TULISAN 141. AKU SUKA MAKAN SAYURAN MENTAH SAAT HAMIL

Wanita hamil boleh-boleh saja untuk memilih makan sayuran mentah selama kehamilan karena sayuran termasuk dalam jenis makanan aman dan bergizi bagi wanita hamil dan janin dalam kandungannya. Namun, sanagt penting bagi wanita hamil untuk mengetahui masalah keamanan pangan dan berbagai risiko yang bisa muncul akibat mengonsumsi sayuran mentah, dan tentu saja wanita hamil mesti memahami cara-cara menjaga keamanan/ kesehatan dirinya dan janinnya. Sebetulnya apa sih manfaat dari sayuran bagi kehamilan ?

NUTRISI YANG TERKANDUNG DALAM SAYURAN MENTAH

Selama kehamilan, kebutuhan wanita akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting meningkat karena tuntutan yang terkait dengan pertumbuhan janin. Sayuran, terutama ketika dimakan mentah, ternyata memberikan manfaat nutrisi tidak saja bagi wanita hamil tetapi juga bermanfaat bagi pertumbuhan janin dalam kandungan. Contohnya asam Folat ditemukan dalam brokoli, asparagus, dan kacang polong, dan asam folat bermanfaat untuk membantu mencegah malformasi tulang belakang dan otak. Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan mineralisasi tulang, dan berlimpah dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung. Sayuran termasuk kubis, kembang kol dan labu adalah sumber asam lemak omega-3, yang membantu perkembangan neurologis (susunan syaraf) dan visual bayi (penglihatan).

SAYURAN MENTAH YANG HARUS DIHINDARI SELAMA HAMIL

Walopun sebagian besar sayuran mentah bisa aman dan sehat untuk wanita hamil dan janin dalam kandungan, tetapi terdapat beberapa sayuran mentah harus dihindari sama sekali selama hamil. Kecambah/ tauge mentah, lobak, semanggi, dan varietas kacang hijau harus dihindari saat hamil bila tidak dimasak secara matang. Lembaga Foodsafety di Amerika Serikat mencatat bahwa kecambah membutuhkan kondisi hangat dan lembab untuk tumbuh dan kodisi lembab tersebut merupakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri seperti E. coli, salmonella, dan listeria. Jika Anda mengonsumsi kecambah/ tauge, masaklah sampai matang untuk membunuh bakteri-bakteri jahat tersebut.

INFEKSI TOXOPLASMA BISA DISEBABKAN OLEH KONSUMSI SAYURAN MENTAH ! KAGET TOOOO ?!?!

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC AMERIKA SERIKAT) menemukan bahwa toksoplasmosis menginfeksi antara 400 dan 4.000 janin di AS setiap tahun. Toxoplasma adalah parasit yang dapat ditemukan pada daging mentah dan kurang matang, kotoran kucing, dan permukaan buah-buahan dan sayuran. Menurut CDC, wanita hamil yang terinfeksi Toxoplasma dapat menularkan infeksi ke janin, menyebabkan penyakit pada sistem saraf dan mata. Wanita hamil dapat mencegah penyakit dalam makanan ini dengan mencuci sayuran mentah secara baik sebelum makan.

REKOMENDASI DARI FDA AMERIKA UNTUK WANITA HAMIL TERKAIT DENGAN KONSUMSI SAYURAN DAN BUAH.

Sayuran mentah bisa menjadi tambahan makanan yang bagus untuk diet kehamilan dengan mengikuti beberapa pedoman keamanan konsumsi makanan. FDA merekomendasikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. mencuci sayuran mentah sebelum makan atau sebelum di kupas kulitnya. Hal ini terutama berlaku untuk sayuran yang membutuhkan pengupasan karena bakteri dapat ditemukan di kulit luar.
  2. Buang bagian sayuran yang memar atau rusak karena kemungkinan besar akan ditemukan bakteri di tempat-tempat ini.
  3. Jangan lupa juga mencuci talenan sebelum dan sesudah dipakai. cucinya mesti pakai sabun ya.

oke deh sekian dulu.