TULISAN 143. PERDARAHAN PADA SAAT HAMIL (BAGIAN KE-1)

Perdarahan pada saat hamil bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada yang berbahaya dan ada juga yang tidak berbahaya. Nah pada kesempatan ini saya akan menjelaskan apa saja sih penyebab terjadinya perdarahan pada kehamilan muda yaitu sebelum kehamilan 14 minggu.

  1. kehamilan ektopik atau kehamilan diluar kandungan. Dalam hal ini perdarahan yang keluar dari vagina bisa sedikit, bisa banyak dan bisa juga gak ada yang keluar. Tetapi perdarahan dalam perutnya bakalan luar biasssaaa banyaknya. Pengalaman saya ada yang sampe 3 liter. Bahkan dapat menyebabkan kematian ibu hamil. Obatnya sih cuman 1 yaitu operasi darurat.
  2. perdarahan saat penanaman cikal bakal kehamilan ke dinding rahim (implantation bleeding).
  3. keguguran atau ancaman keguguran.
  4. kehamilan kosong. Test hamil (+) tetapi yang berkembang cuman kantomgnya doan, janinnya gak ikutan berkembang. Disebabkan oleh karena sperma yang rusak atau telur yang rusak pada saat pembuahan. Seringkali pada wanita hamil yang suaminya merokok.
  5. kehamilan anggur. Ini kehamilan yang sifatnya ganas seperti kanker dan bila tidak diobati dapat menyebabkan penyebaran hingga ke otak, tulang dan paru-paru. Akibatnya wanita hamil bisa meninggal dunia. Obatnya antara lain kuret, kemoterapi kanker, angkat kandungan, dll.
  6. masalah di mulut rahim antara lain: polip cervix, infeksi mulut rahim, kista di mulut rahim, dll.
  7. hubungan sex terlalu semangat sehingga jalan lahir atau vagina ada yang sobek dikenal sebagai straddle injury. oleh sebab itu kalo hubungan sex dengan isteri yang sedang hamil lakukanlah dengan lemah lembut, jangan pake lompat-lompat, jangan pake nungging-nungging, dll.

oke deh… cukup sekian.

One thought on “TULISAN 143. PERDARAHAN PADA SAAT HAMIL (BAGIAN KE-1)”

Comments are closed.