TULISAN 149. CARA MENGETAHUI MASA SUBUR WANITA

MASA SUBUR WANITA

IBU-IBU KIUTTTERS: assalamu’alaikum Dokter cucuk kiuttt hello kitty yang telolet… (ini nih efek gemezzznya ibu-ibu kiuttters akibat kebanyakan nongkrongin bis dipinggir jalan… ada saja gelar baru yang disematkan ke saya… dapat ide darimana ya… apa bawakan orok kali ya…). Mau tanya nih dok… kapan ya kira-kira MASA SUBUR saya ?

DOKTER CUCUK: Lahhhh kok nanya ke saya, yang haid siapa ?

IBU-IBU KIUTTTERS: idihhhh dokter kiuttt pura-pura nih… kan dokter kiuttt biasa ngurusin haidnya ibu-ibu…

DOKTER CUCUK: softexxxx kaleeeee…

IBU-IBU KIUTTERS: ya udah… tambahin nih gelarnya… dokter cucuk kiuttt hello kitty telolet softexxxx…

DOKTER CUCUK: anarkis !!! laporin jokowi ntar looo…

Masa subur itu istilah medisnya dikenal dengan dengan sebutan ovulasi. Pada saat ovulasi terjadi pelepasan sel telur wanita dari indung telur keluar ke dalam perut masuk ke saluran tuba/ saluran telur lalu bila ada sperma di saluran telur maka akan dibuahi lalu berjalan ke arah dinding rahim sehingga hasil pembuahan akan nempelpada dinding rahim. Nah bila sudah nempel maka ibu-ibu kiuttters disebut hamil.

Ibu-ibu kiuttters memiliki rentang masa subur itu kira-kira 3-5 hari sebelum ovulasi terjadi sampai 1 hari setelah ovulasi terjadi. Sehingga bila berhubungan sex pada masa rentang itu maka ibu-ibu kiuttters berpotensi untuk hamil.

Tidak ada metode yang sangat mudah untuk diterapkan oleh ibu-ibu kiuttters untuk menentukan masa suburnya. Tetapi… jangan kuatir… ditengah terjangan anarkisme ibu-ibu kiuttters dalam memberikan gelar tambahan, dokter cucuk kiuttt hello kitty masih mau memberikan perkiraan-perkiraan masa subur bagi ibu-ibu kiuttters sehingga ibu-ibu kiuttters bisa meningkatkan kemungkinan besar kehamilannya.

Metode perkiraan itu antara lain, ibu-ibu kiutters harus bisa menentukan sebetulnya siklus haidnya berapa hari. Siklus haid itu dimulai dari hari pertama haid sampe 1 hari sebelum haid berikutnya datang. Oke deh katakanlah jumlah harinya mesti sama, gak perlu bingung dengan tanggalnya maju atau tanggalnya mundur, yang penting jumlah harinya sama, mundurnya juga sama, majunya juga sama, maka dapat dikatakan haidnya teratur. Bila memakai metode ini maka masa subur itu dihitung mundur dari hari pertama haid bulan berikutnya. Misalnya ibu haid tanggal 1 januari 2017 dan berakhir tanggal 31 januari 2017, tanggal 32 januari 2017 ibu haid lagi maka masa subur ibu adalah 31 dikurangi 14 adalah sekitar tanggal 14 sampe 17 januari 2017 (tanggal cantik hari ini… ada yang mau lahiran hari ini ?). Gampang ya… nah hubungan sexnya ya sekitar tanggal itu. Metode ini tidak terlalu akurat karena saat ovulasi itu tidak selalu persis 14 hari sebelum haid berikutnya datang. Pada penelitian kedokteran dalam skala besar, ternyata pada wanita dengan siklus 28 hari masa suburnya merentang sejak 7 hari sampe 19 hari sebelum haid berikutnya datang, hanya 10% wanita yang betul-betul ovulasi pada hari ke-14.

Saat ini di pasaran banyak yang jual OVULATION KIT TESTER… ibu-ibu kiuttters bisa beli alat itu dan ada 2 macam metode, ada yang pake air ludah dan ada yang pake kencing. Alat itu akan memberikan tanda positif pada hari-hari sekitar ovulasi. Sehingga ibu-ibu kiuttters bisa segera telpon suami untuk pulang sambil bilang “PA KEBELET PA” atau “YANG PELOROTIN YANG”.

Ada juga metode yang sedikit merepotkan tapi tidak juga sih… semua kan tergantung tekad bulat untuk memiliki keturunan. Ibu-ibu kiuttters bisa mencatat suhu badan tiap abis bangun tidur, segera sebelum ngapa-ngapain, masih berbaring sante sambil buka mata, langsung deh ukur suhu badannya. Pencatatan suhu ini sebaiknya dikombinasi dengan memeriksa cairan lendir dari vagina ibu-ibu kiuttters… lakukan pemeriksaan ini sejak hari pertama haid, catat dalam bentuk tabel, ntar tabelnya saya kasihin deh buat ibu-ibu kiuttters… lalu tabel itu diamati kenaikan dan penurunan suhu badan ibu… sambil dikombinasi dengan periksa lendir vagina, lendir vagina saat masa subur itu biasanya berwarna putih bening seperti putih telur. Nah setelah mengikuti catatan ibu dalam tabel dan diulangi pada bulan berikutnya maka ibu-ibu akan terbiasa melihat adanya perubahan pada naik turun suhu badan ibu-ibu kiuttters sehingga dapat menentukan kapan masa suburnya. Masa subur itu tandanya suhu sedikit turun kemudian naik. Nah lakukanlah hubungan sex pada masa-masa suhu sedang naik.

Bingung ? ya udah minum susu dulu biar cerdas… memang kecerdasan pria itu melebihi wanita, suami ibu-ibu kiuttters pasti lebih cerdas daripada ibu-ibu kiuttters karena gizi para suami tetap terjaga karena rajin minum susu sejak bayi sampe sekarang. Ibu-ibu kiuttters terputus gizinya karena minum susu hanya saat bayi.

Ada juga metode yang menandai adanya nyeri saat ovulasi, nyerinya diperut kadangkala di pinggang belakang, dan sifatnya rutin tiap bulan. Ini dikenal dengan istilag mittelschmerz. Ibu-ibu kiuttters sebaiknya menggabungkan semua metode diatas untuk memperkirakan masa suburnya.

Oke deh… itu aja…