TULISAN 129. AKU MENGHITUNG GERAKAN JANINKU

ibu hamil: dokter cucuk itu memang nyebelin dan cerewet banget ya… mula-mula saya disuruh kontrol kehamilan teratur… terus disuruh cek laboratorium… sekarang dikasih PE ER untuk menghitung gerakan janin dalam kandungan… katanya biar gak nonton sinteron terus…. hellloooo…. kerjaan paling asyik memang nonton sinetron dan K-POP… dokter cucuk aja yang gak gaul alias kurang hiburan…

suami ibu hamil: looo… itu semua kan demi kebaikan janin dalam kandunganmu to, sayanggg…

ibu hamil: iya juga sih… eh kok tumben manggil sayang… jadi curiga nih… jadi keingetan dengan guyonan dokter cucuk bahwa banyak pelakor disekitar suami-suami millenial…

suami ibu hamil: sumpah dehhh sayanggg, abang setia kok… hanya ke adinda sayangg…. dijamin garansi 1000%

ibu hamil: iya… percaya…. awas aja kalo berani… tak uleg pake sambel ntar itunya… jangan macem-macem ya… the power of emak-emak nih…

Sebagian besar ibu hamil, utamanya yang baru pertama kalinya hamil, pasti akan menunggu moment ini dengan penuh semangat untuk pertama kalinya memastikan bahwa ibu hamil merasakan gerakan janinnya dalam Rahim sebagai salah satu tanda bahwa janinnya berkembang dan tumbuh dalam rahimnya. Menakjubkan banget kannn…?!?! Suatu saat pada umur kehamilan antara 16-20 minggu, ibu hamil akan mulai merasakan gerakan janinnya untuk pertama kalinya. Untuk ibu hamil pertama, maka kemungkinan rasa itu akan dialami ketika usia hamil sekitar 20 mingguan, sedangkan untuk ibu yang hamil kedua atau ketiga, karena sudah hapal dan peka mungkin akan merasakan gerakan janin pada umuer kehamilan sekitar 16 mingguan.

Nah bagi ibu hamil yang baru pengalaman pertama maka jangan panik jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda rasakan, apakah ini gerakan janin atau bukan. Enjoy saja dan amati saja terus. Selama beberapa minggu mungkin sulit untuk membedakan antara gerakan usus anda dan gerakan janin yang asli, tetapi segera, Anda akan melihat polanya, anda akan tahu mana yang asli dan mana yang bukan. Anda akan secara bertahap mempelajari siklus tidur dan bangun janin Anda. Anda juga akan tahu kapan janin anda paling aktif, dan apa-apa saja yang tampaknya memicu aktivitas pergerakan janin, apakah ketika sedang minum es, sedang jogging, sedang makan, dll. Pokoknya libatkan emosi dan kesenangan dalam mengamati janin dalam Rahim anda. Anda akan merasakan kebahagiaan yang tiada banding.

Kegiatan rutin anda dengan memperhatikan gerakan janin Anda akan membantu Anda melihat adanya perubahan signifikan dalam hal aktivitas janin. sisihkan waktu setiap hari untuk mengetahui dan memperhatikan aktivitas janin dalam Rahim anda untuk menghitung tendangan, desir/ garukan, lemparan, gulingan, dan pukulan karena pengamatan rutin akan hal tersebut dapat membantu mengidentifikasi masalah potensial dan dapat membantu mencegah kematian janin dalam rahim. Meskipun pengamatan terhadap gerakan janin sangat dianjurkan hanya untuk kehamilan berisiko tinggi, tetapi tidak ada salahnya bagi anda untuk menghitung pergerakan janin yang biasanya akan dianjurkan oleh dokter kandungan dimulai pada usia kehamilan memasuki 28 minggu dan mungkin ini akan bermanfaat untuk kehamilan anda.

Biasanya para janin lucu itu akan mulai beraktivitas ketika ibunya sedang beristirahat atau mungkin yang sering itu ketika memasuki sore hari sampai ke tengah malam… nyebelin banget kannnn ?!?! iiiihhh itu mah gak nyebelin tetapi menggemaskannnn !!!! Janin akan aktif bila ibunya makan, abis makan, makan/ minum manis, makan/ minum yang sangat dingin (pake es), atau olah raga. Tiap janin akan beda-beda… amati saja janin anda biasanya bagaimana… karena itu akan membentuk pola, dan pola itu yang harus anda amati selama kehamilan. Kalo polanya berubah drastis maka boleh jadi bayi anda sedang ada masalah dalam Rahim. Kenapa sih kok janin sering aktif malam hari ? ya karena kemungkinan dia lapar sebab pada malam hari kadar gula dalam darah ibu sudah menurun. Jadi ibu hamil boleh kok makan tengah malam demi sang janin tercinta.

Kegiatan ibu hamil mengamati pergerakan janinnya akan memberikan kesempatan kepada ibu hamil untuk beristirahat dari aktivitas harian rumah tangga dan juga meningkatkan rasa dekat antara ibu hamil dengan janin dalam rahimnya. Bagaimana caranya ? boleh dengan duduk santai, berbaring, selonjoran, dll. Berbaring ke sisi kiri dapat meningkatkan aliran darah dari ibu ke janin sehingga janin akan bergerak lebih aktif lagi… istilahnya makin seru sepak bola di dalam Rahim ibunya !!!

Menurut persatuan dokter kandungan amerika serikat (ACOG), gerakan bayi yang normal itu adalah minimal 10x dalam kisaran waktu sekitar 2 jam. Yaaa plus minus dikitlah… gak mungkin juga harus 2 jam persis. Kebanyakan ibu hamil akan merasakan 10 gerakan janin dalam waktu kurang dari 2 jam. Bila janin dirasakan kurang dari 10 gerakan dalam 2 jam maka disarankan untuk ibu hamil melakukan berbagai aktivitas yang dapat memicu gerakan janin… dan aktivitas ini harusnya sudah diketahui oleh ibu hamil bila rutin mengamati kebiasaan janinnya, misalnya makan manis, minum es, olah raga, dll. Tujuan ibu hamil mengamati pergerakan janin adalah untuk mengetahui bila ada penyimpangan dari kebiasaan gerak janin daripada biasanya.

Sebenarnya banyak metode yang dipakai untuk mengamati pergerakan janin dalam Rahim. Bahkan WHO sebagai organisasi kesehatan dunia memberikan rekomendasi bahwa pengamatan gerak janin itu ada banyak metode diantaranya:

  1. Gerakan janin dirasakan minimal 6x dalam 2 jam
  2. Gerakan janin dirasakan minimal 10x dalam 10 jam.

Dan metode diatas dikenal sebagai cardiff’s method. Bisa dilihat didalam rekomendasi berikut https://extranet.who.int/rhl/topics/preconception-pregnancy-childbirth-and-postpartum-care/antenatal-care/who-recommendation-daily-fetal-movement-counting dan http://www.midwiferyservices.org/FetalMovementCt.pdf

Gerakan janin yang berkurang menyebabkan kekhawatiran dan kecemasan dan dapat dikaitkan dengan outcome kehamilan yang buruk. 29% ibu hamil yang mengeluhkan gerakan janin yang menurun ternyata ukuran janinnya lebih kecil daripada ukuran janin untuk usia kehamilan yang normal. Sebagian besar penyebab penurunan gerakan janin seringkali tidak diketahui sebab-sebabnya, tetapi ada beberapa hal yang mungkin dapat menyebabkan penurunan gerakan janin antara lain gangguan pertumbuhan, kurangnya ketuban, gangguan oksigen, lokasi placenta yang mungkin mengahmbat gerakan janin, dan kelainan posisi janin dalam Rahim.

Nah bagi pasien saya, saya lebih mengikuti WHO yaitu:

  1. Lakukan perhitungan gerak janin pada jam yang sama tiap hari.
  2. Isi formulir gerak janin yang saya berikan saat anda control.
  3. Bila anda dalam 2 jam pertama gak merasakan gerakan janin maka lakukan hal berikut:
  4. Minum es
  5. Makan/ minum manis
  6. Berbaring tidur ke kiri selama 1 jam.
  7. Bila point nomor 3 gak ada respon dari janin anda maka segera control ke dokter kandungan walopun belum waktunya control.
  8. Dalam 10 jam mesti ada minimal 10x gerakan janin. Atau dalam 2 jam ada sekitar 4-6x gerakan janin. Kalo janin cegukan maka hal tersebut tak dihitung sebagai gerakan janin.

Oke deh saya rasa cukup sekian… udah capek nih memeras otak berbagi ilmu pengetahuan bagi ibu hamil.

 

Dr. Cucuk Santoso, SpOG

Praktek:

Kimia Farma Green Village

Perumnas Teluk jambe Karawang

USG 4D HD LIVE (5D)

PAGI

  1. Senin Rabu

Jam 08.00 – 10.00

  1. Selasa Kamis Sabtu

Jam 10.00 – 12.00

SORE/MALAM

  1. Senin Rabu Jumat

Jam 16.00 – 20.00

  1. Selasa Kamis

Jam 18.00 – 21.00

  1. Sabtu

Jam 16.00 – 17.00