TULISAN 123. TANDA-TANDA AKAN MELAHIRKAN


Sumber gambar: jabar.tribunnews.com

Bagaimana sih ciri-ciri atau tanda-tanda jika bumil akan segera melahirkan?

Tanda-tanda akan melahirkan memang sangat ditunggu-tunggu para ibu hamil. Setelah sekian bulan Anda mengandung dan mengalami beberapa gangguan, kini tiba saatnya bumil akan mengalami proses persalinan. Mungkin Anda tinggal menunggu beberapa hari bahkan hitungan jam yang akan membuat Anda berdebar-debar menunggu datangnya masa melahirkan bayi Anda.

Langsung saja bunda, berikut ini tanda-tanda jika kelahiran calon bayi Anda sudah dekat:

1. Pecahnya Air Ketuban

Pecahnya air ketuban disebabkan oleh adanya desakan kontraksi dan tekanan kepala bayi Anda pada mulut serviks. Saat air ketuban sudah mulai bocor Anda akan merasakan semburan air atau hanya berupa rembesan saja. Sebenarnya pada saat air ketuban anda tidak akan terasa karena membran tidak mempunyai syaraf.

Perubahan Bentuk Tubuh

Biasanya hormon kehamilan akan membuat banyak perubahan pada tubuh anda. Salah satunya kondisi tulang kemaluan yang sedkit melebar yang membuat dasar panggul semakin lunak agar mempermudah jalannya kelahiran bayi. Bentuk payudara tampak membesar karena produksi ASI.

3. Rasa nyeri di daerah selakangan

Posisi kepala janin sudah dalam kondisi turun kebawah didaerah rangka tulang pelvis yang akan menyebabkan bunda mengalami rasa nyeri pada selakangan. Selain itu janin juga akan menekan kandung kemih yang bisa menyebabkan bunda sering mengalami buang air kecil.

4. Lendir Kental Bercampur Darah

Pada saat persalinan akan dimulai dan serviks mulai membuka. Pada saat bersamaan membran yang mengelilingi bayi anda dan cairan amniotik agak memisah dari dinding rahim. Darah dan mucus yang keluar seperti cairan lengket yang berwarna merah muda ini menjadi salah satu tanda akan menjalani proses persalinan.

5. Rasa sakit Pada Panggul

Biasanya kalau sudah mendekati proses melahirkan, bunda akan mengalami rasa nyeri pada panggul dan tulang belakang. Hal ini disebabkan karena pergeseran dan pergerakan janin yang mulai menekan bagian tulang belakang anda.

6. Kontraksi

Dinding rahim bunda akan semakin terasa mengeras sebelum melakukan proses persalinan. Kadang kontraksi ini tidak terasa menyakitkan dan kebanyakan wanita hamil tidak menyadarinya. Jadi sangat dianjurkan anda harus bisa mengenali apa yang sedang anda rasakan. Anda juga bisa meminta bantuan kepada Dokter.

7. Gerakan Bayi Sedikit Melambat

Anda akan merasakan gerakan bayi anda mulai melambat tidak seperti biasanya. Hal tersebut dikarenakan bayi yang ada didalam kandungan sedang mengatur posisi kelahirannya.

8. Tahap Pembukaan

Pada saat kepala bayi sudah berada pada bagian pintu rahim,proses pembukaan sudah mulai tahap demi tahap. Secara umum pembukaan ini naik satu persatu kira-kira setiap dua jam sekali yang semakin dekat dengan persalinan anda.

9. Beban Perut Akan Terasa Ringan Berbeda Dengan Sebelumnya

Kalau anda sudah mendekati masa persalinan, biasanya anda mengalami beban perut yang terasa ringan. Hal ini disebabkan oleh posisi bayi akan menurun dan mendiami daerah panggul. Ini juga akan sangat membantu bunda bisa bernafas dengan lega dibandingkan dengan sebelumnya.

10. Menderita Kram Perut

Rasa nyeri disekitar perut atau kram memang sangat membuat ibu hamil tidak nyaman karena rasnya seperti sedang datang bulan. Anda bisa membuat rasa ini sedikit berkurang dengan cara mandi air hangat yang membuat keadaan ibu hamil terasa nyaman. Bila derita ini dialami bunda berati masa persalinan sudah dekat.

Nah, sekarang bunda sudah tahu kan tanda-tandanya. Semoga proses kelahiran bayi Anda lancar ya bun.