TULISAN 133. OH TUHANKU… AKU HAMIL TRIMESTER 1 TAPI PERDARAHAN…

Pendarahan vagina selama kehamilan bisa sangat menakutkan. Namun, keluar darah saat hamil tidak selalu merupakan pertanda masalah. Kenapa demikian ? Pada wanita hamil yang mengalami pendarahan pada trimester pertama yaitu pada umur kehamilan kurang dari 14 minggu ternyata sebagian besar pada akhirnya tetap saja dapat melahirkan bayi yang sehat.

Namun, perlu diingat bahwa sangat sangat penting untuk menganggap perdarahan vagina selama kehamilan adalah suatu masalah yang serius. Kadang-kadang perdarahan vagina selama kehamilan menunjukkan tanda-tanda akan terjadinya keguguran yang sedang berlangsung atau menunjukkan suatu kondisi kehamilan yang membutuhkan perawatan segera. Dokter kandungan akan memberikan informasi mengenai penyebab perdarahan pada wanita hamil setelah melakukan pemeriksaan kehamilan.

Lalu apa sih penyebab terjadinya perdarahan saat hamil muda ?

  1. adanya kehamilan ectopic. kehamilan ectopic adalah kehamilan di luar kandungan dimana kehamilan terjadi  bukan pada rahim tetapi kehamilan berada di luar rahim. Bisa juga kehamilan ectopic terjadi di dalam rahim yaitu kehamilan berada di dalam rahim tetapi pada lokasi-lokasi yang membahayakan seperti di batas pertemuan antara rahim dan saluran telur, atau pada leher rahim atau pada tempat bekas jahitan sesar.
  2. perdarahan akibat proses implantasi kehamilan ke dinding rahim. ini terjadi biasanya pada saat usia kehamilan sekitar 14 harian, dan sering terjadi pada  monyet, pada manusia sangat jarang terjadi.
  3. keguguran. nah inilah peristiwa yang paling menakutkan bagi ibu hamil karena kehamilan yang diharapkan berakhir tragis. Keguguran dalam dunia kedokteran dikenal bila usia kehamilan masih kurang dari 20 minggu. penyebabnya banyak banget antara lain kehamilan tak berkembang, blighted ovum, kematian janin dalam rahim, ketuban pecah, infeksi saluran kencing, infeksi lainnya, kelemahan kandungan (mulut rahim gampang terbuka), dll.
  4. kehamilan anggur. hamil anggur adalah suatu kehamilan dimana gak ada janinnya dan sel-sel yang membentuk kehamilan yang disebut dengan sel-sel trophoblast tetap tumbuh berkembang membentuk jaringan-jaringan bola kecil seperti gelembung anggur yang bening… jangan salah ya… perdarahan akibat hamil anggur atau mola dapat berliter-liter sehingga wanita hamil tersebut bisa jadi zombie.

terus apa yang mesti dilakukan bila ada perdarahan ? tidak ada jawaban lain selain kunjungi dokter kandungan karena hamil dengan perdarahan masuk kategori hamil resiko sangat tinggi dan mesti dievaluasi oleh dokter kandungan apa yang menjadi penyebabnya… bukan ke puskesmas atau bidan, tetapi ke dokter kandungan atau UGD rumah sakit… tapi kan mesti minta rujukan dulu ke bidan atau puskesmas karena saya pake BPJS… gimana donk ? ya ikuti saja prosedur administrasi tersebut.

oke deh… selamat membaca.

 

Dr. Cucuk Santoso, SpOG

dokter spesialis kandungan

group FB: IBU HAMIL KIUTTT HELLO KITTY