TULISAN 138. SELAMA HAMIL BOBOTKU MAKIN BERAT… TERKENA OBESITAS GAK SIH ?

Memakan makanan yang sehat dan seimbang akan membantu janin dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya sehingga janin tumbuh pada tingkatan yang sehat. Tetapi berapa banyak kalori ekstra yang benar-benar  dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilannya ? Ada hal yang perlu diingat bahwa meskipun ibu hamil membutuhkan kalori ekstra, ibu hamil tidak perlu untuk memaksa makan sebanyak mungkin karena menuruti anggapan nenek moyang zaman purbakala yaitu “makan untuk dua orang.” Rata-rata wanita hamil hanya membutuhkan sekitar 300 kalori sehat lebih banyak dalam sehari daripada kondisi sebelum hamil. Hal ini akan membantunya mendapatkan jumlah berat badan yang tepat selama kehamilan, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus untuk ukuran wanita hamil.

lalu berapa sih idealnya pertambahan berat badan seorang wanita hamil ? Hmmm… tergantung sih… kalo sebelum hamil wanita tersebut berat badannya sudah proporsional alias ideal maka selama hamil kenaikan berat badan yang baik itu sekitar 11-17 kg. Tapi kalo sebelum hamil wanita tersebut masuk kategori kurus (bukan ideal) maka selama hamil dianjurkan kenaikan berat badannya sekitar 13-20 kg. nah bagaimana dengan wanita yang udah terlanjur gemuk sejak sebelum hamil ? Wah kalo ini jangan banyak-banyak naik berat badannya… sebaiknya hanya sekitar 7-12 kg saja kenaikannya selama hamil.

Bingung gak ? ya udah gini aja deh gampangnya… Secara umum, wanita hamil harus menambah sekitar 1 hingga 2 kg selama tiga bulan pertama kehamilan ( sejak test hamil positif s/d umur kehamilan 12 minggu) dan nambah sekitar 0.5 kg per minggu sampai HPL. Jika sedang hamil janin kembar maka  dalam 3 bulan pertama sama tuh yaitu harus nambah 1-2 kg kemudian nambah sekitar 500-1 kg tiap minggu setelah lewat 3 bulan. Looo dok… bukankah wanita hamil banyak yang mual muntah selama 4 bulan pertama kehamilan ? Terus gimana nambahin berat badannya ? Hmmm… teori memang tak seindah prakteknya. Ya mau gak mau seorang ibu hamil mesti nekat makan-makanan bergizi atau apa saja deh pokoknya makanan selama dalam masa mual muntah sehingga tubuh gak kekurangan kalori. Biasanya dokter kandungan akan membantu dengan memberikan obat anti mual muntah apabila ibu hamil sama sekali tak bisa menghadapi mual muntahnya dalam 4 bulan pertama. Oh iya hampir lupa… kenapa kok ibu hamil kembar mesti nambahnya berat badannya lebih banyak daripada ibu hamil biasa ? Karena berat badan janin kembar itu sangat tergantung dari berat badan ibunya. Kemudian janin kembar itu cenderung lahir pada usia kehamilan premature akhir atau kalopun hamil tua maka hamil tua awal dengan ukuran berat bayi yang masih setara dengan berat bayi premature. Nah oleh sebab itu ibu hamil kembar mesti berusaha jangan sampai berat janin kembarnya terlalu kecil supaya ketika lahir kesehatannya bayinya gak terganggu.

Coba dihitung perkiraan pertambahan berat badan ibu hamil itu dari mana saja:

  1. berat badan janin sekitar 2.5-4 kg
  2. berat placenta/ ari-ari sekitar 1 kg
  3. berat total cairan ketuban 0.5-1.5 kg
  4. pertambahan kepadatan payudara sekitar 1-1.5 kg
  5. pertambahan berat akibat pertambahan volume darah sekitar 1.5-2 kg
  6. pertambahan lemak badan dan lemak payudara sekitar 2.5-4 kg
  7. pertambahan berat rahim sekitar 1-2 kg

Nah angka di atas tuh kalo ditotal sekitar 10-16 kg selama hamil. Berarti ya kurang lebih sekitar itulah.

Bagaimana kalo wanita hamil pertambahan berat badannya berlebihan ? Kalo hal ini terjadi maka sebaiknya wanita hamil tersebut mengurangi berat badannya, bukan dengan mengurangi makan, tetapi dengan cara:

  1. mengatur diet supaya jangan ngemil diantara jam makan.
  2. makin rajin ikut senam hamil.
  3. Hindari makan berlemak dan berpengawet MSG dll.
  4. hindari makanan gorengan seperti french fries, tahu isi, bakwan, dll.
  5. stop produk susu dalam hal ini termasuk stop es krim.
  6. Jangan makan minum yang manis-manis gula termasuk gak boleh makan permen.
  7. kurangi garam.
  8. kalo masak, maka minyak gorengnya harus yang rendah lemak dan mengandung omega 3.
  9. Rajin makan buah.
  10. Jangan lupa rajin jalan kaki tiap pagi antara 30 menit s/d 1 jam sehari. Berenang juga boleh… tapi inget ya… kolam renang itu kan isinya tidak hanya air kolam renang tetapi juga kencing orang. Jadi kalo saya pribadi sih selalu melarang pasien saya buat berenang selama hamil.

Lalu bila berat badan ibu hamil ternyata masih kurang maka bagaimana cara untuk meningkatkannya supaya janinnya sehat ? Gampang saja… duitnya ada… lemburnya ada… suaminya ada… mertuanya ada… mamanya ada… jadi ibu hamil tinggal nurut nurut nurut saja… begini caranya:

  1. makan 5-6x sehari dalam porsi kecil.
  2. makan camilan yang praktis dan sehat seperti kacang, kismis, roti keju, kerupuk ikan, buah kering atau buah-buahan segar, dan es krim atau yogurt atau susu apapun boleh deh.
  3. minum susu apa saja boleh.
  4. makan buah dengan rajin.
  5. jangan kerja rumahan yang bikin lelah… ini penyakit dalam keluarga nih… isteri kerja bagaikan PRT. Padahal isteri pun ingin santai dan menikmati manja-manja gimanaaa gitchuuu ke suami. Ntar kalo isteri bau bawang maka suami cari alasan  buat selingkuh. Lebih baik bila memungkinkan para suami mencarikan PRT bagi isteri sehingga isteri bisa lebih menikmati hidupnya… kasih duit belanjaan yang banyak… ATM dipegang isteri… karena laki-laki itu kalo duitnya banyak maka maunya juga banyak… dan waspadalah karena pelakor mengintai dimana-mana ha ha ha

oke deh… cape nih nulis terus… selama membaca…

oh iya kalo mau ga bung di group facebook IBU HAMIL KIUTTT HELLO KITTY maka silakan gabung asalkan semua pertanyaan di jawab. Hargailah admin di sana karena pada galak-galak he he he