TULISAN 143. PERDARAHAN PADA SAAT HAMIL (BAGIAN KE-1)

Perdarahan pada saat hamil bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada yang berbahaya dan ada juga yang tidak berbahaya. Nah pada kesempatan ini saya akan menjelaskan apa saja sih penyebab terjadinya perdarahan pada kehamilan muda yaitu sebelum kehamilan 14 minggu.

  1. kehamilan ektopik atau kehamilan diluar kandungan. Dalam hal ini perdarahan yang keluar dari vagina bisa sedikit, bisa banyak dan bisa juga gak ada yang keluar. Tetapi perdarahan dalam perutnya bakalan luar biasssaaa banyaknya. Pengalaman saya ada yang sampe 3 liter. Bahkan dapat menyebabkan kematian ibu hamil. Obatnya sih cuman 1 yaitu operasi darurat.
  2. perdarahan saat penanaman cikal bakal kehamilan ke dinding rahim (implantation bleeding).
  3. keguguran atau ancaman keguguran.
  4. kehamilan kosong. Test hamil (+) tetapi yang berkembang cuman kantomgnya doan, janinnya gak ikutan berkembang. Disebabkan oleh karena sperma yang rusak atau telur yang rusak pada saat pembuahan. Seringkali pada wanita hamil yang suaminya merokok.
  5. kehamilan anggur. Ini kehamilan yang sifatnya ganas seperti kanker dan bila tidak diobati dapat menyebabkan penyebaran hingga ke otak, tulang dan paru-paru. Akibatnya wanita hamil bisa meninggal dunia. Obatnya antara lain kuret, kemoterapi kanker, angkat kandungan, dll.
  6. masalah di mulut rahim antara lain: polip cervix, infeksi mulut rahim, kista di mulut rahim, dll.
  7. hubungan sex terlalu semangat sehingga jalan lahir atau vagina ada yang sobek dikenal sebagai straddle injury. oleh sebab itu kalo hubungan sex dengan isteri yang sedang hamil lakukanlah dengan lemah lembut, jangan pake lompat-lompat, jangan pake nungging-nungging, dll.

oke deh… cukup sekian.

TULISAN 142. ENDOMETRIOSIS DIKENAL SEBAGAI KISTA MENAKUTKAN BAGI WANITA

Endometriosis adalah suatu penyakit jinak organ kandungan wanita. Penyakit ini banyak menjadi perhatian para ahli kandungan diseluruh dunia. Penyebab pastinya masih belum diketahui sehingga endometriosis dinyatakan sebagai penyakit yang misterius hingga saat ini. Tetapi para ahli kedokteran menyatakan bahwa endometriosis dalam pertumbuhan dan perkembangannya sangat dipengaruhi oleh hormon steroid terutama hormon winta yang dikenal dengan sebutan hormon estrogen.

Bila wanita mengalami nyeri perut/ panggul, nyeri saat haid dan apalagi disertai dengaan sulit hamil alias gangguan infertilitas maka patut dicurigai bahwa wanita tersebut sedang menderita endometriosis. Kenapa bisa begitu ? karena dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada wanita yang mengalami infertilitas/ gangguan kesuburan/ gak hamil-hamil  yang disertai dengan nyeri haid maka ternyata 80%nya disebabkan oleh endometriosis.

Kok bisa nyeri haid yang hebat pada wanita endometriosis ? ini asalnya dari endometriosis itu sendiri yaitu adanya jaringan endometrium/ dinding rahim bagian dalam yang tumbuh diluar rahim. Nah walopun tumbuhnya diluar rahim tetapi karena endometriosis itu asalnya dari dalam rahim maka ketika wanita tersebut haid maka dengan pengaruh dari hormon estrogen dan progesteron maka jaringan yang diluar rahim tersebut ikutan haid juga. Normalnya darah haid itu keluar lewat mulut rahim, kalo pada endometriosis keluarnya kemana saja ke dalam perut wanita sehingga menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa dahhh… lebih nyeri daripada sakit hati pada pelakor pokoknya…

Pokoknya nih, bila wanita mengalami nyeri perut yang timbulnya sesuai dengan jadwal haid, baik itu disertai dgn nyeri haid ataupun tidak maka perlu dicurigai sebagai endometriosis.  Pada wanita yang mengalami nyeri saat hubungan sex juga boleh saja dicurigai menderita endometriosis karena jaringan endometriosis juga bisa tumbuh di daerah sekitar vagina dan dinding luar belakang vagina (cavum douglasi).

Tatacara untuk mengetahui apakah seorang wanita menderita endometriosis adalah dengan cara berobat ke dokter spesialis kandungan. Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan antara lain:

  1. cek kadar hormon CA125
  2. USG/ CT scan
  3. operasi laparoskopi. Pemeriksaan ini lebih akurat dan lebih pasti.

Terdapat beberapa cara atau uji fungsional untuk mengetahui apakah wanita menderita endometriosis atau tidak yaitu dengan melakukan test analog GnRH. Dokter kandungan akan memberikan analog GnRH sekali saja pada saat haid dan setelah dinilai apakah keluhan nyeri menghilang atau tidak. Bila keluhan menghilang maka 70-80% wanita tersebut memang menderita endometriosis sehingga biasanya dokter spesialis kandungan akan menawarkan apakah wanita mau diberikan obat GnRH analog tersebut selama 5-6 siklus haid ke depan. Bagaimana bila keluhan tak menghilang setelah dilakukan uji fungsional tersebut ? Maka kemungkinan besar nyeri perut yang dirasakan bukan disebabkan oleh endometriosis, misalnya karena tumor ovarium, radang panggul, varises organ kandungan, miom, stenosis serviks (kekakuan mulut rahim), penyakit usus kolon iritatif, appendisitis kronis (usus buntu yang gak mau dioperasi dan terus minum obat tanpa anjuran dokter), infeksi saluran kencing kronis, atau efek dari perlekatan akibat endometriosis yang sudah tak aktif lagi.

Bagaimana cara mengobati endometriosis ? banyak cara walopun belum bisa memberikan hasil yang memuaskan, yaitu antara lain:

  1. operasi
  2. obat-obatan seperti GnRH agonis
  3. pemberian hormon progestogen seperti medroksi progesteron acetat (turunan hormon progesteron) dan danazol (turunan testosteron).
  4. pil KB jangka panjang terutama bagi wanita yang belum mau untuk hamil atau sudah punya anak yang cukup. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa wanita yang rajin menggunakan pil KB maka sangat sedikit yang menderita endometriosis.

kurasa sudah cukup sekian ya… karena gak mungkin saya bagi semua ilmu kesaktian saya, ntar pada pinterrr semua… ha ha ha

TULISAN 141. AKU SUKA MAKAN SAYURAN MENTAH SAAT HAMIL

Wanita hamil boleh-boleh saja untuk memilih makan sayuran mentah selama kehamilan karena sayuran termasuk dalam jenis makanan aman dan bergizi bagi wanita hamil dan janin dalam kandungannya. Namun, sanagt penting bagi wanita hamil untuk mengetahui masalah keamanan pangan dan berbagai risiko yang bisa muncul akibat mengonsumsi sayuran mentah, dan tentu saja wanita hamil mesti memahami cara-cara menjaga keamanan/ kesehatan dirinya dan janinnya. Sebetulnya apa sih manfaat dari sayuran bagi kehamilan ?

NUTRISI YANG TERKANDUNG DALAM SAYURAN MENTAH

Selama kehamilan, kebutuhan wanita akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting meningkat karena tuntutan yang terkait dengan pertumbuhan janin. Sayuran, terutama ketika dimakan mentah, ternyata memberikan manfaat nutrisi tidak saja bagi wanita hamil tetapi juga bermanfaat bagi pertumbuhan janin dalam kandungan. Contohnya asam Folat ditemukan dalam brokoli, asparagus, dan kacang polong, dan asam folat bermanfaat untuk membantu mencegah malformasi tulang belakang dan otak. Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan mineralisasi tulang, dan berlimpah dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung. Sayuran termasuk kubis, kembang kol dan labu adalah sumber asam lemak omega-3, yang membantu perkembangan neurologis (susunan syaraf) dan visual bayi (penglihatan).

SAYURAN MENTAH YANG HARUS DIHINDARI SELAMA HAMIL

Walopun sebagian besar sayuran mentah bisa aman dan sehat untuk wanita hamil dan janin dalam kandungan, tetapi terdapat beberapa sayuran mentah harus dihindari sama sekali selama hamil. Kecambah/ tauge mentah, lobak, semanggi, dan varietas kacang hijau harus dihindari saat hamil bila tidak dimasak secara matang. Lembaga Foodsafety di Amerika Serikat mencatat bahwa kecambah membutuhkan kondisi hangat dan lembab untuk tumbuh dan kodisi lembab tersebut merupakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri seperti E. coli, salmonella, dan listeria. Jika Anda mengonsumsi kecambah/ tauge, masaklah sampai matang untuk membunuh bakteri-bakteri jahat tersebut.

INFEKSI TOXOPLASMA BISA DISEBABKAN OLEH KONSUMSI SAYURAN MENTAH ! KAGET TOOOO ?!?!

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC AMERIKA SERIKAT) menemukan bahwa toksoplasmosis menginfeksi antara 400 dan 4.000 janin di AS setiap tahun. Toxoplasma adalah parasit yang dapat ditemukan pada daging mentah dan kurang matang, kotoran kucing, dan permukaan buah-buahan dan sayuran. Menurut CDC, wanita hamil yang terinfeksi Toxoplasma dapat menularkan infeksi ke janin, menyebabkan penyakit pada sistem saraf dan mata. Wanita hamil dapat mencegah penyakit dalam makanan ini dengan mencuci sayuran mentah secara baik sebelum makan.

REKOMENDASI DARI FDA AMERIKA UNTUK WANITA HAMIL TERKAIT DENGAN KONSUMSI SAYURAN DAN BUAH.

Sayuran mentah bisa menjadi tambahan makanan yang bagus untuk diet kehamilan dengan mengikuti beberapa pedoman keamanan konsumsi makanan. FDA merekomendasikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. mencuci sayuran mentah sebelum makan atau sebelum di kupas kulitnya. Hal ini terutama berlaku untuk sayuran yang membutuhkan pengupasan karena bakteri dapat ditemukan di kulit luar.
  2. Buang bagian sayuran yang memar atau rusak karena kemungkinan besar akan ditemukan bakteri di tempat-tempat ini.
  3. Jangan lupa juga mencuci talenan sebelum dan sesudah dipakai. cucinya mesti pakai sabun ya.

oke deh sekian dulu.

TULISAN 140. DARAH IBU HAMIL MENGHANCURKAN DARAH JANIN DALAM KANDUNGAN

Golongan darah merupakan bagian dari gen yang diturunkan dari kedua orang tua (gabungan dari ayah dan ibu) dan terdapat di sel darah kita. Sistem penggolongan darah yang dipakai adalah sistem ABO. Berikut penjelasannya:

  • Seseorang dengan golongan darah A, berarti memiliki antigen tipe A, dan tubuh akan membentuk suatu protein antibodi untuk ‘melawan’ antigen B
  • Golongan darah B memiliki antigen B, dan kebalikannya, tubuh membentuk antibodi antigen A
  • Untuk orang yang bergolongan darah AB, ia memiliki kedua antigen yaitu antigen A dan B, namun tidak memiliki antibodi apapun
  • Orang dengan golongan darah O tidak memiliki antigen A maupun B, melainkan tubuh orang tersebut membentuk antibodi untuk melawan antigen A dan B.

APA SIH YANG DIMAKSUD DENGAN KETIDAK-COCOKAN DARAH IBU DAN BAYI DALAM KANDUNGAN ?

Ketidakcocokan ABO atau dikenal dengan istilah incompatibility ABO adalah ketidakcocokan golongan darah ibu dan janin yang paling sering terjadi dan merupakan penyebab paling umum penyakit hemolitik pada bayi baru lahir (HDN = hemolytic disease of newborn). Ketidakcocokan ABO lebih dari itu sering terlihat pada bayi baru lahir yang memiliki darah tipe A karena frekuensi golongan darah tipe A yang lebih banyak dibandingkan dengan tipe B di sebagian besar populasi masyarakat. Biasanya incompatibility ABO terjadi lebih umum pada orang-orang Afrika atau Etnis Amerika Latin. Ketidakcocokan ABO pada bayi baru lahir umumnya muncul dalam bentuk neonatal ikterus akibat anemia hemolitik (Coombs test positif) dan terjadi pada 0,5-1% bayi baru lahir, sangat jarang ya… boleh disebut dengan penyakit langka deh. Jadi nanti kalo bayinya lahir cowok dikasih nama INCOMPATIBILITO, panggilannya ITO sedangkan kalo lahirnya cewek diberi nama INCOMPATIBILINA, panggilannya INA. Incompatibility ABO berbeda dengan incompatibility rhesus. Kalo incomapatility rhesus kaitannya dengan antigen D pada permukaan sel darah merah dan menimbulkan sensitisasi rhesus. Incompatility ABO biasanya jauh lebih ringan karena dampak anemianya tidak seberat dari incompatibility rhesus. Kalo incompatibility ABO dampak yang paling sering dilihat adalah bayi baru lahir menjadi kuning karena pecahnya sel darah merah akibat ketidak-sesuaian antara golongan darah ibu dan janin dalam kandungan.

Beberapa teori telah dikemukakan oleh para ahli hematologi (dokter dengan keahlian di bidang darah manusia) untuk menjelaskan kenapa dampak hemolisis (penghancuran sel darah) janin dalam rahim yang disebabkan oleh incompatibility ABO tidak separah incompatibility rhesus. teori tersebut menyatakan bahwa di dalam darah janin masih ada sedikit antigen A dan antigen B yang tidak berkembang dengan baik dan antigen-antigen tersebut menimbulkan reaksi antibody dalam darah ibu hamil dan penyebaran antigen A dan B yang menyebar luas di  jaringan lain menghasilkan lebih sedikit antibodi ibu hamil yang melintasi plasenta untuk berikatan dengan antigen sel darah merah pada janin. satu lagi alasan paling penting bahwa inkompatibilitas ABO tidak menyebabkan hydrops fetalis (bayi anemia dalam rahim dan kulitnya melembung) adalah pada ibu hamil Antibodi anti-A dan anti-B yang terbentuk secara alami adalah berupa IgM sehingga antibody ibu hamil tersebut tidak melewati plasenta. Inilah yang menjelaskan bahwa pada incompatibility ABO antibody darah ibu hamil tidak menghancurkan sel darah janin dalam rahim yang berkebalikan halnya dengan incompatibilty rhesus.

bingung gak ? wes gini aja gampangnya… pada ketidakcocokan darah golongan ABO antara ibu hamil dan janin dalam kandungan maka janinnya gak masalah… nanti masalahnya pas waktu lahir yaitu kuning. Dah paham kan ??? gampang to ???

Sebetulnya ibu hamil yang bergolongan darah O tetap saja memiliki antibody berupa Ig G  (tidak hanya Ig M) terhadap janin yang memiliki golongan darah A atau B, tetapi prosentase diseluruh dunia sangat kecil yaitu <1% ibu hamil. Kalo IgG banyak maka Ig G ini bisa melewati placenta dan akhirnya menghancurkan sel darah janin yang berakibat janin terkena kondisi yang disebut dengan hydrops fetalis (janinnya anemia dan kulitnya melembung). Dan hydrops fetalis biasanya terjadi pada janin yang golongan A dan ibunya golongan O. Bisa juga ketidak-cocokan golongan darah ABO ini menimbulkan dampak yang tidak disebabkan oleh janin tetapi hal ini sangat jarang terjadi yaitu bila ada paparan terhadap kuman E.coli pada ibu hamil yang tentunya tanpa gejala apapun dan kuman tersebut merangsang timbulnya antibody IgG terhadap antigen A dan antigen B sehingga bisa bikin masalah ke janin dalam kandungan yaitu hydrops fetalis non imun artinya sumber terciptanya antibody ibu hamil bukan disebabkan oleh janin tetapi disebabkan oleh kuman E.coli.

Berbeda dengan Rh inkompatibilitas, dimana pada ibu hamil yang memiliki golongan darah rhesus negatif maka pada kehamilan berikutnya dampak yang diterima oleh janin bakalan lebih parah lagi. seringkali hal ini ditemukan pada ibu-ibu hamil berkebangsaan asing yang menikah dengan lelaki indonesia maka biasanya bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka kesempatan punya anak cuman 1 yaitu saat hamil ke 1 saja, sebab pada hamil kedua mesti keguguran melulu. Kok bisa ? ya bisa donk… ibu hamil bule kebanyakan bergolongan darah rhesus negatif, sedang pria indonesia meliki golongan darah rhesus positif. bila hamil dan janinnya ikut golongan darah ibu maka aman-aman saja tetapi kalo janinnya ikut golongan darah ayahnya maka hampir pasti keguguran melulu. Pola inkompatibilitas rhesus menunjukkan pola yang konsisten, berbeda dengan inkompatibiilitas ABO yang cenderung inkonsisten. Maksudnya adalah bila pada kehamilan pertama bayinya kuning akibat incompatibilitas ABO maka pada kehamilan berikutnya belum tentu mengalami hal yang sama walopun golongan darah anaknya berbeda dgn ibunya.
Karena kelangkaan hemolisis intrauterin yang parah karena ketidakcocokan ABO, penilaian untuk anemia janin intrauterin (dalam rahim) tidak dianjurkan berdasarkan pada ibu yang memiliki darah tipe O. Pemeriksaan laboratorium dengan melakukan pengukuran antibodi IgG anti-A dan anti-B dapat dianggap sebagai bagian dari evaluasi tanda-tanda anemia janin yang asal-muasalnya tidak dapat dijelaskan misalnya adanya  asites atau hidrops fetalis pada ibu hamil yang bergolongan darah tipe O. Biasanya dokter anak akan meminta untuk mengambil sampel darah tali pusat saat bayi baru lahir untuk mengetahui golongan darah bayi dan sekaligus untuk tes antibodi bila ibu hamil adalah tipe O dan anak sebelumnya memiliki penyakit hemolitik pada bayi baru lahir yang disebabkan oleh karena ketidakcocokan ABO.

APAKAH GOLONGAN DARAH O DAN AB TIDAK BOLEH MENIKAH ?

Golongan darah pasangan suami isteri akan menentukan golongan darah anak. Namun perlu diingat bahwa golongan darah anak tidak selalu sama persis dengan ayah atau ibu. Ada beberapa perpaduan golongan darah yang menghasilkan jenis berbeda.

Berikut ini golongan darah yang kemungkinan dimiliki oleh janin dalam kandungan:

  • Golongan darah O dan O. Jika Anda dan pasangan memiliki golongan darah tersebut, maka anak Anda akan memiliki golongan darah O.
  • Golongan darah O dan A. Jika Anda dan pasangan memiliki golongan darah tersebut, maka anak Anda akan memiliki golongan darah O atau A.
  • Golongan darah O dan B. Jika Anda dan pasangan memiliki golongan darah tersebut, maka anak Anda akan memiliki golongan darah O atau B.
  • Golongan darah A dan A. Jika Anda dan pasangan memiliki golongan darah tersebut, maka anak Anda akan memiliki golongan darah O atau A.
  • Golongan darah A dan B. Jika Anda dan pasangan memiliki golongan darah tersebut, maka anak Anda akan memiliki golongan darah O, A, B, atau AB.
  • Golongan darah B dan B. Jika Anda dan pasangan memiliki golongan darah tersebut, maka anak Anda akan memiliki golongan darah O atau B.
  • Golongan darah AB dan O. Jika Anda dan pasangan memiliki golongan darah tersebut, maka anak Anda akan memiliki golongan darah A atau B.
  • Golongan darah AB dan A. Jika Anda dan pasangan memiliki golongan darah tersebut, maka anak Anda akan memiliki golongan darah A, B, atau AB.
  • Golongan darah AB dan B. Jika Anda dan pasangan memiliki golongan darah tersebut, maka anak Anda akan memiliki golongan darah A, B, atau AB.
  • Golongan darah AB dan AB. Jika Anda dan pasangan memiliki golongan darah tersebut, maka anak Anda akan memiliki golongan darah A, B, atau AB.

Untuk pasangan suami istri, sistem penggolongan darah ini dapat dilihat untuk menentukan kemungkinan golongan darah anak. Orang dengan golongan darah O dan AB jika menikah dan memiliki anak, maka kemungkinan anaknya bergolongan darah A ataupun B. Hal ini tidak akan menjadi masalah bila sang ibu yang bergolongan darah AB (perlu diingat selama kehamilan darah ibu dan janin bercampur melalui plasenta). Hal ini disebabkan karena golongan darah AB seperti yang dijelaskan diatas tidak memiliki antibodi apapun, sehingga ‘darah ibu tidak akan melawan darah sang anak’. Namun, terdapat suatu kondisi pada bayi akibat ketidakcocokan golongan darah ibu dan bayi. Kondisi ini terjadi pada saat golongan darah ibu O dan memiliki anak dengan golongan darah A ataupun B.Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Ibu dengan golongan darah O, memiliki antibodi yang melawan antigen A dan B (antibodi ini akan melawan darah sang anak yang memiliki antigen/golongan darah A ataupun B). Karena sel darah merah anak diserang oleh antibodi ibu, maka menyebabkan pecahnya sel darah merah sang anak, dan menyebabkan anak menjadi kuning. Namun, anda tidak perlu khawatir, biasanya kondisi anak dapat kembali normal beberapa minggu setelah kelahiran (karena antibodi dari darah ibu akan ‘habis’ dan sudah terdapat terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi kuning pada bayi baru lahir).

saya rasa sudah cukup jelas ya… dan saya udah capek nih… mau bobok lagi…

sumber bacaan:

  1. https://www.exxcellence.org/media/103007/management_of_pregnancy_with_abo_posted.pdf
  2. WebMD. A to Z guides. Blood Transfusion – blood type.
  3. American Red Cross. Blood types.
  4. Mesa R., Mayo Clinic (2016). Universal blood donor type: is there such a thing?
  5. The Royal Children’s Hospital Melbourne. Blood Groups and compatibilities.
  6. Ratini M., WebMD (2016). Blood Types: What to Know.
  7. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apakah-golongan-darah-o-dan-ab-tidak-boleh-menikah

TULISAN 139. ALHAMDULILLAH TEST HAMILKU POSITIF… SUAMIKU MENITIKKAN AIR MATA BAHAGIA…

Pagi-pagi saya mendapatkan kabar bahagia dari pasangan suami isteri yang bertanya apakah test hamilnya positif atau tidak. Mungkin bagi sebagian wanita test hamil positif itu biasa-biasa saja, tetapi tidak banget bagi pasangan ini karena… mereka barusan menjalani program kehamilan sehingga dengan berbagai upaya dan diiringi dengan permohonan pada Allah SWT maka pasangan bahagia tersebut diberikan rahmat oleh Allah SWT berupa kehamilan. Ya memang test hamil positif merupakan momen yang membahagiakan dan sangat ditunggu-tunggu tetapi ada juga lo wanita yang justru minta digugurkan kandungannya karena jumlah anak sudah banyak… cilaka banget kan…nyebelin yang kayak gini ini modelnya. Kalo gak pengen hamil ya pakai KB donk… kalo gak cocok KB maka ya suaminya saja yang pake kondom… jadi suami jangan egois ke isteri… suami jangan mikir enaknya doank… saya gak pernah peduli dengan pasangan yang pengen gugurin kandungannya… bukan urusan saya… dan juga saya suka sebel dengan suami yang gak mau pake kondom karena alasan gak enak sex sehingga selalu isteri yang disuruh KB…

Tanda-tanda apa sih yang membuat wanita melakukan test kehamilan ? biasanya sih tahapan awal selalu diawali dengan perasaan seorang wanita yang begitu tajam bahwa dirinya kemungkinan sedang hamil. Kemudian bila wanita merasakan gejal-gejala subyektif kehamilan misalnya mual, muntah, gak enak badan, lemas, lesu, payudara sepertinya tambah tegang, dan lain-lain. Ada juga yang didasari oleh kecurigaan wanita karena jadwal haid telat datangnya. Nah dari ketiga hal di atas akhirnya pasangan melakukan test kehamilan dan hasilnya positif (garis dua).

APA SIH TEST KEHAMILAN ITU ?

Tes kehamilan bertujuan untuk mendeteksi adanya hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG) dalam darah wanita atau dalam urin wanita. Hormon hCG diproduksi di plasenta tak lama setelah embrio menempel pada lapisan rahim dan menumpuk bertambah dengan cepat di tubuh wanita dalam beberapa hari pertama kehamilan.

KAPAN SEBAIKNYA WANITA MELAKUKAN TEST KEHAMILAN ?

Sebagian besar dokter kandungan akan menyarankan wanita menunggu hingga hari pertama haid yang terlewat sebelum melakukan tes kehamilan di rumah. Maksudnya adalah bila jadwal haid seharusnya datang tanggal 1 Oktober maka wanita sudah boleh test hamil tanggal 2 Oktober. Periode tanggal haid yang terlewatkan biasanya merupakan salah satu tanda pertama kehamilan. Ini biasanya terjadi sekitar dua minggu setelah pembuahan. Ada banyak alat uantuk melakukan test kehamilan. Namun, beberapa tes lebih sensitif daripada yang lain dan dapat dilakukan lebih awal. Konsentrasi hormon hCG dilaporkan dalam miliInternational Units (mIU) atau jumlah yang setara dengan 1/1000 dari IU per mililiter. Tes kehamilan dengan sensitivitas 20 IU / L lebih sensitif daripada tes dengan 50 IU / L. Tes darah yang dilakukan oleh dokter kandungan lebih sensitif daripada tes di rumah awal dan dapat diambil antara 7 dan 12 hari setelah Anda hamil karena langsung mengecheck kadar hormon hCG dalam darah namun test ini gak banyak dilakukan karena serem kan pake periksa darah. Namun, ada kemungkinan bahwa tes yang dilakukan terlalu dini akan menunjukkan hasil negatif palsu. Jika wanita menerima hasil negatif saat test kehamilan di rumah dan masih belum mulai menstruasi/ haid, maka tes berikutnya harus dilakukan beberapa hari kemudian untuk memastikan bahwa memang tidak hamil.

SEBERAPA AKURAT SIH TEST KEHAMILAN YANG DI RUMAH ?

Tes kehamilan di rumah sangat akurat (sekitar 97%) bila digunakan dengan benar. Beberapa kit/ alat test dilengkapi dengan dua tes karena kadang-kadang kesalahan memang masih bisa terjadi. Jika wanita mengambil tes terlalu dini, maka mungkin mendapatkan negatif palsu (ketika tes mengatakan bahwa wanita tidak hamil padahal aslinya wanita tersebut sedang hamil tetapi masih belum terdeteksi oleh kit tersebut). Tubuh wanita membutuhkan waktu untuk penambahan hormon hCG untuk naik ke tingkat yang cukup tinggi untuk dideteksi dalam suatu tes kehamilan. Jika hasil tes kehamilan negatif maka wanita boleh saja menunggu beberapa hari lagi lalu melakukan tes kehamilan lagi.

Kalo saya selalu menyarankan wanita untuk melakukan test kehamilan kira-kira 2 minggu setelah tanggal jadwal haid berikutnya kelewatan. Misalnya jadwal haid semestinya datang tanggal 1 oktober tetapi tanggal 2 oktober belum datang maka saya selalu suruh pasien saya untuk test tanggal 14 oktober. Hal ini bertujuan supaya:

  1. mencegah hasil negatif palsu atau positif palsu.
  2. hemat diongkos.
  3. menunggu kemungkinan haid akan datang karena peristiwa telat haid pada wanita merupakan peristiwa yang sering terjadi.

oke deh… selamat membaca.

TULISAN 138. SELAMA HAMIL BOBOTKU MAKIN BERAT… TERKENA OBESITAS GAK SIH ?

Memakan makanan yang sehat dan seimbang akan membantu janin dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya sehingga janin tumbuh pada tingkatan yang sehat. Tetapi berapa banyak kalori ekstra yang benar-benar  dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilannya ? Ada hal yang perlu diingat bahwa meskipun ibu hamil membutuhkan kalori ekstra, ibu hamil tidak perlu untuk memaksa makan sebanyak mungkin karena menuruti anggapan nenek moyang zaman purbakala yaitu “makan untuk dua orang.” Rata-rata wanita hamil hanya membutuhkan sekitar 300 kalori sehat lebih banyak dalam sehari daripada kondisi sebelum hamil. Hal ini akan membantunya mendapatkan jumlah berat badan yang tepat selama kehamilan, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus untuk ukuran wanita hamil.

lalu berapa sih idealnya pertambahan berat badan seorang wanita hamil ? Hmmm… tergantung sih… kalo sebelum hamil wanita tersebut berat badannya sudah proporsional alias ideal maka selama hamil kenaikan berat badan yang baik itu sekitar 11-17 kg. Tapi kalo sebelum hamil wanita tersebut masuk kategori kurus (bukan ideal) maka selama hamil dianjurkan kenaikan berat badannya sekitar 13-20 kg. nah bagaimana dengan wanita yang udah terlanjur gemuk sejak sebelum hamil ? Wah kalo ini jangan banyak-banyak naik berat badannya… sebaiknya hanya sekitar 7-12 kg saja kenaikannya selama hamil.

Bingung gak ? ya udah gini aja deh gampangnya… Secara umum, wanita hamil harus menambah sekitar 1 hingga 2 kg selama tiga bulan pertama kehamilan ( sejak test hamil positif s/d umur kehamilan 12 minggu) dan nambah sekitar 0.5 kg per minggu sampai HPL. Jika sedang hamil janin kembar maka  dalam 3 bulan pertama sama tuh yaitu harus nambah 1-2 kg kemudian nambah sekitar 500-1 kg tiap minggu setelah lewat 3 bulan. Looo dok… bukankah wanita hamil banyak yang mual muntah selama 4 bulan pertama kehamilan ? Terus gimana nambahin berat badannya ? Hmmm… teori memang tak seindah prakteknya. Ya mau gak mau seorang ibu hamil mesti nekat makan-makanan bergizi atau apa saja deh pokoknya makanan selama dalam masa mual muntah sehingga tubuh gak kekurangan kalori. Biasanya dokter kandungan akan membantu dengan memberikan obat anti mual muntah apabila ibu hamil sama sekali tak bisa menghadapi mual muntahnya dalam 4 bulan pertama. Oh iya hampir lupa… kenapa kok ibu hamil kembar mesti nambahnya berat badannya lebih banyak daripada ibu hamil biasa ? Karena berat badan janin kembar itu sangat tergantung dari berat badan ibunya. Kemudian janin kembar itu cenderung lahir pada usia kehamilan premature akhir atau kalopun hamil tua maka hamil tua awal dengan ukuran berat bayi yang masih setara dengan berat bayi premature. Nah oleh sebab itu ibu hamil kembar mesti berusaha jangan sampai berat janin kembarnya terlalu kecil supaya ketika lahir kesehatannya bayinya gak terganggu.

Coba dihitung perkiraan pertambahan berat badan ibu hamil itu dari mana saja:

  1. berat badan janin sekitar 2.5-4 kg
  2. berat placenta/ ari-ari sekitar 1 kg
  3. berat total cairan ketuban 0.5-1.5 kg
  4. pertambahan kepadatan payudara sekitar 1-1.5 kg
  5. pertambahan berat akibat pertambahan volume darah sekitar 1.5-2 kg
  6. pertambahan lemak badan dan lemak payudara sekitar 2.5-4 kg
  7. pertambahan berat rahim sekitar 1-2 kg

Nah angka di atas tuh kalo ditotal sekitar 10-16 kg selama hamil. Berarti ya kurang lebih sekitar itulah.

Bagaimana kalo wanita hamil pertambahan berat badannya berlebihan ? Kalo hal ini terjadi maka sebaiknya wanita hamil tersebut mengurangi berat badannya, bukan dengan mengurangi makan, tetapi dengan cara:

  1. mengatur diet supaya jangan ngemil diantara jam makan.
  2. makin rajin ikut senam hamil.
  3. Hindari makan berlemak dan berpengawet MSG dll.
  4. hindari makanan gorengan seperti french fries, tahu isi, bakwan, dll.
  5. stop produk susu dalam hal ini termasuk stop es krim.
  6. Jangan makan minum yang manis-manis gula termasuk gak boleh makan permen.
  7. kurangi garam.
  8. kalo masak, maka minyak gorengnya harus yang rendah lemak dan mengandung omega 3.
  9. Rajin makan buah.
  10. Jangan lupa rajin jalan kaki tiap pagi antara 30 menit s/d 1 jam sehari. Berenang juga boleh… tapi inget ya… kolam renang itu kan isinya tidak hanya air kolam renang tetapi juga kencing orang. Jadi kalo saya pribadi sih selalu melarang pasien saya buat berenang selama hamil.

Lalu bila berat badan ibu hamil ternyata masih kurang maka bagaimana cara untuk meningkatkannya supaya janinnya sehat ? Gampang saja… duitnya ada… lemburnya ada… suaminya ada… mertuanya ada… mamanya ada… jadi ibu hamil tinggal nurut nurut nurut saja… begini caranya:

  1. makan 5-6x sehari dalam porsi kecil.
  2. makan camilan yang praktis dan sehat seperti kacang, kismis, roti keju, kerupuk ikan, buah kering atau buah-buahan segar, dan es krim atau yogurt atau susu apapun boleh deh.
  3. minum susu apa saja boleh.
  4. makan buah dengan rajin.
  5. jangan kerja rumahan yang bikin lelah… ini penyakit dalam keluarga nih… isteri kerja bagaikan PRT. Padahal isteri pun ingin santai dan menikmati manja-manja gimanaaa gitchuuu ke suami. Ntar kalo isteri bau bawang maka suami cari alasan  buat selingkuh. Lebih baik bila memungkinkan para suami mencarikan PRT bagi isteri sehingga isteri bisa lebih menikmati hidupnya… kasih duit belanjaan yang banyak… ATM dipegang isteri… karena laki-laki itu kalo duitnya banyak maka maunya juga banyak… dan waspadalah karena pelakor mengintai dimana-mana ha ha ha

oke deh… cape nih nulis terus… selama membaca…

oh iya kalo mau ga bung di group facebook IBU HAMIL KIUTTT HELLO KITTY maka silakan gabung asalkan semua pertanyaan di jawab. Hargailah admin di sana karena pada galak-galak he he he

TULISAN 137. SUAMIKU PENGEN GITUAN PADAHAL AKU SEDANG HAMIL

Saya seringkali dan hampir setiap praktek selalu ditanyain masalah sex oleh suami/ isteri yang sedang hamil, baik hamil muda ataupun hamil tua. Bahkan ada yang bertanya pertanyaan yang horor bangets yang tidak bisa saya sampaikan disini. Tetapi apapun itu tentu saja kehamilan bukan menjadi penghalang bagi pasangan suami-isteri untuk tetap melakukan hubungan seks saat isterinya sedang hamil. Banyak yang takut melakukan hubungan seks dapat melukai janin dalam kandungan bahkan ada juga yang takut menyakiti isterinya saat hubungan seks. Tenanggg… kekuatiran akan hal tersebut biar om dokter kiuttts om yang atasi… silakan baca postingan saya ini dan jangan lupa di LIKE dan di SHARE…. juga di REVIEW biar saya gak malez posting lagi…

Wanita hamil bebas melakukan hubungan seks hingga tiba saatnya mules-mules mau melahirkan (coba baca postingan saya tentang tanda-tanda dekat melahirkan) atau pas udah muncul ketuban yang pecah/ merembes.

PADA BEBERAPA KONDISI TERTENTU MEMANG DOKTER KANDUNGAN SERING MEMBATASI HUBUNGAN SEKS BAHKAN MELARANG SAMA SEKALI HUBUNGAN SEKS DEMI KEAMANAN KEHAMILAN. UNTUK ITU RAJIN-RAJINLAH BERTANYA PADA DOKTER KANDUNGAN APAKAH PASANGAN SUAMI-ISTERI MASIH BOLEH MELAKUKAN HUBUNGAN SEKS DALAM KEHAMILAN SAAT INI.

Seks dalam kehamilan tidak akan membahayakan janin dalam kandungan, bahkan misalkan penis suami besarnya sama dengan punyanya kuda sekalipun, tetap saja seks itu aman bagi janin dalam kandungan. Rangsangan seks atau yang dikenal dengan istilah pemanasan juga tidak akan menyebabkan mules kontraksi melahirkan (dalam bahasa kedokteran, kontraksi akan melahirkan dikenal dengan istilah INPARTU) dan juga tidak akan menyebabkan keguguran.

Ada saatnya saat hubungan seks, dengan rangsangan pada payudara dan atau klitoris ibu hamil akan menyebabkan ibu hamil mengalami kontraksi. Bahkan sperma suami mengandung bahan yang dapat merangsang timbulnya kontraksi rahim. Orgasme pada wanita hamil akan menimbulkan mules yang dikenal dengan post orgasmic contraction, jangan kuatir karena mules model begini tidak berbahaya dan hanya timbul sebentar saja.

Kadangkala ibu hamil akan merasakan hubungan seks saat hamil jauh lebih menyenangkan dan menggairahkan daripada sebelum hamil, tapi ada juga yang merasa bahwa seks saat hamil terasa hambar, kurang membara, kurang sambal, kurang merica…

Kehamilan akan meningkatkan aliran darah pada organ panggul dan tentunya organ seks sehingga akan terjadi peningkatan sensasi kepuasan seks yang lebih daripada wanita tak hamil bila dirangsang, belum lagi ibu hamil itu kadang-kadang mengalami keputihan yang normal sehingga dapat membantu pelicinan/ pelumasan area seks. Tetapi hal ini tidak dapat dinikmati oleh setiap ibu hamil karena rasanya memang diluar kebiasaan, organ seks yang sembab selama kehamilan dianggap memberikan rasa sesak dan tidak nyaman saat dipakai berhubungan seks. Belum lagi bila ibu hamil mengalami orgasme, mesti kontraksi diperut makin bikin worry alias kuatir sehingga akan mengganggu kenikmatan seks bagi sebagian sebagian ibu hamil.

Payudara ibu hamil juga akan makin sensitif saat hamil sehingga rangsangan seksual dari suami akan makin meningkatkan gairah membara, sayangnya ada wanita hamil yang merasakan payudara yang super sensitif tersebut sebagai gangguan sehingga menolak untuk disentuh atau dirangsang oleh suami… saya harap para suami untuk tabah menerima nasib sialmu yaaa… ingat suami masih punya cara yang lain… pun masih ada vaseline atau sabun…. he he he kasian banget…

Bila terdapat gangguan atau perasaan tidak nyaman melakukan hubungan seks, para ibu hamil masih bisa kok melakukan kewajibannya untuk memberikan kepuasan pada suami yaitu dengan jalan oral sex, saling memberikan rangsangan, bahkan seks tangan, seks jepit payudara, seks jepit paha, dan lain-lain. Tetapi ingat seks itu bukan sekedar aktivitas fisik saja, tetapi yang jauh lebih penting seks itu merupakan aktivitas jiwa, aktivitas saling menyayangi… bila isteri sedang sulit dengan kehamilannya, jangan dipaksakan, peluk isteri, cium isteri, itu saja sudah jauh lebih dari cukup untuk menunjukkan rasa kasih sayang dalam rumah tangga.
Wanita hamil sering mengalami kelelahan, perubahan mood, perubahan kejiwaan, gampang ngomel, dan lain sebagainya yang dapat menurunkan gairah/ nafsu seks. Bila wanita hamil berusaha untuk menikmati kehamilannya, maka gairah seks tersebut akan kembali normal bahkan meningkat.

Oral sex saat hamil boleh dikatakan aman, tetapi dengan kondisi tertentu. Menjilat klitoris/ vagina isteri juga boleh, tentunya ada batasan tertentu. Suami tidak boleh melakukan tiupan kedalam vagina isteri karena dapat membahayakan kehamilan dan mengancam kesehatan isteri. Bila suami pernah terkena herpes di mulut juga tidak boleh melakukan oral sex ke isteri, tidak boleh menjilat klitoris isteri.
Untuk menghindari tertular penyakit kelamin, pasangan suami-isteri sebaiknya menggunakan kondom. Tentunya hal ini dilakukan bila suami/ isteri tidak yakin dengan kesetiaan pasangan masing-masing.

BILA SALAH SATU PASANGAN PERNAH TERDETEKSI MENDERITA PENYAKIT KELAMIN SELAMA MASA KEHAMILAN INI MAKA SEBAIKNYA JANGAN MELAKUKAN HUBUNGAN SEX MODEL APAPUN KARENA DAPAT MENINGKATKAN RESIKO INFEKSI BAGI KEHAMILAN.

Segera ke dokter kandungan bila ibu hamil mengalami hal-hal berikut setelah hubungan seks:
1. Keluar darah
2. Keluar cairan banyak
3. Rasa kram diperut yang tak kunjung reda

Apakah hubungan seks dapat menyebabkan kelahiran prematur ? sebetulnya belum ada penelitian yang dapat membuktikan secara konsisten bahwa hubungan seks dapat memicu terjadinya kelahiran prematur. Bahkan beberapa dokter kandungan, termasuk saya, yang menyarankan hubungan seks makin sering saat hamil tua untuk mencegah terjadinya kehamilan lewat bulan juga hanya berdasarkan pengalaman bahwa sperma suami bisa bikin kontraksi rahim (telah diteliti bahwa sperma suami mengandung prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi rahim), bukan berdasarkan penelitian ilmiah yang berskala besar.

Beberapa kondisi yang dilarang melakukan hubungan seks saat hamil antara lain:
1. Kehamilan dengan posisi placenta menutupi jalan lahir
2. Kehamilan dengan ketuban pecah atau rembes
3. Kehamilan dengan keputihan yang banyak, apalagi bila disertai gatal dan dan bau.
4. Ada kelainan pada mulut rahim
5. Sedapat mungkin pada hamil kembar membatasi/ mengurangi hubungan seksnya.
6. Beberapa kali mengalami keguguran/ lahir premature

INGAT… BILA DOKTER KANDUNGAN MELARANG HUBUNGAN SEKS PADA PASANGAN SUAMI ISTERI MAKA ITU ARTINYA TIDAK BOLEH ADA PENIS SUAMI YANG MASUK VAGINA ISTERI, TIDAK BOLEH ADA RANGSANGAN SEKS MODEL APAPUN BAIK KE PAYUDARA ISTERI MAUPUN KE VAGINA ISTERI DAN KEBAGIAN-BAGIAN LAIN DARI TUBUH ISTERI YANG DAPAT MENIMBULKAN RANGSANGAN SEKSUAL PADA ISTERI, DAN TIDAK BOLEH ADA ORGASME DENGAN CARA APAPUN. Mampusss deh… nganggurlah si otong… sabun lagi… sabun lagi… jangan ke pantura ya… dosa besar… apalagi kalo ketahuan, dosa dapet, penyakit dapet, dicakar isteri pula…

KAPAN BOLEH MELAKUKAN HUBUNGAN SEKS SETELAH MELAHIRKAN ? bagi wanita yang menjalani operasi sesar sebaiknya hubungan sex setelah melahirkan dilakukan bila melewati masa nifas (setelah 6 minggu pasca melahirkan ) atau bila luka pada vagina akibat lahiran normal sudah sembuh betul sekitar 2 bulanan. Sementara sebaiknya memakai kondom untuk mengurangi resiko infeksi dan tentunya untuk menunda kehamilan berikutnya.

Posisi seks yang aman pada kehamilan:
1. Woman on top. Wanita duduk diatas selangkangan pria. Pada posisi ini tidak ada penekanan pada perut ibu hamil, dan ibu hamil dapat mengatur rangsangan yang paling nikmat bagi dirinya dan dapat mengatur kedalaman penetrasi penis ke liang vagina.
2. Suami duduk, isteri dipangku suami. Posisi ini juga aman karena tidak ada penekanan pada perut ibu hamil. Ibu hamil bisa lompat-lompat kegirangan berhadapan dengan suami dan mengatur kenikmatan seksnya serta dapat mengatur kedalaman penetrasi seksnya.
3. Spoon position. Dalam posisi ini pasangan berbaring saling berhadapan, posisi ini paling aman untuk semua usia kehamilan trimester 1 s/d trimester 3, tapi kadangkala bila perut isteri sudah terlalu besar, penetrasi seks agak sulit.
4. Doggy style. Posisi ini juga aman pada kehamilan. Penetrasi penis suami pada vagina isteri dilakukan dari arah belakang, posisi isteri seperti orang merangkak. Tapi bila hamil besar, ini agak riskan karena perut ibu hamil tergantung bebas, sulit untuk mengatur goyangan yang timbul pada perut akibat genjotan suami.
5. Isteri berbaring di tepi kasur dengan selangkangan terbuka menghadap penis suami dan pada posisi ini suami dapat dengan bebas untuk melakukan penetrasi penis pada vagina isteri.

JANGAN MEREMEHKAN IBU HAMIL DALAM HAL HUBUNGAN SEX, SEBAB BILA IBU HAMIL LAPOR DOKTER KANDUNGAN DAN PADA AKHIRNYA SETELAH PEMERIKSAAN KONDISI KEHAMILAN, DOKTER KANDUNGAN MELARANG HUBUNGAN SEX DALAM KEHAMILAN MAKA….KELARRRR IDUPPP LOEEEE… OM BEKARAT OM… ????

TULISAN 136. BERBAGAI METODE PERSALINAN NORMAL PERVAGINAM

Ketika persalinan memasuki kala 2 yaitu dimana pembukaan mulut Rahim sudah mencapai 10 cm alias lengkap, wanita hamil mungkin dapat mempertimbangkan atau memilih berbagai posisi tubuh saat melahirkan normal, posisi yang dirasakan paling nyaman bagi dirinya untuk membantu wanita hamil menjalani proses mengejan serta melahirkan buah hati menjenguk dunia yang indah ini. Perlu diingat bahwa setiap posisi persalinan yang dipilih, sedikit banyaknya akan mempengaruhi perineum wanita hamil. Perineum itu adalah daerah antara vagina dan lubang dubur wanita. Ada beberapa posisi yang bisa dipilih wanita ketika melakukan persalinan pervaginam.

Saya berharap tulisan ini dapat menjelaskan risiko dan manfaat dari pilihan wanita hamil dalam upaya melahirkan secara normal pervaginam (melalui vagina). Apalagi saat ini sedang heboh metode persalinan Maryam yang menurut saya bukanlah suatu terobosan baru dan terkesan dalam salah satu video yang saya tonton dapat mencegah persalinan operasi sesar yang tentu saja sangat menyesatkan bagi wanita hamil yang belum paham bahkan bagi para bidan sekalipun.

Persalinan Maryam merupakan modifikasi dari metode persalinan yang sudah ada, perbedaannya adalah persalinan Maryam itu ada posisi berdiri dan jongkoknya sambil berpegangan pada besi atau sandaran. Jadi tidak ada yang baru dalam metode persalinan tersebut. Dikatakan di video itu bahwa sang ibu hamil mengalami ketuban rembes dan posisi kepala masih tinggi sehingga disarankan untuk sesar lalu dapat diatasi dengan metode persalinan Maryam… Menurutku sih agak lebay dan sok tau… semestinya tidak boleh ada pernyataan demikian. Promosi sih boleh tapi jangan bikin fitnah atas apa-apa yang tak diketahuinya karena seorang dokter itu bisa menjadi dokter spesialis kandungan itu perlu waktu hingga 15 tahun sekolah sejak dokter umum. Belakangan ini muncul pula yang namanya metode persalinan amani yg juga mirip-mirip persalinan maryam dimana metodenya tak hanya dengan berbaring tetapi dengan jongkok atau apalah menurut para penganut konsep persalinan amani. Dikatakan bahwa dengan metode persalinan amani maka dapat menghindarkan ibu bersalin dari tindakan kedokteran semisal vaccuum atau forceps atau episiotomi. Jadi menurut saya hal ini sebetulnya tidak usah dijadikan alasan pembenar mengenai metode persalinannya karena sangat tidak fair… sangat tidak adil… perlu diingat bahwa di indonesia teknologi kedokteran semakin lama semakin canggih dan angka deteksi terhadap gangguan janin semakin tinggi. Semua serba dihubungkan dgn time atau waktu sehingga diharapkan bayi yang lahir dapat menerima stress seminimal mungkin. Sangat tidak elok menyalah-nyalahkan dunia kedokteran karena dalam dunia kedokteran itu setiap ada ilmu baru maka butuh waktu bertahun-tahun serta penelitian yang sangat lama utk pembuktiannya. Setiap persalinan normal harus memenuhi berbagai syarat agar berhasil yaitu diantaranya posisi janin, letak janin bagian bawah, apakah janin sudah masuk pintu atas panggul atau belum, posisi turunnya janin apakah sudah benar atau belum, kecepatan turun janin dalam rongga panggul, faktor penghalang jalan lahir, kecepatan pembukaan mulut rahim, ketebalan mulut rahim, panjangn mulut rahim, kekakuan dinding vagina, kekakuan pintu vulva, dan lain-lain. Jadi kalo dokter atau bidan melakukan pemeriksaan dalam vagina maka bukan sekedar tahu pembukaan pintu rahim saja tetapi mereka juga melakukan penilain dan prediksi apakah bakalan ada macet atau tidak.

Perlu diingat bahwa TIDAK ADA METODE PERSALINAN NORMAL YANG TERBAIK BAGI SETIAP WANITA HAMIL. Sebab semua tergantung pada kenyamanan dan pilihan termudah bagi para wanita hamil. Berbagai metode persalinan normal tidak dapat mencegah terjadinya operasi sesar karena operasi sesar dilakukan untuk mencegah timbulnya gawat janin, robekan Rahim, cedera ibu yang parah, dan lain-lain. Dokter kandungan bukan hobby operasi sesar, bukan pula tidak pro normal (istilah keren zaman now)… dokter kandungan itu pro keselamatan ibu hamil dan bayi dalam kandungannya. Tidak ada dokter kandungan yang pro normal dan tidak ada dokter kandungan yang pro sesar.

Berikut adalah berbagai posisi ibu melahirkan yang boleh saja dicoba:

  1. Posisi berlutut dengan bola bersalin. Tidak ada posisi sempurna untuk persalinan normal. Namun, mencoba posisi yang berbeda dapat membantu wanita hamil merasa lebih terkendali dan mengatasi rasa sakit. Penelitian menunjukkan bahwa posisi tertentu yang paling nyaman bagi wanita hamil juga dapat meningkatkan kemajuan proses persalinan. Dengan melibatkan suami saat proses bersalin, wanita hamil mungkin akan merasakan dukungan semangat yang lebih besar juga. Saat persalinan sedang berlangsung, wanita hamil dapat mencoba berbagai posisi yang paling nyaman dan paling tidak nyeri.
  2. Posisi mirip goyangan pinggul maju mundur mirip dansa sambil pelukin suami. Juga mirip dengan posisi Maryam. Berdiri atau berjalan selama tahap persalinan fase pembukaan mulut Rahim dapat memperpendek masa pembukaan mulut Rahim sehingga persalinan dapat berlangsung lebih lancer dan cepat. Condongkan atau rangkul tubuh suami sehingga agak membungkuk ke arah isteri terutama pada saat timbul kontraksi Rahim. Atau lilitkan lengan Anda di leher suami dan mulailah bergoyang pinggul anda maju mundur, seolah-olah Anda menari dengan lambat. Ini juga posisi yang bagus bagi suami untuk menggosok-gosok mesra punggung isteri.
  3. Posisi duduk. Selama persalinan, gerakan berirama bisa membantu menenangkan dan mengurangi rasa nyeri wanita hamil. Goyang perlahan sambil duduk di kursi yang kokoh, tepi tempat tidur atau bola bersalin.
  4. Posisi miring ke depan. Posisi ini mirip dengan posisi Maryam. Jika punggung wanita hamil terasa sakit saat persalinan, mungkin gerakan tubuh condong ke depan akan terasa lebih nyaman. Mengangkang kursi atau membungkuk di atas bed bersalin. Dan ini juga posisi yang baik bagi suami untuk menggosok punggung isteri sehingga isteri dapat lebih tenang dan merasa lebih diperhatikan.
  5. Posisi menyergap (lunging), dimana kaki diangkat satu dengan tubuh posisi berdiri. Posisi ini mungkin dapat mengurangi rasa tidak nyaman di punggung bawah ibu hamil ketika dalam fase persalinan fase aktif. Anda dapat mencoba mencondongkan tubuh ke depan sambil berdiri. Angkat satu kaki di kursi yang kokoh. Perlahan condong ke arah kaki yang terangkat selama kontraksi berikutnya. Jika kursi terlalu tinggi untuk kenyamanan, gunakan tumpuan kaki yang pendek atau dingklik atau kursi jongkok untuk cuci pakaian.
  6. Posisi berlutut dengan memeluk bola bersalin. Ini juga mirip dengan posisi Maryam. Terkadang berlutut membantu meringankan sakit punggung. Berlutut sambil condong ke depan juga dapat membantu membuka panggul ibu bersalin. Gunakan bola bersalin atau tumpukan bantal untuk menopang. Di rumah sakit, angkat tiang besi kepala tempat tidur. Berlutut di bagian bawah tempat tidur sambil mengistirahatkan lengan dan tubuh bagian atas di atas tempat tidur.
  7. Posisi jongkok dengan berpegangan pada tiang atau pinggiran besi kepala tempat tidur bersalin. Ini juga mirip dengan posisi Maryam.
  8. Posisi merangkak dengan menggerakan tubuh maju mundur. Ini juga mirip metodee Maryam tetapi beda posisi saja. Kalo metode Maryam kan berdiri, sedangkan ini posisi merangkak.
  9. Posisi berbaring miring ke kiri atau kanan senyamannya wanita hamil. Umumnya mesti miring ke kiri.
  10. Posisi konvensional dimana ibunya berbaring terlentang dengan kedua kaki ditekuk ke atas pada pangkal paha.
  11. Posisi setengah duduk sambil bersandar ke suami. Posisi ini bisa bikin persalinan dan melahirkan bisa lama dan lebih sulit. Posisi persalinan normal ini adalah posisi persalinan berbaring dimana ibu hamil dapat bersantai menyandar di bed bersalin. Ada berbagai cara untuk mencapai hal ini yaitu Anda dapat berbaring di tempat tidur, bersandar pada bed bersalin yang sandarannya bisa naik turun atau orang lain. Anda juga dapat meminta bantuan suami untuk menjaga agar punggung Anda tetap ditopang sambil menggosok-gosok punggung dan pinggang anda di antara kontraksi. Posisi ini termasuk dalam posisi bersalin yang mengandalkan gravitasi tetapi dengan posisi setengah berbaring/ bersandar.

Semua posisi di atas adalah posisi yang mengandalkan gaya gravitasi bumi dimana proses persalinan dibantu oleh gaya berat bumi, kecuali posisi berbaring terlentang dan posisi berbaring miring. Tidak ada metode yang terbaik bagi ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal, yang ada adalah ibu hamil yang memilih metode yang paling nyaman dan paling tidak nyeri bagi dirinya sendiri.

Apa sih kelebihan berbagai posisi di atas ? apakah ada bahayanya ?

Setiap metode persalinan dengan posisi yang diiringi dengan daya gravitasi bumi akan memberikan keuntungan sebagai berikut:

  1. Kekuatan mengejan ibu hamil akan jauh lebih kuat.
  2. Dapat membukan jalan lahir panggul s/d 20-30% lebih luas sehingga rongga panggul lebih luas bagi kepala bayi buat bermanuver atau berputar didalam menuju ke pintu luar vagina.
  3. Dapat mempercepat proses persalinan karena bantuan tenaga dari gravitasi bumi.
  4. Sedikit banyak mengurangi kemungkinan ibu hamil gak kuat mengejan atau gak pintar mengejan sehingga mengurangi resiko bayi di vacuum atau di tang/ forceps.
  5. Mengurangi rasa nyeri persalinan terutama pada punggung dan pinggang karena ibu hamil akan menyesuaikan posisinya sehingga bayi lebih mudah turun. Tetapi pada posisi ini bila janin turun dengan posisi kepala yang salah maka rasa nyeri yang ditimbulkan dapat lebih hebat daripada posisi konvensional.
  6. Mempercepat pembukaan mulut Rahim karena tekanan kepala bayi makin kuat berkat tarikan gravitasi bumi dan dorongan kekuatan perut ibu.

Nah kekurangan dari metode yang mengandalkan gravitasi (posisi bukan berbaring) adalah:

  1. Resiko perdarahan makin tinggi.
  2. Resiko robekan perineum s/d ke dubur makin besar.
  3. Gawat janin atau fetal distress akibat tekanan dorongan yang terlalu kuat.
  4. Pecahnya pembuluh darah di kepala janin akibat pemaksaan terdorong oleh kekuatan ibu hamil.
  5. Robekan vagina yang sangat parah terutama pada bayi yang turun dalam jalan lahir dengan posisi yang salah tetapi maju terus akibat dorongan ibu hamil dan daya gravitasi.
  6. Terdapat sifat agak maksa tehadap janin untuk lewat jalan lahir sehingga potensi cedera janin juga tinggi.
  7. Robekan mulut Rahim bahkan robekan Rahim mungkin saja terjadi terutama bila pembukaan belum lengkap, ukuran janin sebetulnya gak pantas untuk lahiran secara normal dan posisi kepala janin turun terbalik alias wajah janin menghadap perut ibu hamil.

Oke deh… saya rasa sudah saya sampaikan semua nih… jadi perlu dipahami bahwa tidak ada metode yang paling baik yang ada adalah metode yang paling dirasakan cocok oleh ibu hamil. Silakan tetap latihan kegel atau senam hamil secara rutin untuk membantu merelaksasi pintu keluar vagina dan juga jalan lahir bagian dalam. Ada metode pelemasan vagina yang dipopulerkan di India yaitu dengan jalan meregangkan vulva atau pintu vagina pada jam 4 6 8. Dan ada alat khusus untuk melonggarkan dan melemaskan pintu vagina yang bertujuan untuk mencegah kekakuan pintu vagina dengan harapan tidak perlu sampai digunting saat bersalin. Tetapi tetap saja ada resiko robekan perineum tak teratur yang malahan lebih berbahaya daripada guntingan pintu vagina. Saya sih belum lihat bentuk alat itu tetapi kira-kira alat itu bentuknya mirip dengan balon yang diletakkan dalam vagina lalu ditarik pelan-pelan keluar vagina dengan pelumasan minyak tertentu sehingga lama-lama pintu vagina menjadi relaks dan kendor. Hmm… bicara masalah kendor nih…. Yang kendor bisa bikin suami cari yang kenceng ha ha ha…

TULISAN 135. VAGINAKU ADA VARISES… BISAKAH AKU LAHIRAN NORMAL ?

Saya seringkali mendapatkan rujukan dari bidan dan klinik mengenai varises vagina pada ibu hamil. Pada beberapa ibu hamil bahkan mendapatkan informasi yang sesat dari tetangganya bahkan oom dan tantenya serta engkong dan mamaknya yang memberikan nasehat menakutkan/mengerikan, padahal dokter sekalipun tidak pernah memberikan informasi yang menakutkan.
Beberapa keluhan yang disampaikan ke saya oleh ibu hamil dengan varises di vagina atau vulva antara lain dulunya gak varises sekarang kok varises, nampak menonjol dan benjol di vagina, warna kebiruan di vagina, sakit kalo duduk, dll. Beberapa dari ibu hamil ada yang lebih suka pake pakaian celana ketat daripada longgar karena lebih nyaman dipakai untuk aktivitas, katanya kalo pake celana ketat bisa lebih kurang nyerinya (kalo ini ada benarnya juga sih…). Ada yang mencoba berendam dalam air teh dengan maksud untuk mengecilkan varisesnya, tapi ya tetap saja gak ada perubahan. Saya juga bingung dapat darimana anjuran berendam dengan air teh..he he he he.
Oke deh…begini saja… mari kita kenali apa sih VARISES VULVA VAGINA (selanjutnya kita singkat dengan 3V singkatan merupakan hak patent dari Dr. Cucuk Santoso, SpOG….ha ha ha ha).

APA SIH 3V ITU ?
Varises seringkali ditemukan di tungkai utamanya pada bagian betis dan sekitar pergelangan kaki. Biasanya berwarna kebiru-biruan/ kehijau-hijauan yang tampak pada kulit. Pada wanita, terutama yang sedang hamil, varises ini bisa muncul di vagina dan vulva wanita. Oh iya sudah ngerti dengan istilah vulva gak ? vulva itu artinya pintu masuk vagina, tempat adanya bibir vagina itu looooohhh….
3V itu bentuknya seperti bergelombang, melingkar, belok-belok, membenjol, kebiruan, kehijauan, keunguan, biasanya siiih jarang berubah ukurannya selama kehamilan. Bisa bergerombol atau 1 jalur saja atau menjalar seperti akar pohon. Nanti saya kasih gambarnya untuk lebih mudah mengenalinya….

APA SIH YANG DAPAT MENYEBABKAN TIMBULNYA 3V ?
3V dapat terjadi pada setiap wanita terutama wanita yang memiliki keturunan menderita varises. Resiko terkena 3V meningkat bila wanita tersebut usia kehamilannya makin tua, biasanya memasuki hamil 7-9 bulan (trimester 3). Terjadinya 3V disebakan oleh penekanan terhadap pembuluh darah didaerah panggul oleh makin besarnya ukuran rahim akibat kehamilan. Gejala-gejala yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil antara lain rasa nyeri didaerah vulva, daerah vagina terasa berat (gimana ya…rasanya seperti terisi sesuatu gitu deh), bengkak dan segala sesuatu rasa tak nyaman deh, baik untuk duduk maupun aktivitas lainnya.

APAKAH 3V BISA DIOBATI ?
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk mengurangi keluhan akibat 3V. Penggunaan pakaian ketat yang khusus untuk varises dapat digunakan…(beli dimana ya ? coba cari di bukalapak atau tanyain ke toko-toko olahraga atau coba datangi dokter spesialis bedah, siapa tahu bisa kasih petunjuk untuk beli dimana…oh iya… lihat juga iklan tv media yang jualan segala macam barang, siapa tahu pas kebetulan nemu celana khusus varises ). Wanita hamil sebaiknya jangan beraktivitas yang membutuhkan berdiri lama. Hmm agak sulit juga bagi wanita yang kerja di pabrik ya…tapi saya yakin pihak pabrik pasti mau memberikan dispensasi atau memindahkan posisi pekerja yang hamil ke bagian yang lebih ringan…potong gaji kah ? Sebab berdiri lama itu meningkatkan tekanan terhadap pembuluh darah vena di daerah panggul sehingga akibatnya 3V makin muncul.
Kalo tidur, baiknya wanita sedikit mengganjal bokongnya dgn bantal tipis dengan maksud untuk melancarkan aliran darah sekitar panggul. Ibu hamil sebaiknya jangan mengangkat barang-barang berat karena dapat merangsang timbulnya pembesaran pembuluh darah vena disekitar panggul. Bagi ibu hamil yang bekerja di pabrik sebaiknya minta keringanan supaya kerja ringan saja. Hal ini penting karena untuk daerah karawang, cikampek, purwakarta, subang, cikarang dan bekasi banyak wanita yang kerja di pabrik.

APAKAH WANITA HAMIL DENGAN 3V HARUS OPERASI SESAR ?
Sebetulnya wanita hamil dengan 3V tidak harus di operasi sesar saat melahirkan karena pembuluh darah vena itu lunak dan lembut sehingga tidak menghalangi jalan lahir. Tapi memang rasanya gak enak bingits saat melahirkan normal disertai 3V. Yang paling penting mesti diingat adalah penilaian klinis oleh dokter kandungan lebih menentukan keputusan klinik yang diambil karena semua dokter kandungan pasti ingin melakukan segala yang terbaik bagi ibu hamil, semua dilakukan seusai dengan pertimbangan fasilitas rumah sakit, tim bersalin, dan lain-lain.
Biloa terjadi perdarahan dari pembuluh darah varises akibat persalinan maka para dokter kandungan akan melakukan penanganan terhadap perdarahan vena tersebut, untungnya pembuluh darah vena disekitar vulva vagina alirannya lambat sehingga lebih mudah diatasi. Yang jelas kalo punya 3V sebaiknya melahirkan di rumah sakit, jangan di klinik PPK1 atau puskesmas apalagi bidan BPS…ngeriii tau gak….

APAKAH 3V itu bisa sembuh atau permanen/ menetap ?
Biasanya wanita hamil yang sebelum hamil tidak punya 3V maka ketika pasca melahirkan varisesnya akan mengecil tapi tetap gak bisa hilang. 3V itu akan kembali muncul saat kehamilan berikutnya dan makin besar seiring dengan pertambahan usia kehamilan dan umur ibu. Makanya kalo udah tua, jangan hamil lagi….ntar kena 3V loooooh….
Kalo ibu-ibu udah gak mau hamil lagi, maka sebaiknya 3V diobati terutama bila menimbulkan masalah misalnya nyeri atau rasa tidak enak. Datanglah ke dokter spesialis bedah untuk mendapatkan penanganan antara lain dengan melakukan penyuntikan obat dalam pembuluh darah varises yang dikenal dengan istilah skleroterapi. Kadang-kadang juga dilakukan pembedahan. Yang penting berobat ke dokter yaaaaa….jangan dipijat di dukun dan jangan percaya cerita seram dari tetangga.

TULISAN 134. PLACENTA PREVIA DALAM KEHAMILAN BIKIN PERDARAHAN

PLACENTA PREVIA DALAM KEHAMILAN

Placenta previa atau yang dikenal dengan bahasa padangnya adalah ari-ari menutup jalan lahir atau ari-ari dibawah merupakan komplikasi kehamilan yang lazim ditemui pada ibu hamil. Bila ibu hamil dinyatakan mengalami placenta previa oleh dokter kandungan itu berarti posisi placenta atau ari-ari ibu hamil letaknya tidak normal yaitu bisa dibagian bawah rahim, sebelah pintu lahiran atau nutupin pintu lahiran pada rahim. Fungsi placenta adalah untuk memberikan nutrisi pada bayi dalam kandungan ibu melalui tali pusat.
Placenta previa dapat menyebabkan timbulnya perdarahan terutama pada kehamilan lanjut bahkan terkadang para dokter terpaksa harus segera melahirkan bayinya demi menyelamatkan ibu hamil bila dinilai perdarahan yang timbul dapat membahayakan nyawa ibu hamil akibat perdarahan hebat atau akibat kondisi ibu hamil yang buruk walopun umur kehamilan masih prematur. Para dokter demi menyelamatkan nyawa ibu hamil hampir selalu (hampir 100% ) melakukan operasi sesar bila terjadi perdarahan pada placenta previa.
Terdapat beberapa jenis placenta previa. Antara lain:
1. Placenta previa totalis (placenta menutup jalan lahir)
2. Placenta previa marginalis (placenta berada ditepi jalan lahir)
3. Placenta previa letak rendah (tidak nutup jalan lahir tapi letaknya mepet ke pintu lahiran biasanya sekitar 2 cm dari pintu lahiran).
Lokasi menempelnya placenta dalam rahim diketahui dengan pemeriksaan USG pada umur kehamilan 16 minggu sampai 20 minggu. Bila terdeteksi adanya gangguan letak placenta maka akan dilakukan pemeriksaan ulangan untuk mengevaluasi letak placenta pada kehamilan yang lebih tua, biasanya pada umur kehamilan 28 minggu.

APA YANG PERLU DIPERHATIKAN OLEH IBU HAMIL BILA TERDEKTEKSI KENA PLACENTA PREVIA ?
Semua tergantung dari umur kehamilan ibu saat dilakukan USG deteksi tersebut. Bila masih hamil muda ya no problemo, biarin saja, tapi tetap berdoa semoga placentanya “dapat geser” ke atas. Kalo udah geser ke atas maka ibu hamil sudah tidak mengalami placenta previa lagi. Sebetulnya placenta itu tidak bisa bergeser atau dipindah ke atas tetapi seiring dengan pembesaran rahim akibat pertambahan usia kehamilan maka placenta mengikuti pembesaran rahim tersebut sehingga seolah-olah placenta bisa pindah. Kan placenta itu nempel di rahim, kalo rahim makin besar maka rahim makin ke atas sehingga placenta juga terposisi makin ke atas.
Gimana kalo ternyata placenta previa terdeteksi pada kehamilan trimester 2 ? Waduuuuhhhh terpaksa deh ibu hamil mesti makin rajin periksa ke dokter kandungan untuk dilakukan evaluasi USG untuk menilai letak placentanya pada kehamilan yang makin tua. Tapi perlu diingat ya bila terjadi perdarahan maka harus segera ke dokter kandungan bahkan kalo perlu segera ke UGD Rumah Sakit, jangan ke dukun pijat/ sinshe/ guru kung fu/ guru silat dan lain-lain. Ini harus segera diperiksa ada apa sih dengan kehamilan saya ? nanti para dokter di UGD akan memeriksa apakah ini perdarahan akibat placenta previa atau bukan.

APA YANG TERJADI BILA TERNYATA HASIL EVALUASI DOKTER KANDUNGAN MENYATAKAN TETAP PLACENTA PREVIA ?
Kalo ternyata hasil pemeriksaan dokter pada kehamilan selanjutnya menyatakan bahwa tetap kena placenta previa maka ibu hamil sebaiknya jangan hubungan sex dulu dengan suami, istirahat yang cukup bahkan harus lebih deh, lalu hindari aktivitas fisik berlebihan yang dapat merangsang terjadinya perdarahan. Bila lahiran maka harus dengan jalan operasi sesar. Pada placenta previa pada jalan lahir tertutup total oleh placenta sehingga bayi gak bisa lewat. Bahkan sekalipun placenta letaknya dipinggir pun seringkali harus dilakukan operasi sesar karena perdarahan dapat terjadi saat pembukaan pintu rahim karena terjadi robekan pembuluh darah.
Perdarahan pada placenta previa terjadi seringkali tanpa ada rasa nyeri sebelumnya, tau-tau pas bangun tidur…. loooo…. kok ada darah banyak. Atau juga bisa didahului dgn mules pada perut. Kalo ini terjadi maka ibu hamil harus segera ke UGD rumah sakit dan dokter biasanya akan merawat-inapkan ibu hamil.
Bila umur kehamilan ibu sudah mendekati hamil tua maka ibu hamil akan segera dilakukan operasi sesar. Bila masih hamil prematur maka bisa jadi kehamilan ibu dilanjutkan/ dipertahankan sepanjang perdarahan berhenti, tapi bila perdarahan masih berlanjut terpaksa deh mesti lahir premature demi menyelamatkan sang ibu hamil krn perdarahan yang tidak berhenti dapat mengganggu kesehatan bayi juga. Kadang-kadang bila kondisinya masih memungkinkan maka ibu hamil akan disuntik obat untuk membantu fungsi pernafasan bayi bila terpaksa harus lahir prematur. Tapi ingat hal tersebut tidak ada jaminan 100% karena manusia bisanya cuman ikhtiar, Tuhan yang nentukan segalanya.
Kalo pada perawatan ternyata perdarahan berhenti maka kehamilan akan dipertahankan setua mungkin dengan catatan kondisi ibu stabil dan kondisi janin baik. Kalo semua baik dan stabil maka pasien boleh pulang ke rumah. Harus diingat bahwa perdarahan pada placenta previa dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi, jadi walopun sudah pulang ke rumah ibu hamil dan keluarganya harus tetap waspada. Bila terjadi perdarahan ulang harus segera ke UGD Rumah Sakit.
Bila kondisi ibu hamil dan bayi dalam kandungannya stabil dan baik maka kehamilan akan diakhiri pada usia 37 minggu bila memungkinkan. Tapi pengalaman pribadi saya jarang yang bisa mencapai umur kehamilan 37 minggu, rata-rata sekitar 34 minggu saja (prematur).
APA SAJA SIH KOMPLIKASI YANG DAPAT TERJADI PADA PLACENTA PREVIA ?
Ibu hamil yang menderita placenta previa seringkali mengalami perdarahan baik saat hamil maupun saat melahirkan. Seringkali sampai harus di transfusi darah. Ibu hamil dengan placenta previa walopun dilakukan pertolongan dengan operasi sesar, tetap saja memiliki resiko perdarahan saat operasi karena placenta previa dapat nempel erat bahkan tidak mau dilepas dari rahim. Ada juga yang mudah dilepas dari rahim tetapi tempat bekas nempelnya menimbulkan perdarahan terus. Tidak jarang hal ini terpaksa harus dilakukan operasi angkat rahim.
Dokter kandungan akan memberikan obat-obatan untuk menimbulkan kontraksi rahim setelah bayi dilahirkan dengan cara operasi sesar. Hal ini bertujuan untuk membantu memghentikan perdarahan. Tetapi pada kasus placenta previa terkadang hal ini tidak efektif atau tidak dapat membantu karena pada placenta previa, letak placenta itu nempelnya pada bagian bawah rahim dimana di daerah tersebut kontraksinya kurang baik sehingga meskipun diberikan obat untuk kontraksi rahim belum tentu perdarahannya berhenti.
Bila terpaksa lahir premature maka bayi juga belum aman dari resiko/ komplikasi walopun sudah diberikan obat-obatan. Komplikasi pada bayi prematur antara lain sulit bernafas dan berat badan lahir yang rendah.

SIAPA SIH IBU HAMIL YANG BERESIKO TERKENA PLACENTA PREVIA ?
Sebagian besar ibu hamil yang terkena placenta previa ternyata tidak memiliki faktor resiko apapun. Tetapi bila hamil mengalami beberapa hal berikut, diduga dapat meningkatkan resiko terkena placenta previa, antara lain:
1. Pernah placenta previa pada kehamilan sebelumnya.
2. Pernah operasi sesar.
3. Hamil kembar.
4. Pernah operasi daerah rahim bagian dalam.
5. Merokok aktif (ibu hamil merokok) ataupun pasif (suami merokok).
6. Pengguna obat-obatan terlarang.
7. Kehamilan yang berulang kali (hamil bolak-balik, melahirkan bolak-balik).
8. Usia ibu hamil lebih dari 35 tahun.

Yang penting sekarang, sedekah saja begitu dinyatakan tes hamilnya Positif. Niatin bahwa sedekah ini untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan aman baik bagi ibu hamil maupun bayinya. Lakukan tiap hari. Siapin kaleng dirumah dan diisi gopek tiap hari dalam kaleng tersebut. 1 bulan kan cuman Rp 15.000,-. Ntar suami kasih ke tukang somay, tukang sapu, atau siapa saja deh yang dianggap miskin, boleh juga ke masjid. Khusus hari sabtu minggu tetap sedekah ya, jangan libur… yang libur cuman kerja saja…
Semoga bermanfaat.

 

Dr. Cucuk Santoso, SpOG

GROUP FB: IBU HAMIL KIUTTT HELLO KITTY