan segala sesuatu yang terbaik bagi suami isteri yang telah menjadi pejuang sedekah anak yatim. Tetapi KALO IKHLAS maka akan makin dahsyat hasilnya.

Oke… jangan lupa ya… sekarang kita sambung lagi… sampe dimana ya… oh iya saya lupa…

Nyeri pinggang/ punggung/ panggul selama kehamilan merupakan keluhan yang sudah umum dirasakan oleh ibu hamil. Jadi gak usah bingung, gak usah galau… gak usah kuatir. Pertambahan berat badan ibu, perubahan titik tumpu gravitasi tubuh wanita dan perubahan hormon menyebabkan ligamen, otot dan sendi tulang menjadi melonggar, relaksasi… semua untuk kepentingan kehamilan dan saat melahirkan kelak dikemudian hari. Ibu hamil bisa kok mengurangi rasa nyeri tersebut.

PERTAMA.

Ibu hamil harus membiasakan diri untuk mempertahankan postur tubuh yang benar ketika beraktivitas baik duduk ataupun berdiri. Ketika janin dalam kandungan makin besar maka akan terjadi perubahan titik tumpu tubuh wanita terhadap gravitasi bumi alias tubuhnya berubah centernya. Udah gak ditengah lagi, tapi centernya pindah ke depan… gitu deh gampangnya… yang penting ngerti toooo… sehingga untuk menghindari ibu hamil kejungkel ke depan… kejungkel itu jatuh ndlosor ke depan… maka ibu hamil akan cenderung menarik tubuhnya ke belakang sehingga tulang belakangnya makin nekuk ke belakang. Hal ini bikin otot-otot pinggang berkontraksi dengan kuat untuk mempertahankan posisi tersebut. Lama-lama otot tersebut lelah, letih dan akibat tegang terus menerus menimbulkan rasa nyeri.

Jadi bagaimana caranya mempertahankan postur tubuh ibu hamil yang sehat sehingga dapat mengurangi rasa nyeri ?

  1. Kalo berdiri mesti tegak, jangan membungkuk dan jangan narik ke belakang. Berikan posisi tubuh ibu yang paling tinggi. Ya inget-inget saat foto SIM atau KTP gitchuuu loh.
  2. Pertahankan posisi dada untuk jangan tertarik ke depan.
  3. Bahu relax, jangan kaku atau tegang. Gak usah bawa-bawa tas yang beratnya kuintalan atau berton-ton. Gelang emas, kalung, rantai kapal sepuhan emas, gigi emas, semua ditinggal dirumah biar gak ngeberatin tas.
  4. Duduknya jangan jaim, lulut sama lutut gak usah ketemu, duduk paha terbuka lebar gak pa pa… pake celana stocking/ celana panjang atau gamis biar gak ada cowok nakal yang curi-curi pandang ngelihat gituan.
  5. Gak usah berdiri lama-lama. Di ruang praktek dokter cucuk, yang berdiri itu wajib suami, ibu hamil wajib duduk.
  6. Cari posisi duduk yang paling enak baik bagi pinggang ibu maupun perut ibu, kalo perlu pinggang ibu hamil agak diganjal dengan bantal kecil biar gak nekuk ke belakang.

KEDUA.

Kedua tumpuan kaki harus pas dan nyaman. Jangan pake sepatu atau sandal dengan hak yang tinggi, tapi jangan pula yang datar. Jadi prinsipnya BYE BYE HIGH HEELS dan FUCK OFF FLAT HEELS. Sandal atau sepatu cari yang bantalannya empuk-empuk gimana gitchuuuu…maternity-support-belt

Oh iya di luar negeri ada yang dikenal dengan sebutan maternity support belt, sabuk untuk membantu menyangga beban perut sehingga meringankan cedera pada tulang belakang. Memang belum terbukti secara ilmiah manfaatnya tetapi cukup membantu bagi beberapa ibu hamil yang pernah menggunakannya. Jangan beli yang KW ya…. beli yang asli saja…

 

KETIGA.

Ibu hamil tidak boleh angkat-angkat berat. Kalo mengambil sesuatu sebaiknya jangan membungkuk tetapi lakukan dengan berjongkok kemudian berdiri.

KEEMPAT.

Kalo bobok siang atau bobok malam sebaiknya posisinya miring, jangan terlentang. Dan posisi lutut ditekuk. Mungkin baiknya pake meluk guling deh biar nyaman… jangan meluk suami karena ntar suami bisa hilang ingatan… perut agak diganjal dengan bantal tipis biar gak langsung nempel ke kasur.

KELIMA.

Pada kasus yang masih nyeri, ibu dapat melakukan fisioterapi sendiri dengan menggunakan bantal hangat, boleh hasil setrikaan atau hasil dijemur. Bisa juga bagian yang sakit ditempeli plastik berisi air dingin yang ditambahi dengan es. Kalo dipijat pada bagian pinggang belakang boleh-boleh saja tetapi ingat jangan keras-keras dan jangan sampe memar.

KEENAM.

Mesti banyak jalan-jalan pagi. Senam ringan dapat membantu meregangkan otot kaku. Berenang boleh saja bahkan sangat dianjurkan karena hampir seluruh tubuh bergerak saat berenang, kalo gak bisa berenang maka jalan-jalan dalam air keliling kolam renag juga sudah cukup kok… jangan memaksain diri deh… enjoy ajaaa. Gerakan relaksasi boleh dilakukan… ibu hamil bisa lihat di youtube senam relaksasi, boleh diikuti sepanjang kemampuan ibu.

KETUJUH.

Bila nyeri tetap gak hilang maka tak jarang dokter memberikan pengobatan anti nyeri. Bahkan beberapa penelitian pernah menyatakan efek akupunktur untuk nyeri pinggang pada wanita dapat mengurangi nyeri, tetapi dokter cucuk kiuttt hello kitty menyarankan sebaiknya jangan pake model akupunktur karena hal tersebut belum jelas benar manfaatnya dan ngeri banget… iya kalo ntar gak kontraksi rahimnya, kalo kontraksi atau mules gimana ?

Yang perlu diingat bahwa bila ada nyeri pinggang maka ibu hamil jangan menganggap enteng dan jangan tanya-tanya ke tetangga engkong babe enyak mak nyak dan lain-lain… datanglah segera ke dokter kandungan terdekat karena nyeri pinggang itu bisa berarti mau lahiran atau ada infeksi saluran kencing. Apalagi bila disertai dengan demam dan keluar darah dari vagina.

Oke deh… capek nih nulisnya… mau mandi terus berangkat kerja lagi…

Kalo ada pertanyaan yang tidak saya jawab berarti saya sedang males atau sibuk atau gak kelihatan tulisannya karena mungkin ngetiknya pake huruf kecil-kecil.