TULISAN 33. IBU HAMIL GEMAR MAKAN JENGKOL

Kemaren ada ibu kiuttter yang menanyakan apakah jengkol bermanfaat pada ibu hamil. Hmmm naluri saya pun tergerak untuk browsing dan setelah memilih berbagai artikel maka saya menyimpulkan bahwa banyak artikel sesat yang beredar di dunia google sehingga disini diperlukan kecerdasan dokter botak kiuttt hello kitty untuk memilih artikel yang tepat dan berguna bagi semua ibu hamil kiuttt hello kitty dan followers kiuttt hello kitty. Okelah daripada kepanjangan mendingan kita lanjut saja. Jengkol adalah salah satu lalapan yang umum dikonsumsi oleh sebagian masyarakat kita terutama masyarakat sumatera barat, betawi, dan jawa barat ( sunda ) karena… jengkol memang maknyusss… i love jengkol… mama saya di padang sangat pintar bikin gulai jengkol dan dijamin mulut tidak bau dan pipis juga tidak bau… itu rahasia keahlian memasak khas mama saya tercinta. Oh iya, tidak hanya dibuat gulai, namun jengkol juga dapat diolah menjadi berbagai varian sayur seperti semur jengkol atau sebagai campuran sayuran tumis. Nah sebagai dokter kandungan maka saya masuki bahasan terkait dengan kehamilan, kali ini kita akan membahas apa saja manfaat dan bahaya jengkol untuk ibu hamil.

***Manfaat Jengkol Untuk Ibu Hamil***

Jengkol… Meski baunya sangat aneh, bagi sebagian orang jengkol justru dianggap sebagai jenis lalapan ternikmat mengalahkan petai, jialing, timun, dan sebangsanya. Jika disayur (terutama disemur), jengkolpun memberikan rasa yang gurih-gurih-nyam-nyam dilidah para penikmatnya. Selain memiliki rasa yang menggoda selera, jengkol juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan bagi tubuh ibu hamil. Jengkol mengandung banyak kalsium, vitamin A, Vitamin E, dan serat. Kandungan tersebut membuat jengkol cukup bermanfaat dalam menjaga keseimbangan nutrisi.

***Lalu apa saja sih manfaat jengkol bagi ibu hamil ?***

1. Mencukupi Kebutuhan Kalsium Janin

Selama dalam kandungan, janin membutuhkan asupan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium tersebut ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi berbagai makanan sumber kalsium. Nah… berarti ibu hamil boleh makan jengkol ?.

2. Mencegah Osteoporosis pada Ibu Hamil

Jika asupan kalsium janin tidak tercukupi, janin akan mengambilnya dari tulang dan gigi ibu hamil. Inilah yang menyebabkan mengapa wanita lebih sering terkena masalah osteoporosis dibandingkan pria. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan-makanan sumber kalsium seperti jengkol tentu bisa menjadi solusi agar masalah tulang keropos tidak lagi mengintai ibu pasca melahirkan. Tapi bukan berarti dapat beralasan bahwa boleh makan jengkol terus menerus demi memperoleh kalsium. Banyak lo makanan lain dan buah-buahan yang mengandung kalsium.

3. Mencegah Sembelit

Serat yang dikandung jengkol cukup banyak sehingga dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah susah BAB atau sembelit yang biasanya dikeluhkan oleh ibu hamil muda. Khusus hal ini ya bisa bener bisa juga tidak deh. Karena gangguan BAB pada wanita hamil itu lebih dikarenakan pengaruh hormon kehamilan sehingga kurang tepat bila disebabkan karena makanan kurang serat. Jangan sampe hal ini dijadikan senjata bagi ibu hamil penggemar jengkol untuk makan jengkol tiap hari. Helllooooo… sumber serat untuk melunakkan BAB tidak hanya dari jengkol looo… jangan banyak alasan yaaa. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, konsumsi jengkol dengan tujuan mengatasi sembelit juga dapat dipadukan dengan meminum minuman prebiotik seperti susu fermentasi (yogurt).

***Bahaya Jengkol untuk Ibu Hamil***

Selain memiliki banyak manfaat, jengkol juga dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan ibu hamil jika ia dikonsumsi dalam porsi berlebih. Jengkol mengandung asam jengkolat yang dapat membuat kinerja ginjal semakin berat. Tau gak bahwa saking terkenalnya jengkol itu di dunia barat maka ada istilah barat untuk asam jengkol yaitu jengkolic acid. Pada kondisi akut, konsumsi jengkol berlebih akan membuat ibu hamil mengalami sakit pinggang parah dan pegal pegal atau orang Sunda menyebutnya dengan istilah “Jejengkolen”. Nah, demikianlah pembahasan mengenai manfaat dan bahaya jengkol bagi ibu hamil. Sebagai dokter kandungan, dokter botak kiuttt hello kitty tidak menganjurkan Ibu hamil untuk sering-sering mengkonsumsi jengkol selama kehamilan walopun jengkol ada manfaatnya (perlu diingat efek gangguan ginjal akibat asam jengkol). Namun, bila ibu hamil tetap ngotot karena hobby jengkol maka selain dengan memperbanyak minum air putih, konsumsi jengkol harus dibatasi maksimal 3 keping jengkol setiap hari untuk menghindari masalah dan bahaya yang bisa ditimbulkannya.

Tulisan di atas diambil dari http://www.ibu-hamil.web.id/2015/01/manfaat-bahaya-jengkol-untuk-ibu-hamil.html?m=1 termasuk juga kami lakukan sedikit modifikasi dan perbaikan untuk lebih memberikan manfaat bagi ibu hamil kiuttters dan followers dokter botak kiuttt hello kitty. Silakan bergabung di grup facebook: IBU HAMIL KIUTTT HELLO KITTY