TULISAN 98. DATANG BULANKU MORAT MARIT

Keluhan terbanyak wanita yang datang ke praktek dokter kandungan adalah gangguan haid / gangguan mens. Gangguan haid yang seringkali menjadi keluhan wanita mulai dari remaja s/d yang hampir menopause.

Gangguan mens itu meliputi:

1. Nyeri saat haid dikenal dengan istilah dismenore. Dismenore primer disebabkan oleh menstruasi itu sendiri (bawaan orok) sedangkan dismenore sekunder biasanya disebabkan oleh gangguan seperti adanya endometriosis, kista, ataupun tumor fibroid pada rahim. Sebagian besar wanita mesti mengalami nyeri haid, baik sebelum haid datang atau saat datang. Tapi bila nyeri haidnya menetap dan mengganggu aktivitas sehari-hari maka sebaiknya segera periksa ke dokter kandungan.

Nyeri haid primer disebabkan oleh kontraksi rahim yang dipicu oleh zat yang dikenal dengan sebutan prostaglandin. Kadangkala nyeri haid itu timbulnya dengan rasa sakit yang luar biasa, sampe diare pun bisa, keringat dingin, lemas, serasa mau pingsan karena menahan sakit akibat mens. Hal ini disebabkan oleh pengaruh prostaglandin yang memacu kontraksi usus (bikin diare) dan melebarkan pembuluh darah (bikin mau pingsan).

2. Perdarahan haid yang banyak (heavy menstrual bleeding = HMB) yang dikenal dengan menorrhagia, bisa karena waktunya yang memanjang atau jumlahnya yang jauh lebih banyak daripada biasanya (ada darah bergumpal-gumpal). 1 diantara 5 wanita memiliki haid yang banyak. Haid dikatakan banyak bila sudah mengganggu kegiatan wanita sehari-hari. Gampangnya bila wanita sering ganti softex 4x atau lebih dalam sehari. HMB sering dialami oleh wanita yang baru saja dapat haid untuk pertama kalinya atau pada wanita yang menginjak usia 40 tahun ke atas karena haidnya sudah makin mendekati ke arah menopause.

Bila wanita sudah menopause dan tiba-tiba dapat haid lagi maka harus segera periksa ke dokter kandungan karena itu tanda adanya masalah dan harus segera dicek oleh dokter kandungan apakah masalahnya berbahaya atau tidak. Haid yang banyak (HMB) dapat disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormon, gangguan dalam rahim (polip atau fibroid), atau penyakit berat, pengobatan menggunakan pengencer darah, tumor, infeksi, penebalan rahim, dan lain-lain. Saya pernah mendapatkan 2 pasien dengan haid berlebihan dan setelah diperiksa ternyata menderita kanker darah (leukemia).

3. Haid telat atau haid tak datang atau belum haid, dikenal dengan istilah amenore. Amenore itu disebut primer bila seorang gadis tidak dapat mens saat usia sudah mencapai 16 tahun. Kalo amenore sekunder itu bila tadinya ada mens lalu tiba-tiba tidak datang mens selama 3 bulan. Amenore primer biasanya disebabkan oleh gangguan hormon, sistem pengaturannya terganggu. Hal-hal yang dapat mengganggu sistem pengaturan hormon antara lain pola makan yang salah (makan berlebihan bahkan diet ketat), olah raga berlebihan atau akibat pemakaian obat-obatan. Keterlambatan pematangan pusat hormon di otak juga bisa menyebabkan haid lambat datang. Kalo amenore sekunder biasa disebabkan oleh stress, diet ketat, olah raga berat, atau bisa juga karena penyakit.

Demikian sekilas ringkas tulisan saya tentang gangguan haid. Mohon doa dari ibu-ibu supaya putri saya yang bernama Vivi lekas sembuh dari demamnya. Sedang waspada nih karena abangnya, Alfin, barusan pulang dari rumah sakit akibat demam berdarah. Mudah-mudahan Vivi tidak ketularan dan lekas sembuh. Aamiin.

Kalo ibu-ibu menyukai tulisan saya mohon di share biar saya semangat nulis lagi untuk berbagi pengetahuan di sela-sela kesibukan saya sebagai dokter kandungan dan disempat-sempatkan nulis sambil ngejagain Vivi yang sedang sakit demam.