TULISAN 148. KENAPA AKU BELUM HAMIL JUGA ?

Dokter cucuk kiuttt hello kitty kembali menyapa kiuttters karena bolak-balik di inbox untuk bertanya gimana caranya cepat hamil. Nih saya beritahu ya… kalo pengen hamil syarat utamanya adalah MENIKAH. Yang kedua punya suami. Yang ketiga punya isteri. Yang keempat jangan LDM/ LDR. Yang paling penting nih yang kelima yaitu SEDEKAH yang rutin tiap hari dengan pasang niat PROGRAM HAMIL PADA ALLAH SWT.

Banyak wanita yang mengeluh sulit hamil dalam awal pernikahannya. Kalo dikalangan masyarakat awam dikatakan tidak subur atau mandul. Benarkah demikian ?

Infertilitas adalah suatu peristiwa kegagalan untuk hamil setelah 1 tahun pernikahan dengan telah melakukan hubungan sex secara teratur tanpa menggunakan alat KB apapun. Penyebab infertilitas/ ketidaksuburan/ kegagalan hamil meliputi faktor suami 30%, faktor isteri 30%, kombinasi keduanya, dan faktor x (tidak diketahui sebabnya).

Jadi jangan cepat menuduh isteri sebagai penyebab kegagalan kehamilan.

Jangan dengarkan omongan keluarga/ mertua/ oom/ tante/ tetangga yang mengintimidasi isteri karena belum hamil-hamil juga setelah 1 tahun menikah. Kasihan isterinya karena bakalan stress menjadi tersangka padahal belum tentu isteri menjadi penyebab utama kegagalan kehamilan.

Berdasarkan pengalaman saya di lapangan banyak sekali sudah terlanjur nuduh isteri, ternyata oh ternyata suaminya yang jadi sebab utama. Penis perkasa, besar, panjang, dan tegang tidak jaminan suami itu subur dan bisa bikin isteri hamil. Kalo program kehamilan maka suami dan isteri harus datang berdua ke tempat praktek dokter kandungan karena pasangan suami isteri mepunyai tanggung jawab yang sama dalam program kehamilan.

Di amerika serikat 10-18% pasangan suami isteri gagal untuk hamil setelah 1 tahun pernikahan. Mencari penyebab dari faktor isteri kadang-kadang sangat sulit, sehingga proses program kehamilan selalu dimulai dari suami. Terlalu banyak terapi yang harus diberikan pada isteri bila faktornya adalah isteri, tergantung jenis penyebabnya.

95% pasangan yang mengalami gangguan kesuburan/ sulit hamil akhirnya berhasil hamil setelah 2 tahun menikah tanpa dilakukan pengobatan apapun. Jadi jangan putus asa.

Ingat gak di dalam Al-Qur’an Allah SWT sudah ngasih contoh ada wanita yang suci dan sholehah bisa hamil dengan kuasa Allah SWT walopun belum menikah, dan anak dalam kandungannya ternyata seorang nabi/ rosul Allah SWT yang termasuk dalam nabi istimewa/ nabi besar yaitu nabi Isa AS.

Ingat juga gak dalam Al-Qur’an contoh nabi besar Ibrahim AS yang punya anak dikala usianya sudah sangat tua, dan hasilnya nabi besar Ismail AS yang berakhlak sungguh mulia. Itu Allah SWT ingin menunjukkan pada manusia bahwa tidak ada yang tidak mungkin bila Allah SWT berkehendak.

Jangan putus asa dari nikmat Allah SWT. Jangan berputus asa dari berharap/ memohon pertolongan Allah SWT. Gak usah pusing bin bingung apalagi pakai berharap pada terapi/ pengobatan dokter kandungan karena 2 contoh nyata dalam Al-Qur’an sudah menjadi bukti nyata bahwa kehamilan adalah HAK PREROGATIF ALLAH SWT. Tanamkan keyakinan dan keimanan dalam hati suami isteri bahwa ALLAH SWT Yang Menghendaki kita hamil atau tidak hamil. Ketentuan Allah SWT tidak pernah salah, tidak pernah keliru, tidak pernah tidak adil, selalu adil.

Apakah ada kebenaran yang dapat melebihi kebenaran Al-Qur’an ? jawabannya PASTI 1000% TIDAK ADA YANG LEBIH BENAR DARIPADA AL-QUR’AN.

Ehhh… kok jadi ngelantur kemana-mana…

Gejala ketidaksuburan yang paling utama adalah kegagalan kehamilan. Salah satu tanda pada wanita yang memiliki gangguan kesuburan antara lain bila memiliki haid yang lamanya lebih dari 35 hari atau kurang dari 21 hari atau haid tak teratur atau haid jarang datang maka perlu dicurigai terdapat gangguan pengeluaran sel telur/ ovulasi.

Kapan sebaiknya kita mendatangi dokter kandungan ? sebetulnya hal ini tergantung pada faktor usia wanita.

1. Pada wanita usia kurang dari 35 tahun maka bila setelah 1 tahun menikah belum berhasil hamil maka sebaiknya segera datangi dokter kandungan.

2. Pada wanita usia 35 tahun s/d 40 tahun dan belum berhasil hamil dalam 6 bulan pernikahan maka segera datangi dokter kandungan… jangan lupa bawa kue yaaa…. he he he

3. Kalo usia wanita saat menikah sudah 40 tahun ke atas maka dokter kandungan akan langsung segera melakukan test-test pada pasangan suami isteri dan langsung melakukan program kehamilan bila dipandang perlu.

Dokter kandungan seringkali juga langsung melakukan test-test kesuburan dan program kehamilan pada pasangan suami isteri bila didapatkan gangguan-gangguan yang berpotensi atau menyebabkan ketidaksuburan misalnya gangguan haid, pernah infeksi kandungan, haid tak teratur, nyeri hebat saat haid, keguguran berulang, endometriosis, dan pernah pengobatan kanker.

Untuk berhasil hamil maka harus ada faktor-faktor dibawah ini yaitu:

1. Wanita harus subur alias secara rutin tiap 1 bulan sekali terjadi pelepasan sel telur. Coba baca postingan tempo hari saya tentang menentukan masa subur wanita. Yang gak baca ya rugi sendiri.

2. Sperma suami mesti normal. Dokter kandungan akan melakukan tes analisa sperma pada suami di laboratorium untuk mengetahui apakah ada kelainan pada sperma suami.

3. Hubungan sex dengan suami mesti teratur. Gak mungkin lah LDR atau LDM pengen hamil cepat-cepat… ya hamil bisa sih bisa tapi itu sudah menjadi faktor penghambat untuk cepat hamil. Lagian ngapain sih udah nikah pake LDM segala… jablay tauuuuu…. kasiaaaannnn deh loooo.

4. Rahim dan saluran telur wanita harus normal. Saluran telur merupakan tempat pertemuan sel telur dan sperma kemudia setelah terjadi pembuahan akan menanamkan diri di dinding rahim.

Kalo salah satu terjadi gangguan maka secara ilmu pengetahuan manusia ya sulit untuk menghasilkan kehamilan. Tapi kembali lagi… ingat Al-Qur’an… Siti Maryam atas kuasa Allah SWT bisa hamil tuh tanpa ada suami, ehhh hamilnya seorang janin yang kelak menjadi nabi/ rosul Allah SWT… artinya tetap Allah SWT Yang Berkuasa atas segala sesuatu di bumi dan di langit dan seluruh alam semesta. Jangan putus asa. Rajin-rajin sedekah dengan niat untuk berhasil hamil. Jangan sedekah dengan niat yang luas, niatin saja untuk program hamil. Jangan pelit-pelit… sedekah Rp 4000,-/ hari dengan niatan hamil ya malaikatnya ngeliriknya lama, coba diisi Rp 10.000,-/ hari maka malaikat cepat noleh dan cepat lapor ke Allah SWT… he he he

Gangguan kesuburan pada wanita dapat disebabkan oleh banyak faktor antara lain gangguan ovulasi atau gangguan pelepasan sel telur.

1. PCOS. Penyakit ini menyebabkan gangguan keseimbangan hormonal sehingga dapat mengganggu proses pelepasan sel telur. Seringkali berhubungan dengan faktor metabolisme dalam tubuh seperti resistensi insulin. Tandanya antara lain obesitas/ kegemukan, berjerawat, muka berminyak, banyak bulu di wajah atau badan. PCOS ini yang paling sering menimbulkan infertilitas pada wanita.

2. Disfungsi hipotalamus. Terdapat 2 hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis wanita, kelenjar di dalam otak, yaitu FSH dan LH. FSH dan LH bertanggung jawab untuk merangsang proses ovulasi/ pelepasan sel telur tiap bulan. Kegiatan fisik yang berlebihan, fator stress, berat badan kegemukan atau kekurusan atau bagi yang suka pakai obat pelangsing dapat menghambat kerja kedua hormon tersebut sehingga terjadi kegagalan proses pelepasan sel telur. Salah satu tandanya yang paling sering adalah haid tidak teratur atau malah jarang datang.

3. Premature ovarian failure. Dikenal dengan istilah PRIMARY OVARIAN INSUFFICIENCY. Pada kasus ini terjadi akibat respoan autoimmune/ gangguan dalam diri sendiri sehingga menyebabkan indung telur tidak menghasilkan sel telur lagi, ditandai dengan kadar estrogen dalam tubuh wanita begitu rendah, serig terjadi pada wanita yang berusia kurang dari 40 tahun. Penyebabnya dapat keturunan/ genetik atau akibat kemoterapi penyakit kanker.

4. Kadar prolactine tinggi. Kelenjar hiposisis/ kelenjar otak wanita dapat mengeluarkan hormon prolaktine dalam jumlah yang sangat banyak sehingga dapat menghambat produksi hormon estrogen yang pada akhirnya akan mennyebabkan ketidaksuburan. Hal ini seringkali disebabkan oleh adanya masalah teknis pada kelenjar di otak wanita, dapat juga disebabkan oleh obat-obatan tertentu akibat pengobatan penyakit pada wanita. Beberapa hal yang dapat menyebabkan hiperprolaktinemia pada wanita antara lain menyusui, kehamilan, stress, suka minum herbal gak jelas, tumor, trauma kepala, obat-obatan anti stress/ anti depresi, dan lain-lain.

Kerusakan saluran telur pada wanita juga dapat menghambat proses terjadi kehamilan. Kerusakan saluran telur wanita dapat menghambat pertemuan sperma dengan sel telur. Bahkan walopun terjadi keberhasilan pertemuan sel telur dan sperma dan terjadi proses pembuahan tetapi hasil pembuahan tersebut tidak dapat berjalan kembali ke dalam rahim sehingga terjadilah penanaman hasil pembuahan di saluran telur. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya hamil luar kandungan. Coba dibaca postingan saya yang telah lewat tentang hamil di luar kandungan. Belum dibaca ? ya rugi sendiri… upload ulang ? malezzzz dehhhh…. cari aja sendiri… sibuk bin repot… banyak pasien yang mesti ditolongin…

Penyebab gangguan pada saluran telur antara lain:

1. Infeksi kandungan. Dapat disebabkan oleh bakteri klamidia, GO/ raja singa, dan infeksi penyakit kelamin lainnya. Makanya selalu setia pada 1 pasangan saja, gak usah selingkuh, gak usah macem-macem… sayangi isteri, sayangi suami…

2. Pernah operasi perut. Apapun sebabnya, termasuk pernah operasi hamil luar kandungan. Hal ini disebabkan adanya perlengketan pada saat proses penyembuhan akibat luka operasi. Makanya jangan ada pantangan makanan setelah operasi, semua boleh dimakan, karena dengan diet yang bagus dan berprotein tinggi maka resiko perlengketan dapat berkurang. Kalo masih lengket gimana ? ya itu namanya takdir, nasib.

3. TBC kandungan. Hal ini merupakan penyebab tersering pembuntuan saluran telur.
Faktor kesehatan rahim dan mulut rahim juga berperan untuk keberhasilan kehamilan.

Beberapa hal yang berkaitan dengan rahim dan mulut rahim yang dapat menghambat kehamilan bahkan menyebabkan resiko keguguran antara lain:

1. Tumor jinak rahim misalnya polip atau miom. Kalo tumbuhnya miom/ polip itu menghambat saluran telur maka kehamilan juga sulit terjadi. Kadang-kadang dapat juga menghambat penempelan hasil pembuahan di dinding rahim. Tetapi perlu diingat bahwa banyak sekali wanita yang tetap berhasil hamil walopun ada miom atau polip dalam kandungannya. Jadi jangan kuatir dan jangan putus asa.

2. Endometriosis dapat menghambat penempelan hasil pembuahan ke dinding rahim.

3. Kelainan bentuk rahim juga dapat menghambat kehamilan bahkan bila berhasil hamil juga dapat menyebabkan kegagalan suatu kehamilan misalnya keguguran, lahiran prematur, dan lain-lain.

4. Kekakuan, penyempitan, dan kekerasan mulut rahim dapat menghambat kehamilan, biasanya disebabkan oleh kerusakan leher rahim baik oleh infeksi ataupun trauma.

Bila pada hasil pemeriksaan pasangan suami isteri tidak ditemukan kelainan maka kegagalan untuk memperoleh kehamilan masuk pada kategori TIDAK DIKETAHUI/ FAKTOR-X. Itulah keterbatasan ilmu manusia.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sulit punya anak antara lain:

1. Suami/ isteri merokok.
2. Faktor usia suami/ isteri
3. Berat badan berlebihan/ kekurusan.
4. Pernah infeksi kandungan/ infeksi kelamin
5. Minuman keras.

Dalam program kehamilan maka dokter kandungan akan melakukan beberapa test baik pada suami ataupun pada isteri.

Adapun test-test tersebut antara lain test kesuburan wanita/ test ada tidaknya ovulasi, HSG, test jumlah kandungan sel telur, USG, tes sperma, bahkan ditempat yang lebih canggih dan ditangani oleh dokter kandungan yang bidangnya khusus untuk kesuburan/ fertilitas dapat dilakukan tes histeroskopi, laparoskopi, test genetik, dan test-test hormon yang lain.

Penanganan gangguan kesuburan oleh dokter kandungan tergantung penyebab yang ditemukan. Perlu diingat bahwa penggunaan obat-obatan kesuburan bukannya tanpa resiko, semua tetap ada resikonya. Ya kalo gak mau ada resiko ya jangan program hamil. Resiko yang mungkin terjadi antara lain nyeri perut hebat, sesak nafas, hamil kembar, mual, muntah, diare, dll. Bahkan disinyalir dapat menimbulkan resiko terjadinya tumor indung telur dimasa yang akan datang. Hidup ini gak ada yang bebas resiko, kalo gak mau beresiko ya gak usah hamil saja.

Hmmm… udah deh… sekian dulu…

Bagi wanita yang ingin memperoleh update postingan seputar kesehatan kandungan dan kehamilan maka ikuti terus postingan dokter cucuk. Jangan lupa beli pulsa dan quota 2 giga.
a. GROUP FB: ibu hamil kiuttt hello kitty
b. Fanpage FB: dr. cucuk santoso, spog
c. Alamat praktek dr. Cucuk Santoso, SpOG:

senin s/d sabtu

pagi jam 07.00-09.00

sore jam 16.00-21.00 (khusus hari sabtu sore jam 16.00-18.00)

kompleks ruko the mansion resinda blok TA-8 nomor 16-17 di seberang futsal/ foodcourt resinda. Nomor hp 08122233630 (pendaftaran)