TULISAN 149. CARA MENGETAHUI MASA SUBUR WANITA

MASA SUBUR WANITA

IBU-IBU KIUTTTERS: assalamu’alaikum Dokter cucuk kiuttt hello kitty yang telolet… (ini nih efek gemezzznya ibu-ibu kiuttters akibat kebanyakan nongkrongin bis dipinggir jalan… ada saja gelar baru yang disematkan ke saya… dapat ide darimana ya… apa bawakan orok kali ya…). Mau tanya nih dok… kapan ya kira-kira MASA SUBUR saya ?

DOKTER CUCUK: Lahhhh kok nanya ke saya, yang haid siapa ?

IBU-IBU KIUTTTERS: idihhhh dokter kiuttt pura-pura nih… kan dokter kiuttt biasa ngurusin haidnya ibu-ibu…

DOKTER CUCUK: softexxxx kaleeeee…

IBU-IBU KIUTTERS: ya udah… tambahin nih gelarnya… dokter cucuk kiuttt hello kitty telolet softexxxx…

DOKTER CUCUK: anarkis !!! laporin jokowi ntar looo…

Masa subur itu istilah medisnya dikenal dengan dengan sebutan ovulasi. Pada saat ovulasi terjadi pelepasan sel telur wanita dari indung telur keluar ke dalam perut masuk ke saluran tuba/ saluran telur lalu bila ada sperma di saluran telur maka akan dibuahi lalu berjalan ke arah dinding rahim sehingga hasil pembuahan akan nempelpada dinding rahim. Nah bila sudah nempel maka ibu-ibu kiuttters disebut hamil.

Ibu-ibu kiuttters memiliki rentang masa subur itu kira-kira 3-5 hari sebelum ovulasi terjadi sampai 1 hari setelah ovulasi terjadi. Sehingga bila berhubungan sex pada masa rentang itu maka ibu-ibu kiuttters berpotensi untuk hamil.

Tidak ada metode yang sangat mudah untuk diterapkan oleh ibu-ibu kiuttters untuk menentukan masa suburnya. Tetapi… jangan kuatir… ditengah terjangan anarkisme ibu-ibu kiuttters dalam memberikan gelar tambahan, dokter cucuk kiuttt hello kitty masih mau memberikan perkiraan-perkiraan masa subur bagi ibu-ibu kiuttters sehingga ibu-ibu kiuttters bisa meningkatkan kemungkinan besar kehamilannya.

Metode perkiraan itu antara lain, ibu-ibu kiutters harus bisa menentukan sebetulnya siklus haidnya berapa hari. Siklus haid itu dimulai dari hari pertama haid sampe 1 hari sebelum haid berikutnya datang. Oke deh katakanlah jumlah harinya mesti sama, gak perlu bingung dengan tanggalnya maju atau tanggalnya mundur, yang penting jumlah harinya sama, mundurnya juga sama, majunya juga sama, maka dapat dikatakan haidnya teratur. Bila memakai metode ini maka masa subur itu dihitung mundur dari hari pertama haid bulan berikutnya. Misalnya ibu haid tanggal 1 januari 2017 dan berakhir tanggal 31 januari 2017, tanggal 32 januari 2017 ibu haid lagi maka masa subur ibu adalah 31 dikurangi 14 adalah sekitar tanggal 14 sampe 17 januari 2017 (tanggal cantik hari ini… ada yang mau lahiran hari ini ?). Gampang ya… nah hubungan sexnya ya sekitar tanggal itu. Metode ini tidak terlalu akurat karena saat ovulasi itu tidak selalu persis 14 hari sebelum haid berikutnya datang. Pada penelitian kedokteran dalam skala besar, ternyata pada wanita dengan siklus 28 hari masa suburnya merentang sejak 7 hari sampe 19 hari sebelum haid berikutnya datang, hanya 10% wanita yang betul-betul ovulasi pada hari ke-14.

Saat ini di pasaran banyak yang jual OVULATION KIT TESTER… ibu-ibu kiuttters bisa beli alat itu dan ada 2 macam metode, ada yang pake air ludah dan ada yang pake kencing. Alat itu akan memberikan tanda positif pada hari-hari sekitar ovulasi. Sehingga ibu-ibu kiuttters bisa segera telpon suami untuk pulang sambil bilang “PA KEBELET PA” atau “YANG PELOROTIN YANG”.

Ada juga metode yang sedikit merepotkan tapi tidak juga sih… semua kan tergantung tekad bulat untuk memiliki keturunan. Ibu-ibu kiuttters bisa mencatat suhu badan tiap abis bangun tidur, segera sebelum ngapa-ngapain, masih berbaring sante sambil buka mata, langsung deh ukur suhu badannya. Pencatatan suhu ini sebaiknya dikombinasi dengan memeriksa cairan lendir dari vagina ibu-ibu kiuttters… lakukan pemeriksaan ini sejak hari pertama haid, catat dalam bentuk tabel, ntar tabelnya saya kasihin deh buat ibu-ibu kiuttters… lalu tabel itu diamati kenaikan dan penurunan suhu badan ibu… sambil dikombinasi dengan periksa lendir vagina, lendir vagina saat masa subur itu biasanya berwarna putih bening seperti putih telur. Nah setelah mengikuti catatan ibu dalam tabel dan diulangi pada bulan berikutnya maka ibu-ibu akan terbiasa melihat adanya perubahan pada naik turun suhu badan ibu-ibu kiuttters sehingga dapat menentukan kapan masa suburnya. Masa subur itu tandanya suhu sedikit turun kemudian naik. Nah lakukanlah hubungan sex pada masa-masa suhu sedang naik.

Bingung ? ya udah minum susu dulu biar cerdas… memang kecerdasan pria itu melebihi wanita, suami ibu-ibu kiuttters pasti lebih cerdas daripada ibu-ibu kiuttters karena gizi para suami tetap terjaga karena rajin minum susu sejak bayi sampe sekarang. Ibu-ibu kiuttters terputus gizinya karena minum susu hanya saat bayi.

Ada juga metode yang menandai adanya nyeri saat ovulasi, nyerinya diperut kadangkala di pinggang belakang, dan sifatnya rutin tiap bulan. Ini dikenal dengan istilag mittelschmerz. Ibu-ibu kiuttters sebaiknya menggabungkan semua metode diatas untuk memperkirakan masa suburnya.

Oke deh… itu aja…

TULISAN 148. PENYEBAB SULIT HAMIL

Dokter cucuk kiuttt hello kitty kembali menyapa kiuttters karena bolak-balik di inbox untuk bertanya gimana caranya cepat hamil. Nih saya beritahu ya… kalo pengen hamil syarat utamanya adalah MENIKAH. Yang kedua punya suami. Yang ketiga punya isteri. Yang keempat jangan LDM/ LDR. Yang paling penting nih yang kelima yaitu SEDEKAH yang rutin tiap hari dengan pasang niat PROGRAM HAMIL PADA ALLAH SWT.

Banyak wanita yang mengeluh sulit hamil dalam awal pernikahannya. Kalo dikalangan masyarakat awam dikatakan tidak subur atau mandul. Benarkah demikian ?

Infertilitas adalah suatu peristiwa kegagalan untuk hamil setelah 1 tahun pernikahan dengan telah melakukan hubungan sex secara teratur tanpa menggunakan alat KB apapun. Penyebab infertilitas/ ketidaksuburan/ kegagalan hamil meliputi faktor suami 30%, faktor isteri 30%, kombinasi keduanya, dan faktor x (tidak diketahui sebabnya).

Jadi jangan cepat menuduh isteri sebagai penyebab kegagalan kehamilan.

Jangan dengarkan omongan keluarga/ mertua/ oom/ tante/ tetangga yang mengintimidasi isteri karena belum hamil-hamil juga setelah 1 tahun menikah. Kasihan isterinya karena bakalan stress menjadi tersangka padahal belum tentu isteri menjadi penyebab utama kegagalan kehamilan.

Berdasarkan pengalaman saya di lapangan banyak sekali sudah terlanjur nuduh isteri, ternyata oh ternyata suaminya yang jadi sebab utama. Penis perkasa, besar, panjang, dan tegang tidak jaminan suami itu subur dan bisa bikin isteri hamil. Kalo program kehamilan maka suami dan isteri harus datang berdua ke tempat praktek dokter kandungan karena pasangan suami isteri mepunyai tanggung jawab yang sama dalam program kehamilan.

Di amerika serikat 10-18% pasangan suami isteri gagal untuk hamil setelah 1 tahun pernikahan. Mencari penyebab dari faktor isteri kadang-kadang sangat sulit, sehingga proses program kehamilan selalu dimulai dari suami. Terlalu banyak terapi yang harus diberikan pada isteri bila faktornya adalah isteri, tergantung jenis penyebabnya.

95% pasangan yang mengalami gangguan kesuburan/ sulit hamil akhirnya berhasil hamil setelah 2 tahun menikah tanpa dilakukan pengobatan apapun. Jadi jangan putus asa.

Ingat gak di dalam Al-Qur’an Allah SWT sudah ngasih contoh ada wanita yang suci dan sholehah bisa hamil dengan kuasa Allah SWT walopun belum menikah, dan anak dalam kandungannya ternyata seorang nabi/ rosul Allah SWT yang termasuk dalam nabi istimewa/ nabi besar yaitu nabi Isa AS.

Ingat juga gak dalam Al-Qur’an contoh nabi besar Ibrahim AS yang punya anak dikala usianya sudah sangat tua, dan hasilnya nabi besar Ismail AS yang berakhlak sungguh mulia. Itu Allah SWT ingin menunjukkan pada manusia bahwa tidak ada yang tidak mungkin bila Allah SWT berkehendak.

Jangan putus asa dari nikmat Allah SWT. Jangan berputus asa dari berharap/ memohon pertolongan Allah SWT. Gak usah pusing bin bingung apalagi pakai berharap pada terapi/ pengobatan dokter kandungan karena 2 contoh nyata dalam Al-Qur’an sudah menjadi bukti nyata bahwa kehamilan adalah HAK PREROGATIF ALLAH SWT. Tanamkan keyakinan dan keimanan dalam hati suami isteri bahwa ALLAH SWT Yang Menghendaki kita hamil atau tidak hamil. Ketentuan Allah SWT tidak pernah salah, tidak pernah keliru, tidak pernah tidak adil, selalu adil.

Apakah ada kebenaran yang dapat melebihi kebenaran Al-Qur’an ? jawabannya PASTI 1000% TIDAK ADA YANG LEBIH BENAR DARIPADA AL-QUR’AN.

Ehhh… kok jadi ngelantur kemana-mana…

Gejala ketidaksuburan yang paling utama adalah kegagalan kehamilan. Salah satu tanda pada wanita yang memiliki gangguan kesuburan antara lain bila memiliki haid yang lamanya lebih dari 35 hari atau kurang dari 21 hari atau haid tak teratur atau haid jarang datang maka perlu dicurigai terdapat gangguan pengeluaran sel telur/ ovulasi.

Kapan sebaiknya kita mendatangi dokter kandungan ? sebetulnya hal ini tergantung pada faktor usia wanita.

1. Pada wanita usia kurang dari 35 tahun maka bila setelah 1 tahun menikah belum berhasil hamil maka sebaiknya segera datangi dokter kandungan.

2. Pada wanita usia 35 tahun s/d 40 tahun dan belum berhasil hamil dalam 6 bulan pernikahan maka segera datangi dokter kandungan… jangan lupa bawa kue yaaa…. he he he

3. Kalo usia wanita saat menikah sudah 40 tahun ke atas maka dokter kandungan akan langsung segera melakukan test-test pada pasangan suami isteri dan langsung melakukan program kehamilan bila dipandang perlu.

Dokter kandungan seringkali juga langsung melakukan test-test kesuburan dan program kehamilan pada pasangan suami isteri bila didapatkan gangguan-gangguan yang berpotensi atau menyebabkan ketidaksuburan misalnya gangguan haid, pernah infeksi kandungan, haid tak teratur, nyeri hebat saat haid, keguguran berulang, endometriosis, dan pernah pengobatan kanker.

Untuk berhasil hamil maka harus ada faktor-faktor dibawah ini yaitu:

1. Wanita harus subur alias secara rutin tiap 1 bulan sekali terjadi pelepasan sel telur. Coba baca postingan tempo hari saya tentang menentukan masa subur wanita. Yang gak baca ya rugi sendiri.

2. Sperma suami mesti normal. Dokter kandungan akan melakukan tes analisa sperma pada suami di laboratorium untuk mengetahui apakah ada kelainan pada sperma suami.

3. Hubungan sex dengan suami mesti teratur. Gak mungkin lah LDR atau LDM pengen hamil cepat-cepat… ya hamil bisa sih bisa tapi itu sudah menjadi faktor penghambat untuk cepat hamil. Lagian ngapain sih udah nikah pake LDM segala… jablay tauuuuu…. kasiaaaannnn deh loooo.

4. Rahim dan saluran telur wanita harus normal. Saluran telur merupakan tempat pertemuan sel telur dan sperma kemudia setelah terjadi pembuahan akan menanamkan diri di dinding rahim.

Kalo salah satu terjadi gangguan maka secara ilmu pengetahuan manusia ya sulit untuk menghasilkan kehamilan. Tapi kembali lagi… ingat Al-Qur’an… Siti Maryam atas kuasa Allah SWT bisa hamil tuh tanpa ada suami, ehhh hamilnya seorang janin yang kelak menjadi nabi/ rosul Allah SWT… artinya tetap Allah SWT Yang Berkuasa atas segala sesuatu di bumi dan di langit dan seluruh alam semesta. Jangan putus asa. Rajin-rajin sedekah dengan niat untuk berhasil hamil. Jangan sedekah dengan niat yang luas, niatin saja untuk program hamil. Jangan pelit-pelit… sedekah Rp 4000,-/ hari dengan niatan hamil ya malaikatnya ngeliriknya lama, coba diisi Rp 10.000,-/ hari maka malaikat cepat noleh dan cepat lapor ke Allah SWT… he he he

Gangguan kesuburan pada wanita dapat disebabkan oleh banyak faktor antara lain gangguan ovulasi atau gangguan pelepasan sel telur.

1. PCOS. Penyakit ini menyebabkan gangguan keseimbangan hormonal sehingga dapat mengganggu proses pelepasan sel telur. Seringkali berhubungan dengan faktor metabolisme dalam tubuh seperti resistensi insulin. Tandanya antara lain obesitas/ kegemukan, berjerawat, muka berminyak, banyak bulu di wajah atau badan. PCOS ini yang paling sering menimbulkan infertilitas pada wanita.

2. Disfungsi hipotalamus. Terdapat 2 hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis wanita, kelenjar di dalam otak, yaitu FSH dan LH. FSH dan LH bertanggung jawab untuk merangsang proses ovulasi/ pelepasan sel telur tiap bulan. Kegiatan fisik yang berlebihan, fator stress, berat badan kegemukan atau kekurusan atau bagi yang suka pakai obat pelangsing dapat menghambat kerja kedua hormon tersebut sehingga terjadi kegagalan proses pelepasan sel telur. Salah satu tandanya yang paling sering adalah haid tidak teratur atau malah jarang datang.

3. Premature ovarian failure. Dikenal dengan istilah PRIMARY OVARIAN INSUFFICIENCY. Pada kasus ini terjadi akibat respoan autoimmune/ gangguan dalam diri sendiri sehingga menyebabkan indung telur tidak menghasilkan sel telur lagi, ditandai dengan kadar estrogen dalam tubuh wanita begitu rendah, serig terjadi pada wanita yang berusia kurang dari 40 tahun. Penyebabnya dapat keturunan/ genetik atau akibat kemoterapi penyakit kanker.

4. Kadar prolactine tinggi. Kelenjar hiposisis/ kelenjar otak wanita dapat mengeluarkan hormon prolaktine dalam jumlah yang sangat banyak sehingga dapat menghambat produksi hormon estrogen yang pada akhirnya akan mennyebabkan ketidaksuburan. Hal ini seringkali disebabkan oleh adanya masalah teknis pada kelenjar di otak wanita, dapat juga disebabkan oleh obat-obatan tertentu akibat pengobatan penyakit pada wanita. Beberapa hal yang dapat menyebabkan hiperprolaktinemia pada wanita antara lain menyusui, kehamilan, stress, suka minum herbal gak jelas, tumor, trauma kepala, obat-obatan anti stress/ anti depresi, dan lain-lain.

Kerusakan saluran telur pada wanita juga dapat menghambat proses terjadi kehamilan. Kerusakan saluran telur wanita dapat menghambat pertemuan sperma dengan sel telur. Bahkan walopun terjadi keberhasilan pertemuan sel telur dan sperma dan terjadi proses pembuahan tetapi hasil pembuahan tersebut tidak dapat berjalan kembali ke dalam rahim sehingga terjadilah penanaman hasil pembuahan di saluran telur. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya hamil luar kandungan. Coba dibaca postingan saya yang telah lewat tentang hamil di luar kandungan. Belum dibaca ? ya rugi sendiri… upload ulang ? malezzzz dehhhh…. cari aja sendiri… sibuk bin repot… banyak pasien yang mesti ditolongin…

Penyebab gangguan pada saluran telur antara lain:

1. Infeksi kandungan. Dapat disebabkan oleh bakteri klamidia, GO/ raja singa, dan infeksi penyakit kelamin lainnya. Makanya selalu setia pada 1 pasangan saja, gak usah selingkuh, gak usah macem-macem… sayangi isteri, sayangi suami…

2. Pernah operasi perut. Apapun sebabnya, termasuk pernah operasi hamil luar kandungan. Hal ini disebabkan adanya perlengketan pada saat proses penyembuhan akibat luka operasi. Makanya jangan ada pantangan makanan setelah operasi, semua boleh dimakan, karena dengan diet yang bagus dan berprotein tinggi maka resiko perlengketan dapat berkurang. Kalo masih lengket gimana ? ya itu namanya takdir, nasib.

3. TBC kandungan. Hal ini merupakan penyebab tersering pembuntuan saluran telur.
Faktor kesehatan rahim dan mulut rahim juga berperan untuk keberhasilan kehamilan.

Beberapa hal yang berkaitan dengan rahim dan mulut rahim yang dapat menghambat kehamilan bahkan menyebabkan resiko keguguran antara lain:

1. Tumor jinak rahim misalnya polip atau miom. Kalo tumbuhnya miom/ polip itu menghambat saluran telur maka kehamilan juga sulit terjadi. Kadang-kadang dapat juga menghambat penempelan hasil pembuahan di dinding rahim. Tetapi perlu diingat bahwa banyak sekali wanita yang tetap berhasil hamil walopun ada miom atau polip dalam kandungannya. Jadi jangan kuatir dan jangan putus asa.

2. Endometriosis dapat menghambat penempelan hasil pembuahan ke dinding rahim.

3. Kelainan bentuk rahim juga dapat menghambat kehamilan bahkan bila berhasil hamil juga dapat menyebabkan kegagalan suatu kehamilan misalnya keguguran, lahiran prematur, dan lain-lain.

4. Kekakuan, penyempitan, dan kekerasan mulut rahim dapat menghambat kehamilan, biasanya disebabkan oleh kerusakan leher rahim baik oleh infeksi ataupun trauma.

Bila pada hasil pemeriksaan pasangan suami isteri tidak ditemukan kelainan maka kegagalan untuk memperoleh kehamilan masuk pada kategori TIDAK DIKETAHUI/ FAKTOR-X. Itulah keterbatasan ilmu manusia.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sulit punya anak antara lain:

1. Suami/ isteri merokok.
2. Faktor usia suami/ isteri
3. Berat badan berlebihan/ kekurusan.
4. Pernah infeksi kandungan/ infeksi kelamin
5. Minuman keras.

Dalam program kehamilan maka dokter kandungan akan melakukan beberapa test baik pada suami ataupun pada isteri.

Adapun test-test tersebut antara lain test kesuburan wanita/ test ada tidaknya ovulasi, HSG, test jumlah kandungan sel telur, USG, tes sperma, bahkan ditempat yang lebih canggih dan ditangani oleh dokter kandungan yang bidangnya khusus untuk kesuburan/ fertilitas dapat dilakukan tes histeroskopi, laparoskopi, test genetik, dan test-test hormon yang lain.

Penanganan gangguan kesuburan oleh dokter kandungan tergantung penyebab yang ditemukan. Perlu diingat bahwa penggunaan obat-obatan kesuburan bukannya tanpa resiko, semua tetap ada resikonya. Ya kalo gak mau ada resiko ya jangan program hamil. Resiko yang mungkin terjadi antara lain nyeri perut hebat, sesak nafas, hamil kembar, mual, muntah, diare, dll. Bahkan disinyalir dapat menimbulkan resiko terjadinya tumor indung telur dimasa yang akan datang. Hidup ini gak ada yang bebas resiko, kalo gak mau beresiko ya gak usah hamil saja.

Hmmm… udah deh… sekian dulu…

Bagi wanita yang ingin memperoleh update postingan seputar kesehatan kandungan dan kehamilan maka ikuti terus postingan dokter cucuk. Jangan lupa beli pulsa dan quota 2 giga.
a. GROUP FB: ibu hamil kiuttt hello kitty
b. Fanpage FB: dr. cucuk santoso, spog
c. Alamat praktek dr. Cucuk Santoso, SpOG:

senin s/d sabtu

pagi jam 07.00-09.00

sore jam 16.00-21.00 (khusus hari sabtu sore jam 16.00-18.00)

kompleks ruko the mansion resinda blok TA-8 nomor 16-17 di seberang futsal/ foodcourt resinda. Nomor hp 08122233630 (pendaftaran)

 

TULISAN 146. GANGGUAN HAID PADA WANITA – AMENORE (BAGIAN KE 1)

Setiap wanita normalnya pasti akan mengalami haid. Nah setiap wanita yang haid pasti pernah mengalami yang namanya gangguan haid. Gangguan haid itu bisa dikategorikan menjadi 3 bagian besar yaitu:

  1. gangguan siklus haid. Yang tergolong pada gangguan ini antara lain: haid datang bolak-balik sebelum waktunya (polimenore), haid jarang datang (oligomenore), bahkan haid gak datang-datang (amenore sekunder) dan yang yang lebih parah lagi haid gak pernah datang (amenore primer).
  2. gangguan jumlah darah haid misalnya siklus haid teratur tetapi keluar darahnya cuman dikit (hypomenore), darah haid banyak banget (menorrhagia/ hypermenore)
  3. gangguan lamanya haid misalnya metroragi (haid sudah datang tetapi datang lagi diantara jadwal haid berikutnya), haid yang lebih lama dari 8 hari atau haid yang kurang dari 2 hari.

Amenore sebetulnya bukanlah nama suatu penyakit haid tetapi merupakan gejala gangguan haid. Wanita dikatakan menderita amenore bila sudah 3 siklus haid ternyata haidnya gak datang atau gampang bila sudah tidak haid selama 3 bulan. Gejala amenore ini ada 2 jenis yaitu:

  1. amenore primer yaitu bila wanita sudah memiliki tanda-tanda sex sekunder (payudara, rambut pubis, rambut ketiak) dan sudah mencapai umur 18 tahun tetapi belum pernah haid sama sekali.
  2. amenore sekunder yaitu bila wanita yang sudah pernah haid tetapi mengalami gangguan haid berupa haid tak datang-datang selama 3 bulan atau lebih.
  3. amenore  normal yaitu kondisi wanita yang memang tidak haid karena sesuatu hal antara lain sedang hamil, sedang menyusui bayi (bukan menyusui suami loooo yaaaa….), sedang dalam pengobatan hormonal yang memang disengaja untuk jangan sampai haid, sedang menyusui, dan menopause.

Nah bila wanita mengalami gejala gangguan haid berupa haid tak datang (amenore) maka disarankan untuk segera berobat ke dokter kandungan untuk mengetahui apakah gangguan haidnya normal atau tidak.

TULISAN 142. ENDOMETRIOSIS ATAU KISTA COKLAT

Endometriosis adalah suatu penyakit jinak organ kandungan wanita. Penyakit ini banyak menjadi perhatian para ahli kandungan diseluruh dunia. Penyebab pastinya masih belum diketahui sehingga endometriosis dinyatakan sebagai penyakit yang misterius hingga saat ini. Tetapi para ahli kedokteran menyatakan bahwa endometriosis dalam pertumbuhan dan perkembangannya sangat dipengaruhi oleh hormon steroid terutama hormon winta yang dikenal dengan sebutan hormon estrogen.

Bila wanita mengalami nyeri perut/ panggul, nyeri saat haid dan apalagi disertai dengaan sulit hamil alias gangguan infertilitas maka patut dicurigai bahwa wanita tersebut sedang menderita endometriosis. Kenapa bisa begitu ? karena dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada wanita yang mengalami infertilitas/ gangguan kesuburan/ gak hamil-hamil  yang disertai dengan nyeri haid maka ternyata 80%nya disebabkan oleh endometriosis.

Kok bisa nyeri haid yang hebat pada wanita endometriosis ? ini asalnya dari endometriosis itu sendiri yaitu adanya jaringan endometrium/ dinding rahim bagian dalam yang tumbuh diluar rahim. Nah walopun tumbuhnya diluar rahim tetapi karena endometriosis itu asalnya dari dalam rahim maka ketika wanita tersebut haid maka dengan pengaruh dari hormon estrogen dan progesteron maka jaringan yang diluar rahim tersebut ikutan haid juga. Normalnya darah haid itu keluar lewat mulut rahim, kalo pada endometriosis keluarnya kemana saja ke dalam perut wanita sehingga menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa dahhh… lebih nyeri daripada sakit hati pada pelakor pokoknya…

Pokoknya nih, bila wanita mengalami nyeri perut yang timbulnya sesuai dengan jadwal haid, baik itu disertai dgn nyeri haid ataupun tidak maka perlu dicurigai sebagai endometriosis.  Pada wanita yang mengalami nyeri saat hubungan sex juga boleh saja dicurigai menderita endometriosis karena jaringan endometriosis juga bisa tumbuh di daerah sekitar vagina dan dinding luar belakang vagina (cavum douglasi).

Tatacara untuk mengetahui apakah seorang wanita menderita endometriosis adalah dengan cara berobat ke dokter spesialis kandungan. Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan antara lain:

  1. cek kadar hormon CA125
  2. USG/ CT scan
  3. operasi laparoskopi. Pemeriksaan ini lebih akurat dan lebih pasti.

Terdapat beberapa cara atau uji fungsional untuk mengetahui apakah wanita menderita endometriosis atau tidak yaitu dengan melakukan test analog GnRH. Dokter kandungan akan memberikan analog GnRH sekali saja pada saat haid dan setelah dinilai apakah keluhan nyeri menghilang atau tidak. Bila keluhan menghilang maka 70-80% wanita tersebut memang menderita endometriosis sehingga biasanya dokter spesialis kandungan akan menawarkan apakah wanita mau diberikan obat GnRH analog tersebut selama 5-6 siklus haid ke depan. Bagaimana bila keluhan tak menghilang setelah dilakukan uji fungsional tersebut ? Maka kemungkinan besar nyeri perut yang dirasakan bukan disebabkan oleh endometriosis, misalnya karena tumor ovarium, radang panggul, varises organ kandungan, miom, stenosis serviks (kekakuan mulut rahim), penyakit usus kolon iritatif, appendisitis kronis (usus buntu yang gak mau dioperasi dan terus minum obat tanpa anjuran dokter), infeksi saluran kencing kronis, atau efek dari perlekatan akibat endometriosis yang sudah tak aktif lagi.

Bagaimana cara mengobati endometriosis ? banyak cara walopun belum bisa memberikan hasil yang memuaskan, yaitu antara lain:

  1. operasi
  2. obat-obatan seperti GnRH agonis
  3. pemberian hormon progestogen seperti medroksi progesteron acetat (turunan hormon progesteron) dan danazol (turunan testosteron).
  4. pil KB jangka panjang terutama bagi wanita yang belum mau untuk hamil atau sudah punya anak yang cukup. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa wanita yang rajin menggunakan pil KB maka sangat sedikit yang menderita endometriosis.

kurasa sudah cukup sekian ya… karena gak mungkin saya bagi semua ilmu kesaktian saya, ntar pada pinterrr semua… ha ha ha

TULISAN 18. SAYA BELUM HAMIL KARENA PCOS

Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah gangguan hormonal yang umum terjadi di antara wanita usia reproduksi. Wanita dengan PCOS memiliki periode menstruasi yang jarang-jarang (sering telat mens) atau berkepanjangan (mensnya lama) dan atau memiliki kadar hormon laki-laki (androgen) yang berlebihan. Ovarium/ indung telur wanita yang menderita PCOS terdiri dari banyak folikel/ sel telur kecil-kecil dan cilaka-nya indung telur wanita tersebut mengalami kegagalan mengeluarkan sel telur secara teratur (ovulasi). Penyebab pasti PCOS tidak diketahui samai saat ini. Diagnosis dan pengobatan dini terhadap wanita yang menderita PCOS dengan diiringi penurunan berat badan dapat mengurangi risiko komplikasi jangka panjang seperti diabetes mellitus tipe 2 (kencing manis) dan penyakit jantung.

Tanda dan gejala PCOS sering berkembang di sekitar masa-masa wanita mendapatkan menstruasi pertama selama masa pubertas. Kadang-kadang gejala PCOS berkembang dikemudian hari, misalnya sebagai respon terhadap penambahan berat badan yang cukup besar. Penambahan berat badan ini disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang salah. Kadar gula yang tinggi terus menerus dalam darah dapat memicu terjadinya resistensi insulin. Jadi kalo jadi wanita jangan gemuk-gemuk. Wanita yang menderita PCOS ada kemungkinan mengalami gangguan yang namanya resistensi insulin dimana insulin dalam tubuhnya ada tetapi gak bisa dipake oleh tubuhnya untuk menurunkan kadar gulanya. Insulin itu adalah hormon yang dipake untuk menormalkan kadar gula dalam darah. Itulah sebabnya kenapa kita sebagai manusia disuruh untuk olah raga yaitu untuk mencegah timbulnya kadar gula darah yang berlebihan dalam tubuh sehingga resistensi insulin tidak terjadi. Pada wanita yang gemuk bukan tak bisa hamil tetapi kemungkinan hamilnya lebih kurang daripada wanita yang tidak gemuk.

Tanda dan gejala PCOS bervariasi. Diagnosis PCOS dibuat oleh dokter kandungan ketika wanita mengalami setidaknya dua dari tanda-tanda ini:

  1. Periode haid yang tidak teratur. Siklus menstruasi yang jarang datang, tidak teratur atau berkepanjangan adalah tanda PCOS yang paling umum. Misalnya: wanita mungkin memiliki kurang dari sembilan periode setahun, lebih dari 35 hari antara periode dan jumlah haid yang sangat banyak.
  1. Kadar hormon androgen berlebihan. Peningkatan kadar hormon pria (androgen) dapat menghasilkan tanda-tanda fisik yang menyerupai pria pula, seperti kelebihan rambut di wajah dan tubuh (hirsutisme), dan kadang-kadang terkena jerawat yang parah dan mengalami rambut rontok/ kebotakan akibat kelebihan hormon androgen.
  1. Saat pemeriksaan di dokter kandungan ditemukan indung telur/ Ovarium yang polikistik. Ovarium wanita mungkin membesar dan mengandung banyak folikel kecil yang berada mengelilingi bagian dalam indung telur sehingga indung telur gagal berfungsi secara teratur karena tidak terjadi pelepasan sel telur. Sel telur yang bisa dilepas oleh indung telur adalah sel telur yang matang. Pada wanita PCOS, sel telur gak bisa matang. Inilah yang menyebabkan wanita PCOS sulit hamil. Gimana mau hamil, spermanya suami jomblo di dalam saluran telur karena sel telur gak ada yang masuk ke dalam saluran telur.

Perlu diingat… tanda dan gejala PCOS biasanya lebih parah jika wanita mengalami obesitas/ kegemukan. Makanya jangan gemuk-gemuk, kurangi berat badan. Olah raga teratur, aerobik juga boleh. saran saya pada wanita yang belum hamil atau mengalami gangguan haid, sebaiknya segera temui dokter kandungan jika wanita memiliki masalah dengan periode menstruasi/ haid tak teratur/ haid berlebihan/ haid jarang datang, termasuk ketika wanita gak hamil-hamil/ ketidaksuburan atau jika memiliki tanda-tanda kelebihan hormon androgen seperti pertumbuhan rambut berlebihan, jerawat yang parah, dan rambut rontok yang parah/ kebotakan kepala seperti pola kebotakan laki-laki alias seperti professor (botak atas).

Penyebab pasti PCOS tidak diketahui. Faktor-faktor yang mungkin berperan untuk menderita PCOS antara lain:

  1. Kelebihan hormon insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi di pankreas yang memungkinkan sel untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Gula digunakan oleh tubuh untuk pasokan energi utama tubuh wanita. Jika sel-sel wanita menjadi resisten/ ogah-ogahan terhadap hormon insulin, maka kadar gula darah dapat naik dan tubuh mungkin akan bereaksi dengan menghasilkan lebih banyak lagi hormon insulin. Kelebihan hormon insulin dapat meningkatkan produksi hormon androgen (hormon laki-laki), menyebabkan kesulitan dengan ovulasi/ pelepasan sel telur.
  1. Peradangan tingkat rendah/ low grade inflamation. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita dengan PCOS memiliki jenis peradangan tingkat rendah yang merangsang ovarium polikistik untuk menghasilkan hormon androgen, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada jantung dan pembuluh darah.
  1. Penelitian menunjukkan bahwa gen tertentu mungkin berkaitan dengan PCOS.
  1. Androgen berlebih. Bila Ovarium/ indung telur wanita menghasilkan kadar hormon androgen yang tinggi maka dapat menyebabkan timbulnya hirsutisme (kelebihan rambut di wajah/ perut) dan jerawat.

Komplikasi yang dapat terjadi pada wanita dengan PCOS antara lain:

1. Sulit hamil/ infertilitas
2. Gestational diabetes/ Penyakit kencing manis pada wanita hamil.
3. Keguguran atau kelahiran prematur
4. tekanan darah tinggi pada kehamilan
5. Steatohepatitis non-alkohol – peradangan hati berat yang disebabkan oleh akumulasi/ penumpukan lemak di hati
6. Sindrom metabolik – sekelompok kondisi termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kadar kolesterol atau trigliserida abnormal yang secara signifikan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular/ jantung/ stroke.
7. Diabetes tipe 2 atau prediabetes
8. Depresi, kecemasan dan gangguan makan
9. Perdarahan uterus abnormal/ gangguan haid.
10. Kanker pada lapisan uterus (kanker endometrium)… istilah karawangnya adalah kanker rahim.
11. Sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang berpotensi serius di mana pernapasan berulang kali berhenti dan mulai lagi. Wanita mungkin mengalami sleep apnea jika saat tidur mengalami mendengkur keras dan wanita yang merasa lelah bangetssss.

Tidak ada tes untuk mendiagnosis PCOS secara definitif. Dokter kandungan kemungkinan akan memulai dengan diskusi tentang riwayat kesehatan wanita, termasuk periode menstruasi dan perubahan berat badan wanita. Dokter kandungan juga akan melakukan pemeriksaan fisik termasuk memeriksa tanda-tanda pertumbuhan rambut berlebih, resistensi insulin dan jerawat.

Di dokter kandungan, wanita kemungkinan akan menjalani pemeriksaan antara lain:

  1. Pemeriksaan panggul. Dokter secara visual dan manual memeriksa organ reproduksi wanita untuk mencari ada tidaknya tumor, pertumbuhan jaringan tak normal atau kelainan lainnya.
  1. Tes darah. Darah wanita akan diambil untuk dianalisis dilaboratorium guna mengetahui kadar hormon wanita. Dokter kandungan juga akan melakukan tes darah tambahan untuk mengukur kadar toleransi glukosa dan kadar kolesterol dan trigliserida puasa.
  1. Dokter kandungan akan memeriksa dengan menggunakan USG untuk melihat penampilan indung telur wanita dan ketebalan dinding rahim wanita.

Pengobatan wanita dengan PCOS akan bersifat sangat individual bangetsss, ditekankan pada hal-hal yang menjadi masalah wanita tersebut misalnya infertilitas/ sulit hamil, hirsutisme/ kelebihan rambut wajah/ tubuh, jerawat atau kegembrotan/ obesitas. Pengobatan PCOS juga mungkin melibatkan perubahan gaya hidup (diet, olah raga) bahkan juga dengan pemberian obat-obatan.

Dokter kandungan akan meminta wanita PCOS untuk menurunkan berat badan melalui diet rendah kalori yang dikombinasikan dengan aktivitas olahraga yang teratur, gak usah berat-berat tetapi rutin. Pengurangan ringan dalam berat badan akan memperbaiki kondisi wanita. Menurunkan berat badan juga dapat meningkatkan efektivitas obat yang direkomendasikan dokter untuk PCOS, dan dapat membantu mengatasi ketidaksuburan.

Untuk membantu dokter kandungan dalam mengobati PCOS maka wanita diharapkan melakukan hal-hal berikut:

  1. Pertahankan berat badan yang sehat. Penurunan berat badan dapat mengurangi kadar insulin dan androgen dan dapat mengembalikan ovulasi/ kesuburan.
  1. Batasi karbohidrat. Diet tinggi karbohidrat dapat meningkatkan kadar insulin. Gampangnya kurangi makan nasi, banyakin makan ikan. Pilih karbohidrat kompleks, yang meningkatkan kadar gula darah Anda lebih lambat. Karbohidrat secara umum dibagi menjadi dua, karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks sering disebut sebagi jenis karbohidrat sehat karena mengandung tinggi serat dan rendah indeks glikemik. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya, bijian dan kacang-kacangan termasuk beras merah, jagung dan gandum. Sedangkan karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat yang memiliki kualitas rendah. Karbohidrat jenis ini ditandai dengan kandungan gulanya yang tinggi tetapi sangat rendah nutrisi. beberapa contoh makanan sumber karbohidrat sederhana diantaranya: donat, humberger, mie instan dan kue kering.
  1. Olahraga membantu menurunkan kadar gula darah. Jika Anda memiliki PCOS, meningkatkan aktivitas harian dan berpartisipasi dalam program latihan teratur dapat mengobati atau bahkan mencegah resistensi insulin dan membantu menjaga berat badan wanita sehingga dapat terkendali dan juga menghindari diabetes.

TULISAN 79. SAYA MAU PROMIL

Dokter cucuk kiuttt hello kitty kembali menyapa kiuttters karena bolak-balik di inbox untuk bertanya gimana caranya cepat hamil. Nih saya beritahu ya… kalo pengen hamil syarat utamanya adalah MENIKAH. Yang kedua punya suami. Yang ketiga punya isteri. Yang keempat jangan LDM/ LDR. Yang paling penting nih yang kelima yaitu SEDEKAH yang rutin tiap hari dengan pasang niat PROGRAM HAMIL PADA ALLAH SWT.

Banyak wanita yang mengeluh sulit hamil dalam awal pernikahannya. Kalo dikalangan masyarakat awam dikatakan tidak subur atau mandul. Benarkah demikian ?

Infertilitas adalah suatu peristiwa kegagalan untuk hamil setelah 1 tahun pernikahan dengan telah melakukan hubungan sex secara teratur tanpa menggunakan alat KB apapun. Penyebab infertilitas/ ketidaksuburan/ kegagalan hamil meliputi faktor suami 30%, faktor isteri 30%, kombinasi keduanya, dan faktor x (tidak diketahui sebabnya).

Jadi jangan cepat menuduh isteri sebagai penyebab kegagalan kehamilan.

Jangan dengarkan omongan keluarga/ mertua/ oom/ tante/ tetangga yang mengintimidasi isteri karena belum hamil-hamil juga setelah 1 tahun menikah. Kasihan isterinya karena bakalan stress menjadi tersangka padahal belum tentu isteri menjadi penyebab utama kegagalan kehamilan.

Berdasarkan pengalaman saya di lapangan banyak sekali sudah terlanjur nuduh isteri, ternyata oh ternyata suaminya yang jadi sebab utama. Penis perkasa, besar, panjang, dan tegang tidak jaminan suami itu subur dan bisa bikin isteri hamil. Kalo program kehamilan maka suami dan isteri harus datang berdua ke tempat praktek dokter kandungan karena pasangan suami isteri mepunyai tanggung jawab yang sama dalam program kehamilan.

Di amerika serikat 10-18% pasangan suami isteri gagal untuk hamil setelah 1 tahun pernikahan. Mencari penyebab dari faktor isteri kadang-kadang sangat sulit, sehingga proses program kehamilan selalu dimulai dari suami. Terlalu banyak terapi yang harus diberikan pada isteri bila faktornya adalah isteri, tergantung jenis penyebabnya.

95% pasangan yang mengalami gangguan kesuburan/ sulit hamil akhirnya berhasil hamil setelah 2 tahun menikah tanpa dilakukan pengobatan apapun. Jadi jangan putus asa.

Ingat gak di dalam Al-Qur’an Allah SWT sudah ngasih contoh ada wanita yang suci dan sholehah bisa hamil dengan kuasa Allah SWT walopun belum menikah, dan anak dalam kandungannya ternyata seorang nabi/ rosul Allah SWT yang termasuk dalam nabi istimewa/ nabi besar yaitu nabi Isa AS.

Ingat juga gak dalam Al-Qur’an contoh nabi besar Ibrahim AS yang punya anak dikala usianya sudah sangat tua, dan hasilnya nabi besar Ismail AS yang berakhlak sungguh mulia. Itu Allah SWT ingin menunjukkan pada manusia bahwa tidak ada yang tidak mungkin bila Allah SWT berkehendak.

Jangan putus asa dari nikmat Allah SWT. Jangan berputus asa dari berharap/ memohon pertolongan Allah SWT. Gak usah pusing bin bingung apalagi pakai berharap pada terapi/ pengobatan dokter kandungan karena 2 contoh nyata dalam Al-Qur’an sudah menjadi bukti nyata bahwa kehamilan adalah HAK PREROGATIF ALLAH SWT. Tanamkan keyakinan dan keimanan dalam hati suami isteri bahwa ALLAH SWT Yang Menghendaki kita hamil atau tidak hamil. Ketentuan Allah SWT tidak pernah salah, tidak pernah keliru, tidak pernah tidak adil, selalu adil.

Apakah ada kebenaran yang dapat melebihi kebenaran Al-Qur’an ? jawabannya PASTI 1000% TIDAK ADA YANG LEBIH BENAR DARIPADA AL-QUR’AN.

Ehhh… kok jadi ngelantur kemana-mana…

Gejala ketidaksuburan yang paling utama adalah kegagalan kehamilan. Salah satu tanda pada wanita yang memiliki gangguan kesuburan antara lain bila memiliki haid yang lamanya lebih dari 35 hari atau kurang dari 21 hari atau haid tak teratur atau haid jarang datang maka perlu dicurigai terdapat gangguan pengeluaran sel telur/ ovulasi.

Kapan sebaiknya kita mendatangi dokter kandungan ? sebetulnya hal ini tergantung pada faktor usia wanita.

1. Pada wanita usia kurang dari 35 tahun maka bila setelah 1 tahun menikah belum berhasil hamil maka sebaiknya segera datangi dokter kandungan.

2. Pada wanita usia 35 tahun s/d 40 tahun dan belum berhasil hamil dalam 6 bulan pernikahan maka segera datangi dokter kandungan… jangan lupa bawa kue yaaa…. he he he

3. Kalo usia wanita saat menikah sudah 40 tahun ke atas maka dokter kandungan akan langsung segera melakukan test-test pada pasangan suami isteri dan langsung melakukan program kehamilan bila dipandang perlu.

Dokter kandungan seringkali juga langsung melakukan test-test kesuburan dan program kehamilan pada pasangan suami isteri bila didapatkan gangguan-gangguan yang berpotensi atau menyebabkan ketidaksuburan misalnya gangguan haid, pernah infeksi kandungan, haid tak teratur, nyeri hebat saat haid, keguguran berulang, endometriosis, dan pernah pengobatan kanker.

Untuk berhasil hamil maka harus ada faktor-faktor dibawah ini yaitu:

1. Wanita harus subur alias secara rutin tiap 1 bulan sekali terjadi pelepasan sel telur. Coba baca postingan tempo hari saya tentang menentukan masa subur wanita. Yang gak baca ya rugi sendiri.

2. Sperma suami mesti normal. Dokter kandungan akan melakukan tes analisa sperma pada suami di laboratorium untuk mengetahui apakah ada kelainan pada sperma suami.

3. Hubungan sex dengan suami mesti teratur. Gak mungkin lah LDR atau LDM pengen hamil cepat-cepat… ya hamil bisa sih bisa tapi itu sudah menjadi faktor penghambat untuk cepat hamil. Lagian ngapain sih udah nikah pake LDM segala… jablay tauuuuu…. kasiaaaannnn deh loooo.

4. Rahim dan saluran telur wanita harus normal. Saluran telur merupakan tempat pertemuan sel telur dan sperma kemudia setelah terjadi pembuahan akan menanamkan diri di dinding rahim.

Kalo salah satu terjadi gangguan maka secara ilmu pengetahuan manusia ya sulit untuk menghasilkan kehamilan. Tapi kembali lagi… ingat Al-Qur’an… Siti Maryam atas kuasa Allah SWT bisa hamil tuh tanpa ada suami, ehhh hamilnya seorang janin yang kelak menjadi nabi/ rosul Allah SWT… artinya tetap Allah SWT Yang Berkuasa atas segala sesuatu di bumi dan di langit dan seluruh alam semesta. Jangan putus asa. Rajin-rajin sedekah dengan niat untuk berhasil hamil. Jangan sedekah dengan niat yang luas, niatin saja untuk program hamil. Jangan pelit-pelit… sedekah Rp 4000,-/ hari dengan niatan hamil ya malaikatnya ngeliriknya lama, coba diisi Rp 10.000,-/ hari maka malaikat cepat noleh dan cepat lapor ke Allah SWT… he he he

Gangguan kesuburan pada wanita dapat disebabkan oleh banyak faktor antara lain gangguan ovulasi atau gangguan pelepasan sel telur.

1. PCOS. Penyakit ini menyebabkan gangguan keseimbangan hormonal sehingga dapat mengganggu proses pelepasan sel telur. Seringkali berhubungan dengan faktor metabolisme dalam tubuh seperti resistensi insulin. Tandanya antara lain obesitas/ kegemukan, berjerawat, muka berminyak, banyak bulu di wajah atau badan. PCOS ini yang paling sering menimbulkan infertilitas pada wanita.

2. Disfungsi hipotalamus. Terdapat 2 hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis wanita, kelenjar di dalam otak, yaitu FSH dan LH. FSH dan LH bertanggung jawab untuk merangsang proses ovulasi/ pelepasan sel telur tiap bulan. Kegiatan fisik yang berlebihan, fator stress, berat badan kegemukan atau kekurusan atau bagi yang suka pakai obat pelangsing dapat menghambat kerja kedua hormon tersebut sehingga terjadi kegagalan proses pelepasan sel telur. Salah satu tandanya yang paling sering adalah haid tidak teratur atau malah jarang datang.

3. Premature ovarian failure. Dikenal dengan istilah PRIMARY OVARIAN INSUFFICIENCY. Pada kasus ini terjadi akibat respoan autoimmune/ gangguan dalam diri sendiri sehingga menyebabkan indung telur tidak menghasilkan sel telur lagi, ditandai dengan kadar estrogen dalam tubuh wanita begitu rendah, serig terjadi pada wanita yang berusia kurang dari 40 tahun. Penyebabnya dapat keturunan/ genetik atau akibat kemoterapi penyakit kanker.

4. Kadar prolactine tinggi. Kelenjar hiposisis/ kelenjar otak wanita dapat mengeluarkan hormon prolaktine dalam jumlah yang sangat banyak sehingga dapat menghambat produksi hormon estrogen yang pada akhirnya akan mennyebabkan ketidaksuburan. Hal ini seringkali disebabkan oleh adanya masalah teknis pada kelenjar di otak wanita, dapat juga disebabkan oleh obat-obatan tertentu akibat pengobatan penyakit pada wanita. Beberapa hal yang dapat menyebabkan hiperprolaktinemia pada wanita antara lain menyusui, kehamilan, stress, suka minum herbal gak jelas, tumor, trauma kepala, obat-obatan anti stress/ anti depresi, dan lain-lain.

Kerusakan saluran telur pada wanita juga dapat menghambat proses terjadi kehamilan. Kerusakan saluran telur wanita dapat menghambat pertemuan sperma dengan sel telur. Bahkan walopun terjadi keberhasilan pertemuan sel telur dan sperma dan terjadi proses pembuahan tetapi hasil pembuahan tersebut tidak dapat berjalan kembali ke dalam rahim sehingga terjadilah penanaman hasil pembuahan di saluran telur. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya hamil luar kandungan. Coba dibaca postingan saya yang telah lewat tentang hamil di luar kandungan. Belum dibaca ? ya rugi sendiri… upload ulang ? malezzzz dehhhh…. cari aja sendiri… sibuk bin repot… banyak pasien yang mesti ditolongin…

Penyebab gangguan pada saluran telur antara lain:

1. Infeksi kandungan. Dapat disebabkan oleh bakteri klamidia, GO/ raja singa, dan infeksi penyakit kelamin lainnya. Makanya selalu setia pada 1 pasangan saja, gak usah selingkuh, gak usah macem-macem… sayangi isteri, sayangi suami…

2. Pernah operasi perut. Apapun sebabnya, termasuk pernah operasi hamil luar kandungan. Hal ini disebabkan adanya perlengketan pada saat proses penyembuhan akibat luka operasi. Makanya jangan ada pantangan makanan setelah operasi, semua boleh dimakan, karena dengan diet yang bagus dan berprotein tinggi maka resiko perlengketan dapat berkurang. Kalo masih lengket gimana ? ya itu namanya takdir, nasib.

3. TBC kandungan. Hal ini merupakan penyebab tersering pembuntuan saluran telur.
Faktor kesehatan rahim dan mulut rahim juga berperan untuk keberhasilan kehamilan.

Beberapa hal yang berkaitan dengan rahim dan mulut rahim yang dapat menghambat kehamilan bahkan menyebabkan resiko keguguran antara lain:

1. Tumor jinak rahim misalnya polip atau miom. Kalo tumbuhnya miom/ polip itu menghambat saluran telur maka kehamilan juga sulit terjadi. Kadang-kadang dapat juga menghambat penempelan hasil pembuahan di dinding rahim. Tetapi perlu diingat bahwa banyak sekali wanita yang tetap berhasil hamil walopun ada miom atau polip dalam kandungannya. Jadi jangan kuatir dan jangan putus asa.

2. Endometriosis dapat menghambat penempelan hasil pembuahan ke dinding rahim.

3. Kelainan bentuk rahim juga dapat menghambat kehamilan bahkan bila berhasil hamil juga dapat menyebabkan kegagalan suatu kehamilan misalnya keguguran, lahiran prematur, dan lain-lain.

4. Kekakuan, penyempitan, dan kekerasan mulut rahim dapat menghambat kehamilan, biasanya disebabkan oleh kerusakan leher rahim baik oleh infeksi ataupun trauma.

Bila pada hasil pemeriksaan pasangan suami isteri tidak ditemukan kelainan maka kegagalan untuk memperoleh kehamilan masuk pada kategori TIDAK DIKETAHUI/ FAKTOR-X. Itulah keterbatasan ilmu manusia.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sulit punya anak antara lain:

1. Suami/ isteri merokok.
2. Faktor usia suami/ isteri
3. Berat badan berlebihan/ kekurusan.
4. Pernah infeksi kandungan/ infeksi kelamin
5. Minuman keras.

Dalam program kehamilan maka dokter kandungan akan melakukan beberapa test baik pada suami ataupun pada isteri.

Adapun test-test tersebut antara lain test kesuburan wanita/ test ada tidaknya ovulasi, HSG, test jumlah kandungan sel telur, USG, tes sperma, bahkan ditempat yang lebih canggih dan ditangani oleh dokter kandungan yang bidangnya khusus untuk kesuburan/ fertilitas dapat dilakukan tes histeroskopi, laparoskopi, test genetik, dan test-test hormon yang lain.

Penanganan gangguan kesuburan oleh dokter kandungan tergantung penyebab yang ditemukan. Perlu diingat bahwa penggunaan obat-obatan kesuburan bukannya tanpa resiko, semua tetap ada resikonya. Ya kalo gak mau ada resiko ya jangan program hamil. Resiko yang mungkin terjadi antara lain nyeri perut hebat, sesak nafas, hamil kembar, mual, muntah, diare, dll. Bahkan disinyalir dapat menimbulkan resiko terjadinya tumor indung telur dimasa yang akan datang. Hidup ini gak ada yang bebas resiko, kalo gak mau beresiko ya gak usah hamil saja.