TULISAN 132. RUMPUT FATIMAH BISA BIKIN RAHIM IBU HAMIL RETAK !!!

Kali ini Dokter Cucuk Kiuttt Hello Kitty akan menceritakan dampak yang dapat ditimbulkan akibat mengkonsumsi rumput fatimah saat sedang hamil. Untuk diketahui bahwa tulisan ini saya ambil dari seorang sahabat saya yaitu dr. Syaifudin Zuhri, SpOG. Selamat membaca… dan pesan saya… JIKA ANDA SEDANG HAMIL MAKA JANGAN COBA-COBA NGERJAKAN INI DI RUMAH KECUALI JIKA ANDA SUDAH KANGEN PAKE KEBELET DENGAN MALAIKAT IZROIL… ha ha ha

Seorang ibu dirujuk ke #RSUD oleh bidan dengan ketuban pecah dini, ketuban telah merembes sejak sehari sebelumnya namun tidak didapatkan kontraksi sama sekali. Di RSUD kami tata laksana sesuai dengan prosedur yang berlaku dengan pemberian antibiotik dan pemeriksaan awal untuk menentukan tindakan selanjutnya.

Enam jam pertama kemajuan pembukaan dari buka 1 cm menjadi 2 cm. Pada 45 menit kemudian kami “terkejut” karena ibu tampak kesakitan dan dari evaluasi kami dapatkan pembukaan lengkap serta kami temukan gelas dengan #akar#rumput #fatimah di samping ibu tersebut. Bagi keluarga mungkin dengan pembukaan yang cepat merupakan kabar gembira, namun bagi kami itu merupakan tanda bahaya.

#Persalinan yang cepat atau yang kami sebut #partus #precipitatusmerupakan persalinan yang berlangsung kurang dari 3 jam antara awitan persalinan (buka 1 s/d 3 cm) sampai buka lengkap yang pada persalinan normal paling tidak membutuhkan waktu 6 jam.

#Bahaya persalinan cepat adalah akibat kontraksi Rahim yang terus menerus. Aliran darah dari ibu ke janin terhambat oleh kontraksi otot rahim yang terus menerus mengakibatkan bayi dalam kandungan dapat mengalami #hipoksia / kekurangkan oksigen bahkan dapat meninggal dalam rahim. Kontraksi terus menerus menyebabkan regangan berlebihan dari otot rahim. Bila regangan melebihi elastisitas/ kelenturan maka otot tersebut robek, robeklah rahim dan nyawa ibu tersebut menjadi teruhan selanjutnya.

Sudah lama, sebagian masyarakat kita mempunyai pemahaman untuk melancarkan persalinan dengan mengkonsumsi rumput fatimah. Rumput fatimah bagi orang Indonesia biasanya merupakan oleh oleh dari keluarga dari tanah suci. Sebagai dokter kandungan, beberapa kali kami dapatkan pasien diberi rendaman atau ramuan dari rumput fatimah oleh keluarganya. Umumnya mereka berharap pemberian tersebut dapat memperlancar persalinan tanpa mengetahui ada bahaya bila ramuan tersebut dikonsumsi oleh orang yang hamil dan sedang bersalin.

Ramuan / rendaman rumput fatimah dapat merangsang kontraksi rahim . Bahaya dari penggunaan rumput fatimah karena kita tidak dapat menakar jumlah zat aktif yang terkandung di dalamnya. Bila jumlah zat aktif terkonsumsi berlebihan maka yang terjadi adalah partus precipitatus, persalinan yang terlalu cepat, menyebabkan gawat janin, menyebabkan rahim robek dan dapat berakhir dengan kematian janin dan ibunya.

Pada kasus terakhir kami lakukan operasi sesar, saat kami buka ternyata rahim telah robek dan untungnya Kami dapat menyelamatkan Ibu dan anaknya dan masih bisa mempertahankan rahimnya. Kami konfirmasi ke keluarga, keluarga hanya bilang “maafkan kami Pak Dok … kami memang tidak mengetahui bahaya akibat menggunakan ramuan rumput fatimah, terima kasih telah menyelamatkan ibu dan anaknya.”