TULISAN 37. KELUHAN IBU HAMIL SEHARI-SEHARI BAGIAN KE 2

Kehamilan merupakan masa-masa penting bagi kehidupan wanita. Kehamilan tidak melulu menyenangkan bagi wanita, banyak juga kehamilan yang disertai dengan masalah ataupun komplikasi selama kurun waktu kehamilan… ada yang berakhir bahagia dan ada yang berakhir dengan air mata. Semua kita mohonkan pada Allah SWT semoga selalu diberikan pertolongan-NYA dan berkah-NYA sehingga Allah SWT memberikan pada ibu hamil keputusan takdir terbaik-NYA.

Berikut ini saya ingin sharing berbagai masalah-masalah/ keluhan-keluhan sehari-hari yang mungkin akan dihadapi oleh ibu hamil selama menjalani kehamilannya. Yang perlu diingat adalah bila ibu hamil mengalami ketidak-nyamanan selama kehamilan maka hendaknya segera mengunjungi dokter kandungan/ klinik bersalin/ rumah sakit sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan. Marilah kita simak dan baca bersama-sama.

Kita memasuki bagian ke 2 dari 15 keluhan yang sudah jamak dialami oleh wanita hamil yaitu antara lain (silakan baca bagian ke 1 yang telah saya posting sebelumnya):

1. Mudah lelah.

Biasanya ibu hamil itu mulai merasa gampang capek memasuki kehamilan trimester 3… ya karena kan hamilnya udah gede banget. Walopun demikian ada juga yang baru hamil 3 bulan udah ngerasa gampak capek. Gak masalah… lagi-lagi akibat perubahan hormonal kehamilan.

Jadi gimana ngatasinya ?

Istirahat saja lebih sering, massage di spa, jangan beraktivitas yang membuat ibu lelah. Jangan berdiri lama, jangan jalan terlalu lama, kalo olah raga jalan pagi ya jangan jauh-jauh. Nah ada satu lagi ini tapi mesti bikin suami bete… shopping saja…

2. Gatal-gatal.

Hal ini disebabkan selama kehamilan aliran darah ke kulit wanita hamil akan meningkat dan kadang-kadang bagi yang sensitif dapat menyebabkan rasa gatal. Semakin tua kehamilan maka kulit akan makin melar bahkan sampai pecah tuh kulitnya… lihat gak garis-garis putih atau merah… nah itu akan makin gatal lagi.

Kalo gatalnya ringan saja sih gak masalah karena itu hal normal selama kehamilan, tapi kalo gatal banget maka harus periksa ke dokter penyakit dalam atau dokter kandungan atau dokter kulit karena hal tersebut dapat merupakan tanda bahwa ada masalah dengan saluran empedu ibu hamil, dikenal dengan istilah cholestasis obstetric atau intrahepatic cholestasis in pregnancy.

3. Sakit kepala.

Ibu hamil seringkali mengalami sakit kepala pada masa-masa awal kehamilan bahkan dapat sangat sakiiiiitttt banget kepalanya. Walopun sebenarnya sakit kepala pada wanita hamil merupakan sesuatu yang normal (mesti diakui bikin wanita hamil tak nyaman siiiihhh), tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk diperiksa apakah ada kondisi yang mencurigakan yang berkaitan dengan sakit kepala, misalnya tumor otak, migrain, dan lain-lain. Ntar dokter kandungan akan merujuk ibu hamil ke dokter syaraf/ neurologist bila mencurigai ada suatu penyakit di kepala ibu hamil.

Sebetulnya penyebab sakit kepala pada wanita hamil ditimbulkan akibat ada peningkatan hormon-hormon kehamilan sehingga pada umumnya tidak membahayakan. Cara meredakannya ibu hamil dapat melakukan gerakan relaksasi, tidur yang cukup, jangan beraktivitas yang melelahkan, dan minum air yang cukup, kira-kira 8-10 gelas sehari, boleh lebih. Walopoun saya tidak pernah hamil tetapi saya pernah mencoba terapi relaksasi dengan jalan mendengarkan murrotal surat Ar-Rahman dari Hp saya melalui headphone dan ternyata saya menjadi relax dan cenderung bawaannya mau bobok dan saat bobok terasa sangat nyenyak… mungkin ibu hamil bisa mencoba hal tersebut.

4. Mimisan.

Waaaahhhh siapa yang pernah mimisan saat hamil ? gak usah panik bin bingung bin cemas karena mimisan kadang-kadang juga dialami oleh wanita hamil asalkan tidak berulang-ulang dan tidak banyak darah yang keluar. Peristiwa ini bukan penyakit dan normal dalam kehamilan yang seperti diketahui pengaruh hormonal kehamilan dapat menyebabkan “apa saja” yang menjadi  keluhan ibu hamil.

Kok bisa begitu ya ?

karena selama hamil kadang-kadang kulit hidung ibu hamil menjadi lebih kering dan lebih dingin termasuk mukosa lubang hidung sehingga bila terjadi gesekan dapat luka dan akibatnya timbullah mimisan.

5. Heartburn (gangguan asam lambung) dan gangguan pencernaan.

Perubahan fisik dan pengaruh hormonal akibat kehamilan diyakini memiliki peranan penting yang dapat memperberat masalah gangguan asam lambung ini. Hormon kehamilan itu memperlambat gerakan lambung, gerakan usus, gerakan katub lambung… sehingga pada gilirannya dapat membuat asam lambung bertahan lebih lama di lambung dan kemungkinan untuk naik ke atas ke arah tenggorokan juga makin besar.

Ada penyelidikan ilmiah yang menyatakan bahwa penyakit asam lambung ini lebih parah pada wanita hamil yang sudah berusia lanjut daripada wanita hamil usia muda. Tapi berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam praktek sehari-hari kok malah yang usia muda yang sering mengeluhkan nyeri ulu hati dan rasa terbakar di ddaerah dada dan tenggorokan.

Cara mengatasinya mudah saja yaitu jangan makan 3x/ hari dalam porsi besar tetapi makanlah 6-8x/ hari dalam porsi kecil sehingga produksi asam lambung tidak banyak, rajin minum air, hindari makanan berminyak/ gorengan, ngemil makanan bergizi (jangan ngemil krupuk), dan lain-lain… boleh dibaca tulisan saya yang lalu tentang penyakit asam lambung pada wanita hamil.

Oke deh… selesai sudah bagian ke 2… to be continued ke bagian 3… kapan ? sabar… jangan keburu napsu… sante… ikuti terus postingan facebook Dr. Cucuk Santoso, SpOG kiuttt hello kitty seputar kehamilan dan penyakit kandungan.