TULISAN 146. GANGGUAN HAID PADA WANITA – AMENORE (BAGIAN KE 1)

Setiap wanita normalnya pasti akan mengalami haid. Nah setiap wanita yang haid pasti pernah mengalami yang namanya gangguan haid. Gangguan haid itu bisa dikategorikan menjadi 3 bagian besar yaitu:

  1. gangguan siklus haid. Yang tergolong pada gangguan ini antara lain: haid datang bolak-balik sebelum waktunya (polimenore), haid jarang datang (oligomenore), bahkan haid gak datang-datang (amenore sekunder) dan yang yang lebih parah lagi haid gak pernah datang (amenore primer).
  2. gangguan jumlah darah haid misalnya siklus haid teratur tetapi keluar darahnya cuman dikit (hypomenore), darah haid banyak banget (menorrhagia/ hypermenore)
  3. gangguan lamanya haid misalnya metroragi (haid sudah datang tetapi datang lagi diantara jadwal haid berikutnya), haid yang lebih lama dari 8 hari atau haid yang kurang dari 2 hari.

Amenore sebetulnya bukanlah nama suatu penyakit haid tetapi merupakan gejala gangguan haid. Wanita dikatakan menderita amenore bila sudah 3 siklus haid ternyata haidnya gak datang atau gampang bila sudah tidak haid selama 3 bulan. Gejala amenore ini ada 2 jenis yaitu:

  1. amenore primer yaitu bila wanita sudah memiliki tanda-tanda sex sekunder (payudara, rambut pubis, rambut ketiak) dan sudah mencapai umur 18 tahun tetapi belum pernah haid sama sekali.
  2. amenore sekunder yaitu bila wanita yang sudah pernah haid tetapi mengalami gangguan haid berupa haid tak datang-datang selama 3 bulan atau lebih.
  3. amenore ┬ánormal yaitu kondisi wanita yang memang tidak haid karena sesuatu hal antara lain sedang hamil, sedang menyusui bayi (bukan menyusui suami loooo yaaaa….), sedang dalam pengobatan hormonal yang memang disengaja untuk jangan sampai haid, sedang menyusui, dan menopause.

Nah bila wanita mengalami gejala gangguan haid berupa haid tak datang (amenore) maka disarankan untuk segera berobat ke dokter kandungan untuk mengetahui apakah gangguan haidnya normal atau tidak.

2 thoughts on “TULISAN 146. GANGGUAN HAID PADA WANITA – AMENORE (BAGIAN KE 1)”

  1. Assallamualaikum dok tp clo haid sakit pas hr pertma sm kedua it ganggunag bukan dok apah normal

    1. biasanya normal tetapi banyak juga wanita yang seperti itu memiliki kista endometriosis. baiknya periksa saja

Comments are closed.